a journey

Review Buku | Pintar Membaca Iqra

10 komentar
pintar menulis iqra

Memiliki anak yang sedang menuju usia 7 tahun adalah masa kita sebagai orang tua mempersiapkannya secara perlahan untuk ia siap menuju dunia pendidikan di sekolah dasar. Sejatinya sebagai orang tua, kita dapat menjadi guru utama bagi anak-anak sebelum mereka berkenalan dengan guru-gurunya di sekolah.

Untuk peran kita sebagai guru bagi anak-anak, banyak hal yang dapat kita lakukan dalam pola pengasuhan dan pendidikannya di rumah. Salah satunya mengenalkan anak pada baca tulis dasar, agar anak perlahan beradaptasi dengan dunia pendidikan formalnya kelak tidak terlalu sulit.

Hal yang juga harus disiapkan sebagai orang tua muslim adalah mengenalkan bacaan dan tulisan pada huruf Arab sebagai bahasa yang banyak digunakan dalam praktek ibadah. Salah satu referensi yang saya sendiri gunakan dalam mengenalkan anak pada bacaan dan tulisan arab adalah buku yang berjudul  Pintar Menulis Iqra terbitan Pustaka Quran dan Sunnah.

Pintar Membaca Iqra

pintar menulis Iqra

Buku yang berfokus pada mengajarkan tata cara menulis hurup-hurup arab ini cocok untuk anak di atas usia 3 tahun. Karena selain dilengkapi dengan gambar ilustrassi yang menarik dengan warna-warna kontras yang biasanya disukai anak, buku ini juga mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Metode DOT atau titik yang mudah diikiuti oleh anak untuk menebalkan setiap hurup
  • Dilengkapi dengan lembar interaktif; dan
  • Dilengkapi dengan latihan menulis
Dalam membersamai pembelajaran anak mengenal hurup-hurup Arab, buku ini disusun secara bertahap dalam pola pengenalannya, yaitu:
  • Mengenal huruf hijaiyah
  • Latihan menulis Huruf hijaiyah
  • Menyambung huruf hijaiyah
  • Huruf hijaiyah berharokat tanwin
  • Huruf hijaiyah berharokat sukun (mati)
  • Huruf hijaiyah bertasydid

Orang tua wajib berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk pendidikan terbaik anaknya dan semoga ikhtiar kita mengenalkan anak pada huruf-huruf hijaiyah adalah langkah awal agar anak-anak kita dapat mencintai Quran seutuhnya dikemudian hari.

Cara  mengenalkan hurup-hurup Arab bisa bervariatif, tergantung pada kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang tua dan untuk para orang tua yang masih bingung bagaimana cara memulakannya, buku Pintar Membaca Iqra ini bisa menjadi salah satu referensi bagi para orang tua untuk memulainya. 

Finally, semoga kita menjadi orang tua yang terus mempunyai semangat untuk terus belajar dengan Quran dan juga dapat mengajarkannya kepada putra-putri kita hingga kita mendapat rido-Nya. seperti yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه
Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhori).

Wallahu a'lam

Identitas Buku

Judul Buku: Pintar Menulis Iqra
Penulis: Tim Redaksi PQS
Cetakan Pertama: Oktober 2021
Desain dan tata letak: Moh. Oen Prashela A, S.Kom
Penerbit: Pustaka Quran dan Sunnah
ISBN: 978-602-1243-75-6

Related Posts

10 komentar

  1. Memang benar sebaiknya dari kecil diajarkan agar nantinya kalo masuk SD sudah bisa membaca iqro ya kang.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Agus. Tapi anak saya juga baru-baru sekarang saat usianya menuju tujuh tahun dikenalkan pada tulisan Arab. Kek pemanasan aja sebelum sekolah formal

      Hapus
  2. Bismillah... Semoga anak-anak kita menjadi bagian orang yang mencintai Quran yaa kang! Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Matur nuwun untuk doa terbaik dari Mas Dodo

      Hapus
  3. kalau ada ilustrasi dan warnanya memang menarik untuk anak anak ya mas yonal. patut direkomendasikan untuk usia 3 tahun ke atas nih supaya pinter ngaji n mengamalkan ajaran Al Quran...save dulu reviewnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbul setuju. Jangankan anak-anak, la wong saya saja suka kalau baca buku ada ilustrasinya, ke membantu imajinasi kita

      Hapus
  4. Balasan
    1. insyaAllah berfaedah pula untuk anak-anak

      Hapus
  5. Bener mas, sebisa mungkin anak2ku juga aku kenalin bisa ngaji, di mulai dari iqra, sejak umur 4 THN. Alhamdulillah udah bisa. Tapi memang aku panggil guru, Krn waktu itu aku juga kerja kantoran, jadi agak susah kalo mengajari. Lagian takut akunya ga sabar juga 😅.

    Bagus nih bukunya. Pengin beliin buat anakku yg cowo, apalagi dia kidal. Jadi kdg agak susah utk menuliskan beberapa huruf Hijaiyah. Tapi kalo baca ga masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kebetulan ngajarin sendiri, secara bekerja sebagai guru kan lumayan fleksibel, jadi sore sudah ada di rumah dan siap ngajarin anak ngaji.

      Semoga anak-anak kita semua dapat menjadi generasi Qurani

      Hapus

Posting Komentar