Jalan-jalan ke Objek Wisata Situ Bagendit Garut

11 komentar
wisata situ Bagendit

Objek wisata Situ Bagendit di Garut bisa menjadi salah satu tujuan jalan-jalan yang teman-teman rencanakan. Apalagi menjelang liburan panjang akhir tahun yang juga bersamaan dengan libur sekolah semester pertama.

Wisata Situ Bagendit ini tampil dengan wajah baru setelah dirombak besar-besaran oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ketika Ridwan Kamil menjabat Gubernur. Alhasil tempat wisata Situ Bagendit menjadi semakin cantik dan memang layak menjadi destinasi wisata keluarga.

Lokasi, Tiket, dan Cerita Dibalik Tempat Wisata Situ Bagendit

Di bulan penghujung akhir tahun ini kebetulan ada undangan pernikahan keluarga di Garut. Jadilah kami mewakili keluarga besar Sukabumi datang ke sana untuk menghadiri.

Biar bisa satu kali mendayung 2,3 pulau terlampaui, maka sebelum pulang kembali, keluarga kami singgah di tempat wisata Situ Bagendit yang lokasinya memang tidak jauh dari tempat resepsi nikah saudara. Jadi silaturahminya dapat, healing tipis-tipisnya juga dapat.

Lokasi Objek Wisata Situ Bagendit

Untuk teman-teman yang tertarik berkunjung ke lokasi wisata Situ Bagendit, tempat wisata ini terletak di salah satu kota Jawa Barat, yaitu di Garut. Alamat lengkapnya ada di Desa Banyuresmi, jaraknya sekitar 4 KM dari pusat Kota Garut.

Untuk sampai ke lokasi wisata Situ Bagendit ini mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pakai google maps saja instruksinya lumayan jelas.

Waktu kemarin kita ke sana, dari Kota Sukabumi kita mencoba menggunakan kereta api. Rutenya kereta api Sukabumi Cipatat Bandung dengan harga tiket Rp.5000 per orang, kemudian lanjut ke Padalarang. Di Padalarang kita menggunakan kembali kereta yang menuju Garut, tiketnya hanya Rp.7000 saja per orang.

Tiket Masuk ke Situ Bagendit

Harga tiket masuk ke Situ Bagendit lumayan terjangkau dengan harga hanya Rp10.000 per orang. Untuk parkir sepeda motor Rp5000 dan mobil pribadi Rp10.000. Jadi bawa sekeluarga besar pun tidak akan sampai menguras dompet dong dengan harga yang murah meriah ini.

Cerita Situ Bagendit

Objek wisata Situ Bagendit tidak terlepas dari dongeng rakyat yang menyertainya. Tentang seorang perempuan kaya raya pada zaman dahulu di Garut yang bernama Nyai Bagendit. Ia terkenal pelit dan tak mau menolong orang lain.

Suatu hari ada seorang tua pengembara yang kehausan dan meminta pertolongannya, tetapi ia menolak bahkan dengan cara yang kasar. Melihat keangkuhannya, Kakek pengembara mengutuk Nyai Bagendit akan tenggelam dalam banjir dengan seluruh harta bendanya.

Akhirnya banjir datang dan menenggelamkan seluruh kekayaan dan juga Nyai Bagendit sendiri. Banjir besar itu akhirnya membentuk sebuah danau atau dalam Bahasa Sunda dikenal dengan nama situ dan akhirnya lokasi tersebut dinamai dengan Situ Bagendit.

Dibalik cerita Situ Bagendit yang sering didongengkan turun temurun di tanah Sunda, ada nilai moral yang bisa kita petik bahwa harta hanyalah sebatas titipan Tuhan, tak layak dijadikan bahan untuk menyombongkan diri karena jika Tuhan berkehendak, tidak sulit harta itu lenyap dari kehidupan kita.

Hal lain yang bisa dijadikan hikmah dari cerita Situ Bagendit adalah budaya tolong menolong yang tak boleh lekang dari kehidupan kita. Kita bersaudara, satu negara, satu keturunan manusia. Tak ada alasan untuk tak membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan selama kita mampu menolongnya.

Gambar Situ Bagendit dengan Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Area Wisata

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Situ Bagendit lumayan lengkap dengan spot-spot instagramable untuk memenuhi beranda media sosial atau disimpan untuk kenangan.

Sewa Rakit

tiket masuk situ bagendit

Untuk harga sewa rakit yaitu Rp70.000 dengan kapasitas 8 orang di atasnya. Menaiki rakit ini kita diantar oleh pengayuh ke bagian tengah danau dan menikmati suasana Situ Bagendit dari danaunya langsung.

lokasi situ bagendit

Di tengah danau juga tersedia warung apung dan kita bisa menikmati kuliner sambil bersantai di tengah danau ini. Tidak lupa ambil foto-foto terbaik di tengah danau untuk kenangan juga.

Deretan Kios Foodcourt

Fasilitas di Situ Bagendit

Untuk mengisi perut selama berada di lokasi Wisata Situ Bagendit, ada banyak tenant jualan makanan yang berjejer di sana. Tidak hanya makanan, banyak juga toko-toko souvenir khas Garut yang tersedia seperti Domba Garut dalam bentuk boneka-boneka lucu.

Taman Bermain

Objek wisata Situ Bagendit

Untuk yang berkunjung dengan membawa anak-anak ke Situ Bagendit, ada taman luas yang bisa untuk bermain mereka. Di sana juga ada beberapa arena yang pasti disukai anak-anak seperti sewa mobil-mobilan dan skuter.

Cerita dibalik Situ Bagendit

Amphitheater

Salah satu bangunan yang menonjol yang ada di objek wisata Situ Bagendit adalah gedung Amphitheater yang bentuknya sangat unik, bulat seperti cangkang kerang. Di dalam bangunan Amphitheater ini tersusun deretan tempat duduk dengan pemandangan langsung ke Situ Bagendit. 

fasilitas di Situ Bagendit

Pada saat kemarin ke sana, sepertinya sedang ada pertunjukan live musik di dalamnya karena terdengar alunan musik sampai ke luar ruangan amphitheater.

Yuk Kunjungi Wisata Situ Bagendit, Pesona Indonesia di Kota Dodol, Garut

Objek wisata Situ bagendit menjadi salah satu tempat wisata yang ikonik untuk warga Garut dan juga para pelancong dari kota-kota lainnya. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam danau Situ Bagendit yang dikelilingi oleh pegunungan yang menambah keestetikan pemandangan.

Yuk ajak keluarga untuk menikmati wisata Situ Bagendit di Kota yang dijuluki Kota Dodol dan Kota Domba ini. Rasakan kebersamaan ikatan keluarga dengan harga yang terjangkau dengan pemandangan indah dan fasilitas yang tersedia di Situ Bagendit yang buka mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Related Posts

11 komentar

  1. Jadi pengen ke sana biar bisa menikmati suasana kota Garut. Untuk parkirnya apakah luas, Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parkirnya lumayan luas Kang. Cukup luas untuk mobil dan motor di sana

      Hapus
  2. wah jadi nambah nih wishlist tempat wisata yang harus dikunjungi.. memang pesona wisata Indonesia itu luas banget ya Pak.. Gak ada habis-habisnya..

    BalasHapus
  3. Tiket masuknya lumayan terjangkau, ya, Kak. Semoga bisa ke sana juga suatu hari nanti. Btw, Domba Garut ini hewan khas di Garut, ya, Kak? Apakah ada beda dengan domba di daerah lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak Nia. Garut itu terkenal dengan kue dodol dan dombanya, jadi sering disebut kota dodol dan juga kota domba. Domba di Garut tanduknya khas banget dan besar bentuknya dibandingkan domba pada umumnya

      Hapus
  4. Selalu suka cerita legenda suatu tempat. Pasti ada pesan moral yang bisa kita ambil manfaatnya. Tempatnya asyik sekali, cocok untuk liburan keluarga.

    BalasHapus
  5. Tau cerita rakyat situ bagendit aja nih tapi belum berkunjung ke tempat wisatanya langsung, jadi pengen main ke sana deh tapi kayanya ga musim liburan kaya skrg 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. Saya mah ke situ gunung kang belum nyampe ke situ bagendit mah. Semoga bisa jalan-jalan kesana suatu saat nanti. Aamiin

    BalasHapus
  7. naik rakitnya kayaknya ngeri kalau saya. Tapi barisan kios di foodcourtnya kayaknya menggoda. Dan menyenangkannya lagi ada mainan untuk anak-anak

    BalasHapus
  8. Foodcourtnya berjejeer segitu banyaknyaa yaa pak hahaha, kalo aku udah pasti jadi salfok sama kulinernyaa. Semoga ngga pada buang sampah sembarangan yah

    BalasHapus

Posting Komentar