5 Fitur Keamanan yang Wajib Ada pada Mobil SUV

16 komentar
Suzuki

Selain mobil MPV, kini mobil SUV juga kerap dijadikan mobil keluarga sebab memiliki berbagai fitur yang tak kalah nyaman dan mampu melibas berbagai medan jalanan. Selain tangguh, mobil SUV juga memiliki ground clearance yang tinggi sehingga Anda bisa leluasa untuk bepergian ke tempat-tempat dengan kontur jalan yang menantang bersama keluarga. 

Jika teman-teman berniat untuk memiliki mobil SUV terbaru untuk jadi sarana transportasi keluarga, selain memperhatikan performa tentunya Anda harus memperhatikan juga sisi fitur keamanan mobil yang ditawarkan. 

Fitur Keamanan Yang Harus Ada Pada Mobil SUV

Berikut ini ada beberapa fitur keselamatan yang wajib dipasang di mobil mobil SUV antara lain:

1. Airbag

Selain seat belt atau sabuk pengaman, air bag merupakan fitur yang wajib ada pada mobil SUV. Airbag berfungsi untuk mengurangi risiko cidera saat mengalami kecelakaan dengan cara mengeluarkan kantung udara yang otomatis mengembang saat sensor mendeteksi benturan keras. 

Fitur ini berada di tengah lingkar kemudi, dasbor, jendela kanan kiri mobil. Dengan adanya fitur airbag, hal ini dipercaya agar pengemudi terhindar dari benturan keras antara kepala ke lingkar kemudi, atau kaki dengan dasbor dan benturan dari samping

2. Sistem pengereman

sistem pengereman

Mobil SUV tentunya kerap digunakan di jalanan dengan kondisi permukaan yang menantang, selain memikirkan performanya Anda tentunya juga harus mengecek apakah mobil tersebut memiliki sistem pengereman yang baik. Komponen rem sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu rem cakram (Disk Brake) dan Rem Tromol (Drum Brake). 

Selain itu, pastikan juga mobil SUV terbaru yang Anda pilih memiliki Anti-Lock Braking System (ABS) yang mencegah roda mobil terkunci ketika melakukan rem mendadak sehingga bisa mengurangi risiko kecelakaan.

3. Electronic Stability Control & Active Stability Control

Electronic Stability Control (ESC) atau merupakan fitur keselamatan yang akan membantu pengemudi ketika mengalami kehilangan kontrol kendaraan. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer dan sensor elektronik, sehingga mobil bisa dikendalikan secara otomatis ke jalur yang benar jika kehilangan kontrol. 

Sementara Active Stability Control (ASC) adalah perangkat yang berfungsi untuk menjaga stabilitas mobil ketika sedang bermanuver. Fitur yang bertugas menjaga kendaraan agar terhindar dari oversteer dan understeer ini dapat digerakan sesuai kemauan pengemudi dengan mudah.

4. Hill Assist Control

Fitur Hill Assist Control (HAC) menjadi fitur yang cukup penting bagi mobil SUV yang kerap dibawa melintasi jalanan menanjak. Fitur ini berfungsi mencegah mobil merosot saat hendak melewati tanjakan. Sehingga berkendara jadi tetap nyaman dan aman.

5. Child safety lock

Jika mobil SUV digunakan sebagai mobil keluarga, fitur yang satu ini tentunya wajib ada. Child lock atau child safety lock merupakan fitur keamanan tambahan berupa kunci pengamanan anak yang biasanya bisa ditemukan di pintu mobil. 

Dengan fitur ini, anak-anak yang serba ingin tahu dan kerap bermain buka tutup pintu tidak akan bisa membuka pintu yang terkunci dari dalam.

Suzuki memiliki berbagai jenis mobil SUV unggulan yang bisa Anda pilih untuk jadi mobil andalan keluarga Anda. Cari tahu mobil SUV yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengunjungi dealer resmi Suzuki. Dapatkan penawaran terbaik dan berbagai promonya.

mobil SUV

Untuk teman-teman yang sudah memiliki kendaraan, khususnya jenis SUV, semoga 5 fitur keamanan dalam mobil SUV-nya sudah terpenuhi. Untuk teman-teman yang belum memiliki kendaraan dan bercita-cita untuk memilikinya, semoga segera tercapai harapannya untuk memiliki mobil impian dan juga terpenuhi aspek keamanan dan kenyamanan dalam mobilnya kelak. Aamiin.

Related Posts

16 komentar

  1. Tiap kali ganti mobil, aku udh percayain Ama suami, hrs yg aman pokoknya 😄. Dari beberapa features di atas, yg paling aku tau yg airbag dan child lock mas. Wajib sih memang. Soalnya dulu pas anak2 kecil, suka takut mereka mainin pintunya 😅. Skr sih udh gedean, tapi memang utk mobil2 baru skr features itu udh selalu ada

    BalasHapus
  2. Fitur keamanan berkendara harus menjadi pilihan utama, berikutnya barulah pada kehematan energi atau bahan bakar yang dikonsumsi. ABS materi yang sangat diingat saat dipelajari semasa di SMK dulu

    BalasHapus
  3. Jujurly sebelumny aku blum mngethui tntg ini...dr artikel ini menmbah pgetahuanku untuk fitur² apa sja yg perlu aku prtimbangkn ketika mau beli mobil suv, yaitu airbag, pengereman, ESC, HAC, dan child safety lock

    BalasHapus
  4. Senang banget kalau mobil ada child safety lock gini. Anakku pernah Ditengah jalan mainin handle pintu, untung mamak siaga. Jadi masih aman. SUV bikin Kunci tambahan untuk child lock gini keren.

    BalasHapus
  5. Selain lengkap sistem keamanannya, desain mobil suzuki tuh bagus2 ya, keren gitu tampilannya

    BalasHapus
  6. Wah ini cocok banget yaa untuk digunakan bersama keluarga. Gak usah khawatir karena fiturnya aman banget. Semoga punya yg kaya gini, hehe aamiin.

    BalasHapus
  7. Wah jadi tahu nih tentang fitur-fitur mobil SUV, apalagi produk Suzuki pasti lebih baik dari yang lain

    BalasHapus
  8. Waaah, jadi tau banyak, nih. Kalo aku kurang tau pak info-info seputar keamanan mobil yang wajib ada, khususnya mobil jenis SUV. Karena apa-apa dah lah ada suami. Eh kaya gini penting juga ya buat sekedar tau agar lebih waspada dan hati-hati. Karena keamanan mobil sangat penting untuk keselamatan penumpangnya ya, pak.

    BalasHapus
  9. Keselamatan itu penting bagi pengendara mobil, jadi memang harus diperhatikan keamanannya ya kang Yonal 👍

    BalasHapus
  10. Pak Yo.... Ini bikin aku makin mupeng. Dahlah, pokoknya mobil SUV tuh emang idamanku bangettt. Fitur2nya itu loo yang mantap keren abis pokoknya. Dinaiki enak, nyaman, setirannya juga enak (kata mas bojo), visualnya oke, gagah gitu kan. Dan yang paling utama tentu safety dan comfy. Ini sih yang bikin aku kebelet punya SUV. Enak aja gitu dibawa pergi2 jauh.. Sabarrr, nabung dulu :"

    BalasHapus
  11. Sebagai orang tua punya anak & Kami sering berpergian, mobil SUV ini jadi idaman banget yaaa. Aman & nyaman. Apalagi tampilannya yg kelihatan maco tp tampak hangat.. duuuh, jadi makin pengen...

    BalasHapus
  12. Waduh aq baru tahu ada fitur sekeren ini. Informasi yang sangat bermanfaat terlebih untuk yang mau beli mobil fitur-fiturnya harus di pertimbangkan

    BalasHapus
  13. baca ulasan nya, bagiku yg sgt awan dg fitur mobil sangat menambah wawasan. Jadi pengen mencari tahu sendiri fitur mobil lain, barangkali beneran punya dlm jangka waktu dekat

    BalasHapus
  14. jujurly, mobilku belum ada airbagnya pak, karena ga paham ini sebelumnya, cuma yang terpikir, bisa untuk bepergian dengan keluarga dan nyaman, smeoga next time ada rejeki untuk beli mobil yang ada airbagnya juga

    BalasHapus
  15. wah makasih doanya, aamiin semoga segera dipermudah memiliki kendaraan yang aman dan nyaman untuk keluarga. Sambil nunggu waktunya, baca ini jadi tercerahkan supaya bisa screening awal kendaran

    BalasHapus
  16. wah selama ini gak kepikiran klo dalam memilih mobil sudah seharusnya fitur keamanan ini menjadi pertimbangan penting dalam membeli mobil

    BalasHapus

Posting Komentar