Susunan Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka

11 komentar
penerimaan tamu ambalan

Dalam rangka mensukseskan PTA pramuka, faktor susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan sangat penting digodok secara matang agar acara dapat berjalan dengan lancar. Itu pula yang terlihat di teman-teman panitia PTA madrasah ketika mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan pada awal Agustus kemarin.

Sebagai ekstrakurikuler wajib yang diikuti para siswa, pramuka sejatinya memang sangat baik untuk diikuti, termasuk didalamnya kegiatan penerimaan tamu ambalan. Pramuka mengajarkan banyak hal positif yang bisa didapat para anggotanya dalam setiap kegiatan atau sesi latihannya yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Penerimaan Tamu Ambalan?

Penerimaan Tamu Ambalan atau PTA adalah kegiatan dalam pramuka yang bertujuan untuk menerima dan meresmikan anggota pramuka baru yang biasa disebut dengan tamu ambalan menjadi bagian resmi dari sangga. 

Dalam acara PTA ini diharapkan terciptanya rasa kebersamaan dan solidaritas antar anggota pramuka, pembina, Dewan Ambalan, dan juga tamu ambalan itu sendiri.

Proposal Penerimaan Tamu Ambalan

Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Penerimaan Tamu Ambalan, para panitia sudah menyiapkan terlebih dahulu proposal penerimaan tamu ambalan yang mana didalamnya menjelaskan segala hal yang berkenaan dengan rencana kegiatan PTA ini. Di dalam proposal Penerimaan Tamu Ambalan terdapat dasar-dasar pelaksanaan, susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan, materi penerimaan tamu ambalan, sampai pada anggaran yang dibutuhkan pun tercatat untuk menjadi bahan pertimbangan madrasah selaku pangkalan pramuka.

Setelah proposal penerimaan tamu ambalan ditandatangani oleh Kepala Madrasah selaku Kak Mabigus, panitia semakin merapatkan barisan menuju hari H untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan.

5 Susunan Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka

Susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan sejatinya memang dikemas dengan seksama agar selama proses mengikuti PTA para tamu ambalan atau pramuka baru ini merasakan suka cita untuk bergabung dengan pramuka. Untuk itu, para panitia semaksimal mungkin mempersiapkan susunan kegiatan PTA ini dengan seksama.

Berikut beberapa susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan secara garis besar yang dilaksanakan di MA Raudlotul Ulum beberapa waktu lalu.

Acara Pembukaan

proposal penerimaan tamu ambalan

Acara PTA di MA Raudlotul Ulum tempat saya mengajar dilaksanakan di akhir pekan dalam bentuk persami atau perkemahan Sabtu Minggu. Di hari Sabtu siang para peserta melaksanakan registrasi dan persiapan untuk mengikuti acara pembukaan.

Acara pembukaan dilaksanakan dalam bentuk upacara atau apel penyambutan. Seremonialnya dibuka dengan simbolis oleh Kakak Mabigus.

Setelah selesai pembukaan, para peserta bersiap-siap mengikuti sesi penyampaian materi penerimaan tamu ambalan oleh beberapa narasumber yang sudah diundang oleh panitia PTA. Jeda antara pembukaan dengan acara penyampaian materi penerimaan tamu ambalan diisi dengan istirahat dan tak lupa pelaksanaan salat ashar terlebih dahulu.

Materi Penerimaan Tamu Ambalan

susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan

Ada beberapa tema yang disampaikan pada materi penerimaan tamu ambalan, beberapa diantaranya adalah:

  • Seluk beluk kepramukaan pangkalan MA Raudlotul Ulum
  • Adat Ambalan
Narasumber pada pemberian materi Penerimaan Tamu Ambalan ini selain diisi oleh pembimbing pramuka di pangkalan, juga mengundang para alumni yang berperan dalam mengisi materi pada acara PTA ini. Penyampaian materi penerimaan tamu ambalan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu sesi sore dan sesi malam.

Api Unggun

materi penerimaan tamu ambalan

Acara api unggun merupakan ciri khas dalam kegiatan perkemahan pramuka, termasuk dalam kegiatan PTA ini. Dalam acara api unggun, selain dijelaskan juga makna acara ini oleh pembina pramuka, juga diisi dengan penampilan kreasi dari para tamu ambalan di setiap kelompoknya untuk mengeluarkan setiap potensi yang mereka miliki dalam menghibur para peserta PTA lainnya.

Sebelum penampilan kreasi dari para tamu ambalan, tak lupa seremonial pembacaan Dasa Dharma juga dilakukan dan dibacakan oleh kakak-kakak pramuka dari kelas sebelas dan duabelas.

Lintas Alam

PTA Pramuka

Setelah selesai melaksanakan api unggun, para tamu ambalan beristirahat untuk mempersiapkan kegiatan di pagi hari, yaitu lintas alam. Sebelum lintas alam, tak lupa seluruh peserta kegiatan juga berolahraga di pagi hari.

Setelah sarapan, para peserta PTA siap-siap untuk melaksanakan penjelajahan atau lintas alam. Pada kegiatan ini para peserta akan melewati beberapa pos yang telah disiapkan panitia, dan di setiap panitia akan diberi pertanyaan dan tantangan yang berhubungan dengan kepramukaan dan materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Penutupan PTA

materi penerimaan tamu ambalan

Acara penjelajahan selesai menjelang acara makan siang. Seluruh peserta beristirahat sejenak dan dilanjutkan dengan mengganti pakaian untuk persiapan acara penutupan PTA.

Dengan dilaksanakannya acara penutupan penerimaan tamu ambalan, berarti sudah sah lah para tamu ambalan yang notabene kelas sepuluh ini diterima menjadi anggota pramuka di pangkalan MA Raudlotul Ulum.

Seru juga menemani adik-adik pramuka menjalankan kegiatan PTA ini. Secara umum seluruh susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan berjalan dengan lancar dan tertib, dan terlihat anak-anak antusias mengikuti setiap acara yang dibawakan oleh panitia.

Selamat bergabung di pangkalan pramuka, adik-adik, mari belajar mengamalkan Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka. Dan untuk seluruh kakak-kakak panitia, terima kasih untuk seluruh susunan kegiatan penerimaan tamu ambalan yang dikemas dengan sangat baik. Sampai jumpa di PTA Tahun depan.

Related Posts

11 komentar

  1. Salam pramuka!! Jadi kangen persami deh. Paling suka di pramuka itu semua dipanggil kakak. Presiden juga dipanggil kakak kan? Nah kalo Pak Yo, dipanggil kakak Pak Yo hahaha
    btw, acara lintas alam yang paling berkesan bagi aku sih kalau pramuka. Eh aku jadi lupa ya, apa dulu ada acara penerimaan tamu ambalan gini ya..kok jadi pelupa, padahal aku masih muda wkwk

    BalasHapus
  2. Seru sekali kegiatan pramuka ini...rasanya sudah lama sekali pakai baju coklat dan berdasi merah putih..keren dan hebat

    BalasHapus
  3. yang membedakan penerimaan tamu ambalan setiap sekolah/ambalan ya di adat ambalannya, jadi penasaran deh sama keunikan adat ambalan di sekolah pak yo

    BalasHapus
  4. Makanya jadi guru tuh awet muda yaa, selalu bisa menyaksikan dan mengulang kebiasaan di zaman sekolah dulu. Kegiatan prcamuka ini paling seru kalo menurutku, kita bisa banyak mengeksplor alam, bahkan bisa main lumpur dan bergaul dekat dengan alam. Aah...jadi pingin ikut Pramuka lagii. Selamat menjadi Pramuka sejati yaa...anak2. Berusahalah u mengamalkan dasa darma dan Tri Satya pramuka.

    BalasHapus
  5. Pramuka ini menjadi salah satu kegiatan seru di sekolah dahulu. Apalagi kalo ada penjelajahan yang ada pos-posnya gitu. Sayangnya, dulu saya ikutan Pramuka hanya sampai Siaga saja.

    BalasHapus
  6. Salam Pramuka
    kangen kegiatan seperti ini, sudah lama banget, ikut Pramuka hanya saat sekolah dulu selepasnya sudah ga pernah ikutan lagi, seru banget kegiatannya

    BalasHapus
  7. Seru banget ya! Kayaknya aku pramuka terakhir hanya smpai SMP aja nih, pak. Dan ga seseru ini deh. Karena ga ada kegiatan di luar sekolah.

    BalasHapus
  8. Sama banget di sekolah SMA ku dulu juga ada adat begini, Penegak Tamu namanya. Biasanya setelah semua rangkaian acara orientasi sekolah ke siswa baru selesai, nah ditutup dengan penerimaan Penegak Tamu ini. Tapi aku dulu Penegak Penuh sih (cieee yang Bantara, flexing, haha). Jadi setelah rangkaian penerimaan tamu ambalan ini, masih lanjut. Sekarang? Udah lupa semuanya dari Pramuka. Yang inget cuma simpul jangkar, hahaha.

    BalasHapus
  9. pasca corona kegiatan Penerimaan Angkatan Ambalan ini menjadi hal wajib ya pak yo. Sy belum pernah terlibat di kegiatan PAB, dan seru pastinya. kalau lhat anak-anak latihan yel-yel serta antusiasnya ikut senang

    BalasHapus
  10. Wah, jadi ingat anak nomer 2 yang lagi mondok... Dia sering banget jadi ambalan, bahkan pernah terpilih jadi pedang pora pas acara pelepasan siswa. Kalau cerita ... Seru banget katanya. Capek tapi seneng. Ortu jadi ikut seneng kan kalau anak ikut kegiatan yang bermanfaat gini...

    BalasHapus
  11. semangat banget lihat postingan pak guru tentang anak pramuka..dulu saya bukan pramuka sih tapi PMR hehe tapi teman baik sih ya PMR dan pramuka ini hehe

    BalasHapus

Posting Komentar