Menikmati Buku Dengan Cara Baru Bersama Aplikasi Audiobook Storytel

60 komentar

Storytel


"Semenjak mengenal aplikasi audiobook Storytel, menikmati buku menjadi sesuatu yang baru. Bagaimana tidak, ragam buku best seller bisa kita dengarkan di layanan audiobook kekinian ini".

Itulah kira-kira kesan pertama mengenal aplikasi audio book Storytel. Kini, menjelajah dunia literasi semakin berwarna dengan kehadirannya.

Sebagai orang yang tertarik dengan dunia literasi, buku seakan menjadi salah satu kawan terbaik. Apalagi bekerja sebagai seorang pengajar, sepertinya meng-up date ilmu pengetahuan dan informasi-informasi terbaru menjadi suatu keharusan, agar ketika berdiri di depan kelas, kita tidak akan kaku menyampaikan materi pelajaran, bahkan sebaliknya, bisa memperkuatnya dengan pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan.

Dunia literasi sejatinya menjadi dunia yang tak terpisahkan dari kita. membaca, menulis, mendengarkan, dan menggali informasi dengan seksama harus menjadi sebuah kewajiban agar kita terhindar dari paparan hoaks yang semakin merajalela.

Sayangnya kita memang berada di negeri di mana orang-orang sangat mudah terprovokasi dengan informasi yang belum jelas kebenarannya, menunjukkan betapa lemahnya dalam hal kemampuan berliterasi. Survei dari Program for International Student Assessment (PISA) yang kemudian dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019 menyatakan bahwa Indonesia berada pada urutan ke 62 dalam hal literasi dari 70 negara yang di survei. Miris.

Kondisi seperti ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Pemerintah harus bekerja sama dengan semua stakeholder yang berkaitan agar rakyat Indonesia melek literasi.

Lalu, apa itu Storytel? Storytel adalah platform dan aplikasi audiobook yang hadir di Indonesia untuk memberi pengalaman menikmati buku dengan cara menyenangkan, sehingga perluasan wawasan dan pengetahuan dapat kita raih dengan mudah.

Storytel yang telah hadir di beberapa negara Asia, kini hadir membawa warna baru di dunia literasi Indonesia. Dengan segala keunggulannya, Storytel bisa dinikmati segala lapisan usia, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa.

Hal-hal Menarik Tentang Aplikasi Audiobook Storytel

Baru beberapa hari men-download Storytel di gawai dan mempelajari fitur-fitur yang ada di dalam audiobook Indonesia ini, semakin jatuh cinta saja dengan kelengkapan-kelengkapan yang ada di dalamnya.

Rekomendasi Buku Yang Melimpah

Storytel mempunyai lebih dari 150.000 judul buku, mulai dari lokal sampai internasional, semuanya lengkap. Buku best seller? jangan ditanya, semuanya ada. Jadi betah deh lama-lama mendengarkan banyaknya rekomendasi buku dari audiobook asal Swedia ini.

Beberapa judul buku best seller yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penikmat buku yang bisa kita dengarkan di Audiobook Indonesia ini, seperti:

  • Harry Potter Audiobook karya J.K Rowling

  • Game of Thrones karya George RR Martin

  • Sapiens karya Yuval Noah Harari

  • Hunger Games karya Suzanne Collins

  • Mariposa karya Luluk HF

  • Dilan karya Pidi Baiq

  • Divortiare karya karya Ika Natassa

  • Selamat Tinggal karya Tere Liye

  • Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi

  • Dan lainnya

Genre Buku Yang Variatif

Saya termasuk orang yang melahap segala jenis buku, mulai dari komik, novel fiksi, sampai buku personal development pun masuk. Nah, di Storytel ini kita akan merasa sangat dimanjakan dengan banyaknya ragam dan jenis rekomendasi buku yang tersedia, mulai dari buku Fantasi seperti Harry Potter Audiobook sampai adventures seperti Game of Thrones, Hunger Games, semuanya ada. Bahkan buku yang menceritakan tentang sejarah umat manusia mulai dari zaman pra sejarah sampai prediksi kepunahannya di buku Sapiens karya Yuval Noah Harari juga tersedia.

Anak-anak muda penyuka novel fiksi pastinya akan sangat menikmati untuk mendengarkan rekomendasi buku Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, dan judul-judul lainnya dengan cara baru dan menyenangkan 

Bisa Dinikmati Secara Online Maupun Offline

Rekomendasi Buku

Setelah mendownload aplikasi Storytel di handphone, tinggal dengarkan deh judul buku-buku favorit kita sepuasnya. Saya sendiri sedang asyik mendengarkan kisah Negeri Lima Menara. Walaupun sudah menonton versi filmnya, mendengarkan cerita perjuangan lima sahabat versi audiobook-nya membuat imajinasi kita lebih hidup ternyata.

Kalau pas kebetulan tak ada kuota?. Tenang, kita tinggal download bukunya secara offline dan lanjut menikmati bukunya tanpa worry.

Fitur-fiturnya Sangat Membantu 

Storytel dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membantu kita berselancar di dalamnya. Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi audiobook Indonesia ini di antaranya adalah:

  • Beranda. Menampilkan layar utama secara umum dari Storytel. Di laman beranda ini banyak rekomendasi buku yang ditawarkan untuk kita, mulai dari best seller Indonesia, best seller dalam Bahasa Inggris, judul-judul buku pilihan editor, buku anak-anak, Biografi, Petualangan dan Fantasi, sampai informasi tentang buku-buku yang akan segera hadir di Storytel

  • Cari. Dalam fitur cari, kita akan sangat terbantu untuk mencari judul-judul buku yang sudah kita impikan. Jika belum mempunyai buku khusus yang kita cari, di laman cari ini akan juga disediakan rekomendasi beberapa genre buku yang bisa kita pertimbangkan seperti romansa, fiksi, personal development, young adult, non fiksi, buku Indonesia, dan juga seri populer.

  • Rak Buku. Fitur rak buku berfungsi untuk mengumpulkan daftar buku yang ingin kita dengarkan. Jadi, pas selesai atau tamat dengan satu buku, kita tinggal klik fitur rak buku dan lanjut ke judul buku selanjutnya yang sudah ada di daftar

  • Profil. Di fitur ini tersimpan data-data yang kita sudah kita isi, terutama nama kita dan juga foto profil yang kita simpan di sana

Baca Buku Online

Kualitas Suaranya Mantap

Audiobook Storytel didukung oleh suara-suara dari narator yang berpengalaman dan juga public figure ternama. Mendengarkan aplikasi yang telah digunakan oleh 340 juta orang di Asia Pasifik ini akan semakin membuat ceritanya semakin hidup dan membuat imajinasi kita semakin terasa nyata.

Telah Banyak Digunakan di Banyak Negara

Tren mendengarkan buku saat ini memang sedang populer. Terbukti, Storytel sendiri telah banyak digunakan di beberapa negara. Di Asia, Storytel sudah lebih dulu hadir di India, Singapura, Thailand, dan juga Korea Selatan dan telah menjangkau 340 juta pengguna di kawasan Asia Pasifik.

Harga Terjangkau

Dengan hanya membayar Rp 39.000,- per bulan, kita bisa menikmati layanan audiobook Storytel sepuasnya. Jika masih ragu-ragu, kita bisa mencoba selama 7 hari secara gratis masa uji coba penggunaan Storytel ini. 

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Audiobook Storytel

Yang menarik dari pengalaman menggunakan aplikasi Storytel ini bagi saya adalah Storytel bisa dinikmati di mana saja dan kapan saja. Tak ada waktu yang terbuang sia-sia, sembari perjalanan ke tempat kerja pun kita masih bisa menimba ilmu dan informasi dari buku-buku non fiksi yang didengarkan.

Novel Fiksi

Dari buku fiksi, saya sendiri sedang menikmati mendengarkan Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Novel yang menceritakan tentang persahabatan. Tentang sosok Alif dari Minangkabau yang belajar mondok di pesantren tanah Jawa, tepatnya di Jawa Timur.

Di pesantren ia bertemu dengan santri-santri dari berbagai pelosok nusantara yang beberapa di antaranya menjadi sahabat. Ada Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Madura, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa.

Yang unik dari persahabatan lima santri ini, mereka bercita-cita untuk melanglang buana ke negara impian masing-masing suatu saat ini jika sudah lulus dari pesantren. Menarik sekali mendengar narasi cerita ini, bagaimana sosok muda ini memperjuangkan cita-cita dan mimpi masing-masing sampai tercapai.

Kesimpulan

Kenyamanan seseorang menikmati buku berbeda-beda. Ada yang memilih buku fisik, ataupun baca buku online. Keduanya menarik dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Storytel hadir sebagai platform audiobook dan juga sebagai aplikasi baca buku online yang bisa memperkaya khazanah dalam menyelami dunia literasi. Dengan hadirnya Storytel kita bisa tahu bahwa dunia literasi sangat menyenangkan dengan berbagai pilihan cara untuk menikmatinya.

Yuk, download aplikasi audiobook Storytel, baik di android maupun iOS.
Nikmati pengalaman baru dalam menikmati dunia literasi yang pastinya menyenangkan, memperluas pengetahuan dan menambah wawasan dengan aplikasi audiobook Storytel. Semoga dengan banyaknya yang terjun di dunia literasi, kita terbebas dari stigma negeri yang tidak melek membaca.

Related Posts

60 komentar

  1. Wah, terimakasih telah mengenalkan aplikasi storytel ini, sepertinya bagus.. tapi harus berlangganan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Pak. 1 bulan harganya cuma 39.000. Kalau mau mencoba, ada gratis 7 hari pertama

      Hapus
  2. Sudah dari pekan lalu kepengin install storytel tapi kedistrak mulu, gara-gara baca review mas yonal jadi inget lagi. Buru-buru deh install. Ga sabar pengin milih-milih dan denger audiobook nya

    Purnama Indah

    BalasHapus
  3. Menikmati buku jaman now ya, kak
    Menarik banget ini sambil ngerjain yang lain, novel favorit juga jalan terus di kuping
    Sama-sama jalan jadinya. Udah gitu suara naratornya bawain cerita bagus-bagus, intonasinya pas, bikin kita berimajinasi ngebayangin suasana yang diceritakan

    BalasHapus
  4. Aplikasi yang bagus sih, buat ibuk ibuk kayak saya, bisa momong bocah sambil dengerin buku, hihi

    BalasHapus
  5. Senangnya hifup di dunia digital seperti ini ya mbak
    Semua jadi makin mudah, termasuk membaca buku
    Bisa dgn aplikasi audiobook Storytel ini

    BalasHapus
  6. Woowww ada game of thrones juga!! Aku suka banget sama serialnya tapi nggak bisa nemuin bukunya yang berbahasa indonesia di mana-mana.. Baca lewat audio book di sini aja ya..

    BalasHapus
  7. Aku baru pertama banget inii kenal audiobook. Bisaan banget yaa idenya storytel ini. Mau instal jg ahh buat anakku hehehe. Dia suka banget dengerin dongeng soalnya sampe Cape yg bacain wkwkwkwk

    BalasHapus
  8. Ini sih namanya membaca di era milenial yang serba digital. Rekomendasi buku yang disediakan kece semua, plus ditambah suara pembacanya yang bisa nganterin tidur. Berasa didongengin yah kka

    BalasHapus
  9. Cara asik banget ini buat tambah wawasan baca buku dengan storytel.
    Apalagi tersedia e-booknya juga ya, jadi bisa dapat double manfaat

    BalasHapus
  10. Haha sama juga mbak. Tinggal setel ini buat anak ibunya bisa tinggal masak wkwkk

    BalasHapus
  11. cocok banget buat saya yang suka traveling dan suka baca buku, ga perlu lagi bawa buku hardcopynya, cukup dengarkan dari audiobook ini

    BalasHapus
  12. Mas, aku juga baru ngerasain enaknya dengerin audiobook. Apalagi pilihan bukunya banyak genrenya jadi makin bisa milih buku yang cocok dan sesuai selera. Negeri lima menara juga aku nonton filmnya aja nih baca bukunya justru belum. Masukin list ah di Storytelku.

    BalasHapus
  13. Aplikasinya keren banget jadi mupeng download terus dengerin cerita sambil momong anak. 🤭

    BalasHapus
  14. Aku kira nggak ada novel yang ceritanya ringan gitu. Ternyata pas aku download ada banyak novel yang kusuka. Duh. Berasa didongengin aku. Seneng deh.

    BalasHapus

  15. Seru banget ya punya storytel. Bisa pilih banyak bacaan tanpa harus capek baca. Ada mode anak nya juga. Jadi makin yakin untuk download

    BalasHapus
  16. Jika biasanya kita baca buku novel yang identik dengan buku yang tebal, kini Jadi lebih simpel dan praktis dengan hanya mendengarkan melalui audiobook di Storytel

    BalasHapus
  17. jadi penasaran sama aplikasi storytel, cuss download ini mah

    BalasHapus
  18. Wowww mantul banget ini Storytel karena punya lebih dari 150.000 judul buku, mulai dari lokal sampai internasional, semuanya lengkap. Puas banget deh ini ya.

    BalasHapus
  19. Bener banger Mas. Mau menikmati buku dengan cara baru dan menyenangkan, Storytel ini jawabannya. Asik bangetlah mendengarkan buku lewat Storytel. Apalagi banyak pilihan buku best sellernya yang menarik dan dinarasikan oleh narator yang punya kualitas suara oke sehingga enak didengar

    BalasHapus
  20. klo lagi perjalanan atau mau susah sinyal, bisa download audiobooknya dulu nih yaa, jadi enak bisa dengerin versi offline nya, bisa dengerin dimanapun, kapanpun deh

    BalasHapus
  21. kayaknya selamat tinggal tere liye aku belum pernah baca deh, menarik ni mau coba dengar menggunakan storytel

    BalasHapus
  22. platform audiobook ini yang dinanti-nanti.
    Kemarin temenku uda promo, katanya ia jadi produktif sekali saat bisa mendengar audiobook. Aku gak percaya dan semakin jatuh cinta dengan Storytel karena banyak juga koleksi buku novel fiksi populernya. Dari yang bahasa Inggris sampai bahasa Indonesia. Mantap!

    BalasHapus
  23. Menarik sekali genre bukunya. Kalau begini mah udah gak repot bawa2 buku fisik lagi. Saya sering uring-uringan sendiri kalau bepergian gak bisa bawa buku karena bawaan udah banyak. Tapi dengan Storytel, mau baca apa saja cukup dari 1 gadget aja.

    BalasHapus
  24. Ini benar-benar baru buat saya...rasa nak cuba selepas ini

    BalasHapus
  25. Waaaah keren ini mensrik sekali genre bukunya. Enggak perlu khawatir ya kalau pindah pindah dinas kerja, bisa dibawa dengan mudah gak perlu makan tempat. Cukup dengan storytel aja

    BalasHapus
  26. Kayaknya seru juga nih dicoba, kalau buat jadi naratornya nggak ada platformnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba langsung melamar ke Storytel Indonesia saja, Bu Rita, buat jadi naratornya

      Hapus
  27. Menarik aplikasinya, jd pingin coba donlot. Tapi menurut sy jd kurang mendukung gerakan membaca ya. Generasi skrg yg males baca jd terfasilitasi hehe..

    BalasHapus
  28. Jujur belom permab cobain karena baca buku masih jadi me time terbaik. Tp mungkin bakaln nyoba sig siapa tahu lebih menarik 😁

    BalasHapus
  29. Menarik, ya, ada buku anaknya juga. Jadi makin penasaran sih sama aplikasinya

    BalasHapus
  30. Wahhh keren nih atorytel. Ada buku best seller juga. Cara baru untuk menikmati isi buku ya. Menarik.

    BalasHapus
  31. bagus juga inovasi yang muncul, kita tinggal mendengarkan saja, namun sensasinya menikmatinya tergantung masing-masing orang.

    BalasHapus
  32. Tertarik dengan storytel audio ini soal.y kalau lagi naik kendaraan kadang gabut tapi nggak nyaman kalu baca

    BalasHapus
  33. Auto langsung download sih ini mah. Mkasih loh infonya..biar banyak buku yang bisa aku nikmatin sambil kerja hehe...

    BalasHapus
  34. Akhirnya setelah sekian puluh tahun, bisa juga menikmati audiobook.
    Kali ini dengan Storytel. Banyak buku best seller ya

    BalasHapus
  35. Ini baru keren, bisa di akses secara offline. Cocok saat kondisi listrik padam

    BalasHapus
  36. Keren banget aplikasi storytel ino, cocok untuk yg ingin mengetahui isi sebuah buku via audio

    BalasHapus
  37. Wajib punya ini. Setelah iPusnas jarang dibaca karena katerbatasan waktu membaca dan peminjaman. Kalau audio book kayaknya bisa jadi solusi keterbatasan waktu itu. Mau tidur bisa sambil dengerin cerita.

    BalasHapus
  38. Bagus nieh aplikasinya, aku pengen donlot eh tapi kudu langgaan ya ..apa setelah trial 7 hari itu kemudian harus langsung langganan Pak? pengen banget nyobain audiobook Storytel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah ujia coba 7 hari, boleh dilanjutkan boleh tidak. Tapi sayang kalau tidak dilanjutkan, buku-buku best seller lainnya sudah menunggu untuk didengarkan

      Hapus
  39. Wah inovasi baru menikmati buku, pecinta literasi kudu donlot nih. Pingin donlot juga ah .. Makasoh infonya pak yonal.

    BalasHapus
  40. Waah asyik banget, ada bukunya Tere Liye sama A Fuadi. Jadi penasaran pengen coba download dan menikmati buku pakai storytel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pingin ndang donlot udah lama nggak belanja buku, biar baca lewat sini aja ..

      Hapus
  41. Wah, asyik dan bakalan bikin nagih nih Storytel. Auto instal nih app nya. Makasih ya Pak Yonal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak, ternyata trial nya cuman 7 hari ya... Selanjutnya harus berbayar ya... Tapi ini inovasi baru ya... Bisa merangsang habis baca nih

      Hapus
  42. Jadi pengen ikutan dengerin cerita versi audiobook gini jugaaa..
    Sama kayak di dongeng gitu nggak sihh?? Takutnya sangking dibuat nyaman,malah auto ketiduran pas dengerin nya wkwkwk

    BalasHapus
  43. saya juga pakai aplikasi audiobook ini, useful banget kalau pas lagi traveling ga perlu bawa buku jadi bisa langsung dengerin sambil melihat pemandangan kalau pas di perjalanan

    BalasHapus
  44. Wow, aplikasi audiobook Storytel keren juga ya kak. Bisa dicoba inimah.

    BalasHapus
  45. Semoga kehadiran aplikasi Storytel ini bisa meningkatkan tingkat literasi bangsa kita, apalagi di dalamnya sampai terdapat 150.000 koleksi. Makin banyak pilihan, tinggal pilih yang sesuai

    BalasHapus
  46. Bagi yg sibuk dan tak sempat, kini dengan hadirnya Storytel jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca ya pak, apalagi ada fitur audionya. Sa

    BalasHapus
  47. Kalau untuk anak-anak aplikasi ini apakah juga friendly? Atau khusus remaja dan dewasa saja Pak?

    BalasHapus
  48. Aku senang banget ada aplikasi storytel ini, jadi membaca buku itu ada cara lainnya yaitu dengan cara mendengarkan, alias kita seperti dibacain buku ya. Jadi angen masa kecil yang selalu dibacain buku sebelum tidur hihi.

    BalasHapus
  49. Seru bgt ya pake storytel, penasaran mau pake buat buku harry Potter, katanya dubbernya para pemain aslinya yaa

    BalasHapus
  50. wih alikasinya bagus banget, kyaknya harus coba deh. baru tahu juga sih ada aplikasi ginian, hehe makasih infonya ka

    BalasHapus
  51. Eh ini audio book bukan review buku di podcast ya, pak? beneran buku yang dalam bentuk audio gitu ya. Bisa dicoba nih, menarik!

    BalasHapus
  52. Aku juga suka dengan aplikasi ini.. Seperti dibacakan cerita dongeng nih.. Bisa mengurangi lihat layar hp jg..

    BalasHapus
  53. Wah aplikasi mrnatik buat yang pengen baca tapi suka mager. Kalau pakai Storytel berasa didongengin ya.. download aah.

    BalasHapus

Posting Komentar