Apa Itu Grass-Fed Beef? Mengenal Daging Sapi yang Lebih Sehat dan Berkualitas

22 komentar
grass-fed beef

Dalam beberapa tahun terakhir, muncul perhatian yang semakin besar terhadap kualitas dan keamanan daging yang dikonsumsi. Konsumen semakin menyadari pentingnya memilih daging sapi yang sehat dan berkualitas, salah satunya adalah grass-fed beef. Apa itu grass-fed beef dan apa keuntungan mengkonsumsinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Grass-Fed Beef

Grass-fed beef atau daging sapi yang berasal dari sapi yang diberi pakan rumput, merupakan alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi konvensional yang berasal dari sapi yang diberi pakan konsentrat dan biji-bijian. Sapi yang diberi pakan rumput mendapatkan nutrisi yang lebih seimbang dan alami, sehingga kandungan nutrisi dalam dagingnya pun lebih baik.

Kelebihan Grass-Fed Beef

Ada beberapa kelebihan yang positif yang dimiliki oleh Grass-Fed Beef yang tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk kita lebih memilihnya untuk kita konsumsi. Kelebihan-kelebihan Grass-Fed Beef antara lain:

1. Memiliki Kandungan Omega-3 yang Tinggi dan Omega-6 yang Seimbang

Berbeda dengan sapi yang diberi pakan konsentrat dan biji-bijian, sapi yang diberi pakan rumput memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dan asam lemak omega-6 yang lebih seimbang. Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang baik bagi tubuh dan diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf. Sedangkan asam lemak omega-6, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peradangan.

2. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Selain itu, sapi yang diberi pakan rumput juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, seperti vitamin E dan beta-karoten. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

3. Lebih Sehat

Daging sapi grass-fed juga lebih sehat karena sapi yang diberi pakan rumput tidak diberi antibiotik dan hormon pertumbuhan yang sering diberikan pada sapi yang diberi pakan konsentrat dan biji-bijian. Hal ini sangat penting untuk kesehatan manusia, karena antibiotik dan hormon pertumbuhan yang berlebihan dalam daging sapi dapat menyebabkan resistensi antibiotik dan berbagai gangguan hormonal pada manusia.

Namun, meskipun grass-fed beef memiliki banyak keuntungan, namun daging sapi jenis ini juga memiliki kekurangan, yaitu dagingnya cenderung lebih kering dan kurang berlemak dibandingkan dengan daging sapi konvensional. Oleh karena itu, perlu perawatan dan persiapan yang lebih baik dalam memasak daging sapi grass-fed agar tetap lezat dan empuk.

Daging Impor

Solusi Membeli Daging Impor Berkualitas

Jika Teman-teman ingin mencoba daging sapi grass-fed, maka daging impor Primaro bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Daging impor Primaro adalah daging sapi impor yang terjamin kualitasnya dan diproses secara higienis sehingga aman untuk dikonsumsi. Daging impor Primaro diimpor langsung dari peternakan yang sudah terpercaya sehingga dapat memberikan jaminan akan kualitas daging yang terbaik.

Selain itu, daging impor Primaro juga memiliki berbagai jenis potongan, termasuk grass-fed beef yang bisa menjadi pilihan untuk konsumen yang ingin mencoba daging sapi yang lebih sehat dan berkualitas. 

Ternyata memang banyak manfaat dan kelebihan dari daging sapi grass-fed beef ini, ya. Tetapi, untuk Teman-teman yang tertarik untuk membeli daging sapi grass-fed beef ini, harus juga memperhatikan beberapa hal agar daging yang kita konsumsi memang benar termasuk kategori grass-fed beef dengan kualitas yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain.

  • Pertama, pastikan daging tersebut benar-benar berasal dari sapi yang diberi pakan rumput dan diproduksi secara alami tanpa antibiotik dan hormon pertumbuhan.
  • Kedua, pastikan daging tersebut diolah dan diproses dengan baik sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dalam kesimpulannya, grass-fed beef atau daging sapi yang berasal dari sapi yang diberi pakan rumput, memiliki keuntungan yang banyak bagi kesehatan manusia karena kandungan nutrisinya yang lebih seimbang dan alami. Namun, perlu diingat bahwa daging sapi jenis ini cenderung lebih kering dan kurang berlemak dibandingkan dengan daging sapi konvensional. Oleh karena itu, memilih daging sapi grass-fed yang berkualitas dan mempersiapkannya dengan baik adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang enak dan sehat.

Related Posts

22 komentar

  1. Kalo masaknya jago, daging gras fed ini bisa enak banget kok. Kuncinya jangan dimasak welldone kalo utk steak. Aku kalo pesan steak level kematangan wajiiiib medium rare mas. Krn itu membuat daging juicy banget. JD ga kering. Kalo memang kualitas daging bagus, medium rare justru sangat direkomendasikan.

    Krn biar gimana daging sapi ga seperti daging ayam yg wajib matang sempurna. Makanya kalo beli daging bgini aku juga selalu beli di tempat langganan yg terpercaya kualitas dagingnya.

    BalasHapus
  2. Beruntung hidup di desa dgn sapi2 yang leluasa makan rerumputan. Tp buat org kota, emg hrs waspada sih. Hrs jeli pilih asupan makanan. Jgn sampe beli daging yang tdk memiliki nutrisi krn dikasih makan konsentrat buatan.

    BalasHapus
  3. Berarti sapi yang dari desa desa itu juga sehat ya karena pasti makannya rumput terus. Tapi daripada bingung bisa pilih yg udah jelas kualitasnya aja ya, kayak Primaro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak juga Mbak, sekarang sapi yang di desa-desa itu enggak hanya dikasih pakan rumput aja, tapi juga dikasih konsentrat.

      Hapus
  4. Ada juga ya pilihan daging sapi terbaik. Kalau jago masak mah, bisa enak banget hasil masakannya.

    BalasHapus
  5. wah pastinya lebih sehat ya kak sapi yang diberi makanan sehat seperti ini, semoga untuk kehalalan dalam pemotongannya juga sdh bersertifikat ya jadi tenang kita sbg muslim bisa mengonsumsinya

    BalasHapus
  6. Wah sebagai pecinta makanan steak membahas daging jenis ini sangat menarik, saya suka juga membeli steak dengan jenis dagingnya ini tapi biar agak juicy gitu kematangannya harus medium, meskipun saya sebenarnya suka yang well done tapi kalau diolah daging jenis ini malah kurang lezat menurut saya. Dan beruntungnya di tempat saya ada beberapa peternak yang menjual daging jenis ini pastinya lebih sehat namun memang agak sedikit lebih mahal harganya dibanding dengan jenis daging lainnya

    BalasHapus
  7. iya nggak semua sapi diberi makan rerumputan alami ternyata yaa kak, saya juga baru tau. dan pasti jelas ada bedanya dari segi gizi pada grass-feed beef ini

    BalasHapus
  8. Oooo berarti Sapi yang digembala langsung di sabana di desa-desa gitu lebih sehat dibanding yang khusus diternak di dalam kandang dengan berbagai menu makanan dan antibiotik yang diberikan buat pertumbuhannya ya. Dapat ilmu baru nih jadinya.

    BalasHapus
  9. Sapi dengan pakan rumput pastinya jadi lebih gemuk, lebih segar, dagingnya lebih banyak juga. Lihat gambar daging, jadi pengen bikin steak nih

    BalasHapus
  10. Kalau menurut saya yg awam sapi itu makan rumput atau enggak, masak daging yang penting bisa empuk. Sama satu lagi. Kalau daging impor itu gimana ngecek kehalalannya?

    BalasHapus
  11. Berhubung tinggL didaerah yng masih banyak rerumputan dan pakan sapi pun dikasih nya emang rumput doang jadi gk perlu khawatir ya. Karena mau nyari import juga di daerah saya kayaknya belum ada. Atau saya yang ndeso ya hehe

    BalasHapus
  12. Kalau melihat foto daging yang silverside yang kebayang sama daku adalah buat membuat rendang atau semur bakalan enak nih, karena seratnya bagus. Nice rekomen nih kak

    BalasHapus
  13. Di kampung saya ada orang kaya yg mau makan daging hanya dari sapi ternak di kampung kami. Ga mau beli di pasar. Salah satu alasannya katanya ternak sapi di kampung kami tahu makanan nya rumput kampung yg masih bersih. Kalau beli daging sapi dari pasar, ga tahu ternak dikasih pakan apa meski dagingnya terlihat bagus

    BalasHapus
  14. ternyata sapi yang makan rumput itu lebih bagus yaa kualitasnya. kalau untuk lokal gimana mbak ada juga nggak sapi grass fed beef ini?

    BalasHapus
  15. Kalau di New Zealand kualitas daging sapi ditentukan oleh kualitas makanan sapi, kesehatan sapi, perawatan sapi spt sapi yg suka di pijit2 kek spa gitu menghasilkan daging yg bagus (gusti yeni)

    BalasHapus
  16. aku kira semua daging sapi itu sama. entah yg makan rumput aja atau yang makan biji-bijian. ternyata beda dan ngaruh juga ya ke diging sapi yang kita makan

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu loh kualitas makanan sapi juga bisa ngaruh ke daging sapi yang dihasilkan. Ternyata yang makan rumput jauh lebih baik ya

    BalasHapus
  18. Grass-Fed Beef ini memang lebih sehat jika dikonsumsi, sayang sekali untuk mencari di sini (Qatar) agak susah.

    BalasHapus
  19. Wah jadi penasaran pengen nyobain gimana rasanya daging gress-fed ini. Yang natural/alami memang selalu memberikan kebaikan yang lebih ya..

    BalasHapus
  20. Informatif.
    Aku baru tahu mengenai kelebihan daging sapi yang diberi pakan rumpu, Grass-fed beef lebih enak dan sehat yang kaya akan kandungan Omega-3 dan Omega-6 yang Seimbang.

    Pastinya makan daging bikin Meningkatkan Imunitas dan menguatkan tulang dan gigi.

    BalasHapus
  21. pernah denger sih soal grass feed beef, iya emang bagus untuk kesehatan karena low fat dibanding sapi dengan pakan pada umumnya, tapi ada kualitas ada harga dong ya. tapi demi kesehatan, apa sih yang gak? iya kan? sesekali pesan daging di primaro yaa.Bisa pesan online gak ya? tersedia di seluruh kota kah?

    BalasHapus

Posting Komentar