Belajar Dan Mengajarkan Al-Qur'an

2 komentar

belajar dan mengajarkan alquran 

Tak salah jika Ramadhan disebut sebagai bulan mulia dan penuh keberkahan, hal ini terkait dengan beberapa momen yang membentuk peradaban dalam sejarah kehidupan dan da’wah nabi Muhammad SAW. Salah satu peristiwa yang tercatat adalah Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an, atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Nuzulul Qur’an. Maka tak salah, Ramadan bisa menjadi momen untuk belajar dan mengajarkan al Quran .

Al Qur'an Sebagai Kitab Umat Muslim

Terkait dengan sejarah tersebut, terdapat beberapa persamaan pendapat para ulama. Namun ada pula beberapa poin khilafiyah atau perbedaan pendapat di dalamnya. Hal yang disepakati adalah tentang hari senin pada bulan Ramadhan sebagai waktu diturunkannya Al-Qur’an. Sedangkan yang menjadi perbedaan pendapat para ulama adalah tentang hari senin tanggal ke berapa peristiwa tersebut terjadi.

Setidaknya ada lima pendapat tentang tanggal diturunkan pertama kali ayat satu sampai lima surat al-‘alaq ini, di Indonesia sendiri mayoritas meyakini tanggal tujuh belas Ramadhan sebagai Nuzulul Qur’an ini, hal ini berdasarkan keterangan Imam Ibnu Katsir dalam kitab Al-bidayah wan nihayah. Ulama lain berpendapat berbeda, beberapa meyakini tanggal 18, 19, 21 dan 24.

Berinteraksi Dengan al-Quran

belajar quran untuk pemula

Di luar pemahaman yang berbeda tentang masalah tanggal diturunkannya Al-Qur’an, para ulama tidak pernah menjadikan hal tersebut ke ranah perselisihan yang menyebabkan keretakan dalam menjalani aktivitas keagamaan. Bahkan yang menjadi lebih esensial adalah bagaimana kita mencontoh para ulama sebagai pewaris ilmu para nabi dalam berinteraksi dengan Al-qur’an itu sendiri.

Ragam cara bisa dilaksanakan untuk menjadikan Al-Qur’an lebih dekat dalam kehidupan kita, mengkaji Al-Quran dari segi cara pembacaan, ilmu tajwid, makhorijul huruf, dan tafsir bisa menjadi pilihan ideal. Tahapan selanjutnya yang juga krusial adalah mengamalkan ilmu Al-Qur’an yang dimiliki.

Mengajarkan Al-Qur'an tidak harus selalu menjadi sosok guru mengaji seperti ustadz atau ustadzah yang secara formal mengajar di Mushola atau Masjid, tapi bisa dilaksanakan dengan kadar dan ruang lingkup kehidupan sehari-hari. Sang suami yang mengajari istri, orang tua yang membersamai anak-anaknya, atau sebagai kakak yang membimbing adik-adiknya.

Penutup

Mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an ibarat dua sisi koin yang tidak terpisahkan, karena dengan mengamalkan ilmu, suatu saat kita akan merasa kekurangan materi, sehingga termotivasi untuk terus belajar. Maka pantas lah Nabi mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar