a journey

Karpet Panjang Penyelamat

Posting Komentar

        Sajadah salat

Alangkah senangnya salat berjamaah sore magrib kemarin, karena ada hamparan karpet baru di masjid. Bukan hanya karena karpet baru saja perihal kebahagiaan ini, tapi kali ini karpet berwarna hijau zamrud itu lebih panjang ke depan sepuluh cm dibandingkan dengan karpet sebelumnya. 

Sedekah Karpet Untuk Masjid

Tersiar kabar, ada dua orang berbaik hati, pasangan suami istri yang mendonasikan sebagian kecil hartanya untuk masjid, dan bantuan yang diberikan adalah tiga buah karpet yang bermotif seperti sajadah

Karpet sajadah panjang pemberian orang baik itu setidaknya akan mengakhiri ‘penderitaan’ orang-orang dengan tinggi di atas rata-rata yang menjadi jamaah masjid ini. Bagaimana tidak, sudah banyak ‘korban’ akibat kurang panjangnya karpet sajadah bermotif gambar masjid sebelumnya. 

Disundul Atau Menyundul

Jika tidak hati-hati, ketika ruku kemungkinan kepala kita akan mengenai pantat makmum di baris depan, atau sebaliknya, pantat kita yang akan ‘terseruduk’ makmum di belakang. Sama halnya ketika akan bersujud, kejadian yang persis sama akan terulang jika kita tidak memperhatikan dengan seksama gerakan salat, kalau tidak kepala kita terkena pantat orang, atau pantat kita mengenai kepala orang.

Kejadian yang lebih parah adalah ketika selesai gerakan sujud kedua dan akan berdiri pada rakaat selanjutnya, jika kita ceroboh kepala kita akan bersinggungan dengan sarung yang dikenakan oleh makmum di barisan depan, peci kita jatuh, dan sarung orang tersibak ke atas. Bersyukur jika ia memakan celana di balik sarungnya, jika tidak akan tampaklah auratnya... alamak.

Salat Yang Sangat Hati-hati

Tidak ada jalan lain selain harus berhati-hati dan memperhitungkan gerakan ruku dan sujud jika kita ingin terhindar dari ‘tragedi’ sundul dan menyundul ini. Caranya dengan tidak bergerak persis bersamaan dengan makmum lain, tapi harus melihat kondisi ‘aman’ terlebih dahulu. Jangan lupa kerutkan badan terutama ketika akan sujud, mundurkan kepala, jangan sampai mengenai batas karpet sajadah barisan depan.

Semoga bagi pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang baru akan memasang karpet atau mengganti karpet di masjid, dapat mempertimbangkan untuk membeli karpet baru yang akan membuat seluruh jamaah salat merasa nyaman. Mohon kiranya jika boleh, dalam hal penyediaan karpet salat ini juga dapat memperhatikan keadilan bagi high (body) looking.

                                                                 
Disclaimer:
Kejadian menyundul atau tersundul dalam salat sepertinya tidak akan dialami oleh makmum yang tinggi badannya tidak lebih dari 170 cm, atau tidak akan dialami oleh orang-orang yang salatnya munfarid alias salat sendiri, atau juga tidak pernah salat berjamaah di masjid!.


Baca juga:
Melawan rasa marah berlebihan
Bertamu dan menerima tamu
Pakaianmu Identitasmu

Related Posts

Posting Komentar