Menjadi Guru Merdeka Belajar Dari Buku Guru Merdeka Guru Berdaya

Posting Komentar
Guru Merdeka Belajar

Buku Guru Merdeka Guru Berdaya karya Suhud Rois bisa menjadi salah satu referensi untuk para pengajar untuk belajar menjadi guru merdeka belajar seperti yang digaung-gaungkan dalam kurikulum merdeka pada era Nadiem Makarim saat ini.

Ketika seorang guru berazam untuk menjadi sosok guru merdeka belajar berarti ia akan menjadi seorang guru yang selalu mengembangkan diri dengan selalu belajar dari berbagai sumber dengan merdeka. Berbagai sumber belajar guru merdeka belajar bisa melalui bahan ajar, buku teks, modul, paket asesmen, dan pelatihan guru yang banyak tersedia baik secara online maupun offline.

Definisi Guru Merdeka Belajar

Seorang guru pada dasarnya mempunyai kewajiban untuk mengajar kepada para siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Namun ternyata guru tidak hanya berkewajiban mengajar tetapi juga terus belajar untuk mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya.

Pada kurikulum merdeka yang saat ini gencar disosialisasikan, muncul istila-istilah baru dalam dunia pendidikan yang salah satunya istilah guru merdeka belajar. Apa itu itu guru merdeka belajar?

Guru merdeka adalah guru yang memberikan dan menggerakkan perubahan, terutama mutu pendidikan melalui kreativitas dan inovasi. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari karakteristik guru dalam mengajar dan karakteristik siswa dalam menerima pembelajaran.

Ciri-ciri Guru Merdeka Belajar Ala Buku Guru Merdeka Guru Berdaya

Ciri-ciri Guru Merdeka Belajar

Suhud Rois adalah sosok guru penggerak Komunitas Guru Belajar atau yang dikenal dengan nama KGB di wilayah Cimahi, Jawa Barat. Dengan keaktifannya di komunitas KGB ini Suhud Rois sering juga diundang oleh KGB di daerah lain untuk menjadi narasumber.

KGB Sukabumi yang bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi termasuk yang pernah mengundang sosok guru di SD Peradaban Insan Mulia, Cimahi ini. Dalam sharing session dengan guru-guru madrasah saat peluncuran buku Guru Madrasah Bagja dan Berkah Guru Madrasah Bagja dan Berkah, Suhud Rois juga membawa bukunya yang berjudul Guru Merdeka Guru Berdaya dan menceritakan sebagian isinya tentang ciri-ciri untuk menjadi Guru Merdeka Belajar.

Berikut rangkuman ciri-ciri Guru Berdeka Belajar dari buku Guru Merdeka Guru Berdaya

1. Memiliki Kompetensi Guru Secara Menyeluruh

Sebelum dan sesudah menjadi guru seorang pengajar harus paham dengan kompetensi yang harus dimilikinya untuk menjadi guru profesional guru profesional. Beberapa kompetensi guru yang harus dimiliki yaitu:

  • kompetensi kepribadian
  • kompetensi pedagogik
  • kompetensi sosial
  • kompetensi profesional

2. Memiliki Passion yang Kuat dari Awal Menjadi Guru

Ketika berniat untuk menjadi seorang guru, sebarapa kuatkah passion untuk menjadi guru? Sejatinya passion itu mutlak harus 100% agar ketika benar-benar terjun ke dunia pendidikan ini benar-benar dijalani dengan penuh semangat.

3. Terus Belajar dan Berkolaborasi

Kata yang tak boleh hilang ketika menjadi guru adalah terus belajar. Dengan terus belajar maka kewajiban mengajar akan seimbang dengan terus belajar. Sehingga salah satu indikator guru yang merdeka belajar dikenal dengan guru yang terus belajar dan terus mengajar. Jangan lupa untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan guru lainnya untuk bersinergi menciptakan vibe yang harmonis dalam proses pembelajaran.

4. Kreatif

Mengajar adalah profesi yang berhubungan dengan makhluk hidup, which is para siswa, yang mana tiap periodenya guru akan bertemu dengan siswa-siswa baru. Butuh kreatifitas yang tinggi agar proses belajar mengajar di kelas menjadi hidup dan tak membosankan.

5. Powerful

Ciri lain dari Guru Merdeka Belajar adalah memiliki sisi powerful. Menjadi guru memang butuh tekad yang kuat dan fisik yang kuat karena pekerjaan ini memang bukan pekerjaan yang mudah. Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang dinamis dan dituntut untuk menghasilkan output yang berkualitas. 

6. Menyenangkan

Terakhir guru yang menyenangkan juga menjadi hal yang krusial dalam menjadi Guru Merdeka Belajar. Guru yang menyenangkan akan menciptakan suasana pembelajaran yang rileks dan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di kelas. 

Peran Sebagai Guru Merdeka Belajar

peran Guru Merdeka Belajar

Dengan terus mengembangkan diri menjadi sosok Guru Merdeka Belajar para guru akan memiliki peran maksimal dalam menjalani profesi seorang guru. Menjadi sosok Guru Merdeka Belajar, guru tidak hanya akan dikenal sebagai seorang pengajar yang menyampaikan ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu akan menjadi seorang pendidik yang dikenal dan dikenang oleh para murid dan juga rekan-rekan guru sebagai sosok yang kreatif, powerful, dan juga menyenangkan.

Buku Guru Merdeka Guru Berdaya karya Suhud Rois layak dimiliki oleh setiap guru yang bertekad untuk mengembangkan diri menjadi guru merdeka belajar. Buku ini dapat menjadi referensi langkah-langkah konkret apa saja untuk mencapai tujuan tersebut.

Jadi tak ada alasan untuk tidak terus belajar. Sejatinya manusia termasuk juga guru yang baik adalah sosok yang menjadi insan pembelajar sepanjang hayat. Dengan terus berkembangnya guru untuk merdeka belajar pastinya kualitas pendidikan kita akan terus membaik dan menghasilkan output yang baik pula. InsyaAllah.

Related Posts

Posting Komentar