Biaya Liburan ke Jepang, Ini Rincian Budget dan Tipsnya

17 komentar
Biaya liburan ke Jepang

Beli tiket pesawat Jakarta Jepang pastinya jadi agenda pertama yang akan Kita lakukan ketika berencana untuk liburan ke negara tersebut bukan? Karena idealnya jika ingin lebih hemat maka harus booking tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya.

Negara Jepang banyak dijadikan sebagai tujuan wisata luar negeri masyarakat Indonesia, karena penasaran dengan budayanya serta keindahan yang ditawarkan. Apalagi Jepang juga dikenal dengan berbagai keunikannya.

Teman-teman yang berencana untuk traveling ke Jepang sebaiknya merencanakan liburan ke Jepang sudah dilakukan jauh-jauh hari, apalagi ada banyak hal yang patut dipersiapkan.

6 Daftar Rincian Biaya Liburan ke Jepang

Maslaah biaya adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan sebelum traveling kemanapun, termasuk ke Jepang. Berikut ini diantaranya rincian persiapan biaya untuk liburan ke negeri sakura tersebut, seperti:

1. Visa serta passport

Bagi teman-teman yang belum punya visa maupun passport maka mau tidak mau harus membuatnya terlebih dahulu, agar diizinkan masuk ke negara tersebut. Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatannya kurang lebih 1 juta rupiah, tergantung juga jenis visa yang ingin dipakai.

2. Tiket pesawat

budget liburan ke Jepang

Harga tiket pesawat Jakarta Jepang bisa berbeda-beda tergantung berbagai faktor, inilah yang harus diperhatikan ketika ingin beli tiket pesawat.

Apalagi ini juga termasuk komponen yang memakan biaya cukup besar dalam perjalanan Kita, setidaknya harus siap uang tiket 10 juta rupiah untuk pulang dan pergi.

Jika ingin hemat beli pada saat promo, namun memang belum tentu momentnya sesuai dengan jadwal liburan.

3. Biaya transportasi selama di Jepang

Wisatawan juga membutuhkan persiapan biaya untuk transportasi untuk mengunjungi waktu destinasi dengan yang lainnya, apalagi jika lokasinya berjauhan, tentunya akan lebih mahal biaya yang harus dikeluarkan, jadi buat itinerary terlebih dahulu mana saja yang ingin dikunjungi, biaya transportasi antar kota yang harus dipersiapkan paling tidak 800 ribu rupiah.

4. Penginapan

Jangan lupakan mengenai dimana Kita akan menginap atau stay saat berada di negara Jepang ini.

Di kawasan pusat kota yaitu Tokyo Jepang sendiri pada dasarnya banyak pilihan penginapan dengan tarif terjangkau, misalnya untuk kamar tipe single bed cukup dengan 500 ribu rupiah per malam, sehingga dalam seminggu butuh sekitar 3,5 juta rupiah.

5. Biaya makan

Jika berbicara pengeluaran untuk makan sebenarnya tinggal pintar-pintar wisatawan dalam menyiasatinya, tidak harus selalu beli makanan di luar, jika ingin hemat maka bisa bawa juga makanan instan dari Indonesia.

Setidaknya uang 2 juta rupiah harus dikeluarkan untuk makan selama seminggu di Jepang, apalagi jika Anda suka jajan atau kulineran.

6. Biaya internet

Sebenarnya ada banyak sarana umum seperti hotel atau pun minimarket yang menawarkan wifi gratis, namun untuk yang mobilitasnya tinggi, apalagi saat liburan harus siap sedia biaya internet sendiri. sediakan setidaknya 525 ribu rupiah untuk paket internet selama 7 hari.

Tips Liburan ke Jepang

Tips Liburan ke Jepang

Kalau liburan masih bisa berhemat, kenapa harus boros? Iya gak? Beberapa tips ini akan membantu perjalanan liburan kita ke Jepang makin hemat, yaitu:

1. Liburan bersama dengan keluarga atau teman

Karena jatuhnya akan lebih hemat bersama-sama, untuk biaya makan atau pun juga penginapan bisa sharing, sehingga jatuhnya makin hemat.

2. Liburan ala backpacker

Jika ingin lebih hemat maka jangan ragu liburan ala backpacker yang sudah pindah-pindah tempat tinggal, jalan kaki, memanfaatkan fasilitas gratisan yang ada disana sampai dengan makan seadanya di pinggir jalan, ini jatuhnya jauh lebih hemat.

3. Susun itinerary secara cermat

Harus dibuat terlebih dahulu rencana wisata Kita dengan jelas dan lengkap, termasuk pilihan tempat wisata yang harus didatangi, hal ini dapat mempertimbangkan budget sesuai dengan kondisi keuangan Teman-teman.

4. Pilih tempat wisata yang gratis

Banyak nyatanya tempat wisata yang dibuka untuk umum dan pastinya gratis dinikmati wisatawan seperti diantaranya adalah Patung Hachiko yang ada di depan stasiun Shibuya, Taman Himawari Sato, Inokashira, Kuil Kucing Gotokuji dan masih banyak yang lainnya.

5. Booking tiket pesawat jauh-jauh hari

tiket pesawat ke Jepang

Jangan ragu juga untuk memesan tiket pesawat Jakarta Jepang jauh-jauh hari sebelumnya, apalagi kurang dari 3 bulan sebelum perjalanan, harganya lebih hemat dibandingkan pesan dadakan. Tak ada salahnya juga memanfaatkan promo agar lebih hemat.

Related Posts

17 komentar

  1. Aku kangeeen ke jepang lagi 😄😄. Salah satu negara favorit yg ga akan bosen didatangin.

    Tapi memang mahaaal sejak COVID ini mas. Tiket pesawat nya aja aku udh ga Nemu yg Hrg 4 jutaan PP. Dulu sempet ada, pake Malaysian airlines pula.

    Skr boro2 lah 🤣..apalagi JRPASS naik 70% hahahahahaha.

    Aku selalu pake itu kalo kliling jepang. Skr ya jadi ga bisa. Kec pergi sendiri yaa..kalo ama.keluarga, udah tekor. Makanya mau ubah konsep jalan kalo ke jepang lagi. Kalo dulu aku suka kliling prefecturesnya dari Tokyo ke atas atau Tokyo ke bawah..skr udh ga bisa Krn jr pass mahal.

    Jadinya mau fokus beberapa wilayah aja, pake pass transport yg wilayah. Lebih murah

    BalasHapus
  2. simpen dulu dan nanti kasih mas Joko Yu biar ada referensi, sapa tau kan kapan waktu ada kesempatan ke negeri sakura

    BalasHapus
  3. Nah bener itu. Teman saya malah hunting tiket tahun ini, itu buat penerbangan tahun depan. Gila kan ya? Tapi katanya asyik banget soalnya selalu dapat promo gitu...
    Ke jepang kalau dapat tiket promo kan lumayan banget hematnya ya

    BalasHapus
  4. noted nih tipsnya, pengen banget deh bisa liburan ke Jepang juga, kalau bisa sih pengennya ke Jepang pas lagi musim spring kayak sekarang ini biar bisa lihat bunga sakura langsung gitu lho :D

    BalasHapus
  5. Udah lama istri ingin jalan-jalan ke Jepang. Makasih sudah share informasi yang dibutuhkan banget buat membantu rencana jalan² ke jepang..

    BalasHapus
  6. Wah informatif banget ini bisa buat persiapan liburan ke Jepang tahun depan

    BalasHapus
  7. Nah, beberapa tips di atas memang bikin lebih menghemat biaya. Kemarin sempat ada yang nanya juga nih temenku, artikel ini sepertinya perlu aku share ke dia.

    BalasHapus
  8. Kesimpulannya dibutuhkan minimal uang 20 juta agar liburan ke jepang leluasa dalam waktu seminggu.

    BalasHapus
  9. Kalau untuk yang masih pemula alias baru pertama kali ke luar negeri, lebih worth it liburan mandiri atau pakai agen travel?

    BalasHapus
  10. Aduh mau banget deh ih liburan ke Jepang. Salah satu negara impian yang kepengen dikunjungi. Sementara menabung duit dan doa, aku save ah tipsnya. Siapa tahu bisa dalam waktu dekat nih ke Jepang. :D

    BalasHapus
  11. Cita2ku banget bisa liburan ke Jepang, tinggal di sana agak lamaan juga gak molak kalau ada rezekinya hehe :D
    Kyknya kalau soal transportasi sama tempat2 wisata yang free di sana banyak yaa, yang mihil dan agak susah buat makan, khususnya mencari yang halal, tapi kalau misalnya pakai tour atau baca2 aplikasi lebih mudah sih yaa.

    BalasHapus
  12. Mau banget aku ke Jepang kak.. bener ya pergi kemanapun harus banget Susun itinerary secara cermat
    Harus dibuat terlebih dulu rencana wisata Kita dengan jelas dan lengkap..cari2 deh wisata yg gratis dn explore kuliner sekalian

    BalasHapus
  13. Aaaaa Jepang negara impiankuuuhhh, jadi sebelum merencanakan berangkat pas banget nih buat intip dulu rincian biaya apa saja yang perlu disiapkan, biar gak zonk yaahhh.

    BalasHapus
  14. Aku pingin ke Jepaaaangg... Oke, gambaran persiapannya dah ada. Duitnya juga dah ada Rp 10.000 tinggal nambahin sisanya, melengkapi persyaratannya, terus berangkat, hihihihi

    BalasHapus
  15. Pas banget nih saya sedang mencari-cari info liburan ke jepang, Trims kak lengkap banget infonya

    BalasHapus
  16. Save save save ! Hahaha
    Manfaat dan informatif banget nih artikelnya
    Pas banget wishlist destiny ku Jepang jadi ada bayangan soal perbudgetan hihi

    BalasHapus
  17. Visa dan pasport, tanpa 2 hal ini, itinerary yang dirancang bisa hancur berantakan. Harus pintar pintar juga cari info jenis visa dengan harga yang bersahabat dan cocok.

    BalasHapus

Posting Komentar