Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik

4 komentar
Universitas Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi termasuk salah satu jurusan di perguruan tinggi dengan peminat yang selalu tinggi tiap tahunnya. Salah satu faktor yang menyebabkan jurusan ini banyak diminati adalah prospek lulusannya yang memiliki peluang besar di dunia kerja.

Teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan farmasi, kali ini kita akan membahas universitas mana saja yang memiliki jurusan farmasi terbaik yang bisa menjadi referensi untuk pilihan kalian. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi dan pencerahan perguruan tinggi mana yang akan dipilih kelak.

5 Daftar Universitas Jurusan Farmasi Terbaik 

Ada banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan farmasi baik negeri maupun swasta. Kali ini kita akan membahas 5 rekomendasi universitas jurusan farmasi dari perguruan tinggi negeri yang sudah diakui mempunyai kualitas yang baik.

Universitas Jurusan Farmasi Terbaik

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat ini memiliki jurusan farmasi semenjak tahun 1965 yang awalnya masuk dalam Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Baru pada tahun 2011 Rektor UI mengeluarkan keputusan untuk mengadakan Fakultas Farmasi UI, terpisah dari FIPIA.

Saat ini Fakultas Farmasi UI memiliki 5 program studi yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk para calon mahasiswa yaitu Program Studi Sarjana Farmasi, Program Studi Profesi Apoteker, Program Studi Magister Ilmu Kefarmasian, Program Studi Magister Ilmu Herbal, dan Program Studi Doktor Ilmu Farmasi. Semua program studi di Fakultas Farmasi telah terakreditasi dengan predikat unggul.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada memiliki program studi farmasi yang banyak mengukir prestasi baik secara nasional maupun internasional. Kurikulum program studi farmasi di UGM berfokus pada kurikulum yang komprehensif dalam aspek teoritis dan praktis.

Fakultas Farmasi UGM memiliki 6 program studi terbaik, antara lain S1 Farmasi, Program Profesi Apoteker, Program Magsiter Ilmu Farmasi, Program Magister Farmasi Klinik, Program Magister Manajemen Farmasi, Program Doktor Ilmu Farmasi.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Sebelum menjadi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, pada tahun 1963 namanya adalah Pendidikan Tinggi Farmasi UNAIR. Seiring berjalannya waktu kemudian namanya diganti menjadi Fakultas Farmasi (FF) UNAIR.

Fakultas Farmasi di UNAIR memiliki Program studi yang lengkap mulai dari S1, S2, S3, dan Program Profesi. Untuk meningkatkan kualitas output dari Fakultas Farmasi ini UNAIR bekerja sama dengan berbagai pihak baik dalam skala nasional maupun internasional.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro berlokasi di Jalan Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang. Di Kampus Diponegoro ini mulai menerima program studi farmasi mulai dari tahun 2016.

Teman-teman yang tertarik untuk kuliah farmasi di UNDIP dapat mengakses informasi lebih lengkapnya di website https://farmasi.fk.undip.ac.id/ atau dapat juga berkirim surel ke alamat prodifarmasi@fk.undip.ac.id

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Program studi pada Fakultas Farmasi di UNHAS lumayan lengkap mulai dari Program Sarjana, Profesi Apoteker, Program Magister, dan Program Doktor. Semua disediakan dengan semangat untuk membangun generasi hebat tenaga ahli di bidang farmasi yang memiliki akhlak mulia dan wawasan yang global.

Email Fakultas Farmasi yang dapat dihubungi untuk berkomunikasi dan atau menanyakan sesuatu ada di  Email: farmasi@unhas.ac.id atau juga dapat menelepon langsung ke call center di (0411) 588-556

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Farmasi

Prospek Kerja Lulusan Farmasi

Lulusan Fakultas Farmasi termasuk salah satu lulusan yang banyak ditunggu oleh dunia kerja saat ini. Kesempatan mendapatkan pekerjaan bagi lulusan farmasi tidak selalu harus menjadi seorang Apoteker, ada banyak profesi lain yang bisa diisi oleh lulusan farmasi seperti menjadi ahli farmasi di dunia industri, pengawas obat-obatan di lembaga pemerintah seperti Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan yang disingkat menjadi BPOM, atau bisa juga menjadi Pengajar atau Dosen. Lulusan farmasi bisa berkiprah di banyak tempat yang berelasi dengan dunia farmasi seperti rumah sakit, klinik, apotek, dan juga lembaga-lembaga kesehatan lainnya.  .

Untuk mencari informasi lowongan kerja yang berhubungan dengan farmasi, teman-teman yang sudah lulus dari perguruan tinggi fakultas farmasi salah satunya bisa bergabung dengan organisasi perkumpulan para ahli farmasi yang disebut dengan PAFI. PAFI sendiri merupakan organisasi keprofesian tempat berkumpulnya para ahli farmasi yang mempunyai karakteristik pengabdian dan kekaryaan.

PAFI memiliki program Halo PAFI yaitu call center untuk medi informasi kepada masyarakat dan anggota PAFI sendiri tentang info-info yang berhubungan dengan kefarmasian, termasuk di dalamnya informasi tentang lowongan pekerjaan dalam bidang farmasi.

PAFI memiliki cabang yang banyak sekali di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke untuk mengakomodir para ahli farmasi untuk belajar berorganisasi dan tetap terhubung satu sama lain di bawah bendera PAFI. Jadi teman-teman yang berdomisili di daerah atau mendapat tugas pekerjaan di daerah, tidak usah khawatir, tinggal cari cabang PAFI terdekat di daerah tersebut.

Salah satu contoh cabang dari PAFI di pulau Jawa adalah PAFI Kabupaten Bangkalan. Teman-teman di sekitar Bangkalan atau Jawa Timur pada umumnya yang mau bergabung dengan PAFI bisa mengakses situs dari PAFI Bangkalan di pafibangkalan.org dan juga bisa mengirim surat elektronik ke admin.pafibangkalan@gmail.com atau dengan menelepon ke nomor telepon: +685850316657 untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Demikian informasi tentang universitas yang memiliki jurusan farmasi terbaik dan juga prospek kerja setelah lulus dari program studi farmasi. Semoga teman-teman yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan mengambil program studi farmasi dapat terkabul cita-citanya, menjalani proses kuliah dengan penuh semangat dan kelak lulus menjadi lulusan yang sukses serta mendapat ilmu yang bermanfaat dan berkah dalam kehidupan. Aamiin.

Related Posts

4 komentar

  1. Rekomendasi buat temen temen yang tertarik farmasi bisa coba daftar di universitas negeri di atas ya...walau sebagian tentunya rada mahal karena emang bagus hehe

    BalasHapus
  2. Dulu sempet tertarik masuk farmasi, Krn buatku melihat apoteker yg bisa paham tulisan dokter dan meracik obat2an, kok keren gitu 🤣😄. Tapi setelah SMU, sadar diri nilai IPA ku jelek hahahahha. Jadinya langsung beralih deh ke akuntansi yg memang LBH aku kuasai 😅. Ntahlah ini anak2ku ada yg tertarik ga ntr masuk farmasi 😁

    BalasHapus
  3. sohib aku lulusan farmasi, jadi kalau aku mau nanya soal obat-obatan, tinggal nanya aja pokoknya, dikasih saran ini itu yawes aku ikuti hahaha. Terus sekarang udah jadi apoteker juga, kerja cuman beberapa hari sekali ngecek apoteknya :D

    BalasHapus

Posting Komentar