Tips Jualan Online untuk Pemula

63 komentar
jualan online

Jualan online kini menjadi tren tersendiri. Memang pada dasarnya kita semua harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dalam segala hal, termasuk kebiasaan jual beli yang sedikit banyak kini masyarakat sudah banyak beralih dari cara konvensional ke digital.

Dengan adanya digitalisasi dalam bidang jual beli ini tentunya menjadi kesempatan emas untuk masyarakat untuk ikut terlibat di dalamnya, tidak hanya menjadi konsumen tetapi juga bisa menjadi penjual secara online. Yuk jualan online, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan jualan online seperti di berbagai platform e-commerce yang banyak dikenal masyarakat, sehingga memang sayang untuk dilewatkan kesempatan ini.

Di samping banyaknya keuntungan dalam jualan online, hal yang tak boleh dihiraukan oleh para pemula khususnya ketika akan terjun ke dalamnya adalah mengetahui terlebih dahulu sistem dan mekanisme dalam teknis jualan online. Hal ini penting agar kita bisa beradaptasi dengan cepat dalam sistem jual beli secara digital ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika akan Memulai Jualan Online

Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan sebelum mengeksekusi ide jualan yang sudah bergelayut dalam pikiran. Persiapan yang matang tentunya akan membuat kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan sistem cara jualan online.

1. Tentukan Produk yang akan Kita Jual

Di berbagai aplikasi jualan online kita bisa melihat banyak sekali barang yang tersedia yang dicari masyarakat, mulai dari perintilan barang-barang kecil sampai alat berat pun ada. Sebagai pendatang baru di dunia jualan online tentunya kita harus bisa mensurvei barang-barang apa yang laris manis di pasaran untuk gambaran produk yang akan kita jual nantinya.

Beberapa contoh produk laris yang bisa kita pertimbangkan untuk dijual di aplikasi jualan online seperti makanan, gadget, pakaian, produk kecantikan, produk herbal, sampai barang-barang elektronik. Kalaupun kita memiliki produk lain di luar contoh barang yang biasanya laris di masyarakat, kita harus bisa melakukan cara untuk mengenalkan keunggulan produk tersebut ke masyarakat agar calon konsumen kita tertarik untuk membelinya.

2. Buat Nama Brand dari Produk yang akan Dijual

Setelah menentukan produk apa yang akan kita jual, jangan lupa untuk membuat nama atau brand dari produk yang akan kita jual. Buat nama brand yang simple dan mudah diingat oleh calon konsumen kita.

Sesuaikan nama brand dengan produk-produk jualan agar branding kita kuat, bukan hanya trending sesaat. Jangan lupa juga untuk menyematkan deskripsi dar penjabaran nama brand yang kita miliki dengan bahasa yang natural dan juga persuasif kepada para calon pembeli.

3. Kerja Sama dengan Produsen atau Supplier

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mencari produsen atau supplier untuk kerja sama dalam mempersiapkan barang-barang yang akan kita jual. Cari supplier yang memberi harga penawaran terbaik dengan kualitas yang terjamin untuk barang-barang yang akan kita stok.

Selain masalah harga dan kualitas, perhatikan juga aspek-aspek lain yang tak kalah pentingnya seperti ketersediaan barang, jarak supplier dengan tempat kita, dan juga sistem komunikasinya yang harus kondusif dan menjadi support system untuk pengembangan ide jualan online kita.

4. Kerja sama dengan Platform e-Commerce

Banyak cara yang kita tempuh untuk menjual barang-barang secara online, salah satu alternatif terbaik adalah kerja sama dengan platform marketplace atau e-commerce kenamaan yang sudah dikenal masyarakat.

Di Indonesia sendiri masyarakatnya sudah familier dengan beberapa marketplace. Tugas kita sebagai pendatang baru adalah memilah dan memilih mana marketplace atau e-commerce yang cocok dan bisa mendukung pertumbuhan bisnis online kita agar tercipta kondisi simbiosis mutualisme.

Di antara sekian banyak pilihan marketplace yang bisa kita jadikan pilihan untuk kerja sama, Lazada adalah salah satu rekomendasi terbaik. Kenapa Lazada? Karena akan banyak benefit yang bisa kita dapatkan ketika kita bergabung dengan lokapasar ini.

Lazada, Platform e-Commerce Nomor 1 di Indonesia untuk Jualan Online

Lazada adalah salah satu platform e-commerce yang pastinya sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kita yang akan menjalani bisnis online akan sangat memungkinkan untuk berkembang dengan bekerja sama dengan Lazada untuk memasarkan produk-produk yang akan kita jual.

Apa saja keuntungan dengan bergabung aplikasi jualan online dari Lazada ini? Berikut beberapa di antaranya:

ide jualan

  • Pendampingan penuh kepada kita sebagai seller selama 90 hari
  • Diberi akses terhadap pelanggan dengan data lengkap yang ada pada seller center
  • Akses free untuk mengikuti Komunitas Lazada Club
  • Akses gratis ke Lazada University ke platform  belajar bisnis online
  • Gratis biaya komisi selama 90 hari pertama 
  • Gratis biaya keikutsertaan program gratis ongkos kirim atau ongkir

Lumayan banyak juga ternyata keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika bergabung dengan aplikasi jualan online Lazada ini. Tunggu apa lagi, Teman-teman? Waktunya mempelajari bagaimana cara bergabung dengan Lazada dan nikmati program-program menguntungkannya agar ide jualan kita menjadi kenyataan dan berkembang bersama Lazada

Cara Mendaftar Menjadi Seller di Lazada

Mendaftar menjadi seller di Lazada bisa dilakukan dengan beberapa jalan. Media yang kita gunakan bisa di desktop maupun melalui aplikasi seller center di gawai. Untuk aplikasi di gawai juga bisa menggunakan Android atau iOS.

Untuk teman-teman yang menggunakan personal komputer atau laptop, berikut langkah-langkah untuk mendaftar seller di Lazada

  1. Masuk ke Lazada.co.id
  2. Pilih fitur 'menjadi seller'
  3. Kemudian klik 'daftar sekarang' 
  4. Kita bisa mendaftar melalui akun Gmail, Facebook, pembeli Lazada, atau masukan nomor telepon
  5. Isi form yang diminta secara lengkap dan benar
Untuk mendaftar melalui aplikasi di Android maupun iOS, berikut beberapa langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah men-download terlebih dahulu aplikasinya baik melalui Appstore maupun PlayStore  
  2. Mendaftar melalui salah satu dari akun Gmail, Facebook, nomor ponsel, akun pembeli Lazada, atau Apple ID
  3. Isi data-data yang diminta dengan lengkap dalam proses mendaftar sebagai seller Lazada

Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai seller seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan juga buku tabungan pribadi. Kalau teman-teman mendaftar atas nama perusahaan maka dokumen yang dibutuhkan antara lain Surat Izin Usaha dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Sertakan pula Buku tabungan atau rekening koran yang sesuai dengan nama perusahaan yang kita daftarkan.

Cukup mudah, ya, proses untuk mendaftar menjadi seller di Lazada ini. Setelah semua proses pendaftaran selesai, kita tinggal menunggu proses verifikasi yang hasilnya akan diinformasikan melalui email kita.

Yuk Jualan Online di Lazada!

yuk jualan online di lazada
sumber: https://www.instagram.com/lazadaclub

Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini di mana semua sendi kehidupan termasuk dalam hal jual beli sudah mulai menjadi serba digital, yang harus kita lakukan adalah beradaptasi secepat mungkin agar kita tidak tertinggal. Tidak hanya menjadi konsumen pintar yang sudah terbiasa dengan pembelian online, saatnya kita pun belajar dan naik kelas untuk bisa menjadi penjual online.

Lazada sebagai platform e-commerce nomor 1 di Indonesia membuka untuk kerja sama dengan kita yang ingin menjadi seller di Lazada dengan banyak benefit yang ditawarkan. Kita tidak akan dibiarkan begitu saja, tetapi diberi pendampingan untuk terus maju dan berkembang bersama Lazada.

Yuk jualan Online bersama Lazada untuk merealisasikan setiap ide jualan yang ada di otak kita. Jangan sampai ide jualan online hanya menjadi wacana tanpa ada gerak nyata untuk mencari cara jualan online yang cetar membahana.

Jualan online di Lazada selain dengan banyak benefit seperti pendampingan pada seller baru, kita juga bisa terus belajar dan update mengenai wawasan jualan online dan strategi dalam bisnis online di situs yukjualanonline.com. Pengalaman berselancar di situs Yuk Jualan Online banyak sekali insight yang didapatkan, seperti:

  1. Ilmu tentang seluk beluk jualan online yang disajikan dalam artikel-artikel yang selalu update
  2. Informasi tentang bagaimana cara bergabung menjadi seller di Lazada yang disajikan dalam urutan yang mudah kita ikuti
  3. Inspirasi dari seller yang sudah sukses di dunia jual beli online yang pastinya kita bisa mengambil hikmah, pelajaran, serta motivasi dari perjalanan kesuksesan mereka
Kunjungi situs Yuk Jualan Online sebagai langkah awal untuk belajar tentang jualan online, belajar dari para seller sukses dan kalau sudah yakin daftar segera di fitur Mulai Berjualan di bagian atas paling kanan. Yuk, segera bergabung dengan Lazada untuk merealisasikan ide jualan online kita agar maju dan berkembang bersama platform e-commerce nomor 1 di Indonesia.

Related Posts

63 komentar

  1. wah dapat insight baru nih terutama bagi saya yang ingin merintis bisnis yang memang perlu juga tentang mengetahui jualan online makasih kak

    BalasHapus
  2. Sekarang jualan enggak seribet dulu yang kudu punya modal besar. Sekarang ada Lazada yang mewadahi para seller buat toko dan tentu punya pelatihan untuk menjual produk yang diminati ya. Kerennn... ❤️❤️

    BalasHapus
  3. Dapet banyak informasi dan insight dari tulisan ini. Emang lagi ngembangin beberapa produk belakangan ini, untuk akhirnya dijualin. Jadi ada gambaran harus ngapain aja sebelum go digital habis baca tulisan satu ini. Thanks for sharing

    BalasHapus
  4. Rasanya skr kalo jualan tp ga ada link onlinenya, ga ada di marketplace, agak gimana gitu. Aku sendiri bisa dibilang kalo cari sesuatu udh pasti online mas. Jarang banget beli offline.

    Beli langsung di FB atau IG atau WA tapi ga berani, Krn bisa aja penipuan kan. Kalo yg model begitu aku maunya COD aja. Tapi sebisa mungkin males juga. Intinya cari dulu dari marketplace, baru kalo terpaksa cod deh 😁

    BalasHapus
  5. Wah ternyata lazada university untuk belajar jualan online. Enak ya ada pendampingannya gitu. Jadi memudahkan buat yang baru terjun untuk jualan online

    BalasHapus
  6. Artikelnya rapi dan lengkap, thanks sharingnya kak. Dengan pesatnya kemajuan teknologi sekarang, kita memang harus cepat beradaptasi. Syukurnya dengan adanya pendampingan dari lazada seller yang baru join tidak gelagapan dan bisa cepat berkembang.

    BalasHapus
  7. Baca artikel ini bikin aku sadar, ternyata sudah lama sekali aku enggak belanja di Lazada. Hehehe ... malah fokusku pada belanjanya, sedangkan ini panduan kece buat berbisnisnya.

    BalasHapus
  8. Keren dan murah dalam usaha hanya butuh toko online yg mengayomi pengusaha umkm

    BalasHapus
  9. Sebagai penjual online, aku seneng banget nih di Lazada ada program bisa masuk ke Lazada University. Bisa belajar bisnis online sambil terus menimba ilmu. Enak banget kalau begini di Lazada.

    BalasHapus
  10. Bermanfaat banget nih buat UKM yang mau terjun ke bisnis online biar usahanya makin maju

    BalasHapus
  11. Wah membuka peluang bagi semua ini dengan jualan Online bersama Lazada bisa merealisasikan setiap ide jualan yang ada di otak kita. caranya mudah dan banyak keutungannya

    BalasHapus
  12. Aku yang selama ini doyannya cuma belanja online :D, sekarang waktunya mencoba untuk belajar berbisnis.

    BalasHapus
  13. tp kata temanku yg punya lapak di lazada, gak mudah jualan di lazada, karena persaingan harga yg terkadang bikin kita 'kalah saing' karena kebanyakan org2 lbh memilih yg murah ketimbang kualitas barangnya.

    BalasHapus
  14. jualan online tuh gampang2 susah, gak boleh dianggap gampang ga boleh jg dianggap susah hehehe, memang hrs tau trik2nya, kasih promo2, plus pakai platform yg trusted jd pembeli jg nyaman

    BalasHapus
  15. Asik jadinya bisnis online ini apalagi ada pendampingan bareng Lazada, sehingga jadi bikin semangat untuk meningkatkan usaha dan mempertahankannya

    BalasHapus
  16. Iyaa kak kalo jualan online emang wajib kerjasama dengan supplier jadi tinggal promosiin aja tanpa hsrus pusing kulakan. Enak ya Lazada ga hanya asyik buat shopping tapi bisa buat jualan juga. Tambah kaya deh.

    BalasHapus
  17. Pebisnis pemula bakalan cocok nih kalo jualan di Lazada. Benefitnya banyak. Udah gitu ada panduan cara bisnis dan jualan online lewat web yuk jualan online. Cara dan persyaratannya juga nggak terlalu sulit ya.

    BalasHapus
  18. Sebenarnya, dengan adanya digitalisasi tuh, kita bisa terbantu banyak. Mau jualan online juga bisa numpang pasarnya ecommerce gitu lho. Lazada kan udah se Asia Tenggara.

    BalasHapus
  19. Tips jualan online bagi pemula ini sangat membantu ya kak
    Biar yg memulai bisnis jadi semangat

    BalasHapus
  20. Btw aku pribadi pun lebih suka belanja online daripada offline. Jadi bisa jadi peluang buka usaha online deh

    BalasHapus
  21. Gampang banget yah jualan di Lazada. Jika tak ada laptop, melalui aplikasi pun bisa. Info ini tentunya sangat menarik bagi mereka (pemula) yang ingin memulai berjualan online.

    BalasHapus
  22. Bisnis online sekarang bisa dijalani sama siapa pun ya. Karena step²nya udah dikasih bocoran juga sama lewat artikel ini, plus situs Yuk Jualan Online nya yg bisa bikin para pemula satset belajarnya.

    BalasHapus
  23. Buat para penjual pemula emang gak ada salahnya gabung dengan eCommerce, apalagi Lazada. Di Lazada ini banyak fitur atau menu yang menguntungkan. Cara gabungnya pun cukup mudah.

    BalasHapus
  24. Ternyata gampang banget ya ikut cara jualan di Lazada. Prosesnya ga ribet dan kita jg dibantu selama proses penjualan brg/jasa kita di sana. Emg UMKM ini butuh dukungan semacam ini biar bs naik kelas dan bs bersaing dgn UMKM nasional bahkan internasional.

    BalasHapus
  25. Jualan online saat ini punya peluang yang bagus. Cukup banyak yang bergabung untuk menjalankan usaha mereka untuk jualan online. Termasuk tetangga.

    Menjalankan usaha tetap harus hati-hat juga dalam mengambil keputusan saat mulai. Seperti dalam memilih E-Commerce. Carilah yang menyediakan proses yang mudaj dan memberikan banyak keuntungan bagi usaha yang kita jalankan

    BalasHapus
  26. Jualan online saat ini jadi pilihan untuk yang sedang emncari bisnis tambahan dari rumah. Lazada bisa jadi salah satu pilihan ecommerce yang bisa dicoba untuk yang baru mau memulai jualan karena memiliki program yang menarik untuk seller.

    BalasHapus
  27. Ok, ini nih tips yang kucari buat jualan online, bingung nih sekarang di rumah ngapain ya biar dapat cuan tapi masih gak paham jualan online kayak gimana, di artikel ini jadi paham beberapa tips yang bisa dipake

    BalasHapus
  28. platform e-commerce membantu banget sih dalam jualan apalagi di zaman sekarang yang serba digital. konsumen juga bahkan udah banyak yang beralih beli online ketimbang offline, karena lebih efisien dan murah

    BalasHapus
  29. kalau punya toko, sebaiknya buka toko online nya juga. bisa daftar ke ecommerce atau marketplace. ini akan membuka peluang dan kesempatan agar produk kita dikenal lebih banyak orang.

    BalasHapus
  30. aku udah akses yukjualanonline juga dan banyak banget artikel yang bagus bisa bantu pelaku usaha cari ide atau ilmu

    BalasHapus
  31. Sebenernya mencari supplier ini gak mudah yaa..
    Tapi begitu dapat apalagi dari tangan pertama, maka bisa menetapkan harga yang terjangkau. Jualan online di Lazada kini menjadi pilihan karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan serta menjangkau lebih luas buyer yang membutuhkan.

    BalasHapus
  32. Nice info ka, kebetulan saya juga usaha kecil-kecilan. Ada di ig saya coba buka DFMacs, barangkali berminat buat order makaroninya. Ada juga mie lidi loh. Maap jadi numpang promosi, Hehe

    BalasHapus
  33. Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha ya, Kak. Jualan online memang nggak simsalabim langsung bikin kaya raya, tapi juga bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, termasuk oleh yang bermodal kecil.

    BalasHapus
  34. Mantap Gus. Sekarang jualan enggak seribet dulu yang kudu punya modal besar.

    Sekarang ada Lazada yang mewadahi para seller buat toko dan tentu punya pelatihan untuk menjual produk yang diminati. Sama kaya toko2 sebelah ini

    BalasHapus
  35. Dengan adanya Lazada, penjual yang belum berpengalaman pun bisa menjajakan berbagai produk unggulannya dan bersaing dengan yang sudah berpengalaman

    BalasHapus
  36. Jaman sekarang, semua orang bisa berjualan online. Semua orang bisa berbisnis, dengan modal minim sekalipun. Tapi tetap harus pandai memilih marketplace yang tepat agar jualannya lancar jaya. Lazada tentu jadi pilihan yang baik

    BalasHapus
  37. Makasih infonya. Saya juga jualan tapi jarang laku neh... Semoga ini bisa membantu

    BalasHapus
  38. Jualan sekarang jadi lebih mudah ya, gak perlu ngumpulin uang byk buat sewa tempat. Tinggal memupuk kemauan dan keberanian untuk berjualan aj sih yess....

    BalasHapus
  39. Ternyata mudah banget yah. Saya dulu pernah berjualan juga tapi via Instagram aja. Jadi pengen coba transaksi di Lazada

    BalasHapus
  40. Betul sekali kak Lumayan banyak ternyata keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika bergabung dengan aplikasi jualan online Lazada ini

    BalasHapus
  41. Sangat tertarik untuk berjualan lewat Lazada, selain marketplace populer seperti Tokopedia dan Shopee

    BalasHapus
  42. Aku tu jarang belanja di Lazada, ternyata sudah ada aplikasinya ya selakin website-nya. Keren banget ternyata kalau jadi seller di Lazada juga menerima pendampingan di awal serta memperoleh tips jualan ya. Sangat membantu seller pemula nih. TFS infonya.

    BalasHapus
  43. Wahh hadirnya lazada seperti ini membantu banget buat kita yang pengen buka usaha tapi belum memiliki toko secara fisik. Bahkan bagi kita yang belum punya produk pun bisa langsung jualan.

    BalasHapus
  44. Banyak fitur lazada yang membantu dalam mengembangkan bisnis. Jadi omzet bisa lebih dimaksimalkan!

    BalasHapus
  45. Menjalankan sebuah usaha memang tidak mudah, tapi ada yang menarik ya pak. Yaitu berjualan online yang pastinya wajib dijalankan dengan ilmu yang tepat. Untung ada Lazada yang support banget untuk para penjual pemula, banyak benefit dan kemudahan yang bikin makin cuan.

    BalasHapus
  46. batapa enaknya dunia digital ya, semua dimudahkan terutama yang pengen cari cuan sambil rebahan..tinggal menata niat dan kemauan untuk belajar apalagi sekarang ada yuk jualan online

    BalasHapus
  47. Teknologi digital telah mengubah semua sendi kehidupan masyarakat, termasuk belanja. Sekarang kalau gak pernah belanja online, rasanya ketinggalan jaman banget ya... Apalagi sekarang ada belanja live yang kadang dibutuhkan buat hiburan juga.... bravo para pejuang streamer....

    BalasHapus
  48. Aku setuju sih, jualan online zaman sekarang memang perlu kolaborasi biar sukses. Kayak kolaborasi jualan di platform eCommerce Lazada misalnya. Sellernya bener-benter diperhatikan dan dibekali ilmu buat jualan online

    BalasHapus
  49. Menarik nih Lazada, perhatian ya mereka sama sellernya, tadi sempat buka juga IGnya, mereka bantu promoin juga, duh senangnya diperhatikan sama Lazada

    BalasHapus
  50. Ketampar banget sama ide jualan yang baiknya direalisasikan. Btw, Lazada keren nih penawaran kerjasamanya!

    BalasHapus
  51. Tips yang keren banget buat diaplikasikan..khususnya buat pemula terlebih jualan online menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan jaman now

    BalasHapus
  52. tipsnya keren pak, sudah bukan jamannya nganggur karena ga punya modal, dengan modal minim pun sebenarnya sekarang sudah bisa jualan online.

    BalasHapus
  53. Saya merasa sudah pada tahap mahir dalam berbelanja online. Seharusnya, sekarang mulai mempertimbangkan untuk naik kelas menjadi penjual. Apalagi Lazada menyediakan wadah untuk belajar dan pendampingan untuk belajar berjualan online.

    BalasHapus
  54. Sudah waktunya menghasilkan cuan dari bisnis, bukan cuma ngabisin cuan aja, hehe..

    BalasHapus
  55. dalam memulai bisnis emang penting banget lho menjalin kerja sama yang baik dengan supplier atau vendor. Mereka adalah salah satu support system penting dalam bisnis kita. Nah kalau mau jualan online yang mudah dan banyak untungnya ya di Lazada. Yuklah kita semangat jualan online

    BalasHapus
  56. sudah banyak kemudahan untuk seller berjualan online ya termasuk lewat lazada ini, sayang banget kalo ga dimanfaatkan.

    BalasHapus
  57. Sekarang saya masih tahap profesional di bidang pembelian, melihat tips dan keunggulan jualan online di lazada jd tertarik untuk memulai jualan deh

    BalasHapus
  58. sip nih tipsnya. nanti malam saya akan merenung dulu memikirkan apa yang mau saya jual dan nama brand yang menggambarkan jualannya. Setelah itu cuzz daftar lazada untuk mengamankan lapak

    BalasHapus
  59. jualan lewat ecommerce tuh emang jalan ninja banget buat para pemula, apalagi di lazada yang cara daftar nya mudah dan ga pake ribet ya pak

    BalasHapus
  60. untuk pendampingannya lama juga ya pak?, sampai 90 hari kalau gabung di seller lazada. Situs yuk jualan online ini solutif buat para pebisnis era digital

    BalasHapus
  61. wishlist aku pengen punya brand sendiri, terus daftar ke ecommerce ternama.
    gabung di Lazada sepertinya jalan yang bagus untuk mengembangkan brand kita ya, disamping itu seller juga bisa mendapatkan bimbingan dari mentor mentor yang sudah pro

    BalasHapus
  62. Bisnis online makin mudah dengan adanya Lazada. Apalagi cara daftarnya mudah banget. Cukup dengan 3 langkah bisa dapat pendampingan, dapat bonus juga

    BalasHapus
  63. Mau jualan online gak usah bingung ya pak, tinggal daftar jadi seller Lazada juga gak ribet.

    BalasHapus

Posting Komentar