Kegiatan Khas Lebaran

7 komentar

kegiatan di hari raya
Idul Fitri sudah di depan mata. Banyak agenda yang akan dilakukan umat Islam di hari kemenangan itu.

Setiap muslim pastinya mempunyai acara keluarga khas masing-masing. Ada yang umum, ada pula yang unik dan menjadi ciri khas di daerah masing-masing.

4 Kegiatan di Hari Raya Lebaran

Salat Idul Fitri

Sedari subuh biasanya keluarga sudah siap-siap untuk melaksanakan salat sunat Idul Fitri. Walaupun masjid di samping rumah, tapi karena banyaknya anggota keluarga yang akan berangkat, khususnya anak-anak, jadi persiapannya tetap dari subuh.

Silaturahmi Keluarga

Setelah selesai mengikuti salat Idulfitri, seluruh jamaah biasanya langsung bersalam-salaman di dalam masjid. Kegiatan ini terpisah antara jamaah laki-laki dan perempuan.

Di luar masjid, biasanya acara salam-salaman dilanjutkan antara laki-laki dan perempuan. Antar saudara, antar tetangga.

Karena istri berasal dari keluarga besar Pesantren, acara silaturahmi biasanya berlanjut di salah satu rumah tetua keluarga, sambil menikmati hidangan khas lebaran. Mulai dari opor ayam, ketupat, sampai tape uli yang menjadi ciri khas Sukabumi.

Ziarah Kubur

Di sebagian wilayah Indonesia, kegiatan ziarah kubur ini disebut dengan nyekar. Sebagian tetap menyebutnya sebagai ziarah, atau orang sunda biasa memanggilnya zarah.

Di keluarga kami, yang biasa pertama kali di ziarahi adalah kuburan nenek dan kakek dari keluarga istri, lanjut ke pemakaman ayah mertua yang kebetulan berbeda komplek pemakaman.

Mencicipi Kue Lebaran

Setelah selesai dengan agenda-agenda mulai dari salat Idulfitri, musafahah, dan ziarah kubur, agenda terus berlanjut dengan melanjutkan silaturahmi ke rumah saudara-saudara sepuh yang lain. Biasanya sambil silaturahmi, tak lupa kita icip-icip tuh kue khas lebaran yang disuguhkan.

Biasanya banyak ragam kue kering yang disajikan di hari raya Idulfitri, mulai dari Nastar, putri salju, lidah kucing, sampai kue kacang pun lengkap berjejer di stoples. 

Selain mencicipi kue dari rumah-rumah saudara, bukan berarti kita tidak menyiapkan kue di rumah sendiri, karena nantinya kalau ada yang bertamu ke kediaman kita, harus juga dong dijamu.

Karena kondisi dengan 4 anak yang sedang tumbuh kembang luar biasa, di mana 2 di antaranya masih balita, jadi tidak memungkinkan rasanya untuk membuat kue sendiri. Jadi kami memutuskan untuk membeli saja kue kering untuk lebaran kali ini.

Untuk membeli kue kering, lebaran kali ini kita membeli di Kak Florensia yang punya bundanyacintabakery. Eh, Kak Flo ini selain ahli dalam membuat kue, ia juga penulis, lho. Novel Stupid Rena adalah novel perdana yang ia tulis.

Bundanya Cinta Bakery

Label @bundanyacinta.bakery menjadi label Kak Flo untuk produk-produk kue kering buatannya. banyak jenis kue kering yang ditawarkan di sini, mulai dari nastar, lidah kucing, snow ball, sampai sagu keju semuanya ada.

Kue-kue keringnya homemade di Jakarta, tapi bisa melayani untuk luar ibukota ternyata. Soal keamanan paket, tidak diragukan lagi. Contohnya paket snow ball yang kita pesan dari Jakarta ke Sukabumi datang dengan aman karena kemasannya dipersiapkan dengan sangat baik sekali.

Soal rasa, ya kami cicipi terlebih dahulu. Kesan keluarga, terutama istri dan anak-anak, sangat suka dengan tekstur kue keringnya yang crunchy dan manisnya yang pas dengan selera keluarga kami.

Yang keren, Kak Flo tetap menerima pesanan di luar bulan Ramadan juga, dan selain jenis-jenis kue kering ia juga bisa menerima pesanan membuat jenis cake, seperti cake hias untuk ulang tahun.

Teman-teman yang penasaran dengan kue-kuenya Kak Flo, bisa kepoin instagramnya @bundanyacinta.bakery, ya.

###

Teman-teman, selamat mudik juga bagi yang punya kampung halaman, selamat lebaran, selamat bermaaf-maafan, selamat bersilaturahmi, dan selamat mencicipi kue-kue khas lebaran, baik yang di rumah sendiri maupun di rumah handai taulan. Happy lebaran

Related Posts

7 komentar

  1. Silahturahim dengan keluarga besar, wajib dilakukan. Sayang tahun ini gak pulang di waktu lebaran dulu..

    BalasHapus
  2. Pastinya seru kalau ramadhan bisa berkumpul bareng keluarga, namun dua tahun ini saya belum bisa mudik, hehe

    BalasHapus
  3. Semenjak menjadi seorang ibu jadi susah untuk melaksanakan salat Id, ada saja ganguannya. Paling sering anak tiba-tiba nangis pas sedang salat.

    Untuk kue kering sudah menjadi sajian wajib saat lebaran. Tidak lengkap hari raya tanpa cookies, terutama nastar.

    BalasHapus
  4. Masya Allah, memang semua kegiatan yang disebut dalam artikel di atas memang selalu dirindukan apabila Lebaran telah hadir.

    Kue lebaran salah satu yang paling jadi sorotan karena bisa membuat kita betah sambil silaturahmi ke rumah kerabat.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  5. Qodarullah tahun ini juga dapet kesempatan lebaran di kampung pak suami. Tradisi hari lebaran yg nggak mungkin ke-Skip itu salam-salaman, ngasih/nerima thr, makan kue khas lebaran (klo di Cirebon ada tape), nonton obrog, nyekar, lomba2, selalu berkesan kalo mudik ke kampung

    BalasHapus
  6. Mas minal Aidin wal faizin yaaaaa 😊. Maaf kalo ada salah2 komen selama ini di blog :).

    Duuuh kangen jadinya pas lebaran kemarin. Kalo skr walopun masih bulan Syawal, tapi suasana udah normal kayak hari biasa 😂. Walopun kue2 lebaran ku masih nyisa.

    Naaahkue lebaran itu wajib kalo buatku. Makanan berat kayak opor dkk boleh lah ga ada, tapi kue lebaran harus 😊😁. Aku kok penasaran Ama kue2 di atas. Coba ah ntr cek IG nya. Anak2 juga doyan bangetttt kue kering begini mas. Aku selalunya beli, ya utk temen ngemil mereka 😄

    BalasHapus
  7. mantab kuenya bisa diorder di luar bulan ramadhan dan musim lebaran juga ya Mas Yonal, mbul juga suka kue kering dan ga sanggup kalau bikin sendiri..soalnya ga bisa naker gram gramannya hehheeh...kalau beli praktis dan dah pasti enak kalau nunya kue dengan bahan premium...diantara jue kering khas lebaran yang ada aku suka banget sama kastangel lalu kedua nastar tapi yang selai nanasnya nanas original bukan selai...kalau kastangel suka karena aku lebih suka yang gurih dan ngeju banget heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar