Bajigur: Minuman Khas Sunda WarisanTurun Temurun

8 komentar
Minuman khas Sunda

Bajigur adalah minuman khas suku Sunda yang sangat terkenal. Di daerah Sukabumi, Jawa Barat, Bajigur biasanya dibuat pada malam hari di acara pengajian pada acara Rajaban (Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW) dan acara Muludan (Peringatan hari lahir Nabi Muhammad). 

Sekilas Bajigur mirip dengan Wedang Jahe atau wedang ronde, bedanya bajigur menggunakan tambahan santan dan kopi bubuk, sehingga rasanya lebih gurih.

Resep Bajigur

Untuk membuat bajigur, bahan-bahan yang butuhkan relatif mudah kita dapatkan di sekitar kita, yaitu:

  • 1 butir kelapa yang dijadikan santan
  • Setengah sendok makan kopi bubuk
  • 150 gram gula merah atau gula aren
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram jahe
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 sentimeter kayu manis
  • ½ sendok teh vanili
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat

Cara Membuat Bajigur sangatlah mudah. Pertama-tama kita siapkan air dalam wajan untuk dihangatkan di atas kompor, kemudian masukan bahan-bahan lain satu persatu. Untuk gula, jangan lupa di iris-iris terlebih dahulu untuk mempermudah proses pencampuran dengan air.

Untuk Jahe, sebelum di masukan ke dalam campuran air dan bahan-bahan lainnya, biasanya digeprek terlebih dahulu, atau ada pula yang dibakar, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan aroma yang ada pada jahe tersebut.

Untuk bahan-bahan lain cukup dimasukan saja ke dalam campuran air dan santan dalam wajan, tunggu sampai mendidih dan Bajigur mengeluarkan aroma harum khasnya. Setelah semua selesai, maka Bajigur siap dihidangkan hangat-hangat

Manfaat Bajigur

bajigur

Kenapa Bajigur biasa dibuat untuk dikonsumsi pada malam hari?. Ini karena salah satu manfaatnya adalah untuk menghangatkan badan. Kandungan flavanoid yang ada pada jahe dipercaya sangat baik untuk metabolisme tubuh kita.

So, jika ingin membuat bajigur, tak harus juga menunggu malam seperti kebiasaan sebagian masyarakat. Bajigur juga sangat cocok dikonsumsi di musim dingin atau teman di musim hujan.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, Bajigur bisa juga loh untuk dijual. Walaupun Bajigur adalah minuman khas Sunda, tapi sudah banyak orang yang tahu dan juga menyukainya. Walaupun saat ini sudah banyak pula Bajigur kekinian dalam bentuk instant atau sachet buatan pabrik, tapi tak sedikit orang mencari Bajigur dengan rasa orisinil yang otentik kekhasannya. 


Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

8 komentar

  1. Mirip wedang ronde tapi beda ya pak? wkk
    Aku belum pernah coba, semoga kapan-kapan bisa coba bajigur :D

    BalasHapus
  2. Aku suka banget waktu di Bandung dulu. Ditemani singkong rebus atau kacang rebus nikmat sekali.

    BalasHapus
  3. Akhirnya aku tau bajigur itu apa. Selama ini aku suka bingung kalo denger bajigur dan sekarang kebingungan itu dituntaskan berkat tulisan pak Yonal

    BalasHapus
  4. Minuman favorit bunda ini...
    Dulu masih suka ada yang lewat di kampung, sekarang sudah gak ada peminatnya kali ya.
    Pernah nyoba bikin sendiri, tapi asa kurang enak

    BalasHapus
  5. Sepertinya hampir mirip kaya wedang ronde gitu ya? Cocok banget disajikan saat musim hujan ya.. biar anget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coach, mirip wedang ronde atau wedang jahe gitu

      Hapus
  6. Oh ini ya, aku ngeh nya bajigur itu bubur kacang hehe.
    Btw, di paragraf akhir ada typo pak, bujugur tuh😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email