Cara Menghormati Orang Tua yang Meninggal

2 komentar

adab-adab yang harus dilakukan dalam menghormati orang tua

Orang tua adalah bagian yang tak terlepaskan dalam kehidupan kita, mereka sangat berjasa dengan segala curahan kasih sayangnya yang tak akan bisa terbalas, mulai dari kita sebelum lahir dalam kandungan, bahkan sampai dewasa pun kita kadang masih membutuhkan mereka. Maka wajiblah bagi kita menghormati orang tua dengan segala pengorbanannya.

Orang Tua dan Surga Yang Ada Padanya

Orang tua tak hanya tentang mereka yang telah melahirkan kita, namun ada juga guru-guru kita yang telah memberikan ilmu pengetahuan. Guru biasanya disebut dengan orang tua rohani. Ada juga ayah ibu mertua sebagai orang yang menyebabkan pasangan kita lahir. Mertua juga adalah sosok orang tua yang harus kita hormati.

Berbuat baik kepada orang tua hukumnya wajib, karena jasa-jasanya memang tiada tara. Dalam sejarah kita bisa belajar bagaimana sosok Uwais al-Qarni yang sangat menghormati ibunya, karenanya nabi sampai mengatakan bahwa Uwais adalah penghulu para tabi'in yang mulia.

Perintah Allah Dalam Menghormati Orang Tua

Allah dalam al-Quran surat al-isra' ayat 23 telah memerintahkan manusia untuk menghormati sosok kedua orang tuanya.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada mereka perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Dalam ayat di atas ada beberapa yang bisa disimpulkan, diantaranya:

  • Umat muslim jangan menyembah dan beribadah kepada selain Allah.
  • Seorang anak harus berbuat baik kepada kedua orang tua.
  • Seorang anak harus berterima kasih kepada orang tua atas segala curahan kasih sayangnya dengan cara berbuat baik kepada keduanya
  • Seorang anak harus memperhatikan orang tuanya terlebih ketika mereka sudah menginjak usia lanjut dan sudah mengalami kelemahan jasmani serta tidak bisa lagi mencari nafkah. Maka kedua orang tua harus diperlakukan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai keluar kata-kata kasar dan tidak boleh pula membentaknya

Menghormati atau Adab Terhadap Orang Tua Yang Telah Meninggal

Ketika orang tua telah sampai pada usia akhirnya, maka kewajiban kita sebagai anak tetap harus dilaksanakan. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk kedua orang tua yang telah meninggal diantaranya:

  • Memandikan, mengkafani, mensalati dan menguburkannya
  • Jika orang tua berwasiat sebelum meninggal, maka tunaikanlah
  • Jika orang tua berhutang, maka bebaskanlah dengan membayar hutang-hutang tersebut
  • Menjaga silaturahmi dengan orang-orang yang kenal dengan orang tua kita
  • Memohonkan ampun kepada Allah untuk kedua orang tua dan juga senantiasa mendoakannya

Demikian beberapa hal terkait hal-hal yang berhubungan dengan adab menghormati orang tua. Semoga kita termasuk kategori anak-anak saleh yang senantiasa bisa menjaga rasa hormat kepada orang tua dan bisa mencurahkan kasih sayang yang tulus kepada keduanya, sebagaimana mereka juga menyayangi kita sebagai anaknya.

Related Posts

2 komentar

  1. Duh, kalau bahas orang tua itu ya pengennya udah aja jadi orang sukses. Harta, Waktu dan tenaga semuanya dipunya dan dicurahkan untuk orang tua..

    ciyeh domain baru ciyah, tabarokalloh ya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah couch, semoga kita bisa orang-orang sukses dunia akhirat untuk menjadi kebanggan orang tua kita.

      thank you for inspiring me :)

      Hapus

Posting Komentar