Etika Bertransaksi di ATM

26 komentar
adab mengambil uang di ATM

Etika bertransaksi di ATM sangat harus diperhatikan jika kita merasa sebagai manusia beradab. Apa jadinya jika kita tidak mengindahkan sopan santun di tempat umum yang notabene akan banyak orang di sana. Pastinya kita akan dicap sebagai manusia tak mempunyai attitude.

Adab di Atas Ilmu

Akhir pekan kemarin ceritanya keluarga kita jalan untuk makan di luar. Kita makan di Mi Ayam Abah Odik, Sriwidari Bhayangkara Sukabumi. Karena di tempat makan tersebut tidak bisa menggunakan kartu untuk pembayaran, jadinya saya izin ke keluarga untuk mengambil uang dulu di ATM terdekat.

Di tempat anjungan tunai mandiri (ATM), saya berdiri mengantri karena ada satu bapak-bapak di dalam bilik ATM. Tiba-tiba ada seorang bapak-bapak, kira-kira umur 40 tahunan yang menyerobot antrian begitu saja. Baru saja mau kutegur, ia langsung masuk ke dalam bilik ATM, padahal di dalam masih ada orang yang baru saja selesai transaksi dan sedang merapihkan uang beserta tasnya.

Si bapak pertama yang berada di dalam bilik ATM tampak kesal karena terganggu privasinya dengan kedatangan orang ke dalam bilik ketika ia belum selesai dengan keperluannya di ATM. Ia keluar sembari mengomel dengan nada bergumam. Pantas saja ia kesal karena sepertinya siapapun akan merasa demikian jika mengalami hal yang sama.

Selesai dengan keperluannya di dalam bilik ATM, si bapak yang menyerobot antrian tadi keluar dengan santainya tanpa terlihat bersalah dengan apa yang telah dilakukannya. Dengan muka pongahnya ia berjalanke parkiran menuju mobilnya.

Ah, ternyata apa-apa harta yang kita miliki jika tidak berbanding lurus dengan etika yang tak biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari akan nampak kejomplangannya. Melihat kejadian tersebut saya seraya berdoa, semoga dijauhkan dari hal-hal seperti akhlak yang dipertontonkan oleh orang yang sepertinya tak tahu adab bagaimana ketika mengambil uang di ATM.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Bertransaksi di ATM

Sebenarnya tidak ada aturan tertulis tentang etika yang harus kita lakukan ketika akan melakukan transaksi di ATM. Biasanya kita hanya akan melihat di luar bilik ATM tentang larangan outfit yang tidak boleh dipakai ketika masuk ATM, Seperti

  • Helm atau topi
  • Masker
  • Kacamata Hitam 
  • Jaket
  • Merokok

Namun tetap harus diingat bahwa ATM berada di ruang publik, yang tentu saja digunakan secara umum, di mana kita tahu ada sopan santun yang harus dijaga ketika kita berada bukan di ranah pribadi.

Dari kasus di atas, sepertinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan transaksi di ATM, seperti:

Antri!

Setiap kita mempunyai kesibukan masing-masing, tetapi jangan sampai merasa kita merasa orang yang paling penting di tempat umum. Seperti apapun kondisinya, ketika di tempat umum, mengantri adalah hal yang harus kita lakukan. 

Mengantri berarti menguji seberapa sabar dan bisa menjadi salah satu indikator seberapa beradabkah kita. Mengantri panjang memang membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Jika kita tidak siap mengantri di ATM, sebaiknya punya mesin ATM pribadi saja!

Siapkan Kartu ATM sebelum Masuk

Untuk efisiensi waktu, siapkan kartu ATM yang kita miliki sebelum masuk bilik. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari keborosan waktu di dalam ruangan ATM, apalagi jika antrian di luar masih panjang.

Mencari-cari kartu ATM ketika baru masuk ke bilik akan memakan waktu, apalagi jika di dalam dompet kita ada berbagai jenis kartu ATM. So, don't do that!

Jaga Jarak Sesama Pengantri

jaga jarak

Menjaga jarak antar sesama pengantri dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan privasi kita masing-masing. Apalagi saat ini kondisi negeri kita yang belum terbebas 100% dari pandemi Covid-19, niatkan juga menjaga jarak ini sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan.

Satu meter adalah jarak ideal antar sesama pengantri, namun jika antrian panjang dan tak memungkinkan mengambil jarak satu meter, bisalah menyesuaikan asal tidak terlalu berdempetan.

Masuk ke Bilik ATM setelah Orang Lain Selesai

Jangan pernah masuk ke dalam ruangan ATM jika orang lain masih di dalam, walaupun transaksinya sudah selesai. Siapa tahu orang di dalam harus merapihkan barang-barang pribadinya terlebih dahulu sebelum keluar dari ruangan ATM.

Bayangkan jika kita sedang menghitung uang yang keluar dari mesin ATM atau sedang merapihkan tas, tetiba ada orang nyelonong masuk ruangan. Pastinya kita akan merasa terganggu dan tidak dihargai privasi oleh orang seperti itu.

Be Patient, Please!

ATM adalah mesin dengan teknologi yang disediakan bank untuk mempermudah transaksi setiap nasabahnya. Yang harus diingat adalah kita bukan satu-satunya nasabah di bank. Banyak orang yang juga mempunyai kebutuhan untuk bertransaksi di ATM

Kesadaran seperti itu harus dipahami agar kita tidak merasa menjadi orang VIP dan bisa berbuat seenak hati tanpa mengindahkan adab atau etika bertransaksi di ATM. 

Related Posts

26 komentar

  1. emang paling ngeselin ya kalau orang suka nyerobot antrian. ku pikir jama sekarang udah ga ada yang suka selak-selak antrian gituu.. hihi

    BalasHapus
  2. di wilayah saya ATM BCA masih lumayan jarang. padahal lingkungan perumahan dan banyak yang transaksi di ATM BCA. tapi yang nyebelin kadang ada pedagang yang setor uang jutaan ke ATM pke setor tunai.

    mbok ya setor tunai kalau banyak di teller saja. hehehe

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat informatif dan mudah dipahami. terimakasih telah berbagi kak

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bermanfaat sekali gan! Semoga banyak yang baca, soalnya masih banyak masyarakat kita yang gak punya etika ketika di ATM seperti ngak mau antri, main serobot dll...

    BalasHapus
  5. Bener banget tuh di daerah saya masih ada oknum yang masih pake masker,kaca mata atau helm yang masuk ke ATM

    BalasHapus
  6. Wkwkkw iya ihh ni mewakili aku banget hahaha takut saldo diintip karena insecure saldo cuma segitu2 doang hahaha jadi kalo ada yg ga jaga jarak tuh keselll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya lah sama saldo Mbak Jihan, la wong sering menang lomba blog

      Hapus
  7. Terimakasih banyak nih informasinya. Kadang Saya suka lupa untuk membuka masker saat masuk ke ATM.

    BalasHapus
  8. yang paling ngeselin itu kalau pas kita ngantri tau-tau ada yang nyrobot.
    pas diingetin bukannya ngerti malah marah-marah, udah gitu marahnya lebih galak dari pada yang niat ngingtin

    BalasHapus
  9. benar mas, adab itu penting, apalagi di tempat umum. Dan bisa menyangkut privasi. semoga kita terhindar dari sifat seperti bapak-bapak tadi.

    BalasHapus
  10. Bener banget ini. Kadang kesel sama yang asal nyerobot. Terus saya pernah baca tips juga di twitter, kalau mau transaksi berulang-ulang dan banyak di atm, lebih baik ikut ngantre lagi di transaksi yang kesekian. Soalnya kalau kelamaan bgt di dalem atm, kasian jg sm yg ngantre..

    BalasHapus
  11. Bener banget tuh. Paling kesal kalo ada orang yg nyerobot antrian di ATM. Udah gitu, pas giliran kita masuk ternyata stok uang di mesinnya sudah habis.

    BalasHapus
  12. Orang yang menyerobot antrian.
    Ini nih yg ngeselin, wkwkwk. Ga cuma di ATM sih kang, di tempat lain juga kadang sering terjadi. Di kondangan juga sering tuh. Ketika lagi antre makanan, eh tiba tiba ada bocah yang, seperti tidak berdosa, langsung menyerobot antrian. Terkadang pun, beberapa kali terlihat ada ibu-ibu yang seperti itu jugaaa... 😢

    BalasHapus
  13. Adab dan akhlak amat penting dalam kehidupan kita, tidak hanya di ATM tapi di berbagai tempat umum lainnya dan juga melatih kesabaran kita.

    BalasHapus
  14. harap ramai yang sedar dan faham tentang perkara ini.

    jika tidak boleh menimbulkan rasa tidak puas hati

    BalasHapus
  15. Kalau saya paling risih sama yang pas belum selesai transaksi eh udah masuk duluan aja. Bikin enggak konsen dan bisa bikin salah transaksi. Bikin gak nyaman bertransaksi dan secara tidak langsung bikin kita cepet2 menyudahi transaksi padahal kan masih butuh mengecek dan merapikan lain-lainnya.

    BalasHapus
  16. Oh untung ketemunya sama pak Yo yang sabar, coba kalau ketemu emak-emak. Ini ngajak duel kayaknya, kalau ga diteriakin sekampung paling ga ya dibikin malu dulu haha... Gitu sih emak-emak wkwk

    BalasHapus
  17. yang kesel transfer ke banyak rekening.... lamaaaaa banget gak ganti2 orang hehe

    BalasHapus
  18. Bagusnya ada informasi di ruang ATM,,, jangan lebih dari 5 menit dan sekali transaksi, transaksi selanjutnya harus ngantri lagi

    BalasHapus
  19. Teddy sangat setuju dengan tips yang Abang berikan di atas, memang dalam hal apapun kita perlu Adab dalam menjalankannya, tidak terkecuali di ATM.

    Alhamdulillah tidak pernah mendapat kejadian seperti ini, semoga kita bisa selalu menjaga Adab dan privasi orang lain agar menjadi pribadi yang mengesankan.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  20. Bagian poin antri yang sering dilupakan para pengguna ATM. Aku pernah pas di ATM, ada orang main nerobos aja. Kebetulan lagi gak buru2, kalo gak kan jadi kesel.
    Tapi pernah juga pas ada ibu2 di belakang, aku nyarani duluan aja karna aku liat si ibu kayaknya buru2. Sedangkan aku masih nyantai. Jadi, gak masalah kalo belakangan.

    BalasHapus
  21. lumayan sebal juga ya mas yonal kalau ada yang buru buru menyerobot antrian, takutnya yang sebelumnya belum selesai dan masih ngetik angka pin kan kalau dijejerin deket banget ntar kelihatan hehehe

    harus bisa tahu tata krama supaya sesama pengguna ATm bisa nyaman, biarpun antrian panjang kalau tettib kan enak

    BalasHapus
  22. Pendidikan pertama yg aku kasih ke anak2ku , itu ttg adab mengantri mas. Aku ga mau ya kalo mereka sampe ga ngerti caranya antri, apalagi sampe nyerobot giliran orang lain, nauzubillah min Zalik 🤬. Paling benciiii kalo ketemu orang yg begitu. Ga tau giliran, nyerobot antrian. Dia ga tau apa, itu sama aja dengan mengambil hak orang lain. Dan orang yg begini, aku LGS meragukan ajaran ortunya saat kecil. Mungkin kurang didikan sampe ga tau cara antri.

    Naah apalagi di ATM. Yg mana itu tempat privacy banget. Aku risih kalo pas ambil uang di ATM orang ada yg berdiri terlalu Deket di aku. Takutlah dia bisa melihat pin atau jumlah uang yg aku ambil. Jadi biasanya kalo sdg berdua, aku minta temen/suami berdiri di belakang ku utk jagain. Jadi ga ada yg bisa nempel2 di belakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setiap orang tua dapat mengajarkan etika dan adab tentang antre ini ya, Mbak Fany. Terlihat sepele padahal ini menjadi pondasi etika seseorang tentang bagaimana menghandle emosinya

      Hapus
  23. itu masuk ke dalam bilik atm, sementara masih ada yang transaksi di dalam udah ngga bener, apalgi sampai menyerobot antrian. kenapalah ada orang2 seperti itu ya. yang namanya ruang publik yang dipakai publik, harusnya kita mengikuti adab tak tertulis demi kenyamanan bersama. Jadi makin kesel saat si bapak keluar tanpa merasa bersalah

    BalasHapus
  24. Biasanya ngantri lama di ATM setelah tanggal cantik, tanggal kembar. Seperti 11 11, 12 12, karena orang-orang mengantri untuk bayar olshop hahaha 😂 Dan pakai VA banyak bangeet sampe lamaa nungguinnya. Memang harus sabar kalau memakai fasilitas umum itu yaa kak 😁

    BalasHapus

Posting Komentar