Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

4 komentar
tips mendapatkan beasiswa kuliah

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah salah satu cita-cita sebagian besar siswa-siswi SMA sederajat. Selain melanjutkan kuliah di dalam negeri, kuliah di luar negeri juga menjadi salah satu tujuan yang juga didambakan oleh para siswa kelas dua belas.

Semangat untuk terus belajar adalah salah hal yang memang semestinya dimiliki oleh kita semua, karena pada dasarnya ihwal belajar sepanjang hayat adalah tentang kewajiban kita sebagai manusia. Tak salah memang agama menjadikan hukum wajib pada kasus mencari ilmu.

Tentunya, sebagai pengajar, akan sangat senang melihat anak-anak didiknya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tiada yang dapat membuat bahagia dari harapan ibu bapak guru, di mana salah satunya melihat anak-anak didiknya sukses untuk meraih apa yang menjadi cita-cita mereka.

Untuk teman-teman, para siswa tingkat akhir yang berencana melanjutkan kuliah di dalam maupun di luar negeri, persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Terlebih untuk yang berencana kuliah di luar negeri, informasi yang kita dapatkan harus akurat agar persiapan segala sesuatunya pun sesuai dengan mestinya.

Yang harus juga diperhitungkan, menempuh pendidikan di perguruan tinggi di luar negeri memanglah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga persiapan finansial pun harus benar-benar matang. Tidak hanya untuk biaya pendidikan, biaya hidup selama menempuh pendidikan pun harus diperhitungkan dengan seksama.

Jika para siswa terkendala masalah finansial, banyak jalan menuju Roma, masih banyak jalan yang bisa ditempuh . Beasiswa adalah salah satu jalan ninja yang bisa kita ikhtiari untuk bisa membantu proses mencari ilmu kita.

5 Hal Yang Harus Diketahui Untuk Mencari Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

hal yang harus diketahui untuk mencari beasiswa

Saat ini jenis beasiswa untuk mahasiswa lumayan banyak, baik dalam maupun luar negeri. Untuk di Indonesia, kita tahu ada misalnya beasiswa bidik misi yang dapat membantu untuk kuliah strata 1. Nah, untuk beasiswa luar negeri juga tak kalah banyak jenisnya, asal para siswa mencari informasi dengan benar.

Berburu beasiswa adalah hal yang gampang-gampang susah. Tapi jika kita tahu tips yang bisa kita lakukan untuk mencari beasiswa kuliah di luar negeri, pastinya bisa membantu para pelajar untuk lebih terarah dalam menyiapkan rencana kuliah di luar negerinya.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi referensi dalam mencari beasiswa kuliah di luar negeri

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah bahasa yang wajib dikuasai untuk para siswa yang akan kuliah di luar negeri. Siapkan sematang mungkin kemampuan Bahasa Inggrismu, agar nilai TOEFL mencapai skor minimal 550 untuk dokumen dalam persyaratan agar dapat kuliah di luar negeri.

Selain untuk kebutuhan persyaratan dokumen, Bahasa Inggris juga dibutuhkan untuk komunikasi selama menjalani masa pendidikan di luar negeri. Tidak mungkin kan kita membatu tak berkomunikasi selama kuliah karena Bahasa Inggris kita pas-pasan.

Pilih Negara dan Universitas Yang Ingin Kita Tuju Untuk Berkuliah

Sedini mungkin kita sebaiknya sudah mempunyai informasi tentang universitas-universitas terbaik di dunia yang salah satunya ingin kita tuju. Cari informasi jurusan-jurusan yang tersedia yang relate dengan passion kita.

Selain informasi perguruan tinggi, negara tempat perkuliahan berada pun laik dipelajari. hal ini memudahkan untuk kita beradaptasi kelak ketika berada di luar negeri yang mungkin secara budaya akan berbeda jauh dari negara tempat kita tinggal.

Belajar Dengan Sungguh-sungguh Membuat Motivation Letter

motivation letter

Motivation Letter adalah salah satu yang dibutuhkan dalam berkas untuk melamar beasiswa ke luar negeri. Motivation Letter sendiri adalah tulisan essai yang menggambarkan bahwa kita layak untuk mendapatkan beasiswa.

Buatlah Motivation Letter yang antimainstream, yang akan menarik perhatian para penilai lamaran beasiswa kita. Hal menarik seperti kebudayaan negara yang kita tuju bisa menjadi salah satu hal yang kita bahas dalam motivation letter yang menunjukkan bahwa pelamar beasiswa benar-benar tertarik dengan pendidikan dan negara yang akan ditujunya.

Siapkan Surat Rekomendasi 

Hal yang juga tak kalah penting dalam berkas lamaran beasiswa ke luar negeri adalah Surat Rekomendasi. Surat rekomendasi ini biasanya dikeluarkan oleh dua lembaga, yaitu tempat siswa bersekolah dan juga dari Kementerian yang menaungi lembaga pendidikan tempat siswa sekolah.

Untuk teman-teman yang bersekolah di SMA, berarti surat rekomendasi bisa diminta dari Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi. Sedangkan untuk teman-teman, para siswa yang belajar di Madrasah Aliyah bisa meminta surat rekomendasi dari Kementerian Agama di wilayahnya masing-masing.

Cari Bantuan

Akan sangat membantu jika kita mempunyai kenalan seperti saudara, tetangga, atau siapa pun yang sudah lebih dahulu mendapatkan beasiswa di luar negeri. Pengalaman mereka yang sudah lebih dulu mendapatkan beasiswa bisa menjadi referensi informasi bagaimana tahapan-tahapan mereka untuk mendapatkannya.

Mempunyai alumni yang juga telah berkuliah di luar negeri akan sangat membantu adik-adik kelasnya dalam mencari informasi beasiswa. Dari sini kita sadar bahwa peran alumni untuk perkembangan dan kemajuan sekolah sangat signifikan, termasuk dalam hal informasi beasiswa untuk adik-adik angkatannya.

Selain dari kenalan yang pernah mendapatkan beasiswa, mesin pencari di internet bisa juga menjadi jalan untuk mencari bantuan dalam mencari informasi dan persiapan kuliah di luar negeri. Jika kita jeli, saat ini banyak informasi yang dibagikan di internet yang dapat membantu dalam mencari beasiswa ke luar negeri.

Schoters: Referensi Untuk Mencari Beasiswa dan Persiapan Kuliah di Luar Negeri

schoters

Untuk teman-teman, para siswa kelas akhir di SMA atau MA, schoters.com/id bisa menjadi referensi terpercaya untuk mencari informasi beasiswa kuliah di luar negeri, bahkan informasi beasiswa ini sangat lengkap dengan adanya kalender beasiswa luar negeri

Kalender beasiswa adalah informasi yang berhubungan dengan beasiswa dalam dan luar negeri, mulai dari dokumen yang dibutuhkan sampai informasi periode pendaftaran. Informasi ini tentunya sangat vital bagi pencari beasiswa agar tahapan yang dilakukan dalam melamar beasiswa bisa tepat sasaran dan juga tepat waktu.

Informasi lain yang bisa kita dapatkan dari Schoters antara lain:

  • Konsultasi dan bimbingan pendaftaran kuliah ke luar negeri
  • Bimbingan Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya
  • Bimbingan tes masuk kuliah di luar negeri mulai dari prediksi sampai official
Lengkap sekali kan informasi yang bisa kita dapatkan dari Schoters. Yuk, siswa-siswi hebat, para pembangun mimpi, pemegang teguh tekad untuk mencari ilmu di perguruan tinggi luar negeri, persiapkan segala sesuatunya dengan matang dan jadikan Schoters menjadi bestie kalian untuk mendapatkan informasi akurat tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah dan info-info lainnya yang kita butuh kan untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

Related Posts

4 komentar

  1. Wah sekarang ada wadahnya ya mas yonal bagaimana menjembatani adik adik lulusan SMA yang ingin kuliah ke luar negeri. Mbul udah telat inpoh wekekekke...tapi kalau seandainya mbul dulu kuliah di LN tentunya yang harus takpelajarin lebih dalam adalah penguasaan bahasa inggrisx karena bahasa inggrisku masih belepotan...harus banyak belajar lagi. Kalau langkah langkah yang terdapat dalam tips di atas akan lebih maksimal lagi jika dah ada link alumni ya mas jadinya info info terupdate bisa dibagikan kakak alumni ke adik tingkatnya...Mantab artikelnya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada kata terlambat, Mbul. Di Schoters ada informasi beasiswa untuk S.2 juga lho, bahkan S.3.
      Yuk, kita belajar lagi Bahasa Inggrisnya biar bisa lebih fasih cas cis cus-nya. hehehe

      Hapus
  2. Wah gak kebayang kuliah ke luar negeri mas. Yuk generasi muda pada semangat!

    BalasHapus
  3. Dulu sempet kepengiiin banget bisa dapat beasiswa ke LN 😄. Tapi sadar diri sih, ga pinter2 amat 😅. Walopun ujung2nya kuliah di LN juga, tapi biaya sendiri. At least walo beasiswanya ga tercapai, kuliah LN nya ngerasain 🤣.

    Aku berharapnya sih anak2ku nih yg bisa dapet beasiswa. Dibimbing dr skr. Cuma seandainya ga dapatpun, akunya yg bakal berusaha mereka bisa ttp kuliah di LN.

    BalasHapus

Posting Komentar