Apa Saja Jenis Plat Nomor di Indonesia? Simak Penjelasannya!

23 komentar
plat nomor di Indonesia

Plat nomor atau plat kendaraan merupakan kode identifikasi yang melekat pada setiap kendaraan bermotor di Indonesia. Kode ini berfungsi untuk membedakan satu kendaraan dengan kendaraan lainnya, serta membantu dalam pengawasan dan administrasi lalu lintas. 

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis dan cek plat nomor yang mengindikasikan kategori kendaraan dan wilayah penerbitannya. Untuk Referensi teman-teman, kali ini kita akan membicarakan tentang beberapa jenis plat nomor di Indonesia. Let's check these out!.

Jenis-jenis Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Ada berbagai jenis plat nomor kendaraan di negeri kita. Biar kita lebih melek literasi tentang plat nomor kendaraan ini, berikut beberapa informasi tentang jenis-jenis plat nomor di Indonesia.

SEVA

Plat Nomor Kendaraan Pribadi (B)

Plat nomor kendaraan pribadi memiliki awalan huruf "B" yang mengindikasikan kendaraan ini digunakan untuk keperluan pribadi atau non-komersial. Jenis plat ini umumnya digunakan untuk mobil baru atau mobil bekas milik perorangan atau keluarga.

Plat Nomor Kendaraan Dinas (D)

Plat nomor kendaraan dinas memiliki awalan huruf "D" yang menandakan bahwa kendaraan ini digunakan oleh instansi atau lembaga pemerintah. Jenis plat ini biasanya digunakan untuk mobil dinas pegawai atau anggota kepolisian.

Plat Nomor Kendaraan Angkutan Orang (AB)

Plat nomor kendaraan angkutan orang memiliki awalan huruf "AB" yang menunjukkan bahwa kendaraan ini digunakan untuk angkutan orang, seperti taksi, angkot, dan bus penumpang.

Plat Nomor Kendaraan Angkutan Barang (AD)

Plat nomor kendaraan angkutan barang memiliki awalan huruf "AD" yang mengindikasikan bahwa kendaraan ini digunakan untuk angkutan barang, seperti truk atau pick-up.

Plat Nomor Kendaraan Khusus (CD, CC, M)

Plat nomor kendaraan khusus memiliki awalan huruf yang berbeda-beda, seperti "CD" untuk kendaraan diplomatik, "CC" untuk kendaraan korps konsuler, dan "M" untuk kendaraan militer.

Plat Nomor Kendaraan Luar Negeri

Plat nomor kendaraan luar negeri digunakan untuk kendaraan asing yang masuk ke wilayah Indonesia sementara atau dalam kunjungan diplomatik.

Kenali Setiap Jenis Plat Nomor Kendaraan dan Selalu Patuhi Aturan Lalu Lintas

jenis plat nomor kendaraan

Selain jenis-jenis plat nomor di atas, terdapat pula plat nomor khusus yang dikeluarkan untuk kendaraan tertentu, seperti plat nomor untuk kendaraan dinas presiden, plat nomor untuk kendaraan menteri, dan plat nomor untuk kendaraan pejabat tinggi lainnya.

Penting untuk selalu memahami jenis plat nomor yang digunakan untuk kendaraan Anda, karena hal ini berkaitan dengan kategori dan fungsi kendaraan tersebut. Selalu patuhi aturan lalu lintas dan kewajiban terkait plat nomor, serta pastikan untuk memperbaharui plat nomor dan pajak kendaraan secara tepat waktu agar kendaraan Anda selalu legal dan dapat beroperasi dengan aman di jalan raya.

Related Posts

23 komentar

  1. Maksudnya awalan huruf plat, misalnya B itu kan dari Jakarta ya. Huruf D dari Bandung. Masih bingung sayanya iini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu nomor polisi atau nopol kali ya Bang

      Hapus
  2. Beda-beda jenis plat nomor sesuai fungsinya ya. Ayo jangan lupa bayar pajaknya ya, biar berkendaranya aman gak sembunyi-sembunyi, hihi.

    BalasHapus
  3. memang ada beberapa jenisnya yaa kak, selama ini cuma menduga2 aja kalau lihat ada kendaraan dinas atau militer yang lewat. soalnya platnya ya beda ama kendaraan pribadi hehe

    BalasHapus
  4. Kalau jenis plat gini lihatnya dimana ya.. kalau di nomor plat kan sesuai kota ya..

    BalasHapus
  5. B itu maksudnya plat pribadi ya?
    Daku pikir pribadi ya P.
    Karena kalau B sependek pengetahuan daku itu plat untuk nomor Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau B yang untuk Jakarta itu nomor polisi nya, ya

      Hapus
  6. Saya baru tahu kalau kendaraan khusus tersebut punya kode khusus dalam plat. Selama ini saya tahunya ya cuma warna plat aja yang beda

    BalasHapus
  7. yang saya tau awalan D itu dari bandung, maksudnya soal D ini dengan warna plat merah atau gimana? ada contohnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang awalan D bandung itu nomor polisi nya, ya. Contohnya bisa dicek di https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

      Hapus
  8. Plat nomor kendaraan banyak macamnya ya, namun selama ini kita tahunya hanya pakai motor ada plat nomor dengan kode wilayah aja. Misal saya dari Jember, maka nomor awal platnya adalah P.

    BalasHapus
  9. Ohhh, baru paham. Berarti ini maksudnya kode khusus kendaraan, ya. Soalnya setau saya selama ini plat nomor berdasarkan daerah. Catet, lah ini...

    BalasHapus
  10. Waktu sekolah dasar, menghafalkan nomor kendaraan berasal dari daerahnya. Misalkan A itu dari Banten, B Jakarta. Dsb. Kini ada tambahan hal baru terkait nomor khusus nih

    BalasHapus
  11. Baru tahu akuu kalau beda yaa...aku taunya buat presiden wapres sama menteri aja. Setiap ganti presiden beserta jajarannya platnya ganti ga mas?

    Pqk jaman SBY setauku pengawalnya pake RFS ya bener ga sih? (Gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Gara-gara plat ini aku pernah diberhentiin polisi, kak.
    Tegang banget, sumpah!
    Aku abisannya jadi gak bisa makan, saking stresnya.

    Masalahnya, aku di stopnya bukan di kota tempat aku tinggal, tapi d Jekarda.
    Kan horor banget kalau sampe kena tilang yaa..

    BalasHapus
  13. Baru tau akutuh kalo ternyata plat nomor banyak jenisnya. Taunya yg standar² aja, malah sering nebak² sendiri huruf ini plat nomor mana ya, haha..

    BalasHapus
  14. Plat nomor penting nih, biar aman dan tenang di jalan. Harus memakai plat nomor sesuai dengan jenis kendaraannya ya. Biasanya tiap plat nomor bisa beda warna dan huruf awalannya

    BalasHapus
  15. Wah kok aku baru tau nih ada kode baru kyk gini. Kok beda dgn pemahamanku ya. Misal B ya pelat Jakarta. F utk Bekasi. AB utk Yogya. Kalo CD sih biasanya dipake buat konjen. Wah hrs belajar lg nih.

    BalasHapus
  16. ohh kirain kalau B itu berasal dari Jakarta, AB dari Jogja, klo Sulawesi sih umumnya awalan D (DD= Sulawesi Selatan, DT= Sulawesi Tenggara, dstnya), tapi kok di sini D itu adalah kendaraan dinas, B itu kendaraan pribadi? Beda gitu ya?

    BalasHapus
  17. Aku bingung deh. Sepemahamanku yang awam selama ini, plat nomor kendaraan ini merujuk pada daerah kalau di Indonesia. Kalau B malah buat Jakarta. Iya bukan ya?

    BalasHapus
  18. wah plat D kendaraan dinas juga ya kak. Kukira cuma plat Bandung Cimahi sekitarnya. Terus ada plat khusus juga kayak CD, CC, M ya. Ish jadi nambah ilmu baru nih

    BalasHapus
  19. Plat nomor yg di bagian mana ya mas? Soalnya kayak D, itukan kode kendaraan Bandung. Tapi di atas ditulis kendaraan dinas.

    Trus kalo kendaraan pribadi biasanya B. Kalo platku kan memang B Krn kode JKT, dan 3 huruf terakhirnya RKD 😄. Agak bingung jadinya

    BalasHapus

Posting Komentar