a journey

Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

8 komentar
tips menjaga kekebalan tubuh

Pandemi corona belum berakhir juga di negeri kita. Hal ini membuktikan bahwa virus ini bukan main-main. Kita sejatinya menyadari diri bahwa kita sedang diperingatkan Tuhan untuk menjaga tubuh yang telah diamanahkan-Nya dengan menjaga pola hidup dengan baik.

Untuk teman-teman yang tidak atau belum terkena covid ini, bukan berarti kita santai-santai, lalai akan protokoler kesehatan, dan merasa diri kebal dengan virus covid-19. Menjaga diri yang bersifat preventif harus kita lakukan dari pada menyesal di kemudian hari. So, let's keep our body healthy.

6 Tips Menjaga Kesehatan & Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada masa-masa seperti sekarang, diperlukan kondisi tubuh yang prima karena seperti yang kita tahu saat ini sedang mengalami Global Pandemic virus Covid-19. Selain berupaya melakukan pencegahan penularan, Kita juga Meningkatkan kekebalan Tubuh.

Kenapa?. Karena virus covid-19 ini mudah menyerang tubuh yang lemah. Ketika tubuh kita fit dan bugar, maka insyaaAllah virus covid-19 ini tidak akan terlalu berpengaruh.

Berikut  6 Tips untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh

Jangan Over Thingking

Hindari stres ya, teman-teman, karena stres dan beban pikiran berlebih membuat antibodi kita melemah. Stres akan membuat penyakit kecil menjadi besar. Jika kita suatu saat sakit, yakinkan diri bahwa sakit yang kita alami akan menjadi penggugur dosa selama kita ikhlas menerimanya. Dengan demikian kita akan berusaha untuk tenang dan nrimo dalam menjalaninya.

Berpikir berlebihan, apalagi memikirkan hal yang tidak-tidak, dikhawatirkan akan terjadi psikosomatis, yaitu sakit fisik yang diakibatkan atau berawal dari pikiran.

Jaga Pola Makan Dengan Asupan Yang Sehat

Pola makan harus teratur juga ya teman-teman. Jangan sampai telat atau makan-makanan yang tidak baik. Ingat Rasulullah Shallalllahu 'alaihi wasallam memerintahkan kita sebagai umatnya memakan makanan yang halal dan baik (halalan thoyyiban).

Seimbangkan menu di setiap makan antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Yakinkan setiap makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang mempunyai gizi.

Jangan Lupa Istirahat & Tidur Yang Cukup

Nabi Sallallahu 'alaihi wasallam sebagai panutan kita sudah memiliki pola hidup yang standar. Beliau senantiasa tidur cepat setelah isya, dan bangun cepat di tengah malam untuk beribadah.

Banyak penyakit yang ditimbulkan karena pola hidup yang tidak baik, yang salah satunya adalah pola tidur. Tubuh kita mempunyai hak untuk beristirahat untuk recovery metabolismenya. Sekali-kali begadang tidak apa untuk memenuhi kegiatan yang penting, tapi tak baik jika itu menjadi kebiasaan, apalagi untuk hal-hal yang tidak terlalu berfaedah, seperti nongkrong-nongkrong yang tak bermanfaat.

Yuk Berjemur dan Beraktivitas Mulai di Pagi Hari

Mulai deh teman-teman berjemur di pagi hari. Selain baik untuk tubuh, karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D juga konon katanya virus covid-19 melemah dengan sinar matahari. Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam mengisyaratkan agar Ummatnya menjadi Manusia Pagi. Bangun sebelum shubuh, dan beraktivitas pagi.

Jangan pernah menunggu-nunggu pekerjaan. Mulailah di pagi hari ketika pikiran masih segar. Niatkan setiap aktivitas kita karena Allah, agar menjadi ibadah dalam setiap langkah kita.

Konsumsi Vitamin C

Tips Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, teman-teman bisa minum vitamin C yang bisa kita peroleh di apotek dengan beragam bentuk, mulai dari tablet sampai cair. Vitamin C ini yang secara medis berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak selalu dari apotek, Vitamin C juga bisa kita dapatkan dari buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut. Contoh buah yang mengandung vitamin C sangat banyak, seperti jenis buah-buahan berwarna kuning seperti lemon.

Berolahraga secara teratur

Beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan tidak ada aktivitas fisik terbaik selain olahraga. Apa Olahraga terbaik di saat Global Pandemic Covid-19 ini?. Olahraga yang bersifat individu dan terhindar dari kontak fisik.

Di rumah saja bukan berarti tak bisa berolah raga. Senam bersama keluarga di dalam rumah, bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan selama masa pandemi ini. Intinya kita harus kreatif dalam  mengolah kegiatan bersama-bersama orang tercinta di rumah kita.

Penutup

Demikian tips menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh di masa pandemi covid-19. Semoga dapat bermanfaat dan semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. Juga, teman-teman yang saat ini sedang isolasi, baik mandiri maupun di rumah sakit, semoga dikuatkan dan kembali lekas sembuh seperti hari-hari biasanya. Amin

Related Posts

8 komentar

  1. Setuju pak, apalagi yg poin 1 tuh, amat sangat penting sekali.

    BalasHapus

  2. Tips yang bermanfaat. Selamat malam, Mas Regen. (Sama dengan nama anak bungsu saya). He he ... Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Olahraga tuh masih jadi PR buatku pak, masih bisa dihitung pakai jari dalam sebulan :")

    BalasHapus
  4. Setuju sih pak, aku sekrg rajin berjemur. Makin keseringan eh jadi tau, kalo berjemur itu enak hehe

    BalasHapus
  5. Jam tidur dan istirahatku kacau nih pak, tp kalau berjemur rajin sih karena bocil tiap pagi wajib jalan pagi depan rumah

    BalasHapus
  6. Gara2 suka abai sama pola makan nih.. sekarang virusnya bersarang di tubuhku. Memang kalau nggak dijewer sama Allah langsung bakal bandel terus sih akunya. Kalau udah kek sekarang, mau ga mau makan deh.. biar cepet sehat. Semoga setelah sehat, bisa tetep jaga pola makan yang udah teratur. Semangat sehat juga buat Pak Yonal dan keluarga.

    BalasHapus
  7. Sejak corona, berasa banget indahnya berjemur pagi hari. Enak banget ternyata kena matahari pagi

    BalasHapus
  8. PRku adalah makan teratur dan olahraga. Cataaat!

    BalasHapus

Posting Komentar