Tips Mendapatkan Sertifikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja

6 komentar

Dulu ketika kerja di proyek pertama kali, sempat merasa ribet dengan alat-alat yang harus dipakai, mulai dari helm, rompi, safety belt, sampai safety shoes. Usut punya usut, ternyata pemakaian perlengkapan kerja itu demi keselamatan dan kesehatan kerja atau biasa disebut K3.

Lama kelamaan, akhirnya dapat juga beradaptasi bekerja dengan menggunakan aksesoris perlengkapan K3. Bahkan manfaat dari pemakaian perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja tersebut nyata terasa.

Lingkungan proyek bangunan gedung memang sangat riskan. Mulai dari alat berat dan lalu lalang keluar masuk barang-barang untuk pembangunan bangunan menjadi pemandangan setiap hari.

Dengan memakai perlengkapan K3 setidaknya kita berikhtiar untuk meminimalisasi kecelakaan di tempat kerja. Manfaat lainnya yang terasakan adalah kerja kita semakin produktif dan efisien dengan adanya perlindungan diri.

Tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja di suatu perusahaan dipegang oleh seorang yang disebut ahli K3. Profesi ini mempunyai job desk untuk memastikan bahwa setiap pekerja menjalankan tugasnya dengan aman sesuai prosedur.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kehadiran seorang ahli keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa kita sebut ahli K3 di suatu lembaga atau perusahaan tentunya akan menciptakan suasana kerja yang kondusif, aman, dan nyaman. Agar penerapan K3 di lingkungan kerja berjalan sesuai prosedur, maka ahli K3 sejatinya harus memiliki pengetahuan umum tentang keselamatan dan kesehatan kerja, terkait tujuan dan juga penerapannya.

Akan banyak benefit ketika dalam suatu perusahaan memiliki ahli K3. Yang paling utama adalah mendorong efektivitas dan efisiensi kerja, juga mengurangi kerugian berupa materi dengan meminimalisasi kecelakaan kerja.

Tips Mendapatkan Sertifikasi K3

The one and only untuk mendapatkan sertifikasi adalah mengikuti pelatihan atau kursus sertifikasi ahli keselamatan dan kesehatan kerja. Kursus atau pelatihan K3 bisa kita ikuti baik offline maupun online.

Untuk yang mempunyai waktu luang, bisa mengikuti pelatihan atau kursus sertifikasi K3 di lembaga yang mengadakannya secara tatap muka langsung. Tinggal PR-nya mencari lembaga yang mengadakan pelatihannya.

Untuk teman-teman yang sibuk namun tetap ingin mengikuti kursus atau pelatihan K3 ini bisa mengikutinya secara online. Kelebihan kursus online untuk sertifikasi ahli keselamatan dan kesehatan kerja ini tentu saja programnya bisa diikuti kapan saja dan di mana saja kita berada.

Nah, untuk kursus online sertifikasi K3 ini ada rekomendasi tempat yang keren untuk teman-teman. Di Arkademi kita bisa belajar tentang pengembangan dan penerapan sistem manajemen K3 umum dengan efektif untuk kenyamanan para karyawan juga lingkungan kerja.

Kursus Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum di Arkademi

Arkademi

Arkademi adalah lembaga yang mengadakan kursus sertifikasi ahli keselamatan dan kesehatan kerja umum full online pertama di Indonesia. Lembaga ini sudah terpercaya karena sudah mendapatkan izin dari  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Arkademi bekerjasama dengan instruktur ahli K3 untuk menjadi pembimbing bagi para peserta kursus K3 dalam pembelajarannya. Langkah ini diambil agar para peserta khusus mendapatkan ilmu langsung dari para ahli di bidangnya.

Salah satunya Instruktur K3 di Arkademi adalah sosok Yuzadi, ia adalah figur yang selalu aktif dan juga ikut berperan di dalam aktifitas safety atau HSE (health safety environment) departement. Yuzadi juga sudah mendapatkan sertifikasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) umum yang diadakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari 2 tahun yang lalu.

Setelah lulus program kursus online di Arkademi ini, kita akan mendapatkan sertifikat, di mana sertifikatnya bisa dipakai untuk mendaftar sertifikasi dari  Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP. 

Materi K3 di Arkademi

Kurikulum yang digunakan dalam kursus keselamatan dan kesehatan kerja di Arkademi bentuk pelatihan berbasis kompetensi dengan mengacu pada okupasi Pengawas Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Beberapa materi ajar di kursus K3 di Arkademi ini seperti
  • Penjelasan tentang dasar-dasar K3
  • Materi tentang P3K
  • Sistem tanggap darurat
  • Materi Komunikasi K3
  • Penjelasan tentang sumber bahaya
  • Sistem manajemen K3
  • Materi manajemen risiko
  • Penjelasan Audit K3
  • Investigasi kecelakaan kerja

Biaya Kursus Sertifikasi K3

Dengan hanya Rp 249.000 kita akan akan mendapatkan materi tentang keselamatan dan kesehatan kerja berupa video pembelajaran dengan jumlah lebih dari 100 video. Selain dalam bentuk video, materi K3 juga bisa kita akses dalam bentuk PDF.

Untuk mengasah seberapa paham kita dengan materi ajar yang diberikan, akan ada kuis latihan untuk para peserta kursus. Seluruh kuis latihan ini berjumlah 17 kali selama mengikuti kursus.

testimoni alumni arkademi

Sumber: arkademi.com

Dengan fleksibelnya jadwal pelatihan dan kursus online di Arkademi ini, sudah banyak alumni yang merasa puas dengan pola pengajaran yang diberikan. Salah satunya sosok Mohammad Wartono yang mengungkapkan bahwa materi K3 di Arkademi mudah dipahami karena diajarkan setahap demi setahap. 

Teman-teman yang tertarik untuk mengikuti kursus sertifikasi K3 umum di Arkademi, yuk segera daftar sekarang juga. Di Arkademi tidak ada sistem gelombang, jadi kita bisa mendaftar kapan saja dan bergabung dengan teman-teman lainnya untuk menjadi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Related Posts

6 komentar

  1. Dulu pas kerja di perusahaan manufacturing sebelumnya diberi edukasi kesehatan dan keselamatan kerja dulu. Gak main2 ternyata yaa sampai ada pelatihannya segala. Pantes waktu itu juga lama bgt di edukasinya.

    BalasHapus
  2. ternyata ada ya kursus untuk keselamatan dan kesehatan kerja. Kupikir selama ini memang harus di lembaga yang formal begitu. Ternyata bisa lewat arkedemi.

    BalasHapus
  3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja itu penting banget. Meskipun terdengar basic, faktanya perusahaan-perusahaan besar sudah menerapkn hal ini. Apalagi untuk perusahaan di bidang industri alat berat dan manufaktur. Butuh supervisor yang sudah terlatih masalah K3.

    BalasHapus
  4. Penting banget pastinya ya memperhatikan keselamatan dan kesehatan di perusahaan atau tempat kerja. Maka perlu juga ya ada ahli K3 yang sudah bersertifikat. Wah, ada pelatihan secara online juga ya untuk mendapatkan sertifikat K3 ini. Siip infonya

    BalasHapus
  5. Wah, sekarang ada sertifikasi yang mudah dicari seperti arkademi, ya. Kalau dulu masih agak susah dan mahal untuk sertifikasi K3

    BalasHapus
  6. Ternyata untuk bekerja itu sampai ada K3 ya? Untuk memastikan setiap karyawan mengikuti prosedur keamanan dan kesehatan. Teddy baru tahu sampai ada sertifikasinya.

    Terima Kasih Bang

    BalasHapus

Posting Komentar