Tips Cari Lowongan Kerja di Era Digital

55 komentar
IndiHome

Mencari pekerjaan saat ini gampang-gampang susah. Bukan tak ada lowongan pekerjaan, tapi sebagai pelamar, ternyata banyak yang harus disesuaikan dengan kondisi yang sudah serba digitalisasi. Untuk itu, teman-teman yang sedang dalam proses mencari lowongan pekerjaan memang harus memahami apa-apa yang harus dipersiapkan sebelum mencari lowongan pekerjaan agar kita lebih siap terjun di dunia kerja global ini.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencari Pekerjaan

Melamar pekerjaan sekarang sangat berbeda dengan dulu generasi awal tahun 2000-an. Dulu mempersiapkan lamaran pekerjaan dilakukan dengan serba manual, mulai dari menulis atau mengetik  surat lamaran pekerjaan, sampai di-printout dan dikirim melalui pos. Jika terpanggil ke tahap selanjutnya untuk wawancara, proses ini pun dilakukan secara walk in pula.

Di era yang serba digital saat ini, perubahan gaya hidup sangat terasa di segala bidang, termasuk dalam hal proses perekrutan pelamar kerja. Untuk itu, para pencari kerja harus dapat menyesuaikan kondisi saat ini agar dapat terjun dan beradaptasi dengan cepat di dunia kerja global.

1. Miliki Kompetensi yang Mumpuni

Sebelum memberanikan diri mencari kerja, langkah pertama yang sejatinya dimiliki oleh para pencari kerja adalah mempersiapkan kompetensi atau kemampuan yang dimiliki. Jangan dulu berbangga dengan titel kesarjanaan yang disandang tanpa disertai dengan skill yang sesuai bidang pekerjaan. Saat ini banyak perusahaan yang lebih menghargai kemampuan para pelamar kerja dibanding dengan titel yang disandangnya.

Salah satu jalan untuk mengasah kompetensi kita agar mumpuni adalah dengan aktif selama masa proses pendidikan. Jangan jadi tim penyimak di bangku sekolah atau kuliah, tetapi aktif dalam setiap proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, seperti di organisasi yang positif, yang dapat membantu mengembangkan potensi yang kita miliki.

2. Miliki Koneksi dan Informasi yang Luas

Ada istilah yang mengatakan

Jangan jadi katak dalam tempurung

Maksudnya, kita harus sangat luas dalam pertemanan, mempunyai karakter yang friendly, mudah beradaptasi dan mempunyai skill komunikasi yang baik. Dengan koneksi yang kuat, kita bisa mencari informasi dari kenalan atau teman tentang lowongan pekerjaan.

Selain masalah koneksi, informasi tentang lowongan pekerjaan pun harus dapat kita update dengan cepat. Dulu mencari lowongan pekerjaan biasanya harus menunggu surat kabar atau koran akhir pekan yang banyak menayangkan iklan lowongan kerja, saat ini tidak demikian, banyak lowongan pekerjaan yang di update di media sosial, atau bahkan sudah ada platform atau aplikasi yang menjadi media untuk mencari kerja.

3. Siapkan Surat Lamaran & CV yang Menarik

lowongan kerja

Membuat surat lamaran pekerjaan dan curriculum vitae yang menarik akan sangat menunjang kepercayaan diri kita saat melamar. Buat surat lamaran dengan bahasa yang formal dan sesuai kaidah Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD.

Lengkapi juga curriculum vitae atau CV dengan membuat data pribadi yang menarik, menggunakan bahasa formal, template yang atraktif, font huruf yang nyaman dibaca, dan paduan warna yang eyes catching.

4. Miliki Jaringan Internet Cepat dan Stabil

Hidup saat ini rasanya sudah tak terlepas dari peran internet yang memang sudah banyak membantu, termasuk dalam mencari lamaran pekerjaan. Untuk mendapatkan informasi-informasi tentang lowongan pekerjaan secara online, tentu saja kita harus memiliki jaringan internet yang stabil dan cepat.

Menurut situs tekno pricebook, dengan dukungan internet yang cepat dan stabil dapat membantu proses melamar kerja menjadi lebih lancar, mulai dari pengiriman dokumen yang dibutuhkan sampai proses wawancara online.

Saat ini banyak perusahaan jaringan internet yang tersedia, banyak pilihan yang dapat membantu kita dalam mengakses informasi lowongan pekerjaan. Salah satu provider internet terbaik adalah IndiHome dari Telkom Indonesia dengan banyak pilihan paket internet cepatnya.

IndiHome dari Telkom Indonesia Hadir Dengan Paket Internet Cepat

paket internet cepat

Saat ini IndiHome menjadi salah satu perusahaan jaringan internet cepat, berkelas, dan cerdas. Kehadirannya sangat membantu kehidupan kita di segala bidang, termasuk teman-teman yang sedang dalam proses mencari kerja.

Jaringan internet yang cepat dan stabil dari IndiHome dapat membantu para pencari kerja untuk mengakses informasi lowongan pekerjaan. Dengan adanya internet yang stabil dari IndiHome, kita dapat apply job online dengan praktis, mudah, dan cepat.

Beberapa paket dari IndiHome yang bisa kita manfaatkan dalam mencari informasi tentang lowongan pekerjaan adalah Paket Pelajar yang terdiri dari 2 paket, yaitu:

  • Paket 2P (Internet+Phone). Keuntungan dari paket 2P ini adalah kecepatan internet 
  • up to 20 - 30 Mbps, ada bebas menelepon 50 menit lokal dan interlokal, juga gratis akses ke IndiHome Study.
  • Paket 3P (Internet+TV+Phone). Paket 3P menawarkan benefit berupa kecepatan internet 20-30 Mbps, gratis menelepon 50 menit, akses IndiHome Study, dan terakhir bisa mengakses untuk menonton lebih dari 30 saluran TV pilihan kesayangan kita.
Baik Paket 2P maupun Paket 3P keduanya dapat dimaksimalkan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Pilih paket IndiHome dari Telkom Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan nikmati paket internet cepat dan stabilnya.

Related Posts

55 komentar

  1. Walaupun zaman now mencari lowongan pekerjaan lebih mudah dibandingkan zaman dulu, tapi tetap harus dipersiapkan dengan maksimal ya, Mas. Selain kemampuan diri perlu ditingkatkan terus, juga CV yang menarik. Pastinya dukungan internet yang kuat dan cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, sekarang cari lowongan kerja enak yaa bisa pakai aplikasi atau lihat di media sosial sudah ketemu deh

      Hapus
  2. Jaringan internet nih jaman skrg penting banget. Udh jadi kebutuhan primer rasanya 😁 aku paling bete kalo lagi zoom tp koneksinya nggak lancar. Anw, bikin cv dan lamaran yang menarik ini sih yg paling penting. Aku pernah sampe bikin banyak CV berdasarkan perusahaan. Ada yg desainnya bagus ada yg biasa aja soalnya bingung perusahaannya nyeleksi pale ATS ato nggak hehe

    BalasHapus
  3. Iya sih. Dulu tuh kalau mau melamar pekerjaan semuanya serba manual. Nulis lamaran kerja dan CVnya manual. Ngirim surat lamarannya lewat POS atau datang langsung. Beda sama sekarang yang apa-apa bisa kita lakukan secara online. Tinggal siapkan layanan internet cepat saja. Berlangganan IndiHome misalnya. Bakalan lancar....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak kebayang kalo harus tulis tangan lamarannya. Kalo mau kirim ke banyak perusahaan, tangan jd keriting dong ya 🥲 alhamdulillah skrg udh ada interneet yg serba memudahkan

      Hapus
  4. yesss, klo mau kerja ya mesti punya kompetensi dan portfolio yang apik ya, abis itu cari deh loker yang betebaran di online dan apply yang sesuai

    BalasHapus
  5. IndiHome powerful banget membantu masyarakat Indonesia dalam kegiatan apapun melalui internet termasuk juga dalam mencari lowongan kerja, dans aya banyak sekali terbantu dalam urusan pekerjaan karena internet IndiHome

    BalasHapus
  6. Cari kerja sekarang tinggal upload berkas, infonya juga sudah banyak di internet. Tinggal didukung sama koneksi IndiHome semua bakal lancar klo urusan apply job,

    BalasHapus
  7. Senengnya skrg tuh job fair pun ada yg online jadi lebih gampangg bangett. gausah panas panasan, keluarin bensin, hehehe.. apalagi kalo di rumah ada wifinya IndiHome

    BalasHapus
  8. Dunia sudah berubah dan kita harus siap mengikuti perkembangan jaman, perkembangan era digital yang luar biasa membuat kebutuhan akan internet tidak bisa terlepas meski semenit sedetik. Provider internet sangat dibutuhkan saat ini, indihome salah satu yg rekomended. (Gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, klo ga ngikutin jaman ya siap-siap tergeser sama angkatan kerja yang lebih muda, yang lebih up to date sama perkembangan jaman ya

      Hapus
  9. poin 2 itu penting banget sih menurutku salah satu yg memudahkan dalam urusan pekerjaan adalah punya koneksi serta informasi yang luas. Apalagi sekarang sudah ada internet bisa lebih mudah untuk berjejaring.

    BalasHapus
  10. Setuju kak. Sekarang tuh lowongan kerja online banyak banget bertebaran di dunia maya. Asal kita mau sedikit usaha untuk mencari, apalagi dengan koneksi internet cepat IndiHome, tentu akan dapat hasilnya. Tipsnya sangat bermanfaat kak.

    BalasHapus
  11. Nah informasi yang luas ini, bisa dari temen kita, atau ngubek² website pencari kerja lewat internet. Jadinya bisa makin besar informasi yang didapatkan, terus pilih deh lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi

    BalasHapus
  12. Senang banget ya kak sekarang kalau cari kerja gak perlu bingung. Tinggal pantengin website perusahaan atau media sosial udah bisa dapat informasi lowongan kerja. Kalau dulu mah susah ya, cuma lewat majalah/koran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, sumber informasi nya udh terbuka lebar ya, tinggal pinter2 nyarinya nih

      Hapus
  13. sekarang udah gampang juga bikin CV yang menarik. kalau dulu kita tulis tangan, tulisannya miring-miring wqwq

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya kak, dulu juga di ajarin kalo nulis surat lamaran harus yang rapi tanpa coretan, sekarang lebih mudah dan efisien sebab bisa di tulis dan kirim surar lamaran via email. buat CV sekarang juga lebih mudah banyak template menarik yg bisa di gunakan untuk mempercantik tampilan CV yg kita buat

      Hapus
  14. Meski banyak peluang pekerjaan di luar sana, tetap aja saingannya juga ketat. Jadi harus punya cara gimana agar dilirik perusahaan. Thank you untuk tipsnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak.
      Kudu apik dalam menata CV biar bisa masuk untuk proses lebih lanjut, dan bahkan bisa diterima kerja ya

      Hapus
  15. aku pengguna IndiHome sejak 4tahun lalu dan aku juga gunakan untuk aplly kerjaan heheh lancar alhamdulillah

    BalasHapus
  16. Sekarang ini kayaknya gak ada kerjaan yang gak butuh internet ya. Nyari kerja aja butuh internet cepat loh. Kalau gak ya ketinggalan.

    BalasHapus
  17. selain mencari di situs penyedia lowongan kerja, pastikan kita memiliki akses interenet cepat ya mas
    agar mudah dalam mencari lowongan kerja di era digital

    BalasHapus
  18. Cari lowongan kerja di era digital ini emang gampang banget ya karena bisa dilakukan secara online kapan saja dan dimana saja. Tinggal kitanya aja nih yang kudu berusaha. Dan sebelum daftar pekerjaan juga harus pastikan kita memiliki skill yang mumpuni ya

    BalasHapus
  19. duh aku nggak bisa bayangin hidupku tanpa internet pak :D bersyukur sekali ada IndiHome yang menyediakan pilihan paket internet cepat ini ya, mau dipake kerja atau me time juha hayuuuk aja

    BalasHapus
  20. Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas

    BalasHapus
  21. Internet cepat dari Indihome membantu banget ya buat para pencari kerja (Zen)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, lebih mengurangi mobilitas. Cari kerja praktis, selain itu buat work from home juga bisa.

      Hapus
  22. Kehadiran IndiHome sebagai provider internet cepat sangat membantu apply job secara online. Emang semakin memudahkan dan hemat biaya pastinya. Semakin mudah dengan dukungan kuat dari akses internet cepat.

    BalasHapus
  23. IndiHome memang provider yang bagus, dan bisa banget dipake di daerah terpencil seperti tempat saya tinggal, jaringannya kuat.

    BalasHapus
  24. Setuju banget, Kak. Dalam mencari kerja, harus punya skill tersendiri, enggak cuma bisa ngandalin gelar. Karena ya pesaingnya lumayan banyak. By the way, makasih tipsnya. Lumayan nih untuk dipraktekin dalam proses cari kerja.

    BalasHapus
  25. buat cari lowongan kerja memang butuh internet cepat ya pak. Bertabur rasa yang penuh kekhawatiran pastinya, bila sedang asyik cari info loker tapi internet ngadat, bisa-bisa dpt informasinya tidak lengkap padahal sedang butuh

    BalasHapus
  26. Nyari kerja bisa dibilang jadi pintu awal menunju dunia kehidupan yang sebenar-benarnya. Segala aspek kudu dipersiapkan. Apalagi sekarang banyak sekali memang pelamar dibanding jumlah lapangan pekerjaan itu sendiri. Selain memenuhi kebutuhan persyaratan lamaran, tetapi juga ada mental yang harus dipersiapkan. Tapi, memang harus didukung sama akses internet ya, Kak, karena saat ini semuanya udah serbadaring.

    BalasHapus
  27. Tips ini berguna banget buat fresh graduate atau teman-teman yang mau resign pindah haluan tempat kerjaan ehr

    BalasHapus
  28. wah bener banget kak. sebelum kita terjun mencari job memang harus mematangkan diri lebih dulu.. apalagi didukung dengan internet cepat indihome

    BalasHapus
  29. CV yang sesuai sudah harus disiapkan sehingga kapan pun dibutuhkan bisa segera kirim, tapi balik lagi kalau internetnya lelet, bisa-bisa ga jadi kirim dokumen

    BalasHapus
  30. pr banget masih di aku; skill yang masih kurang sama cv yang menarik. soalnya, sampai sekarang masih belum membuat cv. zen

    BalasHapus
  31. sekarang mencari pekerjaan memang mudah banget ya karena banyak lowongan pekerjaan secara online, tapi kita juga harus punya skill yg memadai untuk kebutuhan lapangan kerja

    BalasHapus
  32. Zaman sekarang lebih mudah dan praktis kalau mau cari kerjaan. Tinggal cari di internet yang sesuai dengan kualifikasi kita.
    Gak kayak dulu yang harus cari di media atau langsung ke lokasinya ya...

    BalasHapus
  33. Jadi ingat zaman dulu ribetnya mau ngelamar kerja masih harus secara manual. Mulai dari ngeprint surat lamaran hingga ngirimm ke kantor pos. Beruntung banget di zaman sekarang serba digital bisa mempermudah semuanya.

    BalasHapus
  34. Kompetensi memang sangat penting ya, Pak sebagai bekal dalam melamar kerja. Tentunya juga perlu didukung dengan koneksi dan jaringan, termasuk koneksi dan jaringan internet cepat yang bisa mempermudah proses (Sugianto)

    BalasHapus
  35. Berkat internet nih, jobseeker diuntungin banget. Mulai dari cari lowongan, urusan apply, cek info perusahaan, bahkan sampai bikin desain CV, semua bisa ditemukan bermodalkan internet. Apalagi kalau internetnya berkualitas cepat gitu ya, makin semangat cari kerja.

    BalasHapus
  36. Berkat internet cepat, cari loker makin mudah, bikin CV, melamar pekerjaan, sampai wawancara juga bisa dilakukan secara daring.

    BalasHapus
  37. setuju banget sebelum mencari kerja memang banyak yang harus dipersiapakn termasuk kemampuan kita yang lebih penting, setelah itu juga dokumen-dokumen yang akan kita upload, dan tentu saja ini membutuhkan internet cepat dan stabil

    BalasHapus
  38. Bikin surat lamaran & CV yang menarik perusahaan itu wajib kak, bila perlu jelaskan keahlian atau pengalaman lebih lengkap. Jika interview online jangan lupa pake internet cepat agar momen tsb tidak hilang,

    BalasHapus
  39. Penting banget memiliki kemampua mumpuni sebelum mencari lowongan pekerjaan di era digital ini. Karena pastinya saingan lebih ketat. Selain itu, harus punya akses internet cepat biar gak ketinggalan informasi mengenai loker maupun hasil mengajukan lamaran pekerjaan.

    BalasHapus
  40. meski jaman udah memasuki era digitalisasi sehingga bisa ngelamar lewat online, tetep ya skill itu nomor satu diikuti dengan meningkatkan relasi dengan banyak orang agar peluang mendapat pekerjaan juga lebih luas

    BalasHapus
  41. Salah satu hal yang disyukuri dari hidup di era digital adalah semuanya bisa makin mudah jika kota punya jaringan internet cepat dan stabil

    BalasHapus
  42. Untuk yang kerjanya online atau cari kerjanya selalu online, bisa stres kalau sampai koneksi internet di rumah lemot. Termasuk aku nih... hahaha. Untungnya sekarang tersedia akses internet cepat dari IndiHome sehingga mau cari lowongan kerja secara online pun jadi gampang ya

    BalasHapus
  43. Menambah skill dalam melamar kerja ini juga akan bisa menjadi tambahan point terbaik dari para pencari kerja ya.. Sehingga peluang yang diperoleh untuk menarik perhatian pihak HRD semakin besar, meskipun melamar pekerjaan secara online.

    BalasHapus
  44. Oalah baru tahu maksudnya 2P sama 3P tuh itu toh..jadi enak sekarang ya internet memudahkan segala urusan..

    BalasHapus
  45. Sekarang kalau butuh CV tuh gampang, tinggal searching aja, dapet deh contoh CV yang keren abis. Searching butuh internet juga, ah ... sebutuh itu kita dengan internet ya

    BalasHapus
  46. Ngga bisa dipungkiri si kalau nyari kerja memang butuh hal2 yang disebutkan di artikel. Dan soal kebutuhan jaringan internet yang andal ini juga penting banget di era serba digital

    BalasHapus
  47. zaman sekarang semua pekerjaan memang butuh internet ya, bahkan scrolling media sosial pun pakai internet, jadi penting banget tuh punya internet yang lancar, cepat dan stabil, biar gak lelet dan gak menghambat pekerjaan dan aktivitas online kita

    BalasHapus
  48. Bener banget kak, selain CV yang menarik, koneksi internet juga emang penting banget buat melamar pekerjaan

    BalasHapus

Posting Komentar