Upgrade Diri Dengan Belajar UI dan UX

4 komentar
belajar UI dan UX

Saat ini rasanya kita tak bisa terlepas dari komputerisasi di segala lini kehidupan. Teknologi komputer sangat pesat kita rasakan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan di kehidupan modern sekarang.

Beberapa yang juga menjadi banyak diperbincangkan tentang teknologi di dunia komputer adalah UI dan UX. Apa sebenarnya UI dan UX itu? kenapa kedua bidang ini digadang-gadang menjadi salah satu bagian vital dalam dunia teknologi yang berkorelasi, termasuk dengan dunia bisnis.

Apa Itu UI dan UX?

Sebelum membahas lebih jauh tentang UI dan UX, kita akan membahas dulu apa itu UI dan UX, persamaan dan juga perbedaannya. Dari sini mudah-mudahan kita semua menjadi lebih paham tentang UI dan UX, juga tertarik untuk mempelajarinya.

UI adalah singkatan dari User Interface, sedangkan UX bermakna User Experince. Istilah keduanya sering dijumpai dalam hal mengembangkan desain sebuah produk.

Walaupun keduanya berkaitan satu sama lain, namun baik UI maupun UX mempunyai fungsinya masing-masing, di mana perbedaan antara UI dan UX ini terletak dari cara kerjanya.

Dalam mendesain sebuah produk, UI atau User Interface berfokus pada visualisasi, pewarnaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas interface-nya. Sedangkan UX atau User Experience akan membidik masalah pembuatan produknya sampai dirasa memiliki dan memberikan pengalaman kemudahan bagi para user.

Perbedaan UI dan UX

perbedaan UI dan UX

Desain dalam UX lebih luas cakupannya dibandingkan dengan UI. Hal ini karena seorang desainer UX mempunyai tanggung jawab agar setiap tahapan dalam desain akan tampak menjadi jelas dan logis serta dapat dipahami dengan mudah oleh user.

Lebih jauh, kita dapat menyimpulkan bahwa UX design harus dapat menjadi solusi dari interface produk yang menjadi dasarnya. Dari sinilah kita memahami bahwa UX lebih dari sekedar memvisualisasikan interface.

Contoh sederhana perbedaan UI dan UX ini misalkan ketika kita log in ke media sosial Facebook. Di akun Facebook, kita akan menemukan menemukan beberapa tombol menu di dalamnya. Nah, menu-menu tersebut didesain oleh UI desainer.

Dalam contoh sebuah akun media sosial seperti Facebook, UX desainer bertugas untuk memastikan bahwa kita sebagai user memiliki pengalaman mendalam dalam menelusurinya, bahkan sampai bisa melibatkan emosi dan perasaan. UX desainer berperan dalam menempatkan kondisi user saat berinteraksi dengan akun tersebut.

Kolaborasi antara UI dan UX akan menjadi salah satu keberhasilan dalam proyek sebuah produk. Keduanya bekerja sama untuk memenuhi apa yang dibutuhkan user dalam harapannya pada sebuah produk.

Belajar Desain UI UX

Teman-teman tertarik untuk belajar desain UI UX lebih dalam lagi?. Sepertinya sangat menarik memang mempelajari desain sebuah produk dari awal sampai akhirnya dapat dinikmati oleh user dengan puas.

Saat ini banyak juga tempat-tempat yang menawarkan untuk belajar desain UI UX baik offline maupun online. Semuanya memberikan penawaran terbaik dalam pola pengajarannya.

Arkademi adalah salah satu tempat belajar desain UI UX yang recommended. Dengan pola pengajaran 100% online, Arkademi akan memberikan belajar desain UI UX terbaik untuk kita.

Belajar Desain UI UX di Arkademi

Arkademi

Arkademi adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang sudah berizin resmi dari Kementerian Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi RI. Dalam pengajarannya, LKP yang sudah berdiri semenjak 2017 ini mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI.  

Arkademi menawarkan pengajaran untuk mendesain UI dan UX dari awal sampai mahir di bawah bimbingan instruktur yang berkualitas. Hal lain selain UI dan UX, di Arkademi juga kita akan diberi pengajaran tentang desain website. 

Di Arkademi, kita akan diberi kebebasan belajar dengan menyesuaikan sendiri kecepatan proses belajarnya. Hal ini diberikan agar kita dapat memahami dengan baik setiap ilmu yang diberikan oleh para instruktur di Arkademi.

Setelah menyelesaikan proses belajar, Arkademi akan memberikan sertifikat kelulusan. Tentunya sertifikat ini akan berguna untuk kita dalam menapaki karir di dunia design UI dan UX. 

Hal-hal Yang Dipelajari Tentang UI dan UX di Arkademi

Ketika kita mengikuti pembelajaran dengan baik di Arkademi, pastinya banyak sekali yang akan kita dapatkan mulai dari kemampuan design brief, typhography, figma, sampai competitor research. Semua skill tersebut berawal dari pengalaman belajar yang menyenangkan dengan materi-materi seperti:

  • Materi tentang karakteristik desain yang user friendly
  • Pengenalan UI
  • Jenis-jenis elemen UI
  • Materi tentang tools pada aplikasi figma
  • Penjelasan tentang penggunaan aplikasi desain UI dan UX pada aplikasi figma
Yuk, teman-teman, saatnya upgrade diri dengan belajar desain UI UX di Arkademi. Temukan pengalaman belajar online yang dapat menyesuaikan kecepatannya dengan pemahaman kita, hanya di Arkademi. 

Raih kemampuan yang mumpuni dalam dunia desain UI dan UX di Arkademi dan sambut masa depan untuk menjadi seorang desainer UI UX yang andal.

Selain kursus tentang UI/UX, Arkademi juga mengadakan kursus-kursus lain yang bisa kita jajal. Salah satunya adalah kursus tentang Brevet Pajak A/B Bersertifikat

Untuk informasi selengkapnya, teman-teman bisa berselancar di arkademi.com dan temukan kursus yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Do not miss it!.

Related Posts

4 komentar

  1. UI & UX Ilmu yang sangat penting untuk diketahui dalam pengembangan sebuah website ataupun aplikasi. Tanpa adanya hal tersebut pasti banyak platform yang tampilannya bisa dikatakan kurang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mas Feri. Kebayang suatu produk tanpa perencanaan yang melibatkan UI UX, kayanya memang jadi kurang menarik penampilannya

      Hapus
  2. Belajar UI UX itu memang selalu menyenangkan. Tetapi untuk bagian UX memang butuh dasar yang kuat, terutama dampak jika tampilannya begini maka pengalaman usernya bakal gimana, apakah kesusahan atau tidak.
    Jadi pengen nostalgia lagi deh tentang materi ini di Arkademi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwah kalau Bang Andri sih udah masternya kali dalam bidang UI UX. Tapi keren juga tuh nostalgia, belajar memperdalam lagi UI UX-nya di Arkademi, Bang

      Hapus

Posting Komentar