Contoh Susunan Acara Buka Bersama di Sekolah

4 komentar

Susunan Acara Buka Bersama di Sekolah
Sebelum libur panjang sekolah menjelang hari raya idulfitri, banyak sekolah yang mengadakan acara buka bersama para murid dengan para guru di sekolah. Sekolah dasar tempat anak sulung belajar juga termasuk yang mengadakan acara buka bersama ini yang dilaksanakan di hari akhir pembelajaran sebelum libur.

Melihat dokumentasi kegiatan acara buka bersama di sekolah dasar ini sepertinya anak-anak sangat hidmat dan juga menikmati seluruh rangkaian acaranya. Salah satu keberhasilan acara ini pastinya karena adanya susunan acara buka bersama di sekolah yang menarik dan disusun sedemikian rupa.

Susunan Acara Buka Bersama di Sekolah

Salah satu tradisi yang selalu ada pada bulan Ramadan adalah kegiatan buka bersama. Kegiatan buka bersama ini lumrah dilaksanakan oleh berbagai kalangan, seperti keluarga, rekan kerja, dan juga lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah.

Setiap orang atau kelompok yang mengadakan acara buka bersama biasanya mempunyai run down acara versinya masing-masing agar menarik untuk diikuti. Kalau untuk di lingkungan sekolah, tentunya susunan acara buka bersama di sekolah tidak hanya harus dengan kemasan menarik, tetapi juga sejatinya memiliki nilai-nilai pendidikan yang bisa diserap oleh para murid yang mengikuti acara tersebut.

susunan acara buka bersama di sekolah

Seperti apa susunan acara buka bersama di sekolah? Berikut contoh yang bisa ditiru dan dimodifikasi untuk teman-teman yang berencana mengadakan acara serupa

1. Registrasi Peserta

Di acara buka bersama SD tempat anak sekolah acaranya dimulai setelah salat ashar. Acara dimulai dengan registrasi peserta yang ikut acara sesuai dengan list yang sudah diinformasikan sebelumnya di WA grup kelas.

2. Pembukaan Acara

Karena acara buka bersama di SD ini di adakan di masjid sehingga pembukaan acaranya pun otomatis secara seremonial dibuka di masjid oleh kepala sekolah. 

Sebelum dibuka secara seremonial oleh kepala sekolah, tentu saja ada MC yang mengawal acara ini agar dapat berjalan dengan lancar dan memberitahukan susunan acara yang akan diikuti oleh peserta buka bersama dari awal sampai selesai.

3. Sambutan dan Nasehat

Selain membuka acara, kepala sekolah juga memberikan sambutan acara dan memberikan tausyiah atau nasehat kepada anak-anak yang menjadi peserta buka bersama di sekolah. Kepala sekolah memberi tausyah tentang hal-hal atau kegiatan-kegiatan yang sebaiknya dilakukan di bulan Ramadan, baik ketika masih sekolah dan juga di masa-masa liburan idulfitri.

Kepala sekolah juga mengingatkan supaya jangan terlena dengan libur panjang di hari raya, namun tetap mengingat hal-hal positif yang sejatinya tetap dilakukan seperti muroja'ah qur'an dan juga membantu orang tua di rumah.

4. Tadarus Qur'an

tadarus quran

Setelah pemberian tausyiah, acara dilanjutkan dengan mengaji bersama atau tadarus. Tadarus ini dilangsungkan sembari menunggu waktu adzan magrib.

5. Buka Bersama

Setelah tiba adzan magrib, tibalah saatnya untuk buka bersama. Dalam membatalkan puasa di waktunya ini, anak-anak diberi air minum dan makanan ringan terlebih dahulu. Kita biasanya mengenal penganan untuk buka ini dengan istilah takzil.

buka bersama

Acara buka bersama ini karena diadakan di masjid, jadi semua peserta makan sambil duduk di karpet di dalam masjid. Anak-anak duduk dengan rapi, berhadap-hadapan, dan di hadapannya sudah ada kudapan untuk buka bersama.

6. Salat Magrib Berjama'ah

Salat magrib berjama'ah dilaksanakan setelah semua menikmati bukapuasa dengan air dan makanan ringan. Salat diimami oleh guru dan anak-anak berjejer rapi menjadi makmum di belakangnya.

7. Makan Bersama

buka bersama di sekolah

Selesai salat magrib berjama'ah, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Jika tadi buka di awal dengan makanan ringan, maka setelah salat magrib ini konsumsi yang disajikan adalah makanan berat berupa nasi dengan lauk pauknya.

8. Penutup/Pulang

Sebelum waktu isya datang, acara buka bersama ini telah selesai dan anak-anak siap dijemput oleh para orang tua atau wali siswanya. Sebelum pulang ke rumah masing-masing, acara ditutup oleh pembawa acara dengan membaca doa penutup kifaratul majlis bersama.

Manfaat Diadakannya Buka Bersama di Sekolah

manfaat buka bersama

Acara buka bersama di sekolah ini diadakan tentu dengan pertimbangan yang matang  oleh pihak sekolah. Ada banyak manfaat yang bisa digali hikmahnya dengan terlaksananya buka bersama di sekolah.

Beberapa manfaat buka bersama di sekolah antara lain:

  • Silaturahmi antar warga sekolah sebelum libur panjang idulfitri
  • Mencairkan komunikasi seluruh keluarga besar sekolah yang ikut dalam program buka bersama
  • Media untuk berinteraksi secara positif di momen kebersamaan buka bersama
  • Mengisi Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat\
  • Menguatkan bonding antar guru dan siswa
Demikian banyaknya manfaat dari mengikuti acara buka bersama di sekolah ini. Selain susunan acara buka bersama di sekolah disusun dengan seksama yang mengandung muatan pendidikan, mudah-mudahan anak-anak juga dapat menyerap hikmah dari sekian manfaat dari acara yang hanya ada di bulan mulia ini.

Related Posts

4 komentar

  1. Senengnya ngeliat acara bukber berlangsung khidmat ya mas yonal
    kalau dijabarkan urutannya gini bisa memudahkan panitia yang akan membuat acara bukber di sekolah. Pastinya yang acaranya menarik sehingga siswa juga semangat dan ada bonding dengan guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak Nit
      Saya pun melihat dokumentasi kegiatan buka bersama ini dari guru-guru SD pun sangat senang. Terlihat anak-anak khidmat dan menikmati semua rangkaian acara buka bersama

      Hapus
  2. Bener... Anakku untungnya juga ngerasain bukber di sekolah dengan teman2 dan guru. Aku juga pastinya izinin, Krn dia jadi bisa tahu kalo bukber dengan teman2 sekolahnya. Seru kok memang. Inget dulu aku juga ngerasain pas zaman sekolah.

    Jarang aja kan bisa tinggal di sekolah sampai malam 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sebagai orang tua jelas akan mendukung setiap program yang bermanfaat dari sekolah seperti buka bersama ini ya Mbak fann. Momen kaya gini kan jarang terjadi ya, hanya setahun sekali, jadi biarkan mereka menikmati masa-masa terbaiknya dengan teman-teman dan guru-guru di sekolah

      Hapus

Posting Komentar