Ide Menu Market Day Anak SD yang Enak dan Unik

4 komentar

Menjelang bulan Ramadan ini di sekolah si sulung akan diadakan acara market day. Dia dan teman-teman sekelasnya mendapat tugas membuka stand dan menjual makanan atau minuman dengan menu yang telah dipilih masing-masing.

Kita sebagai orang tua jadi ikut sumbangsih pemikiran juga. Apa, ya, menu market day anak SD yang enak dan unik untuk nanti dijajakan di acara itu?

Akhirnya setelah diskusi di grup WA dengan sesama orang tua siswa, kita memilih makanan dan minuman sederhana, harga terjangkau, namun menarik untuk anak-anak SD.

10 Ide Makanan dan Minuman untuk Menu Market Day Anak SD

Program market day adalah salah satu program tahunan yang diadakan di sekolah tempat si sulung belajar yang kebetulan tahun ini diadakan pas menjelang bulan Ramadan. Banyak manfaat dari diadakannya program ini, salah satunya adalah belajar entrepreneur dasar untuk tingkat anak-anak di SD.

Program market day ini ditugaskan kepada anak-anak kelas 4 sampai kelas 6. Sedangkan anak-anak kelas 1 sampai 3, mereka nantinya yang akan jajan, memilih makanan mana yang menarik perhatian mereka di antara banyaknya gerai yang dibuka oleh kakak-kakak kelasnya.

Jadilah setiap kelompok yang telah dibuat oleh para wali kelas berlomba untuk membuat menu market day anak SD semenarik mungkin agar nantinya laku pas dijajakan. Kebetulan di kelompok si sulung ada 10 anggota, jadinya kita sebagai orang tua ikut juga berdiskusi untuk membuat 10 jenis makanan atau minuman untuk nanti dijual.

Setelah diskusi santai dengan sang anak dan juga sesama orang tua di grup WA, akhirnya kita sepakat dengan 10 menu yang akan dibuat yang terdiri dari 6 menu makanan dan 4 minuman. Berikut 10 daftar makanan dan minuman yang juga bisa jadi ide buat teman-teman yang akan mengadakan acara serupa.

1. Puding Buah

Makanan pertama yang kita siapkan untuk menu market day anak SD ini adalah puding buah. Agar-agar yang dipadukan dengan aneka buah segar dan dikemas dalam cup cukup menarik untuk jadi jajanan sehat anak-anak SD.

2. Mini Crombolini

Crombolini ini sedang viral-viralnya akhir ini. Aslinya kan lumayan juga harganya, tetapi karena kita menyesuaikan dengan uang jajan anak SD dan karena panitia membatasi harga jual maksimal Rp5.000 saja, jadinya crombolini yang tim Ali bin Abi Thalib ini dibuat dalam versi mini.

3. Cilok Pedas

Cilok yang merupakan makanan asli khas sunda ini lumayan cukup banyak digemari oleh banyak kalangan usia, dari anak-anak sampai dewasa. Cilok ini singkatan dari aci dicolok. Dicolok berasal dari Bahasa Sunda yang artinya ditusuk.

Dengan harga Rp3.000 saja cilok pedas ini sangat terjangkau dan menjadi salah satu makanan yang laris manis dijual di Market Day ala anak-anak SD ini.

4. Pisang Goreng Crispy

Pisang goreng crispy termasuk jajanan yang banyak disukai. Memang pada dasarnya kalau jenis gorengan ini lumayan banyak penggemarnya, apalagi pisang goreng ini ditaburi juga dengan tepung roti yang memberi rasa crispy yang makin banyak diburu oleh anak-anak SD.

5. Mochi Daifuku

Mochi jenis daifaku ini sedikit berbeda dengan mochi khas Sukabumi pada umumnya. Perbedaannya terletak pada bentuknya yang besar dan isiannya menggunakan buah seperti strawberry. Keunikan dari Mochi Daifaku ini cukup menarik perhatian anak-anak SD sehingga membuatnya laku.

market day

6. Makaroni Keju

Makaroni termasuk salah satu jajanan kesukaan anak-anak SD. Dipadukan dengan keju, makaroni ini makin sedap rasanya sehingga banyak disukai oleh anak-anak.

7. Susu Jelly Mangga

Untuk jenis minumannya, yang pertama ada susu jelly mangga. Perpaduan yang mantap antara susu, jelly, ditambah dengan buah mangga sangat menarik perhatian dari segi warnanya saja, apalagi pas sudah merasakan sensasi kesegaran rasanya, tak heran anak-anak banyak yang menyukai minuman satu ini.

8. Minuman Boba

Minuman boba sudah sangat familiar di kalangan anak-anak, jadinya memang tak heran di market day juga minuman ini jadi buruan anak-anak.

9. Es Coklat Karamel

Siapa yang tidak suka dengan minuman coklat, apalagi ditambah dengan es, pastinya menambah kesegaran minuman ini. Harganya juga cukup terjangkau, jadi anak-anak sangat menyukai es coklat karamel ini.

10. Es Kuwut Bali

Es kuwut Bali ini yang dibuat si sulung. Yang tak terduga, es kuwut Bali dari kita ternyata yang paling pertama habis laku terjual. Alhamdulillah

Penampakan es kuwur Bali yang dikemas dalam standing poch bening memang sangat terlihat kesegarannya. Apalagi irisan jeruk nipisnya menambah selera dan membuatnya terbayang rasa manis, asam, dan segar dari es kuwut Bali ini.

Market Day, Pembelajaran yang Menyenangkan dan Banyak Manfaatnya

market day SD

Program market day sangat banyak sekali manfaatnya dan dalam prosesnya anak-anak sangat menikmati sebagai bukti proses pembelajaran ini menyenangkan. Tak heran memang banyak sekolah yang juga melakukan program serupa untuk memberikan pengalaman pembelajaran terbaik untuk anak-anak didiknya.

Manfaat dari diadakannya market day mulai dari belajar demokrasi dengan bermusyawarah menentukan menu market day anak SD ini, kemudian belajar ekonomi dasar dengan memperhitungkan modal yang digunakan agar bisa mendapat keuntungan, selanjutnya juga yang tak kalah pentingnya adalah anak-anak belajar tentang dasar dunia entrepreneur dengan cara yang menyenangkan.

Sudah sepatutnya sekolah-sekolah yang belum mengadakan program seperti market day ini mempertimbangkan untuk mengadakan acara serupa agar anak mendapat pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, apalagi program ini juga bisa diimplementasikan dengan kegiatan P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi salah satu program kegiatan dalam kurikulum merdeka saat ini.

Dari menu market day anak SD ini banyak sekali hikmah dan pembelajaran bahwa belajar tak selalu tentang berkonsentrasi di ruangan kelas terbatas, tapi sekolah bisa membuat mendesain program kurikulum di luar kelas yang dapat mengembangkan setiap minat, bakat, dan potensi setiap anak didik.

Related Posts

4 komentar

  1. Enak-enak makanannya Mas Yonal, bisa untuk referensi nih bagi orang tua yang putra putrinya dah ada di bangku SD dan ada market day...comrolini ini malah aku baru tau apa combro ya, yang paling disukai tuh makaroni krju, gurih soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah enak Mbak Nit pas kemarin nyoba jajan di acara market day ini.

      Bukan comrolini, tapi crombolini Mbak, itu loh, sejenis roti dari Francis yang lagi viral itu.
      Makaroni keju memang enak juga, rasa gurih asinnya itu loh, yummy sekali

      Hapus
  2. kalau aku disana, semua jenis menunya aku cobain, ngebayangin es kuwut Bali yang seger nikmat banget.
    secara nggak langsung juga memberikan pengetahuan kepada anak-anak mengenai bisnis, bisnis bisa dimulai dari usaha kecil-kecilan seperti makanan seperti ini
    Siapa tau dari mereka ada yang pengen jadi pengusaha pas gedenya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin pas hadir di market day ini pengenya nyobain semua jajanan, tapi keburu kenyang dan keburu uangnya habis.. hehehe

      Sepakat sekali, sebagai orang tua merasakan sekali manfaat anak-anak ikut acara market day ini, walaupun harus ikut ribet nyiapin segala sesuatu buat dijualnya, tetapi melihat mereka berproses mengenal dunia entrepreneur dasar, senangnya alhamdulillah

      Hapus

Posting Komentar