Tips Perawatan Motor Matic Baru

11 komentar
planet ban

Mempunyai motor jenis keluaran baru pastinya senangnya bukan kepalang, sampai kadang lupa dengan perawatan yang harus dijaga untuk motor kesayangan. Merasa masih baru yang tak perlu perawatan adalah prinsip yang salah dalam menjaga motor kita.

Motor harus dirawat sedari awal kita memilikinya, alasannya sederhana, agar motor yang kita miliki tetap dalam kondisi prima dalam jangka lama alias awet dipakai. Maka, baik kita paham tentang detail motor ataupun tidak, perawatan motor harus tetap dilakukan.

Jika kita paham dan bisa merawat motor, proses perawatan motor bisa kita lakukan sendiri, tapi ada beberapa hal yang memang juga harus meminta bantuan montir di bengkel, orang yang sudah ahli pada bidangnya.

Jenis motor matic dewasa ini menjadi salah satu motor idaman bagi semua kalangan dari dewasa, remaja, sampai ibu-ibu pun menyukainya. Salah satu alasan memilih motor matic adalah kepraktisannya dengan tidak usah pindah gigi, tinggal main rem dan gas saja.

Cara Merawat Motor Matic Baru

Perawatan semua jenis motor harus diperhatikan dari awal, pun sama dengan motor matic, idealnya sudah diperhatikan dari awal kita memilikinya. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam merawat motor matic baru kita.

Pilih Bahan Bakar Terbaik

Bensin atau bahan bakar untuk motor mutlak diperhatikan, apalagi dengan adanya isu penjual bensin campuran. Pilih bensin terbaik untuk motor kita agar performanya juga baik dan awet.

Dari pengalaman pribadi, lebih baik mengisi bensin di tempat resmi yang dikelola oleh pemerintah atau pom atau di tempat-tempat penjualan bensin yang memang sudah kita percaya keasliannya.

Memilih jenis bahan bakar pun harus diperhatikan, di pom bensin pemerintah kita mengenal Pertamax dan Pertalite. Pilihlah dengan bijak dan pertimbangan yang matang diantara keduanya.

Cek Rutin Motor Kita ke Bengkel

perawatan motor matic

Tak hanya manusia yang harus cek kesehatan tubuh, motor matic pun sama. Jangan karena merasa motor kita baik-baik saja, kita abai dengan cek atau servis motor ke bengkel.

Cek setidaknya 3 bulan sekali motor matic kita ke bengkel, montir setidaknya bisa mengecek kondisi Aki, Venbelt, Roler, dan juga bagian-bagian lainnya. Jika ada sparepart yang harus diganti, jangan lupa untuk memilih sparepart yang original untuk menjaga performanya agar tetap baik.

Panaskan Motor Setiap Pagi

Tujuan dari memanaskan motor di pagi hari sebelum digunakan adalah agar oli melumasi mesin agar motor siap digunakan. Cukup 5 sampai 10 menit dalam proses pemanasan motor ini.

Tips lainnya dalam memanaskan motor di pagi hari adalah, alih-alih menyalakan motor dengan stater elektrik, gunakan kick stater untuk menghemat batere dari motor tersebut.

Cek Bensin Jangan Sampai Habis

Kebiasaan buruk membiarkan motor sampai bensinnya habis dapat merusak mesin motor, apalagi jenis motor matic injeksi. Untuk itu selalu perhatikan monitor speedo meter, jangan sampai jarum menunjuk pada indikator E untuk bahan bakar.

Sedia payung sebelum hujan, biasakan mengisi bahan bakar full agar setiap perjalanan kita lancar tanpa waswas kehabisan bensin di jalan yang nantinya dapat merusak mesin motor kita.

Ganti Oli Dengan Rutin

Proses penggantian oli pada motor matic adalah hal yang penting. Proses penggantian oli pada motor matic ini bertujuan agar mesin tetap terjaga dengan baik dengan terlumasi oleh oli.

Cek speedo meter, ketika sudah menempuh jarak 1000 km, ganti oli motor segera dan juga perhatikan penggantian oli gardan atau oli transmisi setelah menempuh jarak 5000 km. Jika speedo meter sudah tak berfungsi atau lupa dengan perhitungan jarak yang sudah ditempuh, biasakan mengganti oli dalam kisaran 1 sampai 2 bulan sekali.

Planet Ban, Rekomendasi Tempat Ganti Oli Motor Matic Terpercaya

planet ban

Yang mengerikan dari berita yang banyak diwartakan tentang oli motor adalah banyak beredarnya oli palsu dari hasil oli-oli bekas yang dikumpulkan oleh oknum tak bertanggung jawab dari bengkel-bengkel tak resmi yang kemudian dikemas ulang dan dijual di pasaran. Untuk itu perlu sekali untuk kita memastikan bahwa oli yang kita gunakan adalah asli.

Penggunaan oli palsu pastinya bukan membuat motor kita bertambah baik, yang ada akan merusak performa mesin. Bukan untung yang kita dapat, malah kerusakan pada motor.

Sebaiknya mengganti oli di tempat-tempat terpercaya agar oli yang kita beli terjaga keasliannya. Planet ban adalah salah satu rekomendasi terbaik dalam hal mengganti oli untuk motor matic kita.

Dari pengalaman pribadi saat mengganti oli motor matic di planet ban, sangat puas sekali dengan pelayanan dari para pegawainya dan berikut alasan-alasan lain kenapa memilih Planet Ban untuk rekomendasi ganti oli motor kita.

  • Tipe oli yang beragam mulai dari oli ester, sintetis, semi sintetic, sampai oli mineral.
  • Tersedia banyak jenis oli sesuai jenis motor yang kita miliki, baik matic, bebek, trail, maupun motor sport.
  • Pemasangan gratis.
  • Pembayaran variatif, mulai dari tunai sampai cashless menggunakan kartu debit atau dompet digital, semuanya bisa.
  • Cabang Planet Ban yang banyak di setiap kota
oli X teen

Saat mengganti oli mesin dengan x-ten-10w30-matic-800ml dan oli x-ten-oli-gear-matic di planet ban beberapa waktu lalu, hanya butuh 66.000 ribu saja. Cukup terjangkau dengan pelayan yang prima dari Planet Ban.

Untuk teman-teman di Sukabumi, Planet Ban berlokasi di Jalan Cibatu-Cisaat. Tempatnya mudah dijangkau dengan adanya plang papan nama yang besar dari Planet Depan di bagian depan.

Selain untuk mengganti oli, Planet Ban juga recommended banget untuk mengganti ban dan sparepart. Tersedia juga apparel seperti helm dan jaket agar perjalanan kita bertambah prima.

Dapatkan pengalaman memuaskan dari Planet Ban dari setiap transaksi servis untuk motor kesayangan. Rawat motor matic baru kita agar tetap awet di Planet Ban di kota masing-masing.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Planet Ban, teman-teman bisa mengunjungi situsnya di www.planetban.com. Dapatkan informasi lengkap tentang ban motor, sparepart, sampai oli motor dengan lengkap.

Related Posts

11 komentar

  1. Dulu suka bingung kalo ke bengkel tapi ngga ada keluhan itu ngomong k pegawainya mo ngapain nya bingung. Sekarang ada pencerahan gini jadi ngeh apa yang harus disampein.

    BalasHapus
  2. Jujur aku belum pernah servis motor sendiri, paksu dimana ya servisnya. Aku tanya dulu deh wkwk. Akan aku rekomendasiin Planet Ban ini. Ternyata lengkap juga servisnya :) aku juga jadi tahu apa aja yg mustu dirawat/dicek

    BalasHapus
  3. Planet ban emang jadi tempat rekomendasi jitu buat ganti oli ya Pak. Aku pun setuju banget kalau beli oli itu bagi orang awam kayak aku harus hati-hati banget. Karena nggak tau bedanya Oli aspal. Apalagi olinya langsung diisi ke motor kan. Kalau service dan ganti oli di Planet Ban udah nggak worry lagi.

    BalasHapus
  4. Planet ban ada dimana2 ya kayaknya. Dulu waktu kuliah, tempat andalan buat servis motor ya di planet ini.

    BalasHapus
  5. Bisa jadi tempat alternatif klo mau ganti oli pas bengkel rame ini, harganya juga masih terbilang murah untuk oli + jasa gantinya.

    BalasHapus
  6. Planet Ban di dekat rumah selalu ramai oleh pengunjung. Biasanya baru buka saat saya mau berangkat kerja dan saat saya pulang kerja masih aja ramai.

    BalasHapus
  7. Motor matic saya nggak baru bang. perawatannya gimana ya? hehe alhamdulilah tips dari bang yonal hampir sama dengan yang biasa saya lakukan, kecuali manasin motor tiap pagi wkwkwk

    BalasHapus
  8. Sepakat pakai poll. Matic ini makeknya enak tapi kalo gal dirawat ya sudahlah hehe.

    Aku sepakat jika kita perlu rutin melakukan pemgecekan. Apalgi oli ya.. karena beberapa bulan lalu motor matic di rumah kami terpaksa menginap di bengkel selama sepkan garaw kami kurnag awarre dalam perawatan..

    BalasHapus
  9. Makasih atas tipsnya mas yonal. Mbul ada 1 motor matic di rumah tapi sudah lama...jadi emang penting bangat diservis supaya performa tetep jreng. Mesin okeee. Planet ban bisa jadi solusi ya...dalam hal ini. Karena banyak tenaga ahli yang sudah terjamin skillnya 😊

    BalasHapus
  10. Kalo soal kendaraan aku ga perlu kuatir, Krn suamiku tipe telateeen banget ngerawat mobil dan motornya mas 😄. Ga usah diingetin. Tiap brp bulan service full, ganti oli juga ga pernah lupa. Makanya semua kendaraan dia kalo dijual selalu laku cepat Krn mesinnya terawat. Dan utk bengkel juga ga mau sembarangan. Planet ban ada di JKT juga Yaa? Aku blm pernah liat di sekitar rumahku. Biasanya pak suami di bengkel resmi Toyota dan Yamaha utk service rutin nya. Tapi memang kalo udh dpt bengkel yg terpercaya, mending disitu aja sih, ga ush pindah2.

    BalasHapus
  11. jadi keinget motor sendiri dan lewat beberapa bulan belum dicek lagi
    padahal aku sendiri kerja di bidang otomotif.
    Memang ngaruh banget menurutku kalau motor ga pernah diservis dan rajin diservis, kalau rajin diservis, kita jadi tahu part apa aja yang perlu diganti atau mungkin rusak
    kalau kelewatan ga diservis bisa aja part tertentu ada yang rusak parah dan kita ga pernah tahu, alhasil malah makin rusak motornya

    BalasHapus

Posting Komentar