a journey

Lesatkan Anak Panahmu

4 komentar

archery

Dua hari shaum Ramadhan telah di lalui, di lalui dengan kondisi yang menuntut kita untuk lebih belajar tentang arti kesabaran. Memang tidak mudah melaksanakan shaum di rumah saja bagi kita yang terbiasa aktif di luar. Butuh kreativitas yang mumpuni agar shaum kita tetap berjalan tanpa kebosanan dan rebahan semata selama di rumah.

Ayo Belajar Panahan

Salah satu yang bisa dilakukan di rumah saja, sendiri atau dengan keluarga, adalah olahraga memanah. Salah satu olah raga sunah yang di rekomendasikan oleh nabi kita, selain renang dan berkuda. Walaupun memang butuh modal yang lumayan untuk membeli seperangkat alat memanah, tetapi manfaat yang bisa kita rasakan dari olah raga ini luar biasa.

Latihan yang konsisten dengan niat yang baik pasti akan membuahkan hasil yang tak akan sia-sia. Jangan lupa pemanasan atau warming up sebelum melaksanakan sesi latihan panahan. Kenapa harus pemanasan?. Karena banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dengan melaksanakan pemanasan.

Alasan pentingnya pemanasan sebelum olahraga atau memanah

olahraga panahan memang memiliki banyak sekali manfaat, tapi apa manfaat dari olahraga panahan itu sendiri jika tidak melakukan pemanasan? 
yuk simak kenapa sebelum olahraga panahan harus pemanasan dulu.

  • mencegah cendera. Olahraga panahan yang dilakukan tanpa pemanasan bisa saja terkilir hingga merobek otot.
  • melancarkan peredaran darah. Pemanasan yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga suplai oksigen tersebar dengan baik ke seluruh tubuh.
  • menjaga kesehatan tulang, selain otot, tulang juga menjadi salah satu bagian tubuh yang sering mengalami cendera. oleh karenanya pemanasan wajib dilakukan.
  • pemanasan akan membantu mencairkan atau mencegah terjadinya korosi pada tulang-tulang
Belajar fokus dan konsentrasi adalah sebagian hikmah yang bisa kita rasakan dari memanah, dan bisa kita rasakan tidak hanya sewaktu melesatkan anak panah, dalam kehidupan sehari-hari pun kian terasa signifikansi fokus dan konsentrasi kita dalam menghadapi sesuatu.
Bagi yang belum mempunyai perangkat olah raga memanah, menabunglah. Mari berinvestasi dalam membumikan olah raga sunah ini.

Penutup 

Bagi yang sudah memilikinya, mari jadikan ngabuburit kita lebih bermakna walau hanya di (depan) rumah saja.

Related Posts

4 komentar

Posting Komentar