6 Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate agar Dilirik Perusahaan!

24 komentar

6 Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate agar Dilirik Perusahaan!

Setelah lulus kuliah, kita tentu ingin segera mendapat pekerjaan yang sesuai dan bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapat. Namun, sebagai fresh graduate yang minim pengalaman, kita mungkin merasa bingung menunjukkan kemampuan ilmu dan keterampilan yang kita miliki.

CV dan resume merupakan senjata utama dalam melamar pekerjaan. Jika teman-teman hanya memiliki sedikit pengalaman, lengkapi CV dan resume dengan skill yang kita miliki dari berbagai pelatihan, seperti kursus digital marketing yang pernah diikuti.

Perusahaan akan melihat dan membandingkan skill yang kita miliki dengan pelamar lainnya. Hard skill mengacu pada kemampuan dan pengetahuan di satu bidang khusus untuk melakukan tugas pekerjaan mereka secara efektif.

Hard skill menjadi tolok ukur keunggulan kita yang dapat dievaluasi dan didefinisikan terhadap pelamar lain. Sedangkan soft skill merupakan kualitas pribadi yang membantu kita berkembang di tempat kerja. Kemampuan ini berkaitan erat dengan karakter kita secara pribadi dalam berinteraksi dengan pekerjaan, rekan kerja, atasan, dan perusahaan.

Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate

kursus digital marketing

Jika hard skill seperti telah menguasai materi kursus digital marketing dan mengaplikasikannya dalam program internship akan membantu kita “di atas kertas”, maka soft skill yang kita miliki akan terlihat di saat teman-teman melakukan wawancara pekerjaan.

Pihak perusahaan memiliki mata yang tajam dan mampu melihat semua skill yang kita miliki untuk menentukan apakah kita layak mendapat posisi di perusahaan. Untuk itu, teman-teman wajib memiliki sejumlah skill yang dibutuhkan perusahaan, antara lain:

1. Komunikasi

Komunikasi menjadi soft skill paling utama yang wajib dimiliki sebagai fresh graduate. Teman-teman bisa memperdalam keterampilan berkomunikasi saat kuliah dengan mengikuti berbagai organisasi kampus atau luar kampus.

Skill berkomunikasi dengan baik dan efektif, secara verbal dan nonverbal, akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Keterampilan ini juga bisa dipelajari sendiri, secara otodidak atau melalui pelatihan-pelatihan yang bisa diikuti sebelum melamar pekerjaan.

2. Teamwork

Perusahaan tidak mempekerjakan satu orang saja. Kita akan menemui banyak orang yang tergabung dalam tim-tim yang dibentuk oleh perusahaan untuk menangani satu bidang tertentu. Karyawan yang memiliki soft skill berupa kemampuan bekerja sama dalam satu tim atau teamwork sangat dibutuhkan perusahaan. Perusahaan mencari karyawan yang mampu membangun hubungan kerja yang positif dan kondusif, serta fleksibel—bisa bekerja mandiri atau bersama tim.

3. Problem Solving

Perusahaan mengharapkan karyawan yang mampu menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan masalah yang baru. Karyawan dengan pola pikir kreatif dan mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang untuk dapat menyelesaikannya dengan bijak, tentu lebih disukai oleh perusahaan.

Kemampuan ini menjadi nilai tambah yang bisa kita lengkapi dalam CV dan resume dengan mendeskripsikan proyek percontohan yang pernah ditangani selama mengikuti organisasi atau pelatihan seperti kursus digital marketing.

4. Keahlian Mengoperasikan Software Komputer

Hard skill yang paling dasar dan wajib kita miliki adalah keahlian mengoperasikan software komputer. Pasalnya, hampir semua bidang pekerjaan menggunakan komputer dari mulai entry level atau tingkat dasar software hingga tingkat mahir.

Kemajuan teknologi juga terus berkembang, sehingga menuntut kita mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam hal pengoperasian software komputer.

5. Digital Marketing

Hard skill ini tidak terbatas hanya pada bidang pemasaran saja. Digital marketing sangat luas hingga keterampilan di bidang menulis, komunikasi, media sosial, hingga desain. Dengan menguasai skill digital marketing, peluang kita mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar ke banyak bidang. Teman-teman bisa mendapatkan skill ini dengan cara mengikuti kursus digital marketing yang juga akan menajamkan soft skill lainnya seperti analisis, berpikir kritis, inovatif dan kreatif.

6. Bahasa Asing

Kemampuan berkomunikasi verbal dan non verbal dalam bahasa asing menjadi nilai tambah yang diberikan perusahaan pada kita. semakin banyak bahasa asing yang Anda kuasai, maka semakin terbuka pula kesempatan diterima oleh perusahaan, terutama perusahaan asing. Penguasaan bahasa asing yang baik juga bisa membuka jalan kita mendapat tugas ke luar negeri jika suatu saat dibutuhkan untuk keperluan bisnis perusahaan atau pindah ke kantor yang berada di luar negeri..

Kuasai Skill Digital Marketing bareng Belajarlagi

belajarlagi

Digital marketing merupakan hard skill yang banyak dibutuhkan perusahaan di era digital saat ini. Digital marketing dianggap sebagai solusi pemasaran yang efektif dan menguntungkan perusahaan. Dengan menguasai skill ini, perusahaan akan merekrut kita sebagai karyawannya.

Skill digital marketing bisa kita dapatkan dengan cara mengikuti kursus digital marketing bareng Belajarlagi. Pengetahuan dan skill digital marketing bisa dipelajari dengan mudah di bawah bimbingan pengajar yang berdedikasi dan ahli dari perusahaan dan start up ternama. Proses belajar melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan tidak hanya berfokus pada teori saja, melainkan juga praktek menangani proyek riil UMKM brand.

Pada pelaksanaan kursus yang dilakukan secara intensif selama 3 bulan, teman-teman akan mengerjakan tugas dan akan diberi feedback. Setelah menyelesaikan kursus dan dinyatakan lulus, teman-teman bisa mengakses materi, mendapatkan sertifikat, dan bergabung dalam komunitas aktif yang mendukung perkembangan karir kita di masa depan.

Lengkapi hard skill dengan mengikuti kursus digital marketing. Kemampuan ini akan menambah nilai kita di mata perusahaan sehingga tertarik merekrut kita dibandingkan pelamar lainnya. Dapatkan ilmu dan pengalaman yang menyenangkan bersama Belajarlagi. Raih pekerjaan yang diimpikan sekarang juga!

Related Posts

24 komentar

  1. Dulu pas msh kerja, aku sangat mentingin anak baru yg bisa BHS asing Krn company waktu itu bank asing yg punya banyak nasabah WNA, trus komunikasi nya dia, Ama bisa kerja dengan team. Kalo anaknya udah nunjukin tanda2 individualis langsung ga sreg aku.

    Yg begitu biasanya ga bakal bertahan lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti susah ya kalau punya tim yang selfish, pastinya ngaruh banget buat tim work, pantes saja Mbak Fanny lumayan ketat menyaring siapa-siapa saja yang bisa bergabung dengan perusahaan yang bisa sesuai dengan kriteria ya

      Hapus
  2. pengoperasian komputer udah ga bisa ditawar sih yaa, semua kerja kantoran atau bahkan dunia bisnis udh digital semua

    BalasHapus
  3. Aku juga lagi belajar Digital Marketing nih utk menunjang karier dan usahaku sendiri. Kita ga boleh kalah serap ilmu dari anak zaman now.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak, insyaAllaah bisa lah dipelajari otodidak kalau tekun dan mau praktik yaah, digital marketing udah jadi kayak nyawa setiap ilmu pengetahuan sih

      Hapus
  4. Komunikasi dan digitalisasi saat ini sedang merajai ya. Tapi memang sih seiring kecanggihan teknologi, skill manusia pun jadi makin mengerucut karena banyak yg tergantikan mesin dan AI ya

    BalasHapus
  5. Sekarang banyak banget sarjana yang nganggur gara2 ngga punya skill yang mumpuni. Apalagi era digital gini penting banget bisa digital marketing. Sekarang bisa ikutan kursus digital marketing lewat Belajarlagi ya Pak.
    Bakal banyak ikutan komunitas aktif yang mendukung perkembangan karir kita di masa depan ntar.

    BalasHapus
  6. Melihat apa aja skill yang mesti dikuasai oleh fresh graduate....rasanya aku jadi mules membayangkan tantangan yang harus dihadapi anak-anakku sebentar lagi. Tapi di sisi lain jadi tahu apa yang mesti disiapkan.

    BalasHapus
  7. Team work ini skill yang penting banget. Jenius sekalipun tetapi gak bisa kerja tim bisa menyulitkan mencapai tujuan perusahaan. Lima skill lainnya juga josss.

    BalasHapus
  8. Komunikasi sama Teawork sih yang paling berasaaaa banget buatku saat beneran baru banget jadi fresh graduate kala itu. Sampai sekarang malah, walau sudah lama berada di posisi bisa menghasilkan tapi perubahan dalam tim kan dinamis ya.

    BalasHapus
  9. Kalau Ndak punya pengetahuan tentang problem solving bisa berabe ketika bekerja. Walau ketika belajarnya bisa saat terjadi masalah tetapi kudu peka juga semisal ada masalah lain yang sedang dihadapi rekan kerja sehingga makin matang lagi ya

    BalasHapus
  10. Setuju, kalau organisasi muda sekarang harus punya softskill yang mumpuni, salah satunya skill komunikasi yaa. Selain komunikasi juga perlu skill negosiasi sih menurutku

    BalasHapus
  11. Bahasa asing sekarang engga cuma bahasa Inggris sih menurut aku. Mandarin tuh perlu banget, biar kita punya posisi tawar kalau nego...hehe...
    Ke-enam skill di atas perlu jadi perhatian mahasiswa nih...Bahkan harus sejak mulai memikirkan mau kuliah apa. Engga nunggu lulus...

    BalasHapus
  12. Di era serba digital saat ini, Digital Marketing memang skill yang banyak diburu oleh perusahaan. Karena nggak semua orang mempunyai skill marketing yang mumpuni.

    BalasHapus
  13. Menguasai bahasa asing merupakan salah satu keahlian yang ingin ku miliki. Biar kalau ngobrol sama kolega asing bisa lancar enggak nggragap.

    BalasHapus
  14. Harus banget upgrade diri meskipun udah lulus kuliah, sambil lamar sana-sini, coba juga untuk nambah skil, banyak sekali platform belajar yg bisa asah skill

    BalasHapus
  15. Setuju bgt. Semua skill di atas emg wajib dipunya zaman sekarang. Persaingan makin ketat dan sebenernya kita emg harus semakin punya banyak skill juga biar bisa bersaing

    BalasHapus
  16. Problem solving nih yang biasanya paling dicari, didukung dengan skill lainnya

    BalasHapus
  17. skill yang harus dimiliki fresh graduated jaman now emang harus yang berbau teknologi ya karena emang jamannya. ini platform belajar baru ya, belajar lagi? penasaran deh dengan kelas pembelajaran lainnya ada apa aja

    BalasHapus
  18. komunikasi dan skill ya, udah kunci banget dah itu. kalau nguasain itu, adaptasi di mana pun bisa lebih mudah ya

    BalasHapus
  19. Seringnya keenam skills tersebut tidak banyak diperoleh dari pendidikan formal di sekolah ya. Kita memang harus proaktif berusaha belajar dari platform belajar kekinian seperti Belajarlagi.

    BalasHapus
  20. Kemampuan komunikasi kayaknya paling penting deh. Sepinter apapun kalau gabisa berkomunikasi bikin temen satu tim sebel. Tapi kalau komunikasinya baik, dia bisa belajar upgrading skill ya macem ikutan Belajarlagi

    BalasHapus
  21. Ada beberapa skills yang gak dipelajari di bangku kuliah sehingga perlu dikuasai dengan ikut berorganisasi contohnya ya.. Sehingga terbentuk skills yang dibutuhkan sebagai fresh graduate.

    BalasHapus
  22. bener nih kak, banyak soft skill yang seharusnya bisa dimiliki fresh graduates agar bisa memikat banyak perusahaan ya salah satunya skill problem solving

    BalasHapus

Posting Komentar