a journey

Nussa: Film Keluarga Pemenang Piala Citra

24 komentar
nussa

Senang rasanya bisa menonton film keluarga Nussa yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Membawa seluruh keluarga ke bioskop untuk pertama kalinya setelah masa pandemi mereda menjadi momen tersendiri menikmati kebersamaan sembari belajar banyak dari kisah keluarga di film Nussa.

Film keluarga ini bercerita tentang Nusaa yang biasa langganan menjuarai perlombaan science fair setiap tahunnya. Namun kali ini ia mendapatkan pesaing tangguh, murid baru yang bernama Jonni mendapat banyak perhatian dari teman-teman Nussa karena dianggap roket buatannya lebih keren dibandingkan hasil karya Nussa.

Nussa menjadi kecewa dengan sikap teman-temannya yang lebih mendukung Jonni. Ia bertambah kesal karena sang ayah yang bekerja di luar negeri tidak akan bisa mendampinginya ketika acara science fair karena pekerjaannya yang sedang menumpuk. Bagaimana ia menghadapi tekanan dari pesaingnya Jonni dan juga ketidakhadiran sang ayah?

Fakta Tentang Film Nussa

Perjalanan Film Nussa yang berhasil meraih banyak penonton ini ternyata mempunyai banyak fakta-fakta menarik di belakangnya yang membuatnya menjadi sangat layak untuk dinikmati dan diapresiasi oleh penikmat film.

Nussa Menjadi Official Selection di BIFAN 2021 Mewakili Indonesia

BIFAN atau Bucheon International Fantastic Film Festival tahun 2021 ini memasuki perhelatan yang ke 25. Mewakili Indonesia, Nussa tayang perdana, menjadi official selection untuk kategori film keluarga. 

BIFAN yang diadakan di Korea Selatan ini diadakan pada bulan Juli di pekan keduanya. Tentunya penayangan Nussa di Bifan 2021 menjadi kebanggaan untuk seluruh keluarga besar Nussa, tak terkecuali sang sutradara, Bony Wirasmono.  

Kontroversi Nussa Karena Dianggap Tidak Berbudaya Indonesia

Outfit atau pakaian keluarga Nussa yang notabene muslim menjadi bahan serangan oleh sebagian orang. Nussa yang terbiasa memakai gamis, ibu dan sang adik Rara yang terbiasa menggunakan jilbab dianggap tidak menggambarkan budaya Indonesia.

Adalah Denny Siregar, aktivis media sosial, salah satu orang yang menganggap Nussa tidak memperlihatkan budaya Indonesia. Menurutnya, gamis adalah budaya atau model gurun pasir. Masih menurutnya, sebagai orang Indonesia lebih cocok sarungan dibandingkan memakai pakaian yang kearab-araban. Tentang komentar negatif ini, produser film Angga Sasongko menanggapi dengan santai, tak terpengaruh sama sekali.

Sukses Menyedot Penonton Indonesia

Di hari pertama penayangannya, tiket film Nussa sold out di seluruh bioskop Indonesia. Sungguh membanggakan, membayar jerih payah tim Nussa yang membuat film animasi ini selama tiga tahun.

Kesuksesan penayangan Nussa juga didukung oleh kondisi di negeri kita yang mulai kembali stabil setelah pandemi Covid-19. dibukanya kembali bioskop dan diperbolehkannya anak di bawah usia 12 tahun untuk menonton menjadi angin segar untuk seluruh keluarga Indonesia menikmati kebersamaan sembari menonton di bioskop.

Nussa Meraih Piala Citra Kategori Film Animasi Panjang Terbaik di FFI 2021

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, pada 10 November kemarin di perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) Nussa menggenapi kesuksesannya dengan meraih piala citra pada kategori film animasi terbaik mengalahkan Adit Sopo Jarwo dan Riki Rhino.

Yuk Nonton Nussa

film nussa

Film ini sangat recomended sekali untuk menjadi tontonan keluarga. Sebagai seorang ayah, saya pun banyak belajar dari karakter ayah Nussa yang luar biasa, tentang bagaimana memahami makna keluarga, khususnya memahami anak.

Menonton Nussa memberi kesan tersendiri. Visualisasi yang sangat apik dan alur cerita yang luar biasa, terutama ending film yang unpredictable membuat waktu bersama keluarga di bioskop menjadi sangat berharga, tak sia-sia.

Data Film

Judul: Nussa
Sutradara: Bony Wirasmono
Produksi: Visinema Pictures
Produser: Ricky Manoppo dan Anggi Kharisma
Penulis: Muhamad Nurman Wardi dan Widya Arifianti
Pengisi Suara:
  • Muzakki Ramdhan sebagai Nussa
  • Aysha Razaana sebagai Rara
  • Fenita Arie sebagai Umma
  • Dewi Sandra sebagai Tante Dewi
  • Ali Fikry sebagai Jonni
  • Malka Hayfa sebagai Abdul
  • Widuri Putri sebagai Syifa

Related Posts

24 komentar

  1. Haloo Kang, saya kemarin juga sempat nonton film Nussa. Rame banget. Saya kebagian kursi sisa. Dapatnya paling depan. Coba bayangin, nonton biosop tapi duduk paling depan, jadi mendongak terus kepala hahaaa...

    Untuk isu tak berbudaya Indonesia, bisa jadi ini sebab isu politik saja. Sebab orang-orang di belakang film Nussa banyak dari kelompok Islam yang terafiliasi dengan organisasi yang telah dibubarkan pemerintah. Saya tak mau menyebutnya. Tapi saya cuma mau kasih tau inisialnya aja. HTI, nama organisasinya :D

    btw, saya mau me-review juga. Tungguin aja di blog yaak hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah koq samaan Mas Dodo, saya pun dapat kursi paling depan, jadi nontonnya kedongkak gitu.. wkwkwk.

      Ditunggu ya reviewnya

      Hapus
  2. sayang sekali tempat tinggal kami jauh dari kota. pingin juga nonton film Nussa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kami pun, di Sukabumi baru kali ini ada bioskop setelah sekian lama. Semoga nanti ada tayangan Nussa di televisi, sehingga bisa dinikmati walau jauh dari bioskop, ya Kak Rabby

      Hapus
  3. Wow ..., Ulasan yang mendetil. Sayangnya bunda tak berkesempatan nontonnya. Terima kasih telah berbagi Informasi. selamat sore.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bunda. Semoga nanti berkesempatan nonton filmnya bersama keluarga

      Hapus
  4. Bagus bangeeet filmnya, seringnya kecewa nonton film layar lebar buatan dalam negeri, ternyata kali ini kualitasnya pantas dibanggakan.

    BalasHapus
  5. aku ketinggalan info satu ini. Sampai ada filmnya ya, nusa rara. sayang, belum berani ajak anak ke bioskop. secara keseluruhan bagus ya film nusa rara, sampai orangtuapun puas dengan isi filmnya

    BalasHapus
  6. Wah, saya baru rencana minggu depan nonton ini sama anak-anak :)

    BalasHapus
  7. Ah...jadi pengen buru2 nonton nih...
    Btw...itu neng Desi, di mana2 komen yah...hahahah

    BalasHapus
  8. Udah sempet baca review film ini, dan penasaran banget :). Pengen deh ngajakin anak2 untuk nonton. Tapi lebih seneng lagi kalo filmnya bisa masuk Netflix, jadi ga perlu kluar :D. Biasanya aku memang nyempetin cari film2 yg berbau family, untuk ditonton bareng anak2 mas. Tapi memang seringnya cari dr Netflix, biar ga harus ke bioskop :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya, soon akan ada di Netflix, Mbak Fanny

      Hapus
  9. Film ini bagus dan mendidik banget menurut aku, salah satu wishlist film yang aku dan anak-anak wajib nonton. Yang kontra mah ga ngaruh kayaknya wkwk

    Makasih sudah spill pak Yo!

    BalasHapus
  10. pengen banget ngajak anak nonton ini di bioskop juga, Pak Yo. tapi masih mikir lagi karena ank baru usia 3 tahun. pengen kasih pengalaman baru tapi kok takut malam riweh eheheh.. tunggu nusa masuk netflix aja deh biar lebih aman nonton di rumah berang keluarga. makasih sudah review, Pak..

    BalasHapus
  11. Film animasi . Maju terus perfilman Indonesia. Anyway, ini hanya di bioskop offline, ya Pak? Kira-kira di bioskop online ada g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara massih offline, hopely ada versi on line nya

      Hapus
  12. Waah jadi penasaran, sempat dengar desas desus kontroversi nya nussa rara tapi nggak sempat nyari tahu, ternyata yang dikritik soal budayanya ya ..
    Pasti seru ya nonton bareng keluarga, sayangnya belum berani masuk mall

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah banget ada film Nussa yang sangat bagus untuk anak dibawah umur.. Karena sekarang susah sekali cari film anak apalagi untuk film animasi seperti ini.. Sukses terus untuk filmnya :D

    BalasHapus
  14. Pas Nusa stop di Youtube tuh sedih bgt, alhamdulillah jdinya film sekeren ini..
    Sedih ya produksi dalam negeri dah harum smpe negeri luar tpi masih ada koment negatif

    BalasHapus
  15. Aku turut bangga dh hadirnya film ini meski blum berkesempatan nonton tapi jujur aku saangat bahagiaaaa sebab semua testimoni akan film ini senantiasa positif.

    Bahkan ada seorang teman yg mengaku ikut terbawa suasana hingga menteskan air mata duh aku mupeng pengen nonton tapi apa daya belum bisa ikutan .

    Masya allah aku pun salut sama angga sasongko keren ya layak film garapannya juga keren. Kadang perlu buat bersikap santai untuk yg suka membenturkan hal2 yg "alih-alih" budaya dg agama.

    BalasHapus
  16. penasaran dan pengen banget bawa anak-anak nonton film nussa yang lagi viral ini, sayangnya belum ada kesempatan makasih reviewnya pak

    BalasHapus
  17. Heleh, Densi mah biasa.. mulutnya minta dikuncir wkwk.

    Aku udah nonton juga.. wajib banget diapresiasi sebagai film animasi keluarga buatan lokal yang oks banget. Semoga ada film2 animasi berikutnya yang nggak kalah kece.

    BalasHapus

Posting Komentar