a journey

Faedah Sentuhan Pada Bayi

4 komentar
cossons baby powder

Tepat 5 Januari 2021 sang istri melahirkan anak ke empat kami. Kelahiran yang berbeda dari ketiga kakak-kakaknya, karena kelahiran ke empat ini sang istri harus menempuh operasi sesar. Perjalanan yang sangat berdinamika menuju kelahiran, karena semuanya serba baru bagi kami berdua ketika harus mengalami kelahiran dengan sesar ini.

Di masa kehamilan empat anak-anak kami, sang istri mengalami post mature, yaitu kehamilan yang melebihi usia 9 bulan. Ketiga anak dilahirkan secara normal, karena ketika diperiksa, kondisi kehamilan sang istri baik-baik saja, walaupun melebihi bulan.

Pada kehamilan ke empat, hal serupa pun terjadi. Ketika kehamilan sudah menginjak 10 bulan, belum ada ciri-ciri akan melahirkan. Bidan desa yang biasa kami jadikan tempat konsultasi akhirnya memberikan surat rujukan untuk diperiksa di spesialis kandungan di sebuah rumah sakit di kota Sukabumi.

Kami menuruti apa yang direkomendasikan bidan desa. Kami berangkat ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kandungan. Setelah melakukan proses pendaftaran serta menunggu beberapa saat, akhirnya kami bertemu dengan sang dokter. 

Dokter yang kami temui sangat komunikatif. Kami menceritakan bagaimana bisa sampai ke rumah sakit ini untuk melakukan pemeriksaan. Setelah itu sang istri dilakukan pemeriksaan, dan hasilnya, ketuban  di kandungan sang istri sudah mulai berkurang, sehingga bayi harus segera dikeluarkan. Dokter menyuruh kami langsung booking kamar perawatan untuk esok hari, dan jika sampai esok hari janin belum juga keluar, maka alternatifnya sang istri harus melalui proses operasi sesar.

Istri sangat kaget dengan keterangan dari dokter. Demikian karena tak pernah terbayangkan sebelumnya untuk melakukan operasi sesar, secara tiga anak sebelumnya dilahirkan dengan jalan normal. Yang juga lebih membuat istri lumayan stres adalah diharuskannya swab antigen sebelum melaksanakan proses kelahiran. Pikirannya menjadi kalut, bagaimana kalau ternyata hasil swab-nya positif?. Maka ia harus kembali dirujuk ke rumah sakit pemerintah yang mempunyai sarana khusus untuk melahirkan bagi ibu yang positif covid-19.

Butuh usaha ekstra untuk menenangkan sang istri. Memberinya motivasi dan semangat bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Alhamdulillah hasil swab negatif, kami berlanjut dengan mendaftar ke bagian ruang inap. 

Sebelum diputuskan untuk dilakukan operasi sesar, istri diberi dulu perangsang pembukaan kelahiran melalui infus. 5 jam yang luar biasa melihatnya berjuang dalam kesakitan atas reaksi obat perangsang yang diterimanya. Tangannya menggenggam erat. Sesekali genggamannya terasa lebih erat, menandakan rasa sakitnya yang lebih intens.

Lima jam telah dilalui, bidan kembali memeriksa. Ternyata hasilnya belum ada pembukaan sama sekali. Akhirnya, bidan atas rekomendasi dari dokter kandungan memberikan form yang harus ditandatangani untuk persetujuan melakukan operasi sesar.

Sudut Pandang Para Ahli Neuroscience Tentang Sentuhan Pada Bayi

Kini empat bulan telah berlalu. Sang istri dan bayi perempuan yang dilahirkan secara sesar itu tumbuh sehat. Butuh usaha yang baik untuk menjaga kesehatan istri maupun sang bayi hingga sampai pada titik ini. Kami bersinergi sebagai suami dan istri untuk pula memberikan yang terbaik dalam perawatan untuk putra-putri kami.

Bersyukur ada produk-produk dari Cussons yang setia menemani semenjak putra pertama kami lahir dulu. Cussons tetap menjadi produk pilihan keluarga kami hingga kelahiran putri ke empat ini.

Baby Powder dari Cussons selain memberikan aroma segar pada bayi, juga kami jadikan media agar kami bisa menyentuhnya dengan lembut, karena kami percaya, sentuhan pada bayi akan sangat membantu menguatkan ikatan antara anak dan orang tua.

Lebih lanjut tentang sentuhan pada bayi ini, kami juga terus belajar dan mempelajarinya. Salah satu yang memberikan pemahaman baru bagi kami tentang sentuhan pada bayi adalah pada acara virtual launch event Cussons Baby Powder dengan nara sumber tiga orang yang ahli di bidang kesehatan anak dan neuroscience. Mereka adalah:

  1. Professor Francis McGlone
  2. dr. Haryono Hartono, PhD
  3. dr. Mesty Ariotedjo, SpA 

cussons baby powder

Dari ke tiga narasumber yang membahas faedah sentuhan pada bayi ini, setidaknya ada beberapa yang dapat disimpulkan:

1. Sentuhan Dapat Mempengaruhi Genetis Otak Pada Bayi

Bayi yang secara intens mengalami sentuhan yang lembut dengan orang tuanya dipercaya bisa lebih dapat mengontrol emosi dalam pertumbuhan hidup selanjutnya.

2. Sentuhan Pada Bagian Neurofibre Akan Menyebabkan Seluruh Bagian Tubuh Merespon Dengan Optimal

Bagian Neurofibre adalah bagian-bagian syaraf yang terletak pada sekitar kepala bagian belakang, perut, dan juga wajah. Menyentuh area-area ini dengan penuh kelembutan dan kasih sayang dipercaya akan dapat mengoptimalkan respon seluruh tubuh pada bayi.

3. Sentuhan Dapat Meningkatkan Imun Tubuh dan Perkembangan Otak Bayi

Sentuhan adalah hal dasar yang diperlukan oleh bayi. Dengannya ia akan belajar merasa dan merespon, sehingga baik untuk perkembangan otaknya.

4. Sentuhan Dapat Mengoptimalkan Pertumbuhan Baik Fisik Maupun Psikis Bayi

Yang termasuk perkembangan dalam hal fisik dan psikis bayi adalah kemampuannya dalam hal berbahasa, kemampuan kognitif, juga kompetensi sosial dan emosionalnya. Indikasi tumbuh kembang bayi yang baik, ia akan menjadi anak yang supel dalam pergaulan, penuh percaya diri, dan bahagia.

5. Sentuhan Dapat Menurunkan Kadar Kortisol

Kortisol berhubungan dengan kekebalan tubuh. Dengan turunnya kadar kortisol, berbanding lurus dengan naiknya kadar imun dalam tubuh seseorang


Cussons Baby Powder Yang Terus Berinovasi Menciptakan Produk Berkualitas Tinggi

Yang membuat kami jatuh cinta dengan Cussons Baby Powder adalah kepercayaan kami dengan kualitasnya yang tak perlu ditanyakan, sehingga produk ini terus kami gunakan mulai dari anak pertama sampai sekarang. Apalagi Cussons selalu melakukan inovasi-inovasi terbarunya untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran pada bayi.

Saat ini Cussons Baby Powder mempunyai tiga varian wangi baru yang diformulasikan dengan inovasi Moodscent, yaitu:

  • Sakura yang memberikan sensasi mood love, menjadikan sentuhan orang tua yang penuh dengan cinta dan kasih sayang.
  • Vanila menghadirkan mood relax, membantu bayi agar merasa nyaman saat disentuh.
  • Mixed Berry menjadikan bayi lebih ceria dengan moodscent joy.

cussons baby powder

Dari ketiga aroma tersebut, istri saya memilih Mixed Berry. Pilihannya itu menjadi candaan saya kepadanya. "Sebenarnya yang suka harum aroma Cussons itu bayinya atau ibunya?". Tanya saya menggoda. 

Ternyata memang aroma Cussons Baby Powder ini tak hanya disukai oleh putri kami, tapi juga ibunya yang sepanjang waktu menemani tumbuh kembang sang bayi, merasa sangat nyaman dan menikmati sekali aromanya.

Diantara banyaknya produk Baby Powder di pasaran, saya dan istri tetap mempercayakan pada produk dari Cussons dengan beberapa hal pertimbangan.

  1. Produk Cussons bersertifikat halal, yang membuat kami merasa nyaman dalam menggunakannya
  2. Aroma wangi dari Cussons Baby Powder mengandung Essntial Oil yang bertahan lama hingga delapan jam lebih
  3. Varian aroma Cusson  Baby Powder sangat beragam dengan inovasi Moodscent: sakura, vanila, dan mixed berry
  4. Telah teruji secara klinis

Pemilihan aroma wangi Cusson baby powder tidak sembarangan, karena telah melalui uji klinis dengan formula tepat dan teruji. Aroma-aroma tersebut diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA). Hal tersebut menambah kepercayaan keluarga kami untuk selalu menjatuhkan pilihan pada Cussons Baby Powder untuk perawatan kulit terbaik bagi putra-putri kami.

Istri saya biasanya menggunakan Cussons Baby Powder Mixed Berry setelah Nadiva, putri ke empat kami dimandikan. Ketika putri kami mengalami gatal-gatal karena biang keringat pun, Cussons Baby Powder menjadi pilihan pertama yang kami eluskan ditubuhnya setelah diseka dan dikeringkan terlebih dahulu.

Bagaimana cara penggunaan Cussons Baby Powder dengan baik?. Berikut tahapannya:

  • Taburkan Cussons Baby Powder secukupnya pada telapak tangan
  • Ratakan perlahan pada telapak tangan, jauhkan dari jangkauan si kecil ya
  • Usapkan dengan lembut pada bayi kita
  • Jangan menepuk atau menaburkan baby powder  di dekat wajah dan area sensitif bayi, juga jangan sampai tertelan atau terhirup ya bunda.

Merawat anak-anak bukanlah kewajiban sepenuhnya seorang ibu. Ayah harus bersinergi, bahu-membahu dalam mendampingi tubuh kembang putra putrinya. 

Yuk ayah bunda, bersama-sama menjadi sosok yang memberikan kasih sayang dan cinta yang tulus kepada setiap anak kita, dan Cussons Baby Powder siap hadir membantu dalam memberikan sentuhan dan perawatan terbaik untuk putra-putri kita.

Related Posts

4 komentar

  1. deg degan juga membaca kisah persalinan istri ya pak...alhamdulilah meski caesar dan harus swab antigen hasilnya negatif...dedek bayi gemes bisa lahir dengan selamat tanpa kurang suatu apapun :)

    Bedak ini aku pribadi sangat suka wanginya. Sekarang variannya ada banyak. Kalau dulu hanya tahu yang pink atau biru...sekarang ada ungu juga...dan wanginya lembut sekali...bikin pengen cium cium pipi bayi yang habis mandi kalau uda dikasih bedak ini hehe...tapi dioleskannya tipis tipis aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak, ini pengalaman pertama keluarga kami melakukan sesar, jadi memang lumayan deg-degan juga. Pengalaman berharga untuk belajar berpasrah dengan segala ketentuan yang Allah siapkan.

      Hwah samaan suka pake Cusson juga ya. Wanginya memang ngangenin sih, natural banget

      Hapus
  2. aih, ikut mules bacanya.

    Sehat-sehat selalu sekeluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Terima kasih Mbak Sica. Semoga sehat selalu juga untuk mbak dan keluarga

      Hapus

Posting Komentar