a journey

Ikhtiar Lailatul Qadar di Ramadhan Final

Posting Komentar

RWC ODOP

Rasa Syukur kepada Sang Pencipta semesta, Allah robbul izzati, di bulan suci ini kita terhantar kepada fase ketiga, yaitu sepuluh hari terakhir Ramadhan. Babak final yang sangat istimewa, karena ada lailatul qodar diantaranya.

Apa Itu Lailatul Qadar?  

Lailatur qodar dikenal dengan malam seribu bulan, karena pahala yang Allah janjikan setara ibadah dengan jumlah bulan tersebut. Namun perlu digaris bawahi, niat karena Allah dan ingin meraih ridho-Nya harus tetap menjadi landasan utama dalam setiap ibadah, bukan karena ingin meraih pahala yang fantastis semata.

Menjemput Lailatul Qodar  

I’tikaf adalah hal sangat dianjurkan untuk dilaksanakan selama fase terakhir ramadhan ini, dan i’tikaf di masjid menjadi rekomendasi sesuai sunah nabi sebagai bentuk imaroh atau memakmurkan masjid. Namun dalam kondisi pandemi corona yang belum berakhir sampai saat ini, tentunya hal tersebut harus disiasati.
 
I’tikaf di rumah menjadi alternatif pilihan, Imam Malik dalam hal ini membolehkannya dengan ketentuan bahwa kita sedang dalam kondisi terkarantina, kemudian juga langkah selanjutnya yang harus diperhatikan, sebaiknya disiapkan ruangan khusus di dalam rumah, bisa kita sebut ruang ibadah atau mushola rumah.
 
Banyak bentuk ibadah yang bisa dilaksanakan ketika ber-i’tikaf, baik berupa shalat, dzikir, membaca al-Qur’an, memperbanyak do’a juga memperbanyak sedekah. Dan yang paling utama, komitmen untuk bersungguh-sungguh dalam ber-i’tikaf sangat di perlukan, karena itu pula yang dicontohkan oleh nabi, sebagaimana dikabarkan oleh istrinya Aisyah RA.

Penutup  

So, mari bersama-sama kita hidupkan ramadhan lebih maksimal lagi di sepuluh hari terakhir, berikhtiar untuk lailatul qodar, dan jangan menyerah dengan pandemi corona. Semoga Allah menganugerahkan berkah dan keridhoan-Nya, dan kelak menjadikan kita tetangga di surga. Aamiin

Related Posts

Posting Komentar