Keseruan Pekan Olahraga Otak Bersama ZenCore

19 komentar
ZenCore

Sewaktu Ujian Nasional masih ada, menjelang pelaksanaannya, anak-anak biasanya diberi pelajaran tambahan untuk persiapan mengasah otak menghadapi UN. Aplikasi Zenius biasanya saya gunakan menjadi referensi untuk pembahasan materi Bahasa Inggris dalam hal contoh-contoh soal Ujian Nasional.

Kini Ujian Nasional telah dihapus, namun Zenius tetap saya gunakan, karena aplikasi ini makin hari makin keren saja. Banyak fitur-fitur baru yang hadir yang menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. 

Contoh inovasi Zenius dalam memberikan pelayanan terbaiknya seperti adanya fitur persiapan ujian bagi siswa-siswi kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Lebih detail, dalam fitur persiapan ujian di Zenius ternyata sudah diklasifikasikan berdasarkan berdasarkan nama-nama perguruan tingginya, seperti SIMAK UI, UM UGM, sampai USM PKN STAN saja ada.

Inovasi lainnya di Zenius yang saya suka saat ini adalah ZenCore yang ada di fitur belajar. ZenCore sendiri adalah platform untuk melatih keterampilan fundamental dalam bidang Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Apalagi di April ini, ZenCore mengadakan event seru yang disebut dengan Pekan Olahraga Otak yang membuatnya tambah keren.

Melatih dan Mengasah Otak di ZenCore

Pemanasan Otak

Salah satu kelebihan di ZenCore adalah, platform ini dibuat dengan pendekatan adaptive learning. Yang dimaksud dengan Adaptive learning sendiri adalah pembelajaran yang mengedepankan efektivitas dan efisiensi, yang intinya pembelajaran tersebut akan menyesuaikan dengan kondisi penerima materi, memakai sumber belajar yang tepat, dan feedback yang responsif.

Belajar untuk pemanasan otak di ZenCore enaknya bisa menyesuaikan dengan pemahaman dan pengetahuan dasar yang kita miliki. jadi, tidak usah khawatir materi soal yang diberikan terlalu tinggi, ataupun terlalu mudah.

Berbicara tentang pemanasan otak, ternyata itu sangat penting. Fungsi melakukan pemanasan otak beberapa di antaranya yang vital adalah biar kita bisa terus mengembangkan kesehatan mental dan tidak stres. Tentu saja, melakukan pemanasan otak di ZenCore bisa menjadi salah satu cara terbaiknya.

Rutin belajar di ZenCore untuk menjadi jagoan adu otak itu terasa banget, karena disajikan dengan sangat kekinian, cocok juga untuk seru-seruan mengasah otak. Contohnya, sebagai pengajar Bahasa Inggris, dicobalah itu ZenCore Adaptive yang Bahasa Inggris, ternyata memang seru banget.

Soal-soal diberikan secara bertahap, terus ada waktu yang diberikan setiap tahapannya. Setelah selesai satu tahapan, diberi tahu berapa benar dan salahnya, serta nilai yang didapat. Jika sudah selesai, tinggal lanjut ke tahap selanjutnya. Benar-benar seru sih

Cara Ikut Gabung Belajar di ZenCore

Hal yang pertama harus dilakukan untuk ikut gabung belajar di ZenCore, tentu saja kita harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. ZenCore ini tersedia baik di Android maupun iOS, jadi tinggal unduh saja.

Setelah selesai mendownload, isi data diri untuk membuat akun, mulai dari nama lengkap, nomor handphone atau alamat email, terus ada pertanyaan, kita mendaftar sebagai gurukah, orang tua, siswa, atau umum. Saya sendiri mendaftar sebagai guru di aplikasi ini. Terakhir, ditanyakan juga tujuan kita belajar di sini itu untuk apa, pilih seusai kebutuhan kita masing-masing.

Selesai mengisi data, tinggal cari fitur ZenCore di aplikasi Zenius. Nah, di ZenCore itu ada Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. Apakah sulit berlatih dengan tiga kategori itu? tidak juga, yang ada malah seru banget.

  • Matematika yang disajikan di ZenCore akan menyesuaikan dengan penggunanya, jadi tidak akan sama soal antara siswa dan guru, atau pun dengan pengguna umum. Dari pengalaman ikut ZenCore Matematika, soal-soal yang tersaji adalah soal matematika dasar dengan logika dasar pula.
  • Verbal Logic dasarnya adalah Bahasa Indonesia dengan logika. Yang terpenting adalah fokus dan konsentrasi, karena berpacu juga dengan waktu.
  • Bahasa Inggris juga dimulai dari dasar sesuai kemampuan kita masing-masing, jadi fun banget belajarnya dan melatih keterampilannya itu juga terasa sekali.
Jagoan adu otak
Untuk jadi jagoan adu otak, di ZenCore kita juga bisa ikut ZenBattle di tiga kategori Matematika, Verbal Logic, maupun Bahasa Inggris. Jadi kita bisa berkompetisi dengan pengguna ZenCore lainnya, dan setelahnya bandingkan skor yang kita dapat, dan lihat siapa pemenangnya.

Yang juga seru, di laman ZenCore ini selalu diawali dengan qoute penyemangat yang sangat kekinian. Seperti ini nih

Harusnya kita diajarin gimana cara mikir, bukan apa yang dipikirkan

Perlombaan Pekan Olahraga Otak di ZenCore

Di bulan April ini ada yang istimewa di ZenCore, karena akan ada perlombaan berhadiah yang disebut dengan Pekan Olahraga Otak. Lomba ini akan berlangsung selama hampir satu bulan.

Untuk merayakan bimbingan belajar offline Primagama yang saat ini genap berusia 40 tahun dan telah resmi bergabung dengan Zenius, pekan olah raga otak ini juga disebut dengan Fiesta Primagama. Dengan bergabungnya Zenius dan Primagama, jadilah event ini menjadi pekan olahraga otak X Fiesta Primagama.

Waktu Perlombaan

Pekan olahraga otak ini akan diadakan mulai dari 28 Maret sampai 24 April. Selain pada periode lomba tersebut, pekan olahraga otak ini juga akan rutin dilaksanakan kedepannya setiap dua minggu sekali (bi-weekly), tujuannya tentu saja agar para user dapat terus mengasah otaknya secara berkelanjutan.

Peserta Perlombaan

Pekan olah raga otak adalah kampanye khusus yang bertujuan untuk memberikan kesan pertama yang tak terlupakan bagi pengguna baru Zenius atau dapat juga sebagai sarana memperkaya pengalaman bagi pengguna lama atau pengguna yang rutin menggunakan ZenCore di Zenius sebagai sarana untuk pemanasan otak.

Jadi, lomba ini adalah untuk pengguna Zenius yang mengakses ZenCore. Dari ketiga kategori Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris, nantinya akan dihitung skor tertinggi dari masing-masing subjek. Yang paling tinggi skornya, jelas yang akan jadi pemenangnya.

Selain skor tertinggi, ada juga penentuan pemenang dengan cara perhitungan peserta yang paling banyak melakukan praktik dan latihan sebanyak mungkin di ZenCore selama periode lomba itu. Jadi, tinggal rajin-rajin praktik dan latihan tuh di ZenCore.

Hadiah-hadiah Perlombaan

Hadiah Pekan Olahraga Otak tidak main-main. Ada Samsung Smart Watch, Xiaomi Haylou, Solar LS05, Ipad 9, JBL T450, dan juga 5 hadiah hiburan bagi peserta yang beruntung. Pemenang pekan olahraga otak ini akan diumumkan melalui Instagram @zeniuseducation dan juga @primagama_id di pekan selanjutnya setelah perlombaan selesai.

Yang belum mengunduh aplikasi ZenCore, masih ada kesempatan untuk ikut perlombaan berhadiah ini. Tinggal buka Google Play di Android atau App Store di iOS, cari Zenius dan download. Untuk informasi lebih lanjut, bisa juga klik zenius.net, ya.

Kesimpulan 

Kita mempunyai harapan dunia pendidikan Indonesia terus berkembang menjadi lebih baik dalam segala hal, termasuk dalam metode pembelajarannya. Salah satu tugasnya, sebagai guru, harus juga terus belajar untuk mencari referensi metode pembelajaran yang adaptif dan sesuai dengan kebutuhan para siswanya.
Ganti cara belajar
Menggunakan Zenius dengan segala inovasinya seperti ZenCore ini benar-benar mengubah paradigma mencari ilmu dengan ganti cara belajar dari yang monoton ke pembelajaran yang seru, adaptif, dan meningkatkan keterampilan. 

Dengan  segala fitur-fitur andalannya seperti ZenCore, Zenius sangat cocok digunakan tidak hanya oleh guru, tetapi juga para siswa, dan orang tua yang mendampingi proses pembelajaran mereka. Dengan demikian kita bisa menyimpulkan kalau ZenCore ini memang cocok digunakan untuk segala usia.

Selain oleh kalangan civitas akademika, Zenius bisa juga digunakan oleh kalangan profesional, karena Zenius juga menjadi salah satu platform yang terhubung dengan Kartu Prakerja yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan Prakerja. Teman-teman yang memegang Kartu Prakerja, bisa sekali menggali ilmu dan meningkatkan skill di Zenius.

Saatnya ganti cara belajar menjadi lebih menyenangkan dengan ZenCore dari aplikasi Zenius. Karena ZenCore tidak hanya seru, tetapi juga bermanfaat untuk mengasah otak kita agar tetap OK. Jangan lupa juga, ikuti perlombaan pekan olahraga otak X Fiesta Primagama dan dapatkan hadiah-hadiah menariknya.

Related Posts

19 komentar

  1. Hebat selalu produktif pak guru satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan salam takzim untuk Bu Guru

      Hapus
  2. Pak Guru saya baca tulisan ini ikutan pusing. padahal belum ikutan ZenCoreBattle. haha. Tapi penasaran untuk tahu sejauh mana kemampuan matematika haha.

    BalasHapus
  3. Seandainya jamanku dulu semudah dan semenarik iniiii kayaknya aku pasti udh pinter dan rajin hahahha

    BalasHapus
  4. Appnya keren kak, jadi pengen nyoba. Oh iya ini coursenya buat anak-anak apa ada jenjang dari SD, SMP, atau SMA ya kak? Lumayan kalo bisa buat rekomen ke keponakan yang SMP. 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bimbingan belajarnya lengkap, Kak. Mulai dari SD, SMP, SMA, sampai persiapan masuk perguruan tinggi semuanya ada

      Hapus
  5. Asyik emang ZenCore ini ya bang Yonal, dulu sampe ketagihan push rank wkwkwk, skrg ada hadiahnya pulakk, mau bangett

    BalasHapus
  6. Hadiah lombanya menarik juga ya. Mau banget nih ikutan lomba. Smoga beruntung bisa menang :)

    BalasHapus
  7. Wah lumayan juga ya hadiahnya, kayaknya perlu dicoba nih buat murid-muridku. Semangat pak guru.

    BalasHapus
  8. Fitur yang diberikan sudah cukup bagus ya, dan hadiah event2 nya mantap nih

    BalasHapus
  9. Aplikasi utk belajar saat ini beneran banyak ya. Bener2 mempermudah pembelajaran...

    BalasHapus
  10. Wiih memang hebat Zenius ya. Mereka terus berkembang dan bersaing ketat dengan industri teknologi pendidikan lainnya. Adanya Zencore ini juga jadi bukti shahihnya

    BalasHapus
  11. Kayaknya seru ya. Ada batasan pengguna ga, Mas? Misal hanya pelajar aja yang bisa pakai zencore. Pengen nyoba juga tapi bukan pelajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zencore bisa diakses untuk seluruh kalangan: siswa, guru, orang tua dan umum, semuanya bisa

      Hapus
  12. wah mantap ya zencore ada aja cara buat kita makin semangat belajar eh anak-anak maksdnya hahahaa.

    BalasHapus
  13. Hwaaa zencore keren, metode belajar yang lebih menarik untuk anak-anak sepertinya yaa, jadi semakin semangat ngga bosan

    BalasHapus
  14. Kalau sekarang ada pekan olahraga otak, mungkin nanti akan muncul Olimpiade olahraga otak kali ya.. Seru kayanya tuh, atau udah ada? Belum pernah liat sih.. Mungkin sebentar lagi beneran ada

    BalasHapus
  15. wah seru nih bisa maen games dan belajar banyak
    aku sering banget pakai zenius buat nerangin murid di bimbelku
    gampang banget pakainya dan fiturnya lengkap

    BalasHapus
  16. wah baguslah kalau begini....boleh latih otak untuk terus jasi bijak

    BalasHapus

Posting Komentar