Contoh Blog Niche Kuliner dan Traveling

17 komentar
contoh blog

Teman-teman Blogger baru yang mungkin sedang mencari ide niche apa yang akan dikembangkan tulisannya di blog, kali ini kita akan ngobrolin contoh blog dengan niche kuliner dan traveling dari teman-teman Blogger kece yang biasa blogwalking, yang pembahasan blognya seputar makanan dan jalan-jalan. Salut kepada teman-teman Blogger ini yang konsisten dengan niche spesifik sesuai passion mereka dan isinya memang luar biasa, sering jadi inspirasi dan rekomendasi baik untuk food maupun traveling-nya.

Itulah asyiknya kenapa ngeblog, kita bisa menyimpan kenangan atau pengalaman kita dalam bentuk tulisan yang insyaAllah abadi dan bisa dibaca kelak oleh anak cucu kita. Seperti kata-kata dari Pramoedya Ananta Toer:

Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari

5 Contoh Blog Kuliner & Traveling Buat Inspirasi dan Rekomendasi Jalan dan Jajan

Hobi jalan-jalan dan hunting makanan yang kemudian diabadikan dalam sebuah tulisan di blog menjadi jalan ninja bagi sebagian blogger. Pada akhirnya tulisan mereka tidak hanya menjadi kenangan, tetapi banyak juga menjadi inspirasi dan juga rekomendasi untuk para pembaca setianya yang mempunyai hobi yang sama.

Berikut 5 contoh blog kuliner dan traveling yang bisa dijadikan inspirasi dan rekomendasi buat jalan-jalan dan juga jajan kulinerinya.

1. dcatqueen.com

Contoh blog kuliner dan traveling pertama adalah milik Mbak Fanny. Blogger dari Jakarta yang punya hobi jalan-jalan di dalam dan luar negeri yang juga sering mengulas makanan di tempat destinasi wisatanya.

dcatqueensumber: dcatqueen.com

Bersyukur bisa berteman online melalui blogwalking dengan Mbak Fanny ini. Kejujurannya dan apa adanya dalam mengomentari postingan di setiap mengunjungi blog membuat komunikasi online kita jadi tidak kaku. 

Hal lain yang salut dari Mbak Fanny adalah bisa menjalin komunikasi tidak hanya dengan blogger-blogger di dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri, bahkan di postingannya terlihat ia juga mengagendakan pertemuan dengan teman-teman blogger dari Negeri Jiran yang mempunyai hobi sama, traveling. Keren nih, tidak hanya menjalin pertemanan online, tetapi juga berlanjut di dunia nyata berkat hobi yang sama.

2. gembulnita.blogspot.com  

Contoh blog kedua adalah gembulnita.blogspot.com miliknya Mbak Nita atau yang biasa disapa dengan Mbul. Ciri khas di blog ini adalah foto-foto makanannya yang banyak banget dan bikin lapar. Jadi siap-siap kita dibuat mupeng setelah baca artikel kulinernya.

Kuliner yang banyak dibahas Mbak Nita ini kebanyakan adalah kuliner rumahan dan tradisional, dan ini jadi daya tarik tersendiri bagaimana menyajikan makanan rumahan dan tradisional menjadi sesuatu yang ciamik.

Yang juga keren di blognya Mbak Nita ini adalah banyak juga dikomentari oleh blogger luar negeri dari berbagai negara. Sepertinya Mbak Nita memang rajin bersilaturahmi juga ke blog-blog kece dari belahan dunia lainnya.

3. sitimustiani.com

Dari pulau Jawa sekarang kita menyeberang ke Borneo, tepatnya Pontianak, Kalimantan Barat. Di sini ada travel Blogger yang sering banget membahas rekomendasi hotel-hotel keren di Pontianak.

Kenal Kak Siti Mustiani ini karena kita satu grup di blogwalking Blog Ruang Tunggu atau BRT Network. Nah, di setiap blogwalking ini pastinya kita akan disuguhi tempat-tempat indah, makanan-makanan enak, dan hotel-hotel pilihan ala Kak Siti.

Dari blognya Kak Siti juga kita akan tahu kalau Pontianak ini kaya dengan kebudayaan dan juga toleransi yang tinggi. Beberapa postingan di sitimustiani.com memperlihatkan bagaimana acara-acara kebudayaan dan spiritual dari setiap suku dan juga agama di sana berjalan dengan sangat ramai dan juga kondusif.

4. tukangjalanjajan.com

Masih dari Kalimantan, kita selanjutnya berkenalan dengan sosok Eko Dony Prayudi pemilik blog tukangjalanjajan.com. Blog ini juga banyak membahas tentang kuliner dan jalan-jalan di sekitar Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat.

Sama dengan Kak Siti, pertama berkunjung ke tukangjalanjajan.com karena satu grup juga di BRT. So, teman-teman yang butuh rekomendasi buat jalan-jalan ke Pontianak dan sekitarnya atau ingin tahu kuliner di sana, bisa banget intip blognya tukang jalan jajan.

5. gustiyenifamtrip.com

Terakhir kita ke Bekasi bertemu dengan blog gustiyenifamtrip.com. Di blog ini ini  banyak sekali tips-tips dan informasi mengenai jalan-jalan di dalam maupun luar negeri.

Keunikan dari perjalanan Mbak Gusti Yeni yang dituliskan di blognya adalah selalu memboyong seluruh keluarganya dan juga selalu dilakukan mandiri alias tidak memakai jasa travel. Tidak hanya wisata pada umumnya, bahkan wisata religi dan umroh ke tanah suci saja keluarga ini melakukannya secara mandiri.

Jurus Ampuh Jadi Blogger Traveling dan Kuliner

Dari teman-teman Blogger traveling dan kuliner yang sudah kita bahas, banyak sekali ilmu yang bisa digali tentang bagaimana mereka dengan luwesnya membahas tentang jalan-jalan dan makanan. Salah satunya adalah menulis dengan jujur dan apa adanya sesuai dengan pengalaman selama menikmati traveling dan atau menikmati makanan.

niche traveling dan kuliner

Untuk teman-teman yang juga ingin belajar tentang kuliner dan traveling ini bisa belajar dari mereka yang konsisten dengan niche ini. Amati bagaimana cara penyampaian mereka, kemudian modifikasi dengan ciri khas kita masing-masing.

Tema traveling dan kuliner juga sering dibahas oleh lifestyle Blogger. Jadi bisa banget untuk tetap dipelajari untuk memperkaya referensi dan dimasukkan ke list blog plan, biar niche gaya hidupnya makin beragam.

Sebenarnya masih banyak blog yang membahas traveling atau kuliner di Indonesia atau juga dari luar negeri. 5 Teman Blogger yang kita bicarakan di atas hanya sebagian dari banyak Blogger yang hobi jalan-jalan dan kulineran.

Alasan merekomendasikan 5 contoh blog traveling dan kuliner di atas karena memang sudah sering blogwalking dan memang suka dengan tulisan-tulisan mereka tanpa menapikan blog traveling dan kuliner dari teman-teman Blogger lainnya.

Related Posts

17 komentar

  1. Aku setuju sama Mas Yonal nih, kalo Mbak Fanny itu komennya selalu jujur, dan pengalamannya luas sekali di bidang traveling. Sama itu tuh, kak Sitimustiani dan ko Eko, aduh, kalo liat blog sama IGnya, beneran pengen menjelajah Kalimantan deh rasanya, xixixi..

    BalasHapus
  2. Blog² di atas sangat menginspirasi sekali untuk yang baru mau bikin blog traveling dan kuliner. Mungkin gaya review dan penyampaian pengalaman mereka bisa jadi referensi yang bagus

    BalasHapus
  3. Saya sebenarnya pengin bikin blog jalan-jalan juga, Mas. Sayangnya, ngebolang saya masih kurang jauh. Baru seputar kebumen dan sekitarnya terus Jakarta. Padahal pengin tuh keliling nusantara hehehe.
    Nah, kalau blog Mbak Mus, Mbak Yeni dan Bang Don saya sering mampir. Keren semua dengan gaya bercerita masing-masing dan foto-foto yang ciamik. nanti saya mampir ke blog Mbak Mul dan Mbak Fanni.

    BalasHapus
  4. Sulit nggak sih membuat blog berniche kuliner dan traveling? Soalnya, aku kalau makan apa adanya dan lebih suka di rumah daripad di luar. Kayaknya sulit deh.

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu dua, yang tukangjalanjajan dan gustiyenifamtrip. Asik banget memang kalau baca tulidan beliau nih. Mengalir banget, apa adanya, dan pastinya kita terbawa ikut merasakan apa yang ditulis

    BalasHapus
  6. Dari semua blog yang disebutkan aku udah familiar sih pas blogwalking. Emang seru kalo baca blog mereka jadi bisa ikutan lapar atau menikmati jalan2

    BalasHapus
  7. Keren blognya kak Nita masuk.
    Doi mah kalau bikin artikel soal kuliner memang bikin mupeng, soalnya ada resepnya juga eh terus makin ngilernya lagi kalau ada foto pete heheh.

    BalasHapus
  8. Wah aku juga sering banget BW ke kak Siti, mas Eko, dan Mba Yeni, karena emang banyak rujukan traveling dan kuliner juga di blog mereka. Nah untuk mba Fanny aku sendiri sering dapet kunjungan BW dari beliau tanpa bw. Dan bener komennya selalu jujur, panjang dan menyenangkan. Salut deh.

    BalasHapus
  9. No 3 dan 4 paling rajin blogwalking di group BRT. Paling konsisten sih kalo nulis traveling dan kuliner. Smg pas ke Borneo nanti, bs ktmu mereka dan bs colab.

    Aku punua soh blog traveling dan kuliner. Tp krn pandemi, ga bs jalan2 lg. Trs skrg lg blm bs jln2 lg. Ya udh nganggur deh. Hehe

    BalasHapus
  10. Mbak Gusti seringg BW BW an hihi, Bang Yo abisni tambahin list caravanjingga.com yaa wwkwkwkw *kepedean, lagi ngerintis blog kuliner dan traveling jg nih di sana hihi

    BalasHapus
  11. kalau seneng jalan-jalan makan-makan emang paling cocok deh ya bikin cerita ttg kuliner dan travelling hehe.. biar sekali dayung bisa dapat untung :)

    BalasHapus
  12. blognya mba fanny ada di posisi pertama ya, karena jelas banget emang blognya mba fanny mah tentang kuliner dan traveling semua, hihihi. seru sih baca-baca artikel di blognya mba fanny, meski kadang saya gak sempet komen karena rusuh dengan kewajiban BW, hahahaha

    BalasHapus
  13. Semua blog favoriitt aku jugaa.. Untuk niche blog yang membahas traveling atau kuliner di Indonesia, ke 5 blog di atas memang keren banget untuk konsistensinya. Bener-bener fokus sehingga bisa menjadi rujukan ketika membutuhkan informasi yang akurat mengenai travelling, tips, review serta rekomendasi yang diberikan.

    BalasHapus
  14. Mantap banget sarannya min terima kasih, kebetulan saya memang pengen buat blog baru yang fokus nichenya itu ke kuliner dan travelling.

    BalasHapus
  15. waah sudah lama tidak berkunjung ke blog mbak Nita, padahal dulu sering sekali saling bewe

    BalasHapus
  16. aku suka traveling, kulineran, blog temen temen diatas sering aku kunjungi. Pengalaman traveling temen temen blogger bisa jadi nambah wawasan aku juga, kalau besok besok jalan di tempat yang sama dengan mereka.

    BalasHapus
  17. aku suka jalan2 nie ke blog mb fanny sama mb sitimustiani...lumayan jadi tmbah masukin buat ngembangi blog ku juga yg memang direncanakan utk food & travelling :)

    BalasHapus

Posting Komentar