Kekurangan dan Kelebihan Homeschooling yang Sebaiknya Para Orang Tua Tahu

1 komentar
Kelebihan Homeschooling

Homeschooling saat ini menjadi salah satu alternatif para orang tua untuk menjadi tempat anak-anaknya belajar. Di antara beberapa kekurangan dalam sistemnya, banyak juga kelebihan homeschooling yang sebaiknya para orang tua tahu.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas dua sisi dari homeschooling, baik dari sisi kekurangan maupun kelebihannya dan juga rekomendasi salah satu homeschooling terbaik di Indonesia yang dapat meminimalisasi kekurangan dan memaksimalkan kelebihan dari sistem homeschooling. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan informasi untuk para orang tua yang sedang mempertimbangkan homeschooling untuk tempat belajar anak-anak.

Kekurangan dan Kelebihan Homeschooling

Eksistensi homeschooling diakui negara dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 129 Tahun 2014. Bahkan dalam peraturan tersebut juga disebutkan definisi homeshcooling untuk memperjelas maknanya

homeschooling adalah pelayanan pendidikan yang sadar dan terencana oleh orang tua atau keluarga baik di rumah maupun di tempat kondusif lainnya

Dalam praktiknya homeschooling ini memiliki kekurangan dan juga kelebihan tersendiri. Hal ini lumrah karena pada dasarnya hal tersebut terjadi pada setiap sistem, termasuk sistem homeschooling.

Berikut beberapa poin dalam hal kekurangan dan kelebihan homeschooling yang sebaiknya para orang tua tahu

Kekurangan Homeschooling

Beberapa yang termasuk dalam kategori kekurangan dalam sistem homeschooling antara lain:

  • Kehidupan sosial anak cenderung terbatas
  • Masih belum ada standarisasi kurikulum dalam sistem homeschooling 
  • Anak homeschooling kemungkinan memiliki sifat kompetitif yang kurang
  • Kurang lengkapnya fasilitas belajar

Kelebihan Homeschooling

Selain sisi kekurangan, homeschooling juga memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Waktu dan durasi belajar bisa disepakati antara anak dan orang tua
  • Waktu belajar sangat fleksibel dan menyesuaikan dengan anak sebagai seorang pelajar
  • Cara belajar, dan topik pembelajaran bisa ditentukan orang tua menyesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuan anak dalam belajar
  • Anak bisa terhindar dari pergaulan negatif karena dapat terpantau pergaulan dan perkembangan belajarnya oleh orang tua  

Rekomendasi Homeschooling yang Dapat Meminimalisasi Kekurangan dan Memaksimalkan Kelebihan

Dengan adanya kekurangan dan kelebihan dari sistem homeschooling para orang tua tidak usah khawatir. Para orang tua yang bermaksud menjadikan homeschooling untuk tempat belajar anak-anak tinggal mencari referensi homeschooling mana yang dapat minimalisasi kekurangan dan memaksimalkan kelebihan dari homeschooling ini.

Salah satu rekomendasi terbaik untuk homeschooling adalah Alta School. Kenapa Alta School? Karena Alta School memiliki kelebihan-kelebihan yang membuat anak bisa belajar dengan maksimal sesuai bakat dan minatnya.

Mengenal Alta School, Homeschooling Online Interaktif dengan Metode Pembelajaran Blended Learning

Homeschooling terbaik di Indonesiasumber: https://www.altaschool.id/

Alta School adalah homeschooling yang fokus terhadap perkembangan anak sesuai minat, bakat, dan kreativitas anak. Di Alta School tersedia homeshooling dengan jenjang lengkap mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA.

Metode belajar di Alta School menggunakan sistem blended learning secara online. Metode ini digunakan agar siswa lebih adaptif dan dapat tergali potensi, kreativitas, bakat, dan minatnya dengan maksimal.

Kelebihan Metode Belajar Blended Learning di Alta School

Secara spesifik penggunaan metode pembelajaran blended learning di Alta School mempunyai kelebihan-kelebihan yang telah dirancang dalam kurikulumnya. Beberapa kelebihan metode belajar blended learning di Alta School antara lain:

  1. Live Teaching Interaktif yang membuat siswa tidak menjadi pasif, hanya sebatas mendengarkan materi, tetapi juga turut aktif dengan berdiskusi dan eksplorasi 
  2. Home-based Project yang mengkombinasikan antara pembelajaran digital dengan tatap muka di mana tim Alta School menyiapkan proyek seru dan eksperimen di dalamnya
  3. Bimbingan penguatan karakter serta pengembangan siswa dalam hal kecerdasan emosional
  4. Aktivitas mandiri yang sudah disesuaikan dengan kemampuan setiap anak berdasarkan asesmen awal 
  5. Biaya yang reasonable dengan banyaknya kelebihan dan fasilitas yang disiapkan Alta School. Untuk gambaran, berikut tabel biaya untuk jenjang sekolah dasar di Alta School untuk tahun ajaran 2024/2025

biaya homeschooling Alta Schoolsumber: https://www.altaschool.id/

Dua Program Alta School: Reguler dan Bilingual

Di antara banyak kelebihan yang ditawarkan Alta School, para orang tua juga dapat memilih program unggulan untuk anak-anaknya yaitu program reguler atau bilingual. Dua program ini mempunyai kelebihan tersendiri masing-masing dan orang tua dapat menyesuaikan mana yang cocok untuk sang anak.

Program reguler Alta School adalah program homeschooling yang setara sekolah nasional dengan kelebihan fasilitas-fasilitasnya antara lain:

  1. Tujuh sesi program nasional per minggu dengan pengajar yang berpengalaman
  2. Modul belajar yang lengkap dan juga Learning Kit untuk program tematik home based project
  3. Laporan belajar dan sertifikat
  4. Akses video belajar dengan jadwal bervariasi yang dapat menyesuaikan
  5. Laporan belajar bulanan dan semester
  6. Berbagai event kreatif dan juga parents meet setiap bulan

Selain program reguler, Alta Schhol juga memiliki program bilingual yang banyak diminati karena program ini setara dengan sekolah nasional plus. Kelebihan dan fasilitas dalam program bilingual antara lain:

  1. Metode belajar mengunakan 2 bahasa dengan 5 sesi program internasional per minggu
  2. Guru berpengalaman dalam membimbing 7 sesi program nasional per minggu
  3. Modul belajar 200 sampai 300 halaman dan Learning Kit untuk program tematik home based project
  4. Pilihan jadwal bervariasi dan akses video belajar
  5. Pertemuan orang tua setiap bulan dan event menarik lainnya
  6. Laporan belajar bulanan dan semester
testimoni Alta School

Pertemuan orang tua atau parents meet pada program reguler maupun bilingual ini sangat banyak manfaatnya. Salah satunya seperti yang diungkapkan dalam testimoni Bunda Rahmany selaku orang tua dari Musa, salah satu murid di Alta School yang merasakan manfaat dari parents meet ini untuk dapat informasi tentang perkembangan sekolah anak secara berkala.

Kolaborasi Alta School dengan Ruangguru

kolaborasi Alta School dan Ruangguru

Untuk menguatkan sebagai salah satu homeshooling terbaik, Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru. Hal ini tidak lain untuk mencapai tujuan terciptanya generasi unggul di masa yang akan datang.

Dengan kolaborasi apik Alta School dan Ruangguru diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar anak-anak yang menyenangkan dengan segala teknis kurikulum yang telah disiapkan seperti metode dan gaya belajar yang menyenangkan, kurikulum dan metode belajar interaktif, dan juga para pengajar yang sudah berpengalaman.  

Dengan banyaknya kelebihan homeschooling dari Alta School segala kekurangan dari sistem homeschooling dapat diminimalisasi sehingga para orang tua akan semakin yakin untuk memilih Alta School sebagai homeschooling terbaik di Indonesia dan pastinya akan sangat cocok untuk homeschooling anak-anak.

Related Posts

1 komentar

  1. Naaah kalo HS nya pakai team pengajar begini, jujurnya aku LBH suka. Krn kalo menerapkan Hs tp yg ngajarin ibunya, aku nyerah sih. Bukan tipe pengajar, dan aku emosian kalo ngajar anak. Pasti marah kalo mereka sampai ga paham2.

    Itu yg bikin aku ga mau HS, mendingan KSH guru sekalian.

    Tp beda cerita kalo HS cuma ada sistem online begini dan pengajarnya sekaligus.

    BalasHapus

Posting Komentar