a journey

Duka Turki Yang di Landa Gempa Bumi

2 komentar

 

Duka Turki Yang di Landa Gempa Bumi

Jumat (30/10/2020) Turki mengalami gempa bumi yang dahsyat dengan guncangan mencapai 7.0 skala ritchter. Tidak hanya Turki, Yunani pun yang menjadi negara perbatasan, juga terkena dampaknya. Gempa yang terjadi di Provinsi Izmir ini berpusat di laut Aegean, bagian Barat Turki.


Gempa Dahsyat di Hari Jumat

Turki merupakan negara yang berada pada wilayah rawan gempa. Terakhir pada 2017, Turki juga pernah mengalami gempa bumi yang tak kalah besar, yaitu gempa dengan kekuatan 6.6 skala ritchter.


Negara Rawan Gempa

Dalam sejarahnya, Turki memang sering mengalami gempa dengan kekuatan yang besar. Pada tahun 1992 contohnya, Turki mengalami gempa dahsyat dengan kekuatan 6.0 skala ritchter. Di tahun 1904, Turki juga pernah mengalami gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6.2.


Kerugian Akibat Gempa

Gempa yang terjadi sore hari waktu setempat ini sangat mengagetkan warga setempat, mereka berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Beberapa gedung tinggi seperti apartemen mengalami kerusakan, bahkan beberapa di antaranya roboh. Korban jiwa pun tak bisa dielakkan, beberapa telah teridentifikasi, namun masih banyak juga yang belum diketahui nasib dan keberadaannya.


Gempa Susulan

Belum reda kekagetan warga akibat guncangan yang luar biasa, mereka belum bisa bernafas lega, karena gempa susulan terus terjadi bahkan sampai 100 kali, walau guncangannya tak sedahsyat gempa pertama, namun gempa susulan ini menjadikan warga belum berani kembali ke rumah masing-masing. Gempa susulan atau aftershock terbesar tercatat mencapai 5.1 skala ritchter.


Menyebabkan Tsunami

Keterkejutan warga setelah mengalami gempa bertambah dengan terjadinya tsunami lokal. Karena pusat gempa terjadi di laut dangkal pada kisaran 6 Km dan menyebabkan terjadinya patahan di dasar laut, dan hal inilah yang menjadikan tsunami terjadi.


Gempa Sampai ke Yunani

Sebagai negara yang menjadi perbatasan, Yunani adalah negara yang ikut terdampak dari gempa bumi yang terjadi di Turki. Athena sebagai ibukota Yunani adalah salah satu kota yang tercatat mengalami gempa ini. Tidak hanya gempa bumi, beberapa daerah pesisir di Yunani juga mengalami tsunami lokal seperti yang juga dialami di Turki.

Semoga saudara-saudara kita di Turki dan Yunani yang terkena dampak dari gempa bumi ini diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Mari kita bantu mereka dengan apa yang kita mampu. Saat ini di Indonesia banyak lembaga kemanusiaan dan filantropi yang dapat menyalurkan bantuan tidak hanya untuk wilayah Indonesia tapi juga ke beberapa negara yang membutuhkan. Tak hanya materi, doa pun sejatinya bisa kita panjatkan. Apapun yang mampu kita lakukan, mari amalkan atas nama persaudaraan.


Referensi:
www.kompas.com/sains

Related Posts

2 komentar

  1. Ternyata Turki negara yang sering dilanda gempa juga.
    Semoga banyak pertolongan untuk korban gempa.

    BalasHapus

Posting Komentar