Cara Mengurus dan Mengganti Buku Tabungan BCA yang Hilang

19 komentar
buku tabungan BCA

Saat ini berbagai aktivitas perbankan sudah bisa dilakukan secara elektronik tanpa membutuhkan buku tabungan. Meskipun demikian, buku tabungan tetap mempunyai fungsi yang penting. Kegiatan transaksi yang dilakukan melalui kantor cabang tetap memerlukan buku tabungan sebagai salah satu identitas pemilik rekening.

Oleh karena itu, pemilik rekening harus menjaga buku tabungan dengan baik. Sayangnya, ada kalanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan membuat buku tabungan hilang. Untuk itu, perlu diketahui apa yang harus dilakukan untuk mengurus buku tabungan yang hilang.

Proses mengurus buku tabungan hilang sebenarnya tidaklah sulit. Namun, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebagai kelengkapan prosedur untuk mengganti buku tabungan. Dalam tulisan kali ini, akan dijabarkan cara mengurus dan mengganti buku tabungan BCA yang hilang.

Alasan Perlu Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Buku tabungan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki nasabah. Di dalamnya bisa memuat seluruh riwayat transaksi. Bisa dikatakan, catatan riwayat ini lebih lengkap dibandingkan mutasi yang termuat di aplikasi mobile banking karena tidak dibatasi waktu.

Selain itu, buku tabungan juga berguna untuk berbagai urusan administrasi. Di antaranya adalah sebagai lampiran dalam pelaporan pajak, pengajuan pinjaman atau kredit, dan rekonsiliasi rekening.

Buku tabungan juga memiliki fungsi penting. Di antaranya adalah menarik uang tunai dalam jumlah besar melalui teller bank, sebagai syarat membuat kartu ATM baru (jika hilang), pengecekan nomor rekening, dan keperluan terkait payroll gaji.

Ketiadaan buku tabungan akan membuat situasi menjadi lebih merepotkan dan menyulitkan di kemudian hari, apalagi jika kartu ATM juga ikut hilang. Jika memang buku tabungan tersebut tidak lagi dapat ditemukan setelah dilakukan pencarian, harus segera dilakukan pengurusan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, penyalahgunaan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Syarat Mengurus Buku Tabungan Hilang

buku tabungan hilang

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengurus buku tabungan BCA yang hilang, perlu diketahui apa saja syarat-syarat yang harus dilengkapi. Pemilik rekening harus menyiapkan syarat-syarat di bawah ini untuk dibawa ke kantor cabang BCA terdekat.

  1. Identitas diri resmi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu ATM
  3. Uang Rp5.000 sebagai biaya penggantian buku tabungan

Sebagai informasi, di bank BCA tidak memerlukan persyaratan berupa surat kehilangan dari kepolisian. Dengan begitu, proses pengurusan bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Baca juga : Hati-Hati Penipuan Online! Ini Cara Melaporkannya

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

Jika buku tabungan hilang, langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan untuk mengurusnya.

BCA

1. Lapor melalui HaloBCA

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait hilangnya buku tabungan adalah pelaporan. Segera hubungi call center HaloBCA di nomor 1500-888. Mintalah pada petugas untuk melakukan pemblokiran buku tabungan agar tidak bisa diproses untuk transaksi apa pun sebagai antisipasi penyalahgunaan oknum tak bertanggung jawab.

2. Kunjungi Kantor Cabang BCA Terdekat

Siapkan persyaratan yang dibutuhkan lalu bawalah ke kantor cabang BCA terdekat di wilayah tempat tinggal. Petugas akan memberi arahan untuk mengambil nomor antrean pada bagian customer service.

3. Laporkan Kehilangan Buku Tabungan

Sampaikan kepada petugas customer service terkait kehilangan buku tabungan. Petugas akan memberi pertanyaan seputar identitas, seperti data diri, nama ibu kandung, cabang tempat membuat rekening, saldo terakhir, dan nomor kartu ATM. Akan ada juga pengisian formulir yang harus ditandatangani oleh nasabah di atas meterai Rp10.000.

4. Ikuti Prosedur Penggantian Buku Tabungan

Serahkan syarat-syarat yang sudah disiapkan sebagai lampiran untuk penggantian buku tabungan. Ikuti prosedur yang disampaikan oleh petugas.

5. Menerima Buku Tabungan yang Baru

Dibutuhkan biaya untuk penggantian buku tabungan BCA, yaitu Rp5.000. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau cukup dengan memotong saldo yang ada di rekening. Jika prosedur yang disyaratkan sudah dilalui dengan baik, dalam waktu beberapa menit saja, buku tabungan yang baru sudah bisa diterima.

Proses mengurus buku tabungan tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu singkat. Maka dari itu, segeralah urus buku tabungan yang hilang sebelum terjadi hal-hal yang lebih menyulitkan nantinya dengan menghubungi HaloBCA di nomor 1500-888.

Related Posts

19 komentar

  1. Wahhhh ternyata ada biaya juga ya pergantian buku tabungan bank BCA, saya selama ini tidak menggunakan buku tabungan lagi. Gak tau apakah mba csnya lupa atau bagaimana..

    BalasHapus
  2. Wah baru tau aku kalo BCA juga ada buku tabungannya. Soalnya aku pas awal awal bikin itu ga dapat buku tabungan, alias dapat ATM nya aja.

    Kira kira kalo hilang apa syarat syaratnya sama kayak di artikel ini atau gimana yah kak?

    BalasHapus
  3. Enggak ribet dan persyaratannya simple banget ya untuk penggantian buku tabungan di Bank BCA. Cuma memang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk biaya-biaya yang timbul seperti materai dan buku tabungan baru.

    BalasHapus
  4. Owalah caranya begitu... kebetulan buku rabungan BCAku hilang. Tp aku biarin sj krn keseringan pakai mutasi dr Mbanking jd merasa g penting sm buku tabungan dn takut ribet ngurusnya. Tp stlh tahu jd mau kuurus deh. Hehehhe mksh infonya kak.

    BalasHapus
  5. belum pernah kehilangan butab sih kak, jangan sampai deh haha soalnya mesti ribet urusnya. tapi kalau bca rasanya lebih mudah ya prosedurnya

    BalasHapus
  6. Enak ya, tidak perlu surat lapor kehilangan dari kepolisian. Sangat memudahkan pelanggan. Karena paling males tu buat surat laporan kehilangan 😁

    BalasHapus
  7. Diuntungkan sekali kalau gak pakai surat kehilangan kepolisian. membayar Rp5.000 lebih murah dibandingkan ngurus surat kehilangan

    BalasHapus
  8. Bca ini paling top deh kalau ada yang hilang dll mengurusnya gampang banget pelayanannya juga bagus

    BalasHapus
  9. Aduh, walo pun ngurusnya nggak ribet, tapi kalo bisa jgn sampe ilang yg kedua kali yah, haha.. Soalnya memang penting kan buat urus administrasi dll juga.

    BalasHapus
  10. Ternyata nggak perlu pakai surat keterangan kepolisian, ya. Atau beda prosedur antara kehilangan kartu ATM dan buku tabungan? Dulu pernah kehilangan kartu ATM dan mesti ngurus ke kantor polisi. Eh tapi bukan BCA sih.

    BalasHapus
  11. Pernah juga ada pengalaman buku tabungan hilang tapi bank lainnya, dan memang ngurusnya mudah dan cepat, juga.
    Kalau BCA saya juga udah paham bener, sih, pelayanannya cepat dan memuaskan.

    BalasHapus
  12. Buku tabungan ini kelihatannya jarang dan bahkan hampir tidak pernah terpakai kalau buat saya. Tapi setelah baca ini jadi baru sadar kalau ternyata penting juga ya makna memiliki buku tabungan.

    BalasHapus
  13. Karena jarang banget digunakan sekarang, saya baru sadar bahwa nih buku ternyata penting juga ya..

    BalasHapus
  14. Amazing banget sih sama BCA. jadinya memudahkan kalau kehilangan buku tabungan gak perlu repot bikin surat kehilangan dari kantor polisi ya kak. Sat set jadinya

    BalasHapus
  15. Kalau BCA emang nggak ribet menurutku. Kapan lalu suami ATM nya hilang juga langsung sat set wat wet pelayanannya

    BalasHapus
  16. Sumpah BCA memang yang terbaik. berkali-kali hilang ATM dan buku tabungan. ya mereka melayaninya dengan sepenuh hati. dan gampang bgt. Dan seriusnya, betah sih ngobrol sama CS BCA.

    BalasHapus
  17. BCA emang best banget sih, buka rekening juga mudah. Dan paling suka emang pelayanannya sih, berasa kayak nasabah VIP tiap kali ke atm (karena atm di dalem kantor cabang).

    BalasHapus
  18. Wah tipsnya bisa disimpan nih. Kebetulan saya nasabah BCA. Siapa tahu nanti bukunya hilang. Jadi tahu kalau nt misalkan harus ngurus kartu

    BalasHapus
  19. Saya sejak awal buka rekening BCA emang gak punya buku tabungan, emang pilih yang tabungan non buku sih jadi cukup ATM aja. Kalau butuh rekonsiliasi atau mutasi bank bisa langsung ke CS.
    Btw tapi penasaran syarat-syarat yang harus disiapkan sebagai lampiran apa aja Mas? Harus ke kantor Polisi buat surat keterangan hilang juga ya gitu?

    BalasHapus

Posting Komentar