Titik-titik Terbaik Kamera Pengintai Dipasang di Jalan Tol

15 komentar

Jalan tol adalah jalur bebas hambatan yang memerlukan pengawasan berupa CCTV outdoor. Pemasangan CCTV di jalan tol ini akan membantu mengawasi pengendara melalui jalur lintas tol. Khususnya yang melakukan overspeed atau mengangkut muatan yang berlebihan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, laju kecepatan kendaraan bermotor roda empat atau lebih, memiliki batas minimal dan maksimal. Yakni mulai 60 kilometer per jam (kpj) sampai dengan 100 kpj. Jika terjadi pelanggaran atau kendaraan melaju lebih dari batas maksimal maka kamera CCTV akan segera mendeteksinya.

Agar kamera pengintai bisa merekam semua tindak pelanggaran yang terjadi, maka sudah seharusnya pemasangan CCTV berada di titik yang tepat. Lalu dimanakah titik-titik terbaik untuk pemasangan kamera outdoor pada jalan tol? Ikuti ulasan lengkapnya berikut ini.

Titik-titik Terbaik Untuk Pemasangan CCTV Jalan Tol

Seperti halnya pasar dan tempat umum lainnya, jalan tol juga merupakan kawasan yang harus terpantau kamera pengawas atau CCTV. Kamera CCTV ini akan membantu mengawasi arus lalu lintas berkendara dari kendaraan roda empat atau lebih. Apalagi jika sedang masa liburan atau hari raya.

Pada masa tersebut, tak sedikit kendaraan yang melanggar batas kecepatan juga mengangkut muatan yang berlebih. Untuk memantau hal ini, beberapa titik jalan tol telah dipasang kamera pengawas. Kamera ini dipasang dengan tujuan untuk mengukur batas kecepatan kendaraan juga muatan yang diangkutnya. 

Ini adalah satu upaya untuk mengurangi laju kendaraan yang biasanya jadi penyebab kecelakaan yang sering terjadi. CCTV di beberapa titik jalan tol ini juga diikuti dengan tilang elektronik. Sehingga pelaku pelanggaran akan mendapatkan ganjaran dari tindak kesalahannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2013. 

Peraturan ini mengatur tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) serta Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 111 Tahun 2015. Aturan yang dimuat adalah mengenai Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan. Untuk lebih jelasnya batas kendaraan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk jalan bebas hambatan paling rendah 60 kilometer per jam dalam kondisi arus bebas serta paling tinggi 100 kilometer per jam.
  • Jalur jalan antar kota, paling tinggi 80 kilometer per jam.
  • Kawasan perkotaan, paling tinggi 50 kilometer per jam.
  • Kawasan pemukiman, paling tinggi 30 kilometer per jam.

Itulah batas kecepatan yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Guna mengetahui berapa laju kecepatan kendaraan yang melewati tol maka kamera CCTV sudah dilengkapi dengan speed kamera. Sedangkan untuk mengetahui jumlah muatan yang diangkut sebuah kendaraan, ruas tol juga dilengkapi dengan sensor weight in motion atau WIM. 

Lantas, di mana saja letak atau titik pemasangan kamera pengawas pada jalan tol tersebut? 

Tol Trans Jawa

Titik pemasangan CCTV outdoor pertama adalah pada jalan tol trans Jawa. Tol ini terdiri dari dari beberapa ruas jalan. Untuk pelanggaran overspeed, titik lokasi pemasangan kamera cctv adalah:

  1. Ruas Tol Palimanan-Kanci
  2. Ruas Tol Batang-Semarang
  3. Tol Semarang-Solo
  4. Tol Solo-Ngawi
  5. Tol Ngawi-Kertosono

Sedangkan untuk pelanggaran overload atau kelebihan muatan berada di titik:

  1. Tol Jagorawi
  2. Tol JORR Seksi E
  3. Tol Jakarta-Tangerang
  4. Tol Padaleunyi
  5. Tol Semarang Seksi ABC
  6. Tol Ngawi-Kertosono
  7. Tol Surabaya-Gempol

Apabila kamera pengawas berhasil merekam terjadinya pelanggaran maka tilang elektronik akan dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan. Tentunya setelah melalui validasi.

Tol Lintas Sumatera

Tak hanya tol lintas Jawa, CCTV outdoor juga terpasang pada jalur tol yang melintasi Sumatera. Titik pemasangannya berada pada:

  1. Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi
  2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
  3. Ruas Tol Bakauheni KM 108A
  4. Ruas Tol Bakauheni KM108B
  5. Tol Pekanbaru-Dumai

Jalan Tol Bali

Selain tol trans Jawa dan Sumatera, tol yang melintasi jalur Bali-Mandara juga terpasang kamera outdoor yang lengkap dengan tilang elektronik. Penerapan tilang elektronik pada jalur tol ini khusus untuk pelanggaran overspeed

HIKVISIONsumber: https://www.pexels.com/photo/aerial-photo-of-asphalt-road-1046227/ 

CCTV Outdoor Hikvision AcuSense, Terbaik Untuk Mengawasi Jalan Tol

Hikvision AcuSense merupakan salah satu kamera CCTV yang berteknologi canggih serta punya fitur beragam. Tak cukup itu saja, kamera pengawas ini juga mempunyai sejumlah keunggulan. Beberapa keunggulan yang bisa Anda temukan pada CCTV outdoor berteknologi AcuSense ini antara lain:

  • Kamera pengawas Hikvision AcuSense mampu merekam gambar secara real time
  • Pencitraan yang sangat akurat dan detail pada rekaman video
  • Kamera CCTV Hikvision berteknologi AcuSense terbukti lebih efisien
  • Sistem konfogurasi dan pemasangan kamera sangat mudah.

Empat hal inilah yang menjadi keunggulan dari kamera pengawas Hikvision AcuSense. Kamera ini sudah terbukti memiliki teknologi canggih dan kualitasnya terbaik selama bertahun-tahun. 

Bukti tersebut juga dapat menjadi dasar pertimbangan kalau kamera CCTV ini sangat ideal jika dipasang pada jalan tol. Pasalnya kamera ini tahan dan kuat jika harus standby dan melakukan pemantauan secara nonstop selama 24 jam. Dengan demikian pengawasan arus lalu lintas di jalur tol bisa lebih optimal.

Selain kualitas yang terbaik, kamera pengawas ini juga sangat memudahkan petugas ketika ingin mencari rekaman gambar yang terlewat. Ini semua berkat fitur canggih yang sudah terpasang pada CCTV outdoor tersebut.

Dari ulasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kamera Hikvision AcuSense merupakan salah satu solusi terbaik untuk dipasang pada ruas jalan tol. Pasalnya kamera canggih ini akan membantu petugas dalam mengawasi setiap jalur tol yang pengendara lewati dengan sangat mudah dan efektif. 

Nah, jika Anda tertarik ingin mengetahui lebih lengkap mengenai CCTV outdoor Hikvision AcuSense, silakan cek informasinya di sini.

Related Posts

15 komentar

  1. Menarik banget dengan teknologi kamera cctv

    BalasHapus
  2. Sistim di jalan raya semakin canggih ya mas yonal. Merek hikvison bisa menjadi alternatif cctv guna membantu pengawasan di jalan tol. Semoga dengan banyaknya cctv dan keamanan yang terpasang meminimalisir dampak pelanggaran lalu lintas yang ada amin. ^^

    BalasHapus
  3. CCTV memang sebaiknya diletakkan di spot yang strategis dan bisa dijangkau secara visual. Karena punya peranan yang sangat penting ketika terjadi suatu peristiwa. Hickvision memang sudah nggak diragukan lagi kualitasnya deh. Sudah banyak digunakan di gedung-gedung dan perkantoran

    BalasHapus
  4. Cctv ini barang yang sangat penting saat ini. Jadi sebaiknya memang memakai yang berkualitas seperti Hikvision

    BalasHapus
  5. Kamera CCTV ini memang manfaatnya luar biasa ya, sehingga bisa diandalkan untuk memantau keadaan karena terbatasnya pandangan mata. Maka bisa pilih cctv yg berkualitas ini sebagai pilihannya

    BalasHapus
  6. karena di jalan tol laju lalu lintas kendaraan juga pasti sangat cepat, sehingga butuh teknologi kamera pengawas CCTV yang juga berteknologi tinggi seperti Hikvision AcuSense tsb

    BalasHapus
  7. Bener nih. Jalan tol perlu banget dikasih CCTV. Biar sopir nggak sembarangan saja mau gas mobilnya. Udah banyak juga kejadian kan kecelakaan di jalan tol karena sopir yang terlalu ngebut. Serem aja gitu kalau sopirnya merasa bebas ngebut karena melaju di jalan tol.

    BalasHapus
  8. Saya masih belum cukup familiar dengan jalan tol, hehe. Di Kalimantan belum ada jalan tol 😅
    Etapi memang penting sih ini yaa CCTV biar bisa tetap safety amit-amit juga kalau terjadi apa2.

    BalasHapus
  9. kalau bicara soal CCTV di jalan raya aku tahunya CCTV yang buat ngontrol SIM itu loh, hehehe. tapi ternyata penting juga ya ada CCTV di jalan tol. apalagi CCTV sekarang makin canggih dilengkapi dengan speed kamera. Sedangkan untuk dan sensor weight in motion.

    BalasHapus
  10. Sebagai masyarakat, kita harus selalu mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Pemasangan CCTV ini membantu banget buat mengurangi terjadinya pelanggaran lalu lintas, apalagi kalau posisi CCTV nya dipasang di titik yang pas seperti yang disebutkan di atas.

    BalasHapus
  11. Bisa membantu proses pengawasan oleh polisi lalu lintas di jalan raya ya dengan adanya CCTV

    BalasHapus
  12. iyaa, klo jalan ke kantor aja, ada banyak banget tuh cctv terpasang di sepanjang jalan tol Depok-Serpong, otomatis butuh CCTV yang bisa diandelin ya. Hik Vision outdoor ini spec nya ketinggian ga sih klo buat di rumah?

    BalasHapus
  13. Makin canggih aja ya kamera CCTV sekarang. Bisa mantau real time dan terpercaya.

    BalasHapus
  14. Karena sifatnya untuk memantau atau mengawasi dan kemudian bisa dijadikan bukti, memang perlu dengan kualitas yang bagus ya. Hikvision cocok dan pas jadi opsi untuk cctv di ruas jalan tol ini

    BalasHapus
  15. Boleh spill harganya gak kak?
    Pengen banget ganti ke CCTV outdoor Hikvision AcuSense

    BalasHapus

Posting Komentar