4 Manfaat Renang Untuk Anak-anak

14 komentar
manfaat renang

Gawai sudah berdering, terlihat nomor rumah yang memanggil. Ternyata anak-anak video call mengingatkan untuk minta diantar berenang. Begitulah keseruan mengasuh 4 anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, akhir pekan menjadi waktu yang ramai riuh dengan segala agenda dan list dari mereka.

Untuk masalah renang, rasanya keinginan anak-anak tak berlebihan, bahkan sangat baik. So, jadilah episode jalan-jalan dan jajan akhir pekan keluarga kita berenang di water park terdekat dari rumah, yaitu ISTC Kadudampit.

ISTC adalah singkatan dari Icuk Sugiarto Training Camp. Kenapa namanya seperti berhubungan dengan dunia olah raga?. Ini karena water park ini milik dari salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto. Ia mendirikan training camp di Kadudampit, Sukabumi. Plus ia juga menambah fasilitas water park di tempat training camp-nya.

Salah satu hal yang menarik dari ISTC adalah pemandangannya yang indah, karena water park ini dikelilingi oleh hamparan pesawahan yang menghijau dan udara daerah kadudampit yang sangat segar yang notabene di bawah kaki Gunung Gede.

Icuk Sugiarto Training Camp

Ini Dia Beberapa Manfaat Renang Untuk Anak-anak

Selain kemanfaatan dari segi kesehatan, renang juga menjadi salah satu olah raga dalam agama Islam  yang dianjurkan selain memanah dan naik kuda. Seperti yang pernah diungkapkan Umar bin Khatab:

Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda

Untuk kemanfaatan renang bersama-sama, dari sisi parenting, tentu saja sebagai orang tua ini adalah momen untuk mengikat kebersamaan lebih intens dengan anak, apalagi timing-nya di akhir pekan. Menemani mereka mengenal dunia olah raga air sembari menikmati quality time bersama keluarga ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sehatnya dapat, bonding keluarganya dapat.

Dari segi kesehatan, tentu saja banyak kemanfaatan untuk anak-anak yang bisa didapat dari olah raga renang ini. Beberapa diantaranya adalah

Menjaga Berat Badan Anak 

Olah raga di air akan membuat otot-otot mengalami tekanan dari air, lambat laun jika menjadi olah raga yang dibiasakan akan membentuk otot-otot. Efek positif dari pembentukan otot ini adalah badan yang terbentuk ideal antara usia dan berat badannya. Dalam arti lain, renang dapat mencegah anak dari obesitas

Menguatkan otot-otot

Adanya gerakan tangan dan kaki yang aktif selama belajar renang akan membuat otot-otot terlatih. Renang yang dilakukan secara rutin akan membuat otot-otot dalam tubuh semakin kuat karena adanya proses pembakaran kalori yang signifikan ketika melakukan proses latihan renang ini.

Menjaga Stamina

Dengan berat badan yang ideal dan otot-otot yang sehat dan kuat, otomatis akan membuat stamina tubuh anak terjaga. Fleksibilitas tubuh akan sangat terasa efek dari gerakan olah raga dalam renang dan juga sehatnya paru-paru dan jantung pada anak.

Menjaga Kesehatan Mental

water park

Melihat anak-anak ceria ketika berada dalam kolam renang dan wahana permainan air di water park, rasanya senyum sumringah mereka menular menjadi kebahagiaan kita yang menjadi orang tuanya. Bahkan si bungsu yang belum genap satu tahun pun terlihat sangat senang dan binar antusiasnya ketika berkenalan dengan olah raga air ini.

Renang memang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mental anak. Suasana kolam renang yang di modifikasi dengan wahana permainan ala-ala water park, menambah semangat dan keceriaan anak-anak dalam berenang.

Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang

Hadis Riwayat An-Nasa'i

Related Posts

14 komentar

  1. Bener banget pak Yonal begitu nyemplung ke kolam seketika terbitlah binar keceriaan. Anak-anak senang orang tua pun tenang.

    BalasHapus
  2. anak anak memang senang dengan kolam renang, wisata keluarga murah meriah dan selalu ramai di hari Minggu...

    dekat tempat mbul jga ada kolam renang ya itu kalau weekend pada dolannya orang orang ke situ. soalnya emang murah meriah dan bagi yang punya anak kecil bisa sekalian dilatih olahraga yang bisa membuat tinggi juga ya disamping badan bisa bugar dan jarang yang terkena obesitas ^^

    BalasHapus
  3. Aku udah berenang dari kecil pak walaupun ya nggak jago-jago amat. Berenang tuh jadi healing buatku jadi emang bisa menjaga kesehatan mental si

    BalasHapus
  4. kalo buat usia 20 ke atas itu gmana pak? ngaruh ke kesehatan fisiki ga? kalo nnya emosi ya pasti seneng karena seru wkwkw

    BalasHapus
  5. Renang merupakan olahraga yang sangat membantu tumbuh kembang anak. Saat renang semua anggota tubuh bisa bebas bergerak tanpa penghalang.
    Tapi hati-hati, harus didampingi oleh orang tua.

    BalasHapus
  6. Masya Allah salah satu olahraga yang tak hanya anak2 yang sula dewasapun suka. Menyenangkan dan menyehatkan apalgi ini salah satu olahraga yang disunnahkan

    Duh aku galfok ma pengambilan gambar dari atas. Itu ada masjid yang gagah tertangkap kamera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya emang enak banget Mbak Hamim, dikelilingi pesawahan dan sungai yang jernih. Kut lah main ke Sukabumi

      Hapus
  7. Wah,, liat kolam ini jadi pingin ngajak anak renang juga nih.. Anakku suka banget diajak renang..
    Dan tempat ini kayaknya bakal nyaman banget buat renang yaa :D

    BalasHapus
  8. Kayaknya bukan anak2 aja yang senang nyemplung ke kolam renang, aku juga suka hehehe...

    BalasHapus
  9. Renang memang kuakui manfaatnya banyak banget, sedih jg pas pandemi nggak bisa nyemplung padahal sebelum pandemi seminggu sekali berenang :) sekarang tapi dah buka sih k0lam renang umum, gaskeun ah bawa anak-anak

    BalasHapus
  10. Dulu pas SD aku di les in berenang Ama papa. Tapi kls 5 SD di stop, Krn udah dianggab gede, aurat hahahahaha. Maklum dulukan blm ada baju renang islami 😄.

    Tapi untungnya waloudh lama ga berenang aku msh inget sih gerakannya. Kdg nyoba sendiri kalo sdg staycation di hotel yg ada pool nya.

    Anak2ku sebelum pandemi ikut les renang juga mas, tp Krn pandemi ini aja aku stop. Ntr deh aku les in lagi kalo bener2 udah aman. Blm berani skr.

    Waaah aku tau nih Icuk Sugiarto. Zaman kecil sering banget denger namanya sebagai pahlawan bulutangkis 👍🏿. Baru tau ada training camp nya sendiri termasuk waterpark.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dan keluarga juga baru berani keluar buat renang baru-baru ini, Mbak Fanny.

      Semoga Negeri ini benar-benar kembali aman, ya. Agar kita nggak was-was buat beraktifitas di luar, termasuk di kolam renang

      Hapus

Posting Komentar