a journey

Ciplukan Untuk Ramadhan

2 komentar
golden berry

Ramadhan tiba, suka cita kita menyambutnya, menyiapkan segala suatu, hati dan materi. Hari pasar, sehari sebelum Ramadhan, pasar biasanya lebih ramai, dominasi ibu-ibu menyiapkan lauk-pauk khas Ramadhan, agar nutrisi selama melaksanakan saum tidak surut.

Incaran ibu-ibu biasanya tidak lepas dari jenis daging, kalau tidak daging sapi, ada daging ayam yang lebih terjangkau. Sedang, asupan makanan yang mengandung serat biasanya agak terabaikan, kalah dengan pamor opor ayam atau rendang sapi

Padahal, makanan yang mengandung serat adalah salah satu asupan yang kita butuhkan di saat tubuh kita sedang berpuasa.

Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Nah, di antara asupan yang mengandung serat, ada Ciplukan, orang sunda lebih mengenalnya dengan Cecenet, atau secara global dikenal dengan Golden Berry.

Tanaman ini termasuk sudah langka, padahal manfaatnya luar biasa.

Walaupun kita biasa mengonsumsi buahnya, padahal seluruh bagian tanaman Ciplukan bisa bermanfaat, akar dan batangnya bisa dijadikan bahan membuat jamu, dengan cara dikeringkan, kemudian di seduh air panas, dipercaya berkhasiat untuk imunitas badan.

Buahnya yang manis asam menyegarkan, mirip dengan strawberry, bisa kita konsumsi langsung atau di buat jus. Sangat cocok dijadikan makanan atau minuman pembuka saum kita.

Yuk Sehatkan Badan Dengan Puasa Kita

Semoga Saum Ramadhan ini selalu berimbang asupan makanan yang kita konsumsi, sehingga Saum Ramadhan menjadi salah satu ikhtiar menjadi lebih sehat, bukan malah menjadi kambing hitam penyebab naiknya kolestrol di tubuh, karena dominasi jenis daging di meja buka dan sahur kita.

Related Posts

2 komentar

  1. Abdi orang Cisaat, tapi Tara ngemam cecenet da Kang hehe... Baru tahu manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu kecil mah seeur disisi galeungan, ayena mah tos jarang, dugika meser binih na hoyong melak ge, raos bu buah na

      Hapus

Posting Komentar