Bingung Mau Apa Setelah Lulus Sekolah? Yuk Jualan Online!

28 komentar
Yuk jualan online

Bingung mau apa setelah lulus sekolah? Yuk jualan online!. Kenapa jualan online? Karena dengan sistem jualan online, kita tidak perlu punya toko dan juga banyak e-commerce yang bisa kita jadikan partner, tempat kita berjualan.

Yuk jualan online saja dari pada masih bingung menentukan jalan setelah lulus sekolah, apakah mau kuliah atau bekerja. Toh ketika memutuskan mau kuliahkah, bekerjakah, atau kuliah sambil bekerja, jualan online masih bisa kita jalankan.

Idealnya, sekolah umum dan agama seperti SMA dan MA akan dianggap baik jika lulusannya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Penilaian ini terlihat dari indikasi poin dalam akreditasi pemerintah yang memberikan poin plus kepada sekolah atau madrasah yang mempunyai persentase tinggi untuk lulusan yang kuliah.

Untuk lulusan sekolah kejuruan atau SMK, terjun ke dunia usaha akan lebih siap dibandingkan sekolah umum. Lulusan sekolah vokasi pada tataran idealnya memang dipersiapkan agar lulusannya siap untuk bekerja.

Kenyataan di lapangan tak selalu sama dengan idealisme. Lulusan di sekolah pada faktanya mempunyai tujuan dan cita-cita yang berbeda. 

Sebagian lulusan sekolah ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan ada juga yang memilih untuk bekerja. Opsi kedua dipilih mayoritas karena masalah perekonomian.

Di antara dua pilihan di atas, ada juga lulusan sekolah yang masih kebingungan menentukan jalan setelah dinyatakan lulus dari sekolah, apakah kuliah, bekerja, atau kuliah sambil bekerja. Peran Bimbingan Konseling atau BK sangat berperan untuk meminimalisasi kasus-kasus lulusan yang kebingungan menentukan arah setelah lulus seperti ini.

Fokus untuk jualan online juga bisa menjadi alternatif pilihan yang menjanjikan saat ini, karena belanja online saat ini sudah menjadi gaya hidup di masyarakat, sehingga kesempatan untuk para pedagang online juga semakin besar untuk terus maju dan berkembang. So, sekali lagi, yuk jualan online!.

Jualan Online Untuk Pemula

Untuk para pemula yang akan terjun menjadi penjual online, bergabung dengan e-commerce adalah jalan ninja yang bagus. Saat ini banyak e-commerce besar di Indonesia yang menjadi langganan masyarakat untuk menjadi tempat belanja favoritnya.

Salah satu rekomendasi e-commerse untuk berjualan online adalah Lazada. Kenapa Lazada? karena jualan di Lazada ini tidak hanya sebatas berjualan online saja, tetapi para penjual juga dapat belajar seputar penjualan online, mulai dari tips dan trik, kisah sukses para entrepreneur, komunikasi lewat forum komunitas, sampai event-event Lazada yang bisa kita ikuti.

Cara Daftar Lazada

Untuk teman-teman yang mau mencoba jualan di Lazada, langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja kita harus mendaftar menjadi seller di Lazada. Berikut tahapan-tahapan yang bisa dilakukan untuk mendaftar di Lazada

  • Klik lazada.co.id
  • Masuk ke fitur 'menjadi seller'
  • Di laman 'menjadi seller' ada dua pilihan dalam Daftar Penjual, pilih salah satu antara Penjual Lazada atau Penjual LazMall
  • Lengkapi data-data isian yang diminta seperti data KTP dan juga nomor rekening bank
  • Baca dengan seksama tentang ketentuan layanan, perjanjian jasa logistik, dan juga kebijakan privasinya

Menjadi Penjual Pembelajar di Lazada

Jualan di Lazada
Sumber: www.instagram.com/lazadaclub/

Menjadi penjual online pemula pastilah banyak pertanyaan-pertanyaan yang hinggap di otak kita. Salah satu pertanyaan besarnya adalah akan sukseskah kita di dunia penjualan online ini? belum lagi hal-hal lain, seperti harus bagaimana mengelola sisa stok barang yang masih kita miliki?.

Dengan jualan di Lazada, pertanyaan-pertanyaan seperti di atas akan terjawab, karena ada banyak pembelajaran yang bisa digali oleh setiap penjual online di web Lazada. Seperti yang sudah dibahas sekilas sebelumnya, bahwa di web Lazada, ada banyak informasi seputar dunia penjualan online, mulai dari wawasan untuk para seller sampai inspirasi kesuksesan baik dari para ahli maupun dari seller yang telah melalui asam garam dunia penjualan online.

Pertanyaan seperti di atas tentang bagaimana mengelola sisa stok barang juga dibahas di web Lazada. Ini membuktikan bahwa Lazada memang peduli kepada para seller yang mempercayakan Lazada sebagai medianya, agar para seller tidak hanya berjualan tetapi juga dapat belajar tentang tips dan trik bagaimana barangnya dapat laris di pasaran online.

Tips Memanfaatkan Sisa Stok Barang

sisa stok barang

Memanfaatkan sisa stok barang adalah salah satu PR bagi para penjual, tak terkecuali penjual online. Diintisarikan dari howwesell.asia, ada beberapa tips agar sisa stok barang yang kita miliki dapat sold out.

Beberapa tips untuk memanfaatkan sisa stok barang agar menjadi cuan, di antaranya:

  • Mengadakan diskon atau potongan harga
  • Buat kemasan bundling dengan menyatukan beberapa produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga satuan
  • Dijadikan bonus untuk pembelian produk lain yang harganya di atas harga barang sisa
  • Jadikan giveaway atau kuis berhadiah dengan membuat suatu event menarik
  • Jual dengan sistem Buy One Get One
  • Pasarkan kembali dengan kemasan yang lebih menarik

Enam tips memanfaatkan sisa stok barang di atas merupakan inti dari artikel tentang pembelajaran, ilmu, dan informasi yang bisa didapat para seller di Lazada dan ini hanya sedikit dari berbagai pengetahuan yang akan dibagikan agar para penjual online di Lazada dapat terus mengupdate pengetahuan-pengetahuan tentang penjualan.

So, untuk teman-teman yang tertarik untuk berjualan online di Lazada, mulai langkah kecilmu dengan mendaftar, pelajari setiap ilmunya, dan praktikkan langsung dengan memasarkan setiap produk yang ingin kita jual.

Yuk Jualan Online!

Lazada

Apa pun cita-cita kita, jangan pernah ada yang menghalangi. Jika pun ada, pastikan kita bisa melaluinya. Jangan merendahkan diri sendiri, apalagi gengsi ketika kita memulai menapaki setahap demi setahap menuju cita-cita dan impian terbesar kita.

Jika setelah lulus sekolah mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kuliahlah dengan jujur sampai membanggakan orang tua dengan prestasi pendidikanmu. Jika setelah lulus ingin bekerja, bekerjalah dengan jujur juga.

Ketika kita dihadapkan pada susahnya mencari pekerjaan, bagaimana jika kita ubah pola pikir kita dengan menciptakan pekerjaan, minimal untuk kita sendiri. Dengan kemauan yang besar, tidak mustahil, yang awalnya kita menciptakan pekerjaan untuk kita sendiri, bisa menjadi ladang pekerjaan juga untuk orang lain kita usaha kita maju dan berkembang.

Untuk kalian yang bermimpi menjadi entrepreneur, bangun mimpi besarmu dengan langkah awal penuh percaya diri, dan berjualan online bisa menjadi alternatif untuk membuka gerbang cita-citamu. Jualan online sangat fleksibel, bisa dilakukan full time, sambil bekerja, atau bahkan sambil kuliah. So, yuk jualan online!

Related Posts

28 komentar

  1. mbul jadi terinspirasi jualan buku nih mas yonal, sebab koleksi buku mbul udah ada selemari sendiri..tapi masih bimbang soalnya pengen bikin rental komik dan buku atau perpus, atau mungkin buku yang dah takbaca en ada lebih dari 1 juduil yang sama bisa takjual online hehhehe...biar tambah menarik memang biasanya pake sistim paketan atau bundling...jadi harga bisa dibikin agak myrah mana ori lagi. Makasih atas info tata cara gimana jadi penjual online ini mas tobal. Ilmunya menolong calon seller pemula ^^

    BalasHapus
  2. Jualan online itu asyik loh meski banyak saingannya. Apalagi kalau cuan, pasti makin semangat. Pokoknya harus konsisten dan persisten ajalah

    BalasHapus
  3. aku pengen banget punya bisnis online shop, tetapi kadang bingung mau jualan apa dan takut tidak ada yang beli. Hmm kalau jualan di Lazada mungkin Akan jadi lebih mudah yaa, karena pangsa Pasar dan potensinya besar

    BalasHapus
  4. kalau posisinya sebagai pembeli lebih pilih seller yg menyediakan barang bundling sih, kadang butuh semua barang yg di bundling karena saling melengkapi. Lebih worth juga, pembeli senang penjual pun senang karena sisa stok barang mereka laku

    BalasHapus
  5. Sekarang ini jualan online bukan lagi sebuah "pelarian" dari deretan target pekerjaan pasca lulus kuliah. Bahkan banyak anak muda yang punya tujuan menjadi seller online atau pengusaha.
    Malah, ada kakak kelas yang bisa jadi pebisnis sukses dan brand produknya terkenal di dalam kota tempat saya tinggal. Salut pokoknya.

    BalasHapus
  6. Pas lulus sekolah bisa mencoba hal baru dengan kuliah maupun jualan online. Karena kesempatan untuk jualan online bisa dimanfaatkan sejak dini mengingat banyak juga yang suka berbelanja online

    BalasHapus
  7. jualan online emang jadi salah satu cara untuk bisa dapet cuan sih dimasa sekarang. Yang penting bisa konsisten dan tahu cara nya. semangaaaattt..... yuk mulai dari Lazada cuzzz

    BalasHapus
  8. Benar juga ya, anak muda zaman sekarang sebenarnya bisa lebih mandiri karena bisa memanfaatkan e-commerce seperti Lazada untuk merintis usaha online. Prosesnya mudah dan pastinya akan sangat terbantukan sekali dengan adanya fitur Seller Center Lazada

    BalasHapus
  9. Iya nih, buat yang bingung abis kuliah mau ntapain, karena melamar pekerjaan belum ada yang pas. Bisa banget buat jualan di Lazada. Justru bikin mandiri dan makin menjangkau luas konsumennya.

    BalasHapus
  10. Boleh juga bang Yo. Saya dlu lulus sekolah juga langsung jualan online wkwkwk meskipun pindah2 barang yang dijual ga konsisten gyahahah jadinya malah kayak toko perkakas semua ada

    BalasHapus
  11. Dengan berjualan online terpercaya, selain menambah penghasilan juga belajar banyak hal, salah satunya digital marketing dan optimasi.
    Bisa dimulai dari membuka toko online di LAZADA nih..

    BalasHapus
  12. Kayanya hampir semua orang zaman now pasti nyambi jualan ya, Pak? Nggak tua nggak muda, hehe. Apalagi kalau dibantu sama Lazada, wah gass pol pasti profitnya.

    BalasHapus
  13. Jualan online buat nambah pemasukan, drpd gabut ya apalg utk a anak2 muda jaman now. Jualan online menguntungkan bgt

    BalasHapus
  14. wah, di Lazada di ajarin dari nol ya, pak! Peluang besar nih untuk para fresh graduated, ibu rumah tangga atau yg ingin penghasilan tambahan. di ajarin lho tips and trik, berasa di bimbing bisnis pemula.

    BalasHapus
  15. Kangen juga masa2 dulu jualan pas kuliah πŸ˜„. Iseng doang utk nambah uang jajan. Dulu Krn kuliah di Malaysia, jadi banyaaaak bgt yg nitip sepatu Vincci yg dulu sempet populer mas. Jadi aku jual, dengan hrg yg LBH murah dr official shops nya di Indonesia. Padahal cuma iseng, tapi justru paling laris. Sayangnya pas udah balik Indonesia, ya aku stop lah. Apalagi dpt kerjaan di JKT . Enak sih sbnrnya jualan itu, apalagi skr banyak market place nya kan :). Tinggal pilih . Aku sebagai pembeli juga LBH suka belanja di market place biar aman.

    BalasHapus
  16. Kalau mau diseriusi, jualan online juga menjanjikan banget kok. Banyak platform media sosial yang bisa jadi wadah. Marketplace juga banyak. Salah satunya adalah lazada.

    BalasHapus
  17. Baru saja saya ngobrol dengan seorang ibu yg akan berangkat umroh. Yang biayain anaknya, mereka masih muda-muda masya Allah. Mereka jualan batik online. Jalan rezeki asal halal insya Allah berkah ya pak

    BalasHapus
  18. Bisa dicoba dulu ya pak, jualan online ini. Pasalnya Ndak harus punya toko dulu, dan bisa berkembang perlahan karena bisa dipelajari

    BalasHapus
  19. Enak banget ya jualan di Lazada bisa belajar tentang penjualan online, keten nieh.. Jarang lho e-commerce yang bikin gebrakan begini. Jadi pengen belanja di Lazada.. *Eh gimana ini😜

    BalasHapus
  20. Jualan makin gampang sekarang. Nggak perlu modal banyak dan nggak harus punya toko. Apalagi anak-anak sekarang gape banget sama teknologi. Buat tambah-tambah uang jajan dan mengasah jiwa entrepreuneur, jualan online emang cocok banget.

    BalasHapus
  21. Jualan di lazada sangat cocok utk para pemula yg masih minim pengalaman berjualan. Dripda bingung nyari loker mending buka usaha sndiri dgn jdi seller di lazada yaa

    BalasHapus
  22. Bunda selalu bilang sama ponakan-ponakan, sayang punya hape mahal kalau nggak menghasilkan.
    Tapi memang tidak setiap orang memiliki bakat menjual ya...

    BalasHapus
  23. Terima kasih informasinya, Pak Yo. Jadi tertarik untuk ikutan jualan di Lazada. Selama ini hanya jualan lewat WAG saja, sehingga marketnya sangat terbatas. Memang sebagai penjual online pemula, butuh ilmu-ilmu berjualan yang mudah dipahami dan dipraktikkan sebagai pemula.

    BalasHapus
  24. Aku dulu juga sempat jualan online sebelum kerja kantoran, sekarang? Kadang-kadang doang wkk
    Paling enak emang jualan di ecommerce kaya Lazada gitu karena bisa menjangkau lebih banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi pasarnya gede banget ya mbak Lazada ini. Jadi peluangnya makin besar juga.

      Hapus
  25. Jadi inget adik dan anak didikku yang sudah lulus SMA nih. Bisa ku rekomendasikan artikel ini ke mereka

    BalasHapus
  26. Lazada keren bisa jadi jalan untuk para penjual online pemula untuk tetap berjalan berjualan sambil menimba ilmu marketingnya

    BalasHapus
  27. jadi terinspirasi buat jualan online

    BalasHapus

Posting Komentar