Mengingat Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak di Momen Hari Keluarga Nasional

12 komentar
kewajiban orang tua terhadap anak

29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional. Hari di mana sejatinya menjadi pengingat untuk kita akan makna keluarga dalam kehidupan.

Keluarga tempat di mana kita kembali. Tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu.

Ketika dua sejoli mengikat janji suci, pastinya niat agung tersebut diejawantahkan dengan membentuk sebuah keluarga yang bahagia. Dalam Islam, konsep keluarga seperti itu disebut dengan sakinah, mawaddah, warohmah.

Kehangatan dalam keluarga akan bertambah dengan lahirnya buah hati. Kehadirannya dalam keluarga ibarat penambah kokoh pondasi dalam berkeluarga.

Namun yang harus dipahami juga, bahwa posisi anak dalam sebuah keluarga tidak hanya sebatas pelengkap kebahagiaan saja. Ada hal-hal lain yang juga menjadi kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang tua agar kebahagiaan keluarga tidak hanya sebatas kebahagiaan dunia, namun juga kebahagiaan kelak di akhirat.

Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak

Diintisarikan dari sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, setidaknya ada 3 di antara banyaknya kewajiban orang tua kepada anak yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Memberikan nama yang baik ketika lahir
  • Mengajarkan Al-Quran
  • Menikahkannya jika sudah menemukan pasangan 

Tentang poin pertama dari 3 kewajiban orang tua terhadap anaknya, memberikan nama kepada anak memang seperti hal gampang-gampang susah. Untuk itu, ada rambu-rambu dalam agama Islam bagaimana cara memberikan nama yang baik kepada anak.

Beberapa ajaran dalam Islam tentang memberikan nama seperti tak boleh memberikan nama yang mempunyai makna dengan sifat atau asma Allah. Seperti memberi nama Rahman yang berarti Yang maha mengasihi.

Nama Rahman adalah Asma Allah yang tak boleh digunakan. Maka, jika ingin memakainya menjadi nama anak, seyogianya diawali dengan kata Abdul yang berarti seorang hamba. Sehingga Abdul Rahman berarti hamba Allah yang maha pengasih.

Tak boleh pula memberi nama anak dengan kata yang mempunyai makna buruk. Contohnya memberi nama Jahal yang artinya bodoh. Maka, jika ingin memberi nama anak yang berasal dari bahasa apapun, ketahui dulu dengan seksama makna dibalik kata tersebut.

Tentang memberi nama kepada anak, Islam juga memberikan rambu-rambu lain seperti memberikan nama kepada anak pada hari ketujuh sembari mencukur rambutnya adn mengaqiqahkannya. Bahkan dalam kontek hadis Imam Tirmizi nomor 2735 dikatakan bahwa setiap anak tergadaikan sampai dipenuhi haknya dengan di aqiqahkan pada hari ketujuh kelahiran, dicukur rambutnya, dan diberi nama.

Mangaqiqahkan Anak

Menunaikan hak anak untuk aqiqah adalah paket yang sejatinya dipenuhi oleh orang tua bersamaan dengan memberikan nama dan mencukur rambutnya pada hari ketujuh kelahiran. Dengan melaksanakan aqiqah untuk anak, berarti kita sebagai orang tua telah melaksanakan satu dari berbagai banyaknya kewjaiban yang harus dilakukan.

Sebelum melaksanakan aqiqah, seyogianya juga setiap orang tua mengetahui akan dalil, hukum, dan waktu pelaksanaan aqiqah, agar saat melaksanakannya benar-benar yakin dan tidak keluar dari  landasannya.

hukum aqiqah

Dalil Aqiqah

Dalil yang menjadi dasar perintah aqiqah bagi setiap orang tua yang baru menyambut kelahiran setiap anak adalah hadis yang dishahihkan oleh Imam Al-bani dalam kitab Al-Irwa, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmizi, Abu Daud, dan Ibnu Majah

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke tujuh, dicukur (rambutnya), dan diberi nama

Ada juga hadis dari Salman Ad-Dhabiy dalam kitab Fathul Bari nomor 590-592

Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.

Hukum Aqiqah

Mayoritas ulama sepakat bahwa hukum aqiqah adalah sunah muakad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan bagi setiap orang tua muslim yang mampu melakukannya. Maka, bagi orang tua yang mempunyai dana yang cukup untuk melakukan aqiqah untuk putra atau putri yang baru dilahirkan, sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah aqiqah ini.

Waktu Aqiqah

Seperti yang sudah dibahas sekilas sebelumnya, bahwa pelaksanaan aqiqah dianjurkan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Sebagian ulama berpendapat, apabila tidak dapat dilaksanakan pada hari ke tujuh, maka bisa dilakukan pada hari ke empat belas atau hari ke dua puluh satu.

Ulama terkemuka, Sayid Sabiq mempunyai pendapat lain, apabila tidak mampu dilaksanakan pada hari ke tujuh paska melahirkan, aqiqah boleh dilaksanakan kapan pun orang tua mampu. Dari ragam pendapat para ulama ini, aqiqah sangat fleksibel dilakukan kapan pun orang tua mampu, namun memang waktu yang sangat dianjurkan adalah pada hari ke tujuh setelah kelahiran.

Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia

aqiqah keluarga Indonesia

Kelahiran seorang anak pastinya menjadi kebahagiaan bagi setiap orang tua yang telah lama menanti-nantikannya. Wujud syukur atas kelahiran seorang anak kemudian biasanya dilakukan dengan mengaqiqahkannya pada hari ketujuh kelahiran.

Pelaksanaan aqiqah saat kelahiran sang buah hati pastinya juga terselip harapan agar anak menjadi generasi penerus yang saleh atau saleha dalam keluarganya. Kemudian menjadi penerus yang kelak juga dapat membangun keluarga yang berkualitas di masa depan.

Di hari awal-awal kelahiran, pastinya para orang tua mengalami masa-masa yang harus beradaptasi dengan kelahiran sang buah hati. Jam tidur bayi yang belum sama dengan pada umumnya, membuat orang tua sering harus begadang menemani saat bayi terbangun di tengah malam, bahkan sampai pagi.

Di tengah ke-hectic-kan awal-awal kelahiran, orang tua yang berniat mengaqiqahkan sang buah hati harus pintar-pintar membagi waktu untuk mempersiapkan aqiqah. Salah satu jalan ninjanya adalah dengan mencari jasa pelaksana aqiqah.

Aqiqah Nurul Hayat adalah rekomendasi yang bisa menjadi rujukan untuk melaksanakan aqiqah putra-putri keluarga Indonesia. Aqiqah Nurul Hayat sebagai unit usaha pondok pesantren Nurul Hayat sudah berdiri semenjak 2003, dengan lamanya operasi aqiqah Nurul Hayat, membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat tidak pernah lekang.

3 Alasan Memilih Aqiqah Nurul Hayat Untuk Aqiqah Keluarga Indonesia

alasan memilih aqiqah nurul hayat
sumber: aqiqahnurulhayat.com

Selain terkenal sebagai pelopor aqiqah siap saji, setidaknya ada 3 alasan lain mengapa Aqiqah Nurul Hayat bisa menjadi rekomendasi untuk aqiqah keluarga Indonesia

  • Berpengalaman. Dengan usia yang akan menginjak 20 tahun, aqiqah Nurul Hayat telah membuktikan dipercaya banyak pelanggan. Bahkan saat ini, Aqiqah Nurul Hayat telah mempunyai 30 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana salah satunya ada di Sukabumi, tepatnya di Ciraden, Cisaat.
  • Sesuai Syariat. Kehati-hatian tim aqiqah Nurul Hayat agar proses aqiqah sesuai dengan syariat Islam dimulai dengan pemilihan hewan ternak, proses penyembelihan, dan juga pemasakannya. Aqiqah Nurul Hayat juga telah mendapat sertifikat halal dari MUI, sehingga keluarga Indonesia akan lebih tenang karenanya.
  • Ada nilai sedekah dalam aqiqah. Seperti telah diberitahukan di awal, bahwa aqiqah Nurul Hayat ini merupakan unit usaha dari pondok pesantren Nurul Hayat, maka semua keuntungan dalam jasa aqiqah Nurul Hayat ini diperuntukkan untuk program dakwah dan sosial di lembaga Nurul Hayat.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh aqiqah Nurul hayat, pastinya kita tidak akan ragu lagi dengan jasa aqiqah yang ditawarkannya. Kelebihan-kelebihan ini memang akhirnya menjadi dasar kepercayaan masyarakat kepada aqiqah Nurul Hayat, tidak hanya masyarakat pada umumnya, bahkan banyak juga kalangan selebritis yang telah mempercayakan aqiqah putra-putrinya di aqiqah Nurul hayat.

Lucky Perdana adalah satu di antara sekian banyak publik figur yang telah mempercayakan proses aqiqah untuk sang buah hatinya kepada Aqiqah Nurul Hayat. Ia mengatakan bahwa Aqiqah Nurul hayat adalah referensi yang bagus.

Ada juga Ricky Harun, pemain film Kawin Kontrak ini juga mengaqiqahkan buah hatinya di Aqiqah Nurul Hayat. Ia sangat suka dengan layanan jasa dari Aqiqah Nurul Hayat, sehingga 3 anak-anaknya, semuanya diaqiqahkan dengan menggunakan jasa Aqiqah Nuruh Hayat.

aqiqah nurul hayat
                                                  sumber: aqiqahnurulhayat.com

Pertamanya agak ragu, kita kan nggak mau undangan kecewa. Mulai tenang pas respon adminnya bagus kelihatan profesional. Lihat testimoni di internet bagus. Akhirnya puas sekali karena rasa masakannya enak, disukai tamu-tamu undangan. Aqiqah Anak kedua, lanjut Aqiqah istri tetap pakai layanan Aqiqah Nurul Hayat. Total tiga kali dan memuaskan semua

Ricky Harun

Untuk jenis olahan di Aqiqah Nurul Hayat, kita dapat memilih olahan yang beragam pilihannya. Contohnya ada sate atau gule yang biasanya banyak di request.

Soal rasa, tak perlu ragu. Sekelas publik figur seperti Lucky Perdana dan Ricky Harun saja mempercayakan aqiqah putra putri mereka ke Aqiqah Nuruk Hayat, itu menandakan memang servisnya bukan main-main, termasuk dalam hal menu olahan daging aqiqahnya.

Hari Keluarga Nasional, Momen Keluarga Indonesia Untuk Mengingat Kembali Tentang Hakikat Keluarga Serta Hak dan Kewajibannya

Momen Hari Keluarga Nasional (HKN) yang ada di akhir bulan Juni, hakikatnya bisa menjadi pengingat untuk seluruh keluarga Indonesia tentang hakikat keluarga serta hak dan kewajibannya. Di antara banyaknya kewajiban orang tua terhadap anak tersebut, aqiqah adalah salah satu yang dianjurkan untuk dipenuhi.

Aqiqah adalah langkah awal dalam perjalanan hidup seorang bayi untuk dipenuhi haknya selain diberi nama yang baik juga. Dalam agama Islam, aqiqah dimaksudkan sebagai bentuk wujud syukur orang tua terhadap kelahiran sang buah hati.

Aqiqah Nurul Hayat adalah rekomendasi terbaik sebagai jasa layanan Aqiqah keluarga Indonesia. Dengan banyaknya benefit yang ditawarkan, pastinya kita akan sangat nyaman dengan layanan jasanya, ditambah ada nilai sedekah di setiap pemesanan aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat, karena setiap keuntungannya diberdayakan kembali untuk kemajuan dakwah dan kegiatan sosial di Pesantren Nurul Hayat.

Untuk teman-teman yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati, yuk, persiapkan kelahiran anak dengan sebaik mungkin, termasuk memberi nama serta mengaqiqahkannya di hari ketujuh setelah kelahiran, dan Aqiqah Nurul Hayat siap membantu mempersiapkan proses aqiqah sang buah hati dengan pelayanan yang maksimal.

Lomba Menulis Blog Aqiqah Nurul hayat, Aqiqah Keluarga Indonesia

lomba aqiqah nurul hayat
sumber: instagram.com/aqiqahnurulhayat/

Untuk teman-teman blogger, dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional atau yang biasa disingkat HKN, Aqiqah Nurul Hayat mengadakan lomba menulis di blog. Tema yang diusung dalam lomba ini adalah Aqiqah Nurul Hayat, Aqiqah Keluarga Indonesia.

Beberapa syarat untuk lomba ikut ini adalah

  • Artikel di publish di blog masing-masing pada periode 21 Juni sampai dengan 21 Juli 2022
  • Blogpost yang di publish belum pernah diikutsertakan dalam lomba serupa dengan pihak lain
  • Tulisan di blog bukan plagiasi, tapi murni tulisan sendiri
  • Panjang tulisan minimal 500 kata
  • Mencantumkan minimal 2 gambar yang relevan
  • Mengikuti Instagram @aqiqahnurulhayat
Untuk keterangan lebih lanjut, teman-teman bisa mendapatkan informasi tentang lomba yang diadakan oleh Aqiqah Nurul Hayat ini di webnya Casa kreatif. So, tunggu apalagi, yuk ikutan lombanya dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Related Posts

12 komentar

  1. benar juga ya, jika menamai anak dengan nama baik dan mengandung doa, niscaya doa itu akan bisa membawa kebaikan pada si anak ya mas yonal, misalnya dengan menyertakan salah satu asmaul husna yang seperti dicontohkan di atas rahman yang berarti kasih dan ada tambahan pula abdul.. juga tentang kewajiban mengakihkah anak..alhamdulilah sekarang banyak penyedia jasa oaket akikah yang enak enak, praktis dan terjangkau ya...mantab..makasih reviewnya

    BalasHapus
  2. Keren juga aqiqah Nurul Hidayat ini, udah jadi langganan artist. Sekelas Ricky harun udah pake jasa Aqiqah ini, pasti bagus donk.

    BalasHapus
  3. Banyak yang ngerekomin aqiqah disini memang pak.. Kalangan artis juga ada.. Jadi penasaran pengen tahu lebih dalam juga

    BalasHapus
  4. Di Semarang juga cukup dikenal ini aqiqah nurul hayat.

    BalasHapus
  5. Makasih pak diingatkan tentang kewajiban ortu..
    Kami jg sepakat nikah ga usah terllau mewah, mending uangnya disimpen buat aqiqah anak2 kalo sudah punya anak..
    Wah banyak yg rekomen aqiqah ini

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah waktu di Semarang beberapa kali merasakan produknya. Emang endeees...

    Duanya besar dan isinya macam-macam, sebagai penerima pastinya happy banget....

    BalasHapus
  7. Masya Allah, kembali diingatkan dengan peran dan kewajiban orang tua pada anak. Semoga bisa menjadi orang tua yang senantiasa mengikuti anjuran agama, salah satunya diberikan kemudahan menunaikan aqiqah.

    BalasHapus
  8. memberikan yang terbaik saat aqiqah anak, baik tamu maupun kerabat, Masha Allah ya, Islam sebegitu detailnya mengatur demi sahnya sebuah keharusan dalam aqiqah

    BalasHapus
  9. Masha Allah diingatkan 3 kewajiban orang tua jadi 'nyesss' banget Pak. Makasih remindernya. Aqiqah sekarang makin mudah ya, apalagi dengan adanya Aqiqah Nurul Hayat, terjamin dan praktis deh. Nggak pusing cari-cari yang belum pasti.

    BalasHapus
  10. Wah, aqiqah Nurul Hayat ini bisa jg nih jadi pilihan buat anak mendatang.. Bahkan artis aja memakai jasa mreka pasti lebih terpercaya jg ya

    BalasHapus
  11. anaku yang ketiga belum aqiqah, terimakasih sudah diingatkan pak, mau liat-liat aqiqah nurul hidayat ah, mungkin bisa jadi pilihan buat aqiqah

    BalasHapus
  12. Aku malah anak pertama yang belum aqiqah nih pak. Berhubung waktu itu masih tongpes banget, semoga tahun ini bisa membayar kewajiban tersebut aah. Kalau anak kedua alhamdulillah malah sudah dan pakai Nurul Hayat dong :)

    BalasHapus

Posting Komentar