Rekomendasi 10 Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Tempat Kerja

92 komentar

Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Tempat Kerja

Indikasi tempat bekerja yang nyaman salah satunya harus memiliki alat-alat kesehatan. Bagaimana di tempat kerja teman-teman? Apakah sudah memenuhi hak para karyawan dengan tersedianya health equipment atau alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja? Semoga sudah, ya. Kalau belum, bisa dikomunikasikan dengan bagian sarana dan prasarana dan beri masukan apa-apa saja alat-alat kesehatan yang sebaiknya ada di tempat kerja.

Untuk referensi teman-teman, kali ini kita akan membahas apa saja alat kesehatan yang wajib ada di kantor atau tempat kerja yang bisa direkomendasikan ke divisi peralatan untuk dipenuhi keberadaannya.

Daftar Alat Kesehatan di Tempat Kerja dan Fungsinya

Perusahaan berkewajiban menyediakan alat kesehatan di tempat kerja, tidak hanya untuk mitigasi risiko kecelakaan dan untuk keperluan keselamatan karyawan saja, tetapi perusahaan pun akan merasakan dampak positifnya seperti terhindar dari kerugian yang lebih besar jika terjadi hal-hal yang berhubungan dengan Kesehatan dan Keselamatan kerja atau yang dikenal dengan istilah K3.

Tentang kewajiban perusahaan dalam menyediakan alat kesehatan, Pemerintah telah menguatkan dengan membentuk peraturan melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang alat pelindung diri dengan nomor PER.08/MEN/VII//2010. Lalu apa saja alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja? Berikut 10 daftar alat kesehatan dan fungsinya.

Alat kesehatan yang wajib ada di kantor

1. Kotak P3K

Kotak P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah salah satu hal dasar yang harus ada di tempat kerja. Fungsinya untuk memberikan pertolongan dasar pertama jika terjadi hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan para karyawan.

Umumnya kotak P3K berisi obat-obatan dan juga alat-alat kesehatan yang biasa diberikan untuk pertolongan dasar pertama seperti kain kasa, alkohol 70%, plester, cairan pembersih luka, dan lain-lain.

2. Back Support

Back Support merupakan alat kesehatan dan kesehatan kerja yang berfungsi untuk melindungi tubuh bagian belakang. Penggunaannya cukup mudah dan fleksibel digunakan selama jam kerja.

3. Neck Support

Alat kesehatan lain yang sebaiknya ada di tempat kerja adalah Neck Support. Neck Support ini berfungsi ini mengatasi masalah pada bagian leher. Agar aliran darah tidak terganggu ke otak dan juga sebaliknya, penggunaan Neck Support ini sangat vital.

4. Masker

Masker berfungsi untuk melindungi, mencegah, dan mengurangi efek negatif dari udara kotor sampai bau dari bahan kimia yang jika dibiarkan akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Dengan pentingnya kegunaan dari masker, memang seharusnya masker menjadi salah satu alat kesehatan yang ada di tempat kerja.

5. Respirator

Fungsi respirator sekilas mirip dengan masker, namun respirator ini lebih berfokus pada fungsi untuk menghilangkan uap, gas, aerosol, dan lain sebagainya.

6. Lower Extremity

Lower Extremity adalah alat untuk melindungi bagian tubuh bawah seperti lutut dan pergelangan kaki. Banyak juga yang menyebutkan bagian extremity ini adalah seluruh bagian kaki.

7. Upper Extremity

Jika lower extremity melindungi bagian tubuh bawah, sebaliknya ada juga Upper Extremity yaitu alat yang melindungi bagian tubuh atas seperti pergelangan dan siku tangan.

Apa saja medical equipment Upper Extremitysumber: https://www.kawanlama.com/

8. Matras

Matras tidak hanya berfungsi sebagai alas untuk olahraga, tetapi juga salah satu alat kesehatan yang sebaiknya ada di tempat kerja. Fungsinya untuk membaringkan karyawan jika mengalami hal-hal darurat yang berhubungan dengan kesehatannya.

9. Termometer

Termometer adalah alat pengukur suhu untuk mengetahui kondisinya demam atau tidak. Keberadaan termometer sangat penting sebagai salah satu medical equipment yang wajib ada di tempat kerja untuk mengecek kondisi tubuh karyawan jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan.

10. Kursi Roda

Kursi roda juga tak kalah pentingnya sebagai alat kesehatan yang harus ada di tempat kerja. Fungsi kursi roda untuk membantu mobilitas lebih cepat pada karyawan jika mengalami gangguan atau kecelakaan seperti tidak dapat berjalan.

Kawan Lama, Rekomendasi Tempat untuk Membeli Alat-alat Kesehatan

Harga alat kesehatan di Kawan Lamasumber: https://www.kawanlama.com/

Dengan banyaknya alat-alat kesehatan yang dibutuhkan di tempat kerja, maka akan sangat efisien jika kita dapat membeli alat-alat kesehatan yang dapat menunjang penerapan K3 di tempat kerja di satu tempat yang menyediakan alat-alat kesehatan secara lengkap. Rekomendasi tempat yang dapat memenuhi pembelian untuk kebutuhan alat kesehatan ini salah satunya adalah Kawan Lama.

Kawan lama adalah perusahaan yang menyediakan alat-alat teknik, industri, permesinan, termasuk di dalamnya juga alat-alat kesehatan di tempat kerja yang mempunyai kualitas tinggi.

Kawan Lama ini sudah banyak dipercaya oleh banyak konsumen karena telah hadir semenjak tahun 1955. Berawal dari sebuah toko penjualan alat teknik di Glodok, Jakarta yang dikelola keluarga dan kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dengan nama PT. Kawan Lama Sejahtera.

Berbagai health equipment yang ada di Kawan Lama Solution

Alat-alat kesehatan di Kawan Lama adalah alat-alat dengan kualitas terbaik, namun harga alat kesehatan di sini cukup bersaing. Teman-teman yang ingin mendapatkan informasi katalog alat-alat kesehatan di Kawan Lama bisa mengunjungi situsnya di kawanlama.com atau juga intip informasi-informasi terbarunya di media sosial Kawan Lama

  • Facebook: https://www.facebook.com/people/PT-Kawan-Lama-Sejahtera/100090697643008/
  • Instagram: https://www.instagram.com/kawanlamasolution_/
  • Linkedin: https://www.linkedin.com/company/pt-kawan-lama-solution/
  • Youtube: https://www.youtube.com/@KawanLamaSolution

Demikian informasi tentang alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja dan juga Kawan Lama sebagai rekomendasi tempat pembelian alat-alat kesehatan dengan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk teman-teman untuk ikhtiar terbaik dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman dengan diberlakukannya penerapan K3 di tempat kerja kita.

Related Posts

92 komentar

  1. Ternyata sebuah tempat kerja yg ideal perlu dilengkapi dengan alat-alat kesehatan juga yaa. Sampai ada back and neck support. Penting banget buat kesehatan para karyawan, biar postur tubuhnya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya ya. Hal tersebut tentunya untuk membuat nyaman para karyawan di tempat kerja.

      Hapus
    2. Aku juga baru ngeh, ternyata neck support wajib dimiliki sebagai salah satu alat kesehatan yang wajib ada. Emang kita ngga tahu ya kapan dibutuhkan. Lebih baik selalu siap tersedia

      Hapus
  2. Saat bekerja di Semarang, aku paling melihat kotak P3K saja. Aku nggak paham, apakah alat lainnya disimpan oleh tim humas atau gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikantor tempatku kerja ada kotak P3K, tandu, back support tapi alat kesehatan lainnya nggak lihat

      Hapus
    2. Sama mba, dulu cuma adahya P3K doang di ruang dosen. Itu pun kadang ngga lengkap, jadi biasanya aku bawa sendiri beberapa yang aku butuhkan

      Hapus
  3. Melihat daftar alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja tadi, saya jadi kepikiran. Baru ada sedikit macam yang ada di tempat kerja saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling minimal di tempat kerja kayaknya pasti ada P3K ya, mbak. Tapi, kayaknya sebagian lainnya tuh ada. Mungkin emang nggak semua karyawan tahu tempat penyimpanannya.

      Hapus
  4. Di tempat kerja memang alat kesehatan harus lengkap. Terutama kotak obat P3K. Karena namanya saat kerja bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul nih, Mas. Hari kecelakaan kerja nggak tercantum di kalender. Jadi memang sudah seharusnya perusahaan menyediakan kotak P3K dan alat-alat kesehatan sebagai pertolongan pertama.

      Hapus
  5. Tapi gini nih kadang pekerjanya nggamau pake :(( adekku pernah negur temen kerjanyaa yang kudu pakee safety tapi dia kekeuh nolak, jadi ngga nyadar emang kalo kek gini tuh buat nyelametin dia sendiiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish, ish, ish, ntar kalo udah kejadian aja (amit-amit), baru nyesel dah tuh kalo keselamatan jauh lebih penting dari segalanya.

      Hapus
  6. Semoga semakin banyak tempat kerja yang perduli dengan kesehatan pekerjanya dengan menyediakan alat alat kesehatan di tempat kerja

    BalasHapus
  7. Aku paling suka lihat P3K sich di tempat kerja klo yang lainnya ngga pernah. Mungkin perusahaan merasa kurang begitu dibutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat saya kursi roda nih yang belum ada. Mungkin suatu hari nanti akan disediakan. Semoga.

      Hapus
  8. P3K penting banget sih yang harus ada di kantor sama termometer. Kadang suka gak enak badan Kalau kerja lembur terus, tapi segen mau izin karena gak bisa cek suhu takutnya cuman perasaan suhu badan aja. Jangankan di kantor, di rumah aja aku P3K nya lengkap banget. Soalnya kita gak tau kan bisa terkena luka kapan aja. Jadi harus selalu sedia sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya benar ini Mbak. Apalagi kan banyak perusahan juga kerja shift. Misalanya shift malam dalam keadaan ngantuk yang kadang ada kecelakaan kecil.

      Hapus
  9. P3K ini yang paling wajib ada dimana-mana. Nggak hanya di tempat kerja aja, di rumah, di sekolah, juga harus ada. Dan paling umum disediakan juga. Kalo yang lain jarang lihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbaa harus ada yaa apalagi di kantor kadang tangan suka kena luka steples jadi segera diobati dengan cairan alkohol dan pembersih luka. Jadi wajib ada P3K sih. Kalau yang lain kursi roda memang jarang yaa tergantung kebijakan kantornya. Tapi nggak perlu khawatir semua lengkap ada di Kawan Lama.

      Hapus
  10. Jadi inget rekan kerja daku pernah pingsan di kantor, langsung deh itu kotak P3K gercep jadi sohib penyelamatan pertama.
    Memang perlu menyediakan perlengkapan ini, karena ada aja kejadian tak terduga terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kotak P3K mungkin terlihat sepele, tapi nyatanya bisa jadi salah satu yang menyelamatkan, ya. Mending mempersiapkan daripada tidak sama sekali.

      Hapus
  11. Kotak P3K ini hal dasar yang harus ada di tempat kerja sih. Karena hal pertama yang harus ada kalau ada kecelakaan ya emang obat-obatan dan alat kesehatan di P3K. back support, neck support juga penting banget. Untung ada Kawan Lama sebagai rekomendasi tempat pemebelian alkes yang terpercaya.

    BalasHapus
  12. Mantap sekali kalau semua alat kesehatan itu ada di tempat kerja. Biasanya ada yang dasar aja, kotak P3K. Semoga makin banyak perusahaan yang peduli dan menyediakan alat kesehatan memadai di tempat kerja.

    BalasHapus
  13. Kotak P3K itu sudah pasti ada di setiap tempat kerja ya. Jangankan tempat kerja deh di rumah saja selalu ada.
    Sekarang masker juga ada di setiap tempat ya setelah covid19 masker jadi sesuatu yang primer untuk kita

    BalasHapus
  14. Tahunya cuma kotak P3K, ternyata banyak juga ya yang berguna. Kalau yang kerjanya bahyak duduk, neck support sama back support sepertinya bakal membantu banget sih

    BalasHapus
  15. Berhubung lagi WFH, kyknya aku jg hrs setting tempat kerjaku layaknya kantor deh. Kecelakaan krj kan ga sebatas hny pekerja kantoran doank. Kita yg bekerja di rumah pun jg rentan kena kecelakaan loh meski ga pernah diinginkan ya.

    Mampir ah ke Kawan Lama buat beli alat2 kebutuhan kesehatan.

    BalasHapus
  16. jadi penasaran di bangunan tempat kerja adekku ada juga gak ya? atau malah hanya ada di klinik kantor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjaga kesehatan di tempat kerja sama pentingnya dengan di rumah. Lingkungan kerja yang sehat dapat meningkatkan produktivitas dan mencegah penyebaran penyakit. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menyediakan alat kesehatan yang memadai di tempat kerja.

      Hapus
  17. Yang familier di telinga saja tentu saja P3K, kursi roda, masker, thermometer, matras. Hal lainnya masih asing nih buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, nih. Beberapa peralatan juga masih asing kayak neck support, back support, tapi emang ternyata penting banget ya ada alat kesehatan di tempat kerja.

      Hapus
    2. Iya, Mbak. Di tempat kerja wajib banget ada peralatan dan perlengkapan kesehatan. Sehingga kalau terjadi sesuatu bisa tertolong dengan cepat dan tidak menjadi fatal. Bahkan perlatan dan perlengkapan kesehatan itu diwajibkan untuk perusahaan-perusahaan besar. Kalaunada audit dari calon cuatomer, pasti disorot tuh perlengkapan kesehatannya.

      Hapus
  18. Baru tahu kalau penyediaan alat kesehatan di tempat kerja ada peraturan Mentrinya. Ada 10 dan wajib ada

    BalasHapus
  19. Wah, bisa banget nih perusahaan nyediain fasilitas kesehatan buat karyawannya. Dan ternyata di kawanlama juga ada ya jual alat kesehatan yang recommended pastinya.

    BalasHapus
  20. Ketersediaan P3K sangat penting ya ka karena situasi darurat bisa sewaktu-waktu terjadi.

    BalasHapus
  21. Matras juga biasanya dimanfaatkan untuk istirahat siang. Jadi bisa berfungsi juga nih di keseharian. Soalnya, sebenarnya, karyawan yang bisa beristirahat sebentar saja di kala siang tuh, katanya cenderung lebih produktif saat menyelesaikan pekerjaan.

    Banyak ya perlengkapan kerja dan segala pendukungnya yang bisa dibeli melalui Kawan Lama. Lengkap pula.

    BalasHapus
  22. Back support dan neck support nih kayaknya penting buat ada di tempat kerja. soalnya dapat membantu meringankan beban karyawan. Karena berada di depan komputer seharian itu melelahkan sekali..

    BalasHapus
  23. Seneng juga ya kalau di temoat kerja alat kesehatannya lengkap begini. Memang perlu diaediakan sih karena bisa saja sewaktu-waktu dibutuhkan...

    BalasHapus
  24. apalagi kalau templat kerjanya di gudang ya, penting banget tersedia semua alat kesehatan diatas. Bisa cek kawan lama nih untuk keperluan alat kesehatan, gak hanya di tempat kerja ya buat dirumah juga bisa

    BalasHapus
  25. Banyak banget ya yang disediakan Kawan lama, bahkan urusan peralatan kesehatan aja peduli, loh. Seperti halnya kotak p3k yang nggak cuma di kantor aja,di rumah pun harus selalu sedia karena kita nggak tau kedepannya kayak gimana,

    BalasHapus
  26. Ternyata yang dijual di Kawan Lama itu lengkap banget, ya. Mulai dari homeware hingga peralatan kesehatan. Memang nggak salah tempat sih jika perusahaan cari perlengkapan di sana.

    BalasHapus
  27. kalau kotak P3K sering menemui di tempaat kerja
    tapi kursi roda belum pernah. padahal penting ya untuk berjaga- jaga dan mobilitas orang yang kecelakaan sehingga lebih cepat dan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sih, mungkin tingkat urgentnya berbeda ya. tapi kalau P3K itu udah wajib, juga termometer, matras dan respirator

      Hapus
  28. Kawan Lama ini lengkap sekali yaa..
    Dan karena ternyata jam terbang itu penting banget, sehingga kalau belanja alat kesehatan untuk lingkungan pekerjaan yang bener-bener lengkap, butuh cheklist atau rekomendasi langsung gitu bisa mungkin yaa..

    BalasHapus
  29. Memang sudsh seharusnya tiap perusahaan menyediakan10 alat kesehatan tersebut, demi keselamatan kerja para karyawan. Kawan Lama memamg referensi terbaik dan terlengkap membeli alat kesehatan yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  30. Sebuah tempat kerja yang memanusiakan manusia memang kudu memperhatikan alat kesehatan untuk karyawannya ☺

    BalasHapus
  31. Menjaga kesehatan di tempat kerja sama pentingnya dengan di rumah. Lingkungan kerja yang sehat dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko penyakit. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menyediakan alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja.

    BalasHapus
  32. Banyak juga ya ternyata alat kesehatan yang wajib ada di tempat kerja, memang ada beberapa pekerjaan ekstrim yang menuntut perlindungan ekstra buat pekerjanya

    BalasHapus
  33. Peralatan kesehatan yang lengkap seperti ini perlu banget juga ada di sekolah. Kotak P3K saja jelas tidak cukup. Pernah kejadian ada siswa yang jatuh dari tangga. Karena tidak ada alat yang memadai, akhirnya harus menunggu ambulans datang karena ditakutkan ada cedera leher atau tulang belakang.

    BalasHapus
  34. Mantap ya, belanja di Kawan Lama bisa dapetin alat-alat kesehatan dengan kualitas terbaik yang harganya cukup bersaing dari harga pasar yang ada.

    BalasHapus
  35. Paling familiar sama kotak P3K yang isinya juga ada termometer. Kawan Lama memang tempatmya segala alat penunjang kerja

    BalasHapus
  36. salah satu alat yang selalu saya bawa dan ada di artikel ini adalah termometer dan masker. Karena ukurannya kecil kali yaa jadi gampang dimasukkan ke dalam tas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, ketemu Heni di sini. Hehe.... Aku juga suka bawa masker kalo pergi-pergi. Biasanya sama Freshcare juga. Kalau ke luar kota, tambah lagi bawa obat gosok kalau-kalau kaki mendadak kram.

      Hapus
  37. Iya nih, alat kesehatan memang penting sekali disediakan di tempat kerja. Kalau bisa juga disediakan semacam UKS seperti di sekolah dengan stok obat obatan juga untuk pertolongan pertama.

    BalasHapus
  38. Alat kesehatan penting banget nih karena bagian dari K3 di lingkungan kerja

    BalasHapus
  39. ternyata banyak alat kesehatan yang seharusnya disiapkan ditempat kerja ya. Saya belum tahu semuanya dari ke sepuluh itu. Yang nggak asing ya kotak p3k, masker dan tandu.

    BalasHapus
  40. Benar juga, ya. Seharusnya selengkap itu bukan hanya kotak p3k saja. Tapi untuk kursi roda, sepertinya dapat disesuaikan lagi penyediaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi berasa yaah.. bahwa sebagai pemilik usaha harus banget memenuhi kebutuhan keselamatan para pekerjanya. Dengan melengkapinya, semoga kalau ada yang dibutuhkan saat terjadi musibah di tempat kerja, bisa segera bisa mendapatkan pertolongan pertama secara tepat.

      Hapus
  41. wah informasi yang jarang sekali orang tahu, dan saya jga baru tahu ini, ternyata tidak hanya sekedar kotak p3k saja yang harus tersedia di kantor/tempat kerja ya, terima kasih informasinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ternyata mrmang harus selengkap itu ya untuk pertolonvan pertama di sebuah area publik kaya kantor. Dan beberapa jg bisa disediakan di rumah, buat penanganan pertama kalau ada yg cedera

      Hapus
  42. Sederhana tapi bener deh semua benda ini penting banget ada di tempat kerja, amit amit kalau terjadi hal yang gak diinginkan yahhh, jadi bisa diantisipasti sesegera mungkin.

    BalasHapus
  43. Kadang kita ga tahu kapan terserang penyakit. Bisa saja ketika di kantor. Memang sebaiknya kantor itu aware dengan menyediakan alat kesehatan untuk para karyawan

    BalasHapus
  44. O la la. Rupanya banyak juga nih ya, alat kesehatan yang mestinya ada di tempat kerja kita. Enggak cuma kotak obat dan termometer. 🙂

    BalasHapus
  45. Iya ya, di tempat kerja mah alat-alat kesehatan kudu lengkap. Takutnya memang darurat butuh apa-apa. Gak kayak di rumah. Btw, aku baru tahu dengan kawanlama ini. Lengkap ya produk yang dijualnya. Ceki-ceki ke tekape ah, kepengen tahu ada apa aja di sana.

    BalasHapus
  46. Wah iya untuk penerapan K3 di tempat kerja mesti tersedia alat kesehatan yang wajib ada , yang syukurnya kini ada tempat yang dapat memenuhi pembelian untuk kebutuhan alat kesehatan ini salah satunya adalah Kawan Lama.

    BalasHapus
  47. Kotak P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan memang merupakan salah satu hal dasar yang harus ada di tempat kerja ya kak, kadang namanya kecelakaan besar/kecil tidak bisa kita hindari

    BalasHapus
  48. Ngeri banget kalo liat para pekerja konstruksi di ketinggian gedung, pastinya mereka sudah menyiapkan alat keselamatan kerja seperti dalam artikel ini dengan profesional yah, bisa jadi belinya di Kawanlama, yang pioner dalam alat-alat semacam ini.

    BalasHapus
  49. Kayaknya kotak P3K udah jadi alat kesehatan wajib di tempat kerja di bidang manapun. Saya pernah kerja di bagian gudang, para pekerjanya wajib nyimpen kotak P3K di lokernya masing-masing.

    BalasHapus
  50. KotakP3K ini wajib ya ada disemua tempat apalagi kalau di tempat kerja karena resiko tinggi pastinya sering mengintai pekerja nya

    BalasHapus
  51. Wah berharap ada kursi pijat kalau ada di tempat kerja.. kalau lainnya sebenarnya sudah ada

    BalasHapus
  52. Terima kasih infonya. Harus selengkap ini ya perlengkapan K3. Rata-rata cuma sedia kotak P3K aja. Cus cek ke kawanlama deh. Pasti banyak pilihan di sana perlengkapan keselamatan kerja...

    BalasHapus
  53. Paling minim setidaknya tersedia kotak p3K lengkap dan ada masker. Ini sudah peralatan kesehatan yang wajib ada sih. Khususnya di lingkungan kerja yang tidak terlalu berat aktivitasnya

    BalasHapus
  54. Penting sekali tersedianya alat-alat kesehatan di tempat kerja. Kita nggak tahu kapan terjadi sakit atau kecelakaan kerja.

    BalasHapus
  55. Wah setuju sih.. alat kesehatan kayak gini nih yang kadang nggak kepikiran tapi penting sekali dimiliki perusahaan

    BalasHapus
  56. di kawanlama juga ada alat kesehatan juga ya pak ? aku baru tahu. Ku kira, cuma alat industri pertukangan saja. Noted nih.

    BalasHapus
  57. Jarang banget aku lihat ditempat kerja alat kesehatan lengkap, paling standart aja kotak P3K gtu. Cocok nich kawanlama jadi rekomendasi alat-alat kesehatan untuk para perusahaan yang ingin melengkapi alat kesehatan yang masih kurang ya.

    BalasHapus
  58. selain P3K ternyata banyak alat kesehatan yang seharusnya ada di kantor ya, penting banget memang karena kadang ada kejadian yang tidak diharapkan dan sekarang mudah sekali melengkapinya..tinggal lihat di kawan lama

    BalasHapus
  59. ternyata kriteria tempat kerja ideal itu gak hanya dilihat dari gaji atau budaya kerja saling membantu aja. Tapi ketersediaan alat kesehatan sesimpel kotak p3K, termometer, hingga kursi roda juga penting. Karna baca tulisan ini jadi sadar kalo hal-hal seperti ini itu penting banget...

    BalasHapus
  60. ini sih keren banget, kalau di tempat kerja mau menyediakan alat kesehatan selengkap itu. baca tulisan di atas, jadi ngeh kalau alat-alat seperti itu ternyata penting banget

    BalasHapus
  61. Kalau bisa beli alat-alat kesehatan berkualitas di satu tempat, pasti lebih praktis dan efisien buat kebutuhan K3 di tempat kerja. Apalagi Kawan Lama udah terpercaya sejak tahun 1955, jadi nggak perlu ragu soal kualitasnya.

    BalasHapus
  62. Seneng bgt tuh kalo ada perusahaan yg peduli bgt kesehatan karyawannya. Ini kan jg demi kepentingan perusahaan jg sih.

    P3K itu udh kebutuhan wajib utk pertolongan pertama sebelum dibawa ke klinik/rumah sakit.

    Ah mamoir Kawan Lama ah buat beli kotak P3K serta alat kesehatan lainnya buat persediaan di rumah. Udh rusak soalnya.

    BalasHapus
  63. Dulu, pas kerja, pernah berangkat sehat, eh pas siang-siang badan tiba-tiba panas banget. Jadi emang penting sih ada alat-alat kesejatan di tempat kerja. Minimal P3K lah ya.

    BalasHapus
  64. Belakangan suka denger kawanlama ternyata selain perkakas tukang juga menyediakan alat kesehatan buat kebutuhan keselamatan kerja di perusahaan/ industri ya. Penasaran selain belanja via web jd ini ada tokonya atau sekarang khusus pembelian online aja?

    BalasHapus
  65. Kotak P3K wajib banget euy karena kadang luka bisa terjadi kapan saja. Lalu masker, termometer juga. Bahkan sejak masa pandemi dan sekarang meski sudah berakhir, di rumah kami selalu ada persediaan masker dan kami masih menggunakannya hingga sekarang

    BalasHapus
  66. Kalo ada perusahaan yang nyediain alat kesehatan kerja yang lengkap patut untuk diapresiasi. sebab alat kesehatan seperti P3K penting banget untuk pertolongan pertama

    BalasHapus
  67. Fiks, alat kesehatan mutlak harus ada di sebuah perusahaan, atau kantor-kantor dinas. Setidaknyaada buat pertolongan pertama jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kesehatan menurun. Ssperti P3K misalnya

    BalasHapus
  68. Masker, termometer, kursi roda, matras, dan lainnya emang penting bgt sih ada di tempat kerja supaya kesehatan para pekerja bisa terjaga. Wah kalau beli alat kesehatan sekarang bisa lebih mudah ya ada kawanlama

    BalasHapus
  69. Seingat saya alat kesehatan minimal yang ada di tempat kerja sudah diatur undang-undang begitu pula jenis obat-obatan yang wajib ada, karena peralatan dan pengobatan tersebut dibutuhkab untuk pertolongan pertama saat terjadi cidera

    BalasHapus
  70. Ini bagianku dulu dalam mempersiapkan semua alat kesehatan kerja di kantor. Dan salah satu vendor penyedia alkes perusahaan kami adalah Kawan Lama..kayaknya kawan Lama ini emang solusi terbaik semua alkes.

    BalasHapus
  71. Wahh produk produk Kawan Lama memang bagus bagus yaa! Rekomen banget apalagi untuk alat kesehatan gini.

    BalasHapus
  72. Kotak P3K sih yang paling penting. Baru yang lainnya. Viral soalnya dan harus ada.

    BalasHapus
  73. noted banget ini soale sering denger kondisi di tempat kerja itu kan gak terduga ya penting untuk memiliki perlengkapan alat kesehatan yang handal

    BalasHapus
  74. Penting sekali tempat kerja untuk menyediakan alat kesehatan, salut sama tempat kerja yang menyediakan 10 alat. Walau masker dan termometer skrg sepertinya orang tidak terlalu notice lagi, pdhal waktu pandemi, salah satu yang masya Allah sekali ketika dicari

    BalasHapus

Posting Komentar