Rekomendasi Aplikasi Belajar Mengaji Iqro

Posting Komentar
Aplikasi Belajar Mengaji Iqro

Dalam mengenalkan pengajaran AL-Qur'an dasar, anak-anak selain dibimbing oleh guru atau orang tua bisa juga diperkuat dengan belajar melalui aplikasi belajar mengaji iqro untuk memperkaya referensi mereka dalam belajar Al-Qur'an dari dasar. Adanya aplikasi untuk belajar iqro ini pastinya akan sangat membantu anak-anak untuk lebih mudah lagi dalam proses belajar Qur'an.

4 Rekomendasi Aplikasi Mengaji Iqro untuk Anak-anak

Di zaman yang serba modern seperti saat ini pendidikan untuk anak sangat tertunjang dengan adanya aplikasi-aplikasi di gawai yang bisa dipergunakan untuk pembelajaran. Dari sekian banyaknya aplikasi pembelajaran, aplikasi belajar mengaji iqro adalah salah satu aplikasi belajar mengaji untuk pemula yang bisa digunakan oleh para orang tua dan atau guru untuk memperkuat pengenalan Qur'an dasar melalui iqro

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar mengaji iqro yang bisa digunakan 

1. Iqro - Belajar Qur'an + Audio

Aplikasi Iqro

Aplikasi ini ibarat buku iqro lengkap dari 1-6 dalam versi digital yang dilengkapi dengan audio. Tampilan aplikasi Iqro - Belajar Qur'an + Audio ini sangat mencolok dengan latar warna-warna kontrasnya sehingga cocok untuk anak-anak. 

Aplikasi Iqro - Belajar Qur'an + Audio dapat diunduh secara gratis dan dapat dipergunakan secara offline sehingga tidak membutuhkan koneksi internet ketika menggunakannya. Di Google Play sendiri aplikasi ini mendapat kepercayaan dengan rating 4,6 dari akumulasi sekian banyak ulasan penggunanya.

2. Belajar Membaca Al-Qur'an

Belajar Membaca Al-Qur'an

Aplikasi Belajar Membaca Al-Qur'an adalah aplikasi iqro yang juga disertai dengan audio untuk contoh pengucapannya. Untuk menunjang pembelajaran iqro dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengetahuan dasar tajwid yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Belajar Membaca Al-Qur'an antara lain mempelajari huruf hijaiyyah, makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf hijaiyyah), dan shifatul huruf (tata cara pengucapan huruf hijaiyyah).

3. Belajar Mengaji Iqra' + Suara

aplikasi Iqro plus suara

Kelebihan aplikasi Belajar Mengaji Iqra' + Suara adalah selain tampilan iqro nya interaktif juga dilengkapi dengan game atau permainan seputar iqro yang cocok untuk anak-anak, sepertinya menggunakan aplikasi ini akan menjadi salah satu cara mengajar anak mengaji iqro yang menyenangkan. Untuk mendapat versi lengkap aplikasi ini harus berbayar, ya.

Di Google Play sendiri aplikasi ini mendapat rate 3+ dengan bintang 4,5 dan telah diunduh lebih dari 10 ribu. Ayah Bunda yang tertarik dengan aplikasi ini bisa sekali mendowload nya untuk melengkapi belajar sang buah hati dalam mempelajari Qur'an dasar dengan metode iqro

4. Buku Iqra'

Buku Iqro

Aplikasi Buku Iqro tersedia baik untuk versi Android maupun iOS. Aplikasi belajar mengaji iqro ini berisi edisi lengkap iqro mulai dari jilid 1 sampai 6. Selain itu, aplikasi buku Iqra' juga dilengkapi dengan bilangan atau angka-angka dalam Bahasa Arab dan juga panduan tajwid dasar untuk anak-anak.

Mana yang Terbaik? Buku Iqro Fisik atau Iqro Versi Digital

Jika ditanya mana yang lebih baik di antara buku fisik iqro atau iqro versi digital yang banyak dalam versi aplikasi di Google Play, maka jawaban versi pribadi adalah keduanya bagus dan bahkan bisa jadi saling penunjang dalam belajar dasar Qur'an untuk anak-anak.

Anak-anak sebaiknya tetap dikenalkan dengan buku iqro konvensional dalam belajar dasar Qur''an, tetapi tentu saja kita tidak menolak kehadiran aplikasi-aplikasi serupa tentang iqro yang bisa mendukung proses pembelajaran mengaji anak untuk lebih bersemangat dalam belajarnya.

Guru dan atau orang tua yang mengajarkan anak-anak mengaji iqro sejatinya juga memang harus bisa beradaptasi dengan zaman ketika mengajarkan anak-anak, sehingga ketika ada teknologi kekinian yang dapat menjadi support sistem belajar anak, kenapa tidak kita dukung dan menyesuaikan diri dalam penggunaannya. Kaidah ini selaras dengan apa yang telah disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib tentang cara mendidik anak.

Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian

Maka baik buku iqro fisik maupun aplikasi belajar mengaji iqro keduanya baik digunakan dalam belajar untuk anak-anak mengenal Al-Qur'an. Tugas kita sebagai orang tua atau guru adalah mengajarkan mereka sebaik mungkin dengan memahami konsep dasar belajar mengaji anak usia dini seperti dengan suasana yang membuat anak-anak selalu semangat dan mencintai proses belajar mengajinya. Wallahu a'lam

Related Posts

Posting Komentar