a journey

Review Buku | Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al-Quran dan Hadits

13 komentar
review buku

Alam banyak mengandung pelajaran yang dapat kita ambil, di mana salah satunya adalah untuk mengenal Tuhan, kemudian mengagumi segala bentuk ciptaan-Nya. Dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al-Quran dan Hadits karya Abu Umamah Abdurrahim, kita bisa membaca betapa Al-Quran dan Hadits Nabi telah banyak membicarakan segala hal yang berhubungan dengan alam yang kita tempati.

Dalam lima seri buku Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al-Quran dan Hadits, kita akan belajar betapa Allah telah banyak memberikan ilmu tentang alam yang kita tinggali ini dalam ayat-ayat-Nya, kemudian banyak juga diperjelas dalam hadist-hadist Nabi.

Bukan Buku IPA Biasa

Salah satu cara mengenal Allah SWT, Sang Pencipta alam raya ini adalah dengan mempelajari semua ciptaan-Nya. Karena sejatinya, alam nan megah ini, apabila kita pelajari, pastilah dapat lebih mendekatkan kita pada-Nya. 

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman.
Q.S. Al-Jatsiyah: 3

Allah sendiri telah membekali manusia dengan akal, yang dengannya kita bisa memberdayakan diri untuk belajar tentang alam yang kita tinggali, kemudian dengan sumber ayat-ayat Al-Quran dan Hadist bisa menambah kuatlah keyakinan kita terhadap kebersinambungan antara dalil nakli dan aqli ( nash Al-Quran dan akal pikiran).

5 Seri Buku Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al-Quran dan Hadits

bukan buku IPA biasa

Buku yang diterbitkan oleh penerbit Hikmah Anak Sholih (HAS) ini lumayan lengkap dengan adanya 5 seri, di mana setiap serinya membahas beberapa tema atau fenomena alam di sekitar kita. 5 tema yang diangkat dalam buku ini antara lain:

  • Tema 1 tentang alam semesta
  • Tema 2 tentang matahari, bintang, awan, dan udara
  • Tema 3 tentang bumi dan gunung
  • Tema 4 tentang laut, api, dan tanaman
  • Tema 5 tentang keajaiban tubuh binatang, tangan, anak hewan, dan burung
Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh segala kalangan. Guru IPA untuk menguatkan keimanan para siswanya, para orang tua yang memperkenalkan Tuhan pada setiap anaknya, dan setiap orang yang menjadikan apa yang dilihat, dipijak, dan dirasa sebagai sumber ilmu, buku ini sangat recomended. 

Identitas Buku

Judul Buku: Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al-Quran dan Hadits
Penulis : Abu Umamah Abdurrahim
Penerbit: Penerbit HAS/Hikmah Anak Sholih
ISBN: 978-979-15370-7-0
Cetakan Kedua: Mei 2017

Related Posts

13 komentar

  1. Dari review-nya telah derbayang buku tersebut sangat bermanfaat dan bagus dibaca oleh semua orang. terutama bagi orang tua, Ibu dan Bapak Guru. Karena telah klasifikasikan dalam berbagai tema. Terima kasih telah berbagi, ananda Regen.

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata ada ya buku semacam ini. Buku sekolahnya anak sulung juga sejenis seperti ini, tapi buatan tim sekolah sendiri. Bisa nih jadi pendamping buat buku sekolahnya kakak.

    BalasHapus
  3. Orang² yang mempelajari alam ciptaaan Tuhan, tidak sebanding dengan orang-orang yang perduli dengan alam. Pemanfaatan alam dan ilmu yang dipelajari kurang sejalan. Jadinya banyak kita temui eksploitasi alam berlebihan, deh.

    BalasHapus
  4. Wah keren, ternyata ada buku seperti ini. Sebenarnya banyak sekali ilmu pengetahuan yang ada dalam Quran. Buku sekolah anak sulungku juga seperti itu. Sepertinya buku ini bagus sebagai pelengkap pendidikan anakku

    BalasHapus
  5. Bisa jadi referensi buku yang harus diberikan ke anak nih... Sainsnya dapat, keimanan juga terjaga. Mupeng pengen beli nih

    BalasHapus
  6. Menarik banget si ini, belajar IPA dikaitkan sama Al Quran dan Hadist. Jadi nggak cuma mengenal alam tetapi juga memahami kalau semua ini milik Allah.

    BalasHapus
  7. Wah bagus nih, mengaitkan langsung alam dengan Yang Maha Kuasa, pondasi tepat buat anak2

    BalasHapus
  8. Menarik nih. Cocoknya untuk pelajar kelas berapa ini, Pak? Jadi ingin ikut menyusun buku seperti ini juga untuk SMA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya cocok untuk segala umur, mulai dari SD kelas 4-an, karena bukunya juga gak terlalu tebal dan bahasanya mudah dipahami

      Hapus
  9. Menarik sekali sih ini pak.. untuk kelas berapa ya bukunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini buku umum, Mbak Sasha. Jadi tidak hanya untuk referensi pelajar, tapi juga cocok untuk orang tua atau guru

      Hapus
  10. Keren bukunya, tidak ada lagi batas antara ilmu pengetahuan dengan ilmu agama. Karena menurutku yang dulu suka heran kenapa pendidikan umum jarang dimasukin ilmu agama.

    BalasHapus
  11. Buku-buku yang begini nih yaa yang harus dijadikan salah satu tambahan referensi untuk menyampaikan pengetahuan alam yang tidak hanya dari segi sains. Tapi juga berdasarkan alqur'an dan hadist.

    BalasHapus

Posting Komentar