Pengalaman Ikut Ramadan Writing Challenge (RWC) 2021

13 komentar
RWC 2021

Ramadan Writing Challenge atau yang biasa disebut dengan RWC adalah program tahunan yang biasa diadakan oleh komunitas One Day One Post (ODOP). Dalam RWC, setiap peserta yang mendaftar akan ditantang untuk menulis selama bulan Ramadan penuh pada setiap harinya.

Di Komunitas ODOP, RWC 2021 adalah kali ke-7 yang diadakan tiap tahunnya. Bagi saya sendiri, ini adalah kedua kalinya setelah ikut RWC perdana pada tahun 2020.

Ikut RWC bisa menjadi alternatif ngabuburit dengan menulis. Walaupun pada faktanya menulis tantangan di RWC tidak selalu sambil menunggu azan magrib, bisa banget menyesuaikan dengan waktu luangnya kita.

Setiap hari, panitia atau penanggung jawab RWC akan memberikan tema berbeda untuk diolah menjadi sebuah tulisan. Tema yang diangkat adalah tema-tema seputar Ramadan, dari mulai es buah yang menjadi salah satu ikon buka puasa sampai tema baju baru untuk lebaran pun lengkap diangkat untuk dinarasikan.

Jangan macam-macam untuk yang tak bisa konsisten menulis dan tak bisa memenuhi peraturan yang diberikan panitia, karena akan ada peserta yang dikeluarkan setiap pekannya jika tak memenuhi skor minimal yang ditentukan panitia. Kalau kita dapat menyesuaikan dengan segala rules-nya, tantangan ini akan dengan mudah kita taklukan selama kurang lebih 29 hari.

Platform yang digunakan untuk menulis adalah media sosial yang didaftarkan oleh peserta, boleh Instagram atau Facebook. Kalau di tahun sebelumnya, di tahun 2020, boleh juga menulis di blog.

Dari Tantangan Menulis di RWC Menjadi Sebuah Buku Antologi

Ramadan bercerita

Untuk seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan RWC ini, pada akhirnya akan didokumentasikan dalam bentuk buku antologi. Serasa terbayarkan perjuangan menulis selama sebulan penuh dengan hadirnya buku, di mana salah satu kontributornya adalah kita sendiri.

di RWC 2021, lulus 41 peserta sampai babak final. Maka 40 peserta inilah yang karya-karyanya dibukukan dalam bentuk antologi ini.

Setelah disepakati di grup kontributor, judul untuk buku antologi RW 2021 adalah Ramadan Bercerita. Karena buku ini self publishing, jadi hal-hal lain seperti harga sampai cover pun dibahas bersama-sama oleh seluruh kontributor.

RWC 2021: Menggali Skill Literasi dan Memupuk Keikhlasan Berdonasi

Di RWC 2021 ini para peserta bermufakat untuk urunan dalam hal segala pembiayaan untuk mencetak bukunya. Yang istimewa, selain masalah pembiayaan penerbitan, para peserta juga berinisiatif untuk menyisihkan sebagian dana untuk kas Komunitas ODOP dan juga untuk donasi kepada yang membutuhkan.

Padahal tidak ada keharusan untuk penyisihan kas komunitas ODOP apalagi untuk bersedekah. Tetapi ini murni hasil kesepakatan bersama teman-teman di grup kontributor buku antologi Ramadan Bercerita ini.

Untuk donasi, dananya dititipkan ke lembaga Rumah Ziswah. Rumah Ziswah sendiri adalah lembaga di mana saya sendiri kebetulan menjadi salah satu volunter di dalamnya.

Rumah Ziswah

Rumah Ziswah berfokus untuk membantu pendidikan anak-anak yatim piatu dan tak mampu. Teknis yang dilakukan Rumah Ziswah adalah dengan membantu membiayai dana pendidikannya selama masa pendidikan anak atau membayarkan apabila ada tunggakan setelah menyelesaikan pendidikan di sebuah lembaga.

Untuk bantuan dari teman-teman RWC 2021 yang dititipkan ke Rumah Ziswah, kali ini didistribusikan ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Raudlotul Ulum Kadudampit, Sukabumi. MD adalah sekolah agama yang sederajat dengan sekolah dasar (SD), bedanya MD berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Dalam penyerahan bantuan dari teman-teman RWC 2021, dana diterima oleh Kepala Madrasah yang secara simbolis diberikan kepada penerima, yang diwakilkan kepada salah satu murid bernama Vina, murid kelas akhir yang saat ini sedang melaksanakan Ujian Madrasah (UM).

MDTA Raudlotul Ulum adalah madrasah yang berada di bawah yayasan Raudlotul Ulum Kadudampit, Sukabumi. Saat ini dikepalai oleh Ustaz Yusup Bunawar dan 16 pengajar.

MDTA Raudlotul Ulum Kadudampit Sukabumi

***

Banyak cara mengisi Ramadan dengan segala sesuatu yang positif. Komunitas ODOP menjadi salah satu wadah yang menampung kreativitas teman-teman yang tertarik dengan tulis menulis.

Bergabung dengan RWC berarti melatih skill menulis dan juga menguji konsistensinya. Bonus lain yang didapat dengan bergabung dengan RWC adalah bertambah teman-teman yang mempunyai passion yang sama di dunia literasi dan juga kepekaan untuk membantu sesama dalam bentuk donasi.

Untuk teman-teman yang tertarik untuk mencoba Ramadan Writing Challenge dari Komunitas ODOP, silakan daftar, ya. Program ini selalu diadakan setiap tahunnya di bulan Ramadan. Pantengin terus Instagram dan Facebook-nya ODOP dan dapatkan informasi selengkapnya di sana tentang RWC ini.

Related Posts

13 komentar

  1. wah...ini memang cukup menarik mas....moga terus berkarya dan mendatangkan manfaat kepada insan lain

    BalasHapus
  2. Aku pengeeeen sebenernya menantang diri ikutan ODOP. Tapi sadar diri, rasanya bakal ditendang di Minggu pertama 🤣🤣🤣. Udh pasti kayaknya ga bisa sih. Kesibukan kerja alasannya . Dan ga yakin bisa nulis berturut2 gitu. Skr aja nulis seminggu sekali buat IG dan 2 Minggu sekali buat blog 😂.

    Memang harus ada keinginan kuat dr diri sendiri buat ikut begini , jadi tertantang banget buat selesaikan tepat waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba daftar aja dulu, Mbak Fanny. Seru lho.
      Waktu saya juga ikut juga sampe nyuri-nyuri waktu buat nulisnya, tapi alhamdulillah selesai juga sampai final nulisnya

      Hapus
  3. wah seru banget
    ikutan ODOP, buat buku dan donasi juga
    kegiatan positif sekali yang menunjang amal ibadah di bulan puasa
    semoga istiqomah ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Alhamdulillah, terima kasih Mas Zain

      Hapus
  4. Di tengah agenda sibuk masih bs ikut banyak kegiatan pak. Keren. Apalagi dibikin antologi dan donasi. Semoga berkah dan jadi amal jariyah apalagi pas bgt Ramadhan :)

    BalasHapus
  5. Salut aku sama para peserta RWC ini lho, bisa konsisten nulis di medaoa tiap hari. Duh aku ga sanggup begini. Luar biasa ya program RWC dari ODOP ini, semoga konsisylten sampai lulus ya Pak.

    BalasHapus
  6. Masya Allah, Pak Yonal produktif sekali, ikut challenge, menghasilkan karya, dan ngeblog. keren

    BalasHapus
  7. Pak Yo nampak tak terlihat di RWC 2022 nih, padahal aku ikutan RWC yang sekarang 😂😂😂
    Lumayan ikut RWC, biar instagram kedua ku lebih organik dan ada isinya 😆

    BalasHapus
  8. Masha Allah produktifnya gak main2. Keren banget bisa konsisten...

    BalasHapus
  9. Waaah asik dan menantang bgt ih ikutan ini. Beres puasa dpt habit baru ya. Menulis....

    BalasHapus
  10. Memang ya ramadan itu serunya kalau kita ikutan tantangan semacam ini, jadi memanfaatkan waktu agar lebih produktif. Tapi, kadang aku masih belum konsisten. Semoga tahun depan lah.

    BalasHapus

Posting Komentar