Ide Ruang yang Nyaman untuk WFH

21 komentar
work from home

Pada masa pandemi Covid-19, kita mengenal istilah work from home atau WFH sebagai akibat dari kebijakan pemerintah agar masyarakat berada di rumah saja selama masa pandemi demi keselamatan bersama. Kini setelah pandemi mereda, WFH masih banyak diberlakukan di beberapa perusahaan baik swasta maupun pemerintah.

Pemberlakuan WFH setelah pandemi mereda seakan menjadi tren. Banyak perusahaan mengizinkan WFH karena produktivitas yang tetap terjaga baik seperti halnya ketika work from office atau WFO.

Di sisi lain, pekerja yang diberi kebijakan untuk WFH banyak juga yang harus merasa nyaman bekerja ketika di rumah. Maka dari itu, ide-ide untuk membuat ruang yang nyaman untuk WFH banyak dicari para karyawan agar ruang kerjanya dapat menunjang produktivitas. 

Merealisasikan ide ruang yang nyaman untuk WFH bisa dengan merenovasi rumah atau bahkan membeli rumah baru untuk yang belum memilikinya. Pada masa pandemi, keinginan untuk renovasi apalagi membeli rumah sepertinya susah karena dampak dari merebaknya covid terhadap perekonomian yang sangat terasa. CNBC Indonesia pernah melaporkan keterangan dari Wakil Menteri Keuangan Indonesia, Suahasil Nazara, bahwa bidang properti termasuk yang paling berat terdampak pada tahun 2020 pada awal terjadinya pandemi.

Seiring pulihnya perekonomian setelah masa pandemi Covid-19 selama lebih kurang 2 tahun, tak berlebihan rasanya kalau saat ini kita mulai merenda kembali mimpi-mimpi untuk memiliki rumah yang nyaman, di mana salah satu ruangannya bisa dipakai untuk WFH, baik dengan cara merenovasi atau pun membeli rumah baru.

4 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah

Sebelum membahas tentang merenovasi atau membeli rumah yang ruangannya bisa digunakan untuk kebutuhan WFH, kita akan membicarakan terlebih dahulu ide-ide desain untuk ruang work from home. Setelah idenya terbayangkan, nanti kita tinggal eksekusi desain baik di ruang renovasi rumah lama atau pun di rumah yang dibeli. 

Berikut beberapa ide desain ruang untuk WFH yang bisa kita pilih

1. Desain Ruang Kerja Minimalis

ruang kerja minimalis

Saat ini banyak masyarakat menyukai desain minimalis untuk bangunan, baik rumah maupun kantor. Membuat ruang kerja di rumah dengan desain minimalis agar WFH nyaman dan produktif juga bisa sekali diaplikasikan.

Cukup mudah sebenarnya menerapkan desain minimalis untuk ruang kerja di rumah. Kita bisa menggunakan material-material sederhana untuk kebutuhan kerja seperti meja, kursi, dan rak kerja, kemudian pilih warna monokrom dan juga pencahayaan yang dramatis.

2. Desain Ruang Kerja Kontemporer

Desain kontemporer sangat cocok untuk teman-teman yang berjiwa modern namun tetap sederhana. Salah satu yang memiliki ruang kerja dengan desain kontemporer adalah fotografer dan desain interior kelas dunia, Alberto Pinto.

Untuk teman-teman yang ingin mengaplikasikan desain kontemporer untuk ruang WFH, kita bisa menggunakan warna-warna netral pada dinding, kemudian memanfaatkan material-material yang natural, dan juga mengunakan furniture bergaya minimalis yang mempunyai kesan ringan. Untuk mempertegas kesan komtemporer, kita bisa menggunakan lantai yang polos dan pencahayaan alami yang dimaksimalkan.

3. Desain Ruang Kerja Colorful

Jika dalam desain minimalis dan kontemporer kita lebih menggunakan tidak banyak warna, di desain ruang kerja colorful ini adalah kebalikannya. Ruang kerja colorful sangat cocok untuk teman-teman yang ceria dan penuh semangat.

Kita bisa bermain dengan warna pada ruangan yang akan kita desain untuk WFH dengan warna-warna favorit masing-masing. Kita bebas berekspresi dengan warna apapun yang kita suka untuk menciptakan daya tarik dan ruang yang nyaman untuk kerja

4. Desain Ruang Kerja Industrial

ruang kerja industrial

Selain desain minimalis, dewasa ini juga sedang tren desain industrial yang diterapkan pada desain rumah maupun ruang kerja. Banyak yang memilih desain industrial ini karena meninggalkan kesan sederhana namun kuat ketika kita berada di dalamnya.

Ciri khas ruang yang berdesain industrial adalah penggunaan material-material dari besi yang dikombinasikan dengan kayu dengan desain sederhana dan penggunaan warna hitam atau gelap pada materialnya. Ciri lain pada desain industrial adalah material yang terekspos sederhana, rapi, dan tidak membutuhkan banyak dekorasi.

Pilih Renovasi atau Beli Rumah untuk Mewujudkan Desain Ruang WFH?

Setelah ide desain ruang kerja terbayangkan untuk WFH, waktunya merealisasikan untuk memiliki ruang yang nyaman dan menunjang kinerja kerja kita sehari-hari. Kita bisa merenovasi atau membeli rumah sebagai langkah untuk memiliki ruang WFH ini.

Untuk teman-teman yang sudah memiliki rumah dan masih ada ruangan yang bisa dipergunakan untuk dijadikan ruang kerja di rumah, merenovasi bisa menjadi jalan yang baik. Untuk teman-teman yang mungkin masih ngekos atau sudah memiliki rumah tapi  tidak mencukupi ruang untuk WFH, membeli rumah bisa menjadi pertimbangan.

Dengan kembali stabilnya perekonomian paska pandemi Covid-19, kita bisa mulai merencanakan untuk memiliki ruang kerja di rumah baik dengan cara renovasi atau pun membeli rumah. Ketertarikan masyarakat terhadap dunia properti memang terasa kembali menggeliat setelah meredanya kasus covid ini, hal itu juga pernah disampaikan Asep Ahmad Rosidin, Dewan Kehormatan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Jawa Barat pada mediaindonesia.com pada acara Bincang Properti Pascapandemi dengan tema Investasi Cerdas Generasi Muda.

Untuk teman-teman yang memilih membeli rumah untuk kebutuhan ruang tambahan WFH, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meringankan langkahnya, salah satunya dengan cara KPR atau kredit kepemilikan rumah. KPR sendiri ada yang memiliki sistem konvensional dan juga sistem syariah dalam akadnya, kita bisa memilih yang sesuai setelah mempelajari sistemnya dengan cermat. 

Langkah-langkah untuk Membeli Rumah dengan KPR

Memutuskan untuk membeli rumah dalam memenuhi kebutuhan ruangan tambahan untuk ruang work from home, tentunya membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat dieksekusi dengan lancar. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan diantaranya:

Cari Informasi Perumahan yang Menyediakan Sistem KPR

Cari informasi seluas-luasnya baik secara online maupun survey langsung ke tempat mengenai perumahan-perumahan yang menyediakan sistem KPR untuk membeli rumah. Di Sukabumi, Jawa Barat contohnya, ada banyak perumahan yang menyediakan sistem KPR untuk pembelian rumah, menurut situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sikumbang.tapera.go.id, ada banyak perumahan bersubsidi yang sistem pembayarannya bisa diangsur melalui sistem KPR, beberapa diantaranya adalah:

  • Mangkalaya Hills Tahap 2 yang dikembangkan oleh PT. Karyana Cietra Mandiri (APERSI). Perumahan ini berlokasi di Gunung Guruh, Cibolang
  • Tiara Regency, dengan alamat Kantor Pemasaran di Jalan Raya Goalpara KM. 04. Perumahan ini terletak di Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja
  • Pesona Alam Cisande Tahap 2 dengan pengembang PT. Empat Puluh Bersaudara (APERSI). Perumahan ini berada di wilayah Cijalingan, Cicantayan

Pilih Tipe Rumah yang Sesuai dengan Anggaran

Jangan besar pasak dari pada tiang, karena bisa-bisa kita tidak akan bisa membayar angsuran sesuai yang telah disepakati dengan pihak pengembang perumahan. Untuk itu penting sekali untuk menakar kemampuan keuangan kita dengan tipe rumah yang ingin kita miliki.

Tak salah memiliki tipe rumah idaman yang kita mimpi-mimpikan selama ini, tapi tetap, sesuaikan dengan anggaran yang kita mampu untuk dicicilkan per bulannya. Disinilah butuhnya kebijakan diri, di mana kita akan memutuskan antara keinginan dan juga kebutuhan.

Gunakan Mortgage Calculator untuk Mencoba Simulasi Angsuran

Mortgage calculator

Untuk mengukur diri dalam hal kemampuan membayar angsuran per bulan KPR, kita bisa mencoba mensimulasikan dengan menggunakan Kalkulator Hipotek dari Mortgage Calculator. Mortgage Calculator adalah kalkulator properti yang bisa membantu dalam menghitung kemampuan atau kapasitas kita sebelum mengajukan KPR agar tepat dalam membuat keputusan. 

Mortgage Calculator ini memang tidak menggunakan mata uang rupiah, tapi kita tetap bisa menggunakannya dengan cara mengonversikan mata uang nya terlebih dahulu. Bisa dong, ya.

affordability

Untuk lebih detail dalam mengukur keterjangkauan kita dalam membayar angsuran KPR, kita bisa menggunakan jenis lain dalam Mortgage Calculator, yaitu Kalkulator Hipotek di https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/. Dengan kalkulator hipotek ini kita bisa menghitung jumlah penghasilan total kita, baik bulanan maupun tahunan untuk dijadikan gambaran kemampuan kita dalam membayar Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR.

Siapkan Uang Muka Untuk Rumah dan Miliki Manajemen Keuangan yang Baik

Setelah diperhitungkan dengan matang dengan bantuan Mortgage Calculator, kini saatnya menyiapkan tabungan kita untuk uang muka pembayaran rumah. Selanjutnya untuk melunasi cicilan bulanan, kita harus memiliki manajemen diri dan manajemen keuangan yang baik agar setiap tagihan dapat dibayarkan sesuai rencana dan lunas pada waktunya.

Mimpi Memiliki Ruang yang Nyaman untuk WFH dengan KPR Bukanlah Hal yang Mustahil 

Walaupun kasus Covid tak sepenuhnya hilang dari sekitar kita, bukan berarti kita terus terpuruk dan menyerah dengan keadaan. Saatnya kita bangkit, membangun kembali mimpi-mimpi, menjaga produktivitas, dan terus semangat menjemput masa depan.

Kita yang diamanahi bekerja dengan sistem work from office, work from home, atau bahkan work from anywhere tak akan menjadi hambatan selama kita memiliki ide-ide cemerlang untuk menjaga semangat dalam menjalaninya. Memiliki ruang kerja yang nyaman bisa menjadi jalan ninja untuk terus terjaga dengan ide-ide hebat dalam kepala kita.

Membeli rumah impian yang memiliki ruang kerja yang nyaman untuk WFH juga bukan impian semata. Memiliki rumah dengan ruang kerja yang nyaman pastinya akan dapat terwujud dengan langkah-langkah yang tepat dan perhitungan yang akurat.

Related Posts

21 komentar

  1. Gara-gara WFH bisa sampai beli rumah ya demi bisa punya ruang kerja yang nyaman

    BalasHapus
  2. Asyik banget ya kak bisa ngitung KPR pake mortgage calculator jadi ga Pusing hitung manual.

    BTw aku suka ruang kerja yg minimalis. WFH emang tantangan banget dan ruang kerja kudu dibikin estetik biar tambah semangat kerja.

    BalasHapus
  3. Aku butuh ini nih, walo pun WFH, rasanya kenyamanan ruang kerja memang jadi yg utama. Sebelum terwujud, memang harus direncanain dulu buat desain ini itunya termasuk itung²in budget yg sesuai buat KPR nantinya.

    BalasHapus
  4. Sebagai pekerja remote yang semuanya diselesaikan di rumah, berasa banget sih memang akan kebutuhan ruang kerja buat WFH. Suasana ruang kerja pun turut mendukung produktivitas soalnya.

    BalasHapus
  5. gambar pertama saya banget kak, enak banget dengan warna yang lembut dan berwarna abu kesukaan saya membuat semuanya jadi nyaman dan enak dan pastinya bikin wfh nyaman dna fokus kerjanya

    BalasHapus
  6. gambar ilustrasi yang kedua aku suka banget desainnya. paduan warna dark jadi terkesan elegan. cocok nih untuk cowok

    BalasHapus
  7. saya tuh paling suka nuansa desain interior minimalis modern dan industrial, pasti auto betah aja bawaaannya jd pengen renov rumah deh, eh tapi beli dulu kali ya rumahnya wkwkkwkwk...kuy itung2an dulu pake kalkulatornya

    BalasHapus
  8. Adanya pandemi ini banyak memberi pelajaran dan insight dan macam-macam ya, tetapi sisi positifnya kita jadi lebih kreatif apalagi saat ini. Tidak hanya WFH, tetapi WFA, tinggal mana yang lebih nyaman aja

    BalasHapus
  9. Insight menarik nih untuk inspirasi desain ruangan nyaman untuk WFH. Nah berarti makin enak itung-itungannya karena ada si mortgage calculator ini ya

    BalasHapus
  10. aku adalah tim meja kerja harus bersih dan lapang sesuai foto di atas hehe. pengen sebenernya bisa ngerombak kamar biar bisa nyaman dipake kerja. cuma masih bertahap hehe. bisa nih pake kalkulator mortgage

    BalasHapus
  11. Gara2 keasyikan WFH, aku jg pilih resign dan cari kerjaan remote aja. Udh ga stres macet di jalan dan ga usah bingung cari makanan. Tinggal melipir ke dapur krn nyokap udah masak enak. Tinggal nyiapin kamar buat kerjaan nih. Lagi nabung2 dulu buat bagusin alat perang dan permak kamar.

    BalasHapus
  12. jelas ruang WFH minimalis dong pilihan saya, dan saya pilih renovasi aja, hehehe. saya bisa hitung nih berapa biaya yang saya butuhkan menggunakan mortgage calculator. jadi tau besaran nya berapa dan berapa yang bisa saya tabung atau cicil ke bank

    BalasHapus
  13. Kalau ruang kerjanya keren begitu, kerja jadi nyaman dan betah ya. Aku suka yang minimalis dan industrialis. Rasnya bikin mood langsung naik.

    BalasHapus
  14. Untuk memiliki rumah, apalagi KPR memang perlu dilakukan perhitungan secara detail dan juga diikuti pengelolaan keuangan yang baik.

    BalasHapus
  15. Ruang kerja minimalis di rumah itu impian saya kak. Tapi mungkin baru terwujud beberapa tahun mendatang muehehe. Waaah sekarang kalau mau ajuin KPR hitung hitung simulasinya jadi lebih gampang ya ada mortgagecalculator

    BalasHapus
  16. Thanks kak sharingnya. Duh pengen banget punya ruangan kerja sendiri yg nyaman dan juga tentu rumah yang nyaman juga semoga bisa mweujudkannya

    BalasHapus
  17. Beberapa kali menonton video mengenai renovasi ruangan di rumah untuk digunakan sebagai ruang kerja saat WFH ini selalu jadi impian. Karena aku masih menggunakan kamar dan hanya butuh re-dekorasi sedikit aja buat final touch.
    Seneng banget kalau diberi kemudahan ancang-ancang biaya menggunakan Mortgage Calculator. Jadi kebayang jika ingin rombak ruangan yang canci, sesuai karakter dan kebutuhan bekerja di rumah.

    BalasHapus
  18. Wah iya yaa, renovasi tuh emang kalo ngag direncanakan sampe ada Rencana Anggaran Biaya itu bikin melebar kemana mana lho trus kalo ga siap sama dananya kan bisa berabeee yak

    BalasHapus
  19. Sebelum datangnya pandemi, memang sudah banyak orang yang bekerja di rumah ya, Mas. termasuk saya yang memang sukanya menulis di ruangan di rumah sendiri. Makanya memang ruang kerja harus dibuat senyaman mungkin.

    BalasHapus
  20. bener banget ya Mas, sekarang WFH udah jadi trend kerja sendiri dan banyak yang menyulap ruangan di rumah menjadi ruang kerja yang nyaman agar bisa bekerja dengan baik dan lebih produktif.
    beli rumah bisa jadi tujuan sendiri juga nih tuk wujudkan ruang kerja yang nyaman saat WFH, biar kata rumahnya mungil tapi kalau nyaman kan asyik tuk kerja :)

    BalasHapus
  21. aku juga melakukan hal seperti diatas waktu WFH 2 tahun lalu, jadi waktu awal-awal WFH di rumah, malah lebih sering buka e-commerce dan belanja printilan buat menata meja dirumah, maksudnya biar semangat.

    Pengen ganti meja kerja juga, tapi space yang sekarang terasa sempit. Banyak banget inspirasi meja kerja dirumah yang keren jadi biar semangat gitu kerjanya

    BalasHapus

Posting Komentar