Mengenal Reksadana Saham Syariah Beserta Contoh Produknya

20 komentar
reksadana saham
https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-pengusaha-pria-orang-7172856/

Saat ini banyak bermunculan produk-produk keuangan berbasis syariah, termasuk pada jenis investasi reksadana berbasis saham. Dengan adanya reksadana saham syariah para investor muslim bisa lebih tenang dalam melakukan investasi. Kehadiran reksadana berbasis saham syariah menjadi solusi bagi masyarakat di Indonesia yang sebagian besar adalah seorang muslim.

Investor muslim dapat melakukan investasi reksadana tanpa perlu takut mendapatkan imbal hasil yang bersifat riba. Sistem reksadana berbasis saham syariah cukup berbeda dengan sistem konvensional terutama pada segi pengelolaan dana. Bila kamu belum tahu apa itu reksadana saham syariah, sebaiknya kenali terlebih dahulu melalui penjelasan di bawah ini.

reksadana saham syariah
https://www.pexels.com/id-id/foto/kaya-pohon-bisnis-uang-6289031/

Mengenal Apa Itu Reksadana Saham Syariah?

Reksadana berbasis saham syariah merupakan jenis reksadana yang dikelola sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Sehingga imbal hasil yang diberikan kepada investor tidak mengandung riba karena dana kelolaan dari investor akan diinvestasikan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Bagi yang tertarik melakukan investasi di reksadana berbasis saham syariah menyimak penjelasan berikut.

1. Akad yang Digunakan

Di dalam reksadana berbasis saham syariah menggunakan prinsip-prinsip syariat Islam maka investasi yang dilakukan harus memiliki akad yang jelas. Pada reksadana berbasis saham syariah terdapat tiga akad yang biasanya digunakan produk-produk reksadana, di antaranya:
  • Akad bakal kerja sama atau yang disebut sebagai musyarakah
  • Akad sewa menyewa atau yang disebut sebagai ijrah
  • Akad bagi hasil atau yang disebut sebagai mudharabah

Tentunya berbeda dengan reksadana berbasis saham yang dikelola secara konvensional yang tidak menerapkan ketiga prinsip tersebut. Reksadana saham konvensional akan mengelola dana investor tanpa mengacu pada prinsip keagamaan.

2. Dikelola oleh Manajer Investasi Syariah

Reksadana saham syariah juga dikelola oleh manajer investasi syariah yang tentunya berbeda dengan manajer investasi konvensional. Manajer investasi syariah akan mengelola dana investor berdasarkan ketentuan OJK (Jasa Otoritas Keuangan) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah). Jadi produk reksadana syariah tidak hanya dipantau oleh OJK tapi juga akan diawasi oleh DPS.

DPS akan terjun langsung membantu manajer investasi syariah dalam memberikan arahan serta saran untuk mengembangkan produk. DPS juga bertugas memastikan manajer investasi tidak keluar dari jalur dan menjalankan bisnisnya sesuai dengan prinsip syariah Islam. Manajer investasi syariah hanya diperbolehkan menginvestasikan dana kelolaannya pada perusahaan yang menjalankan bisnis yang berlabel halal.

Maksudnya manajer investasi syariah tidak boleh memilih perusahaan yang bergerak di bidang bisnis yang menyalahi aturan agama Islam. Misalnya seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi atau distribusi minuman yang keras dan rokok, makanan non halal, perjudian, dan yang lainnya. Manajer investasi syariah hanya akan mengelola reksadana yang terdaftar di DES (Daftar Efek Syariah).

3. Pembagian Keuntungan

Reksadana saham syariah membagi keuntungan berdasarkan kesepakatan bersama dan prinsip syariat Islam yang mana tidak memberlakukan suku bunga sebagai imbal hasilnya. Berdasarkan hukum syariat Islam imbal hasil yang dihitung berdasarkan perkembangan suku bunga termasuk dalam riba yang harus dihindari.

4. Adanya Proses Penyaringan Keuntungan

Sebelum keuntungan dibagikan kepada para investor, pihak pengelola atau manajer investasi syariah akan melakukan proses penyaringan. Proses penyaringan ini bertujuan untuk melihat apakah keuntungan yang didapatkan merupakan hasil dari kegiatan yang halal atau berisiko bersifat haram. Bila terdapat keuntungan yang disinyalir berasal dari kegiatan yang berisiko besar menyalahi aturan syariat Islam. Maka keuntungan tersebut akan dipisah dan didonasikan untuk amal.

Dengan begitu imbal hasil yang diterima oleh investor murni dari kegiatan halal dan tidak mengandung unsur riba. Tentunya proses penyaringan ini tidak diterapkan pada reksadana berbasis saham konvensional yang cenderung lebih mengacu pada besaran nilai keuntungan yang didapat.

Daftar Rekomendasi Produk Reksadana Saham Terbaik Berbasis Syariah

Bagi kamu yang hendak melakukan investasi reksadana berbasis saham syariah, tapi bingung mencari produk reksadana saham terbaik yang tepat untuk dipilih. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Schroder Global Sharia Equity Fund
  2. BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD
  3. BNP Paribas Cakra Syariah USD
  4. Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS
  5. Trimegah Saham dan Obligasi Syariah

Itulah 5 rekomendasi produk reksadana saham terbaik yang dikelola dengan menganut prinsip syariah.

Investasi Reksadana Saham dengan Praktis di digibank by DBS

Sekarang kamu bisa melakukan investasi reksadana saham dengan aman dan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS bukan hanya sebagai digital banking biasa kamu bisa melakukan investasi reksadana di sana. Berikut ini beberapa kelebihan berinvestasi reksadana melalui digibank by DBS:

1. Tersedia 3 Kategori Reksadana untuk Mempermudah Investasi

Tersedia 3 kategori produk yang akan mempermudah kamu memilih Reksadana yang tepat, di antaranya kategori kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

2. Praktis karena Semua Proses Investasi Dilakukan Melalui Satu Aplikasi

Cukup melalui Aplikasi digibank by DBS kamu bisa melakukan pembelian, penjualan, switch investasi dengan lebih mudah, bahkan pendaftaran nomor SID juga bisa kamu lakukan di sana.

3. Terdapat Banyak Pilihan Produk

Tersedia lebih dari 50 produk reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

4. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Kamu bisa mulai berinvestasi reksadana di Aplikasi digibank by DBS dengan minimal modal sebesar Rp100 ribu.

5. Investasi Reksadana secara Berkala dengan Fleksibel

Kamu bisa membeli produk reksadana secara berkala setiap minggu atau setiap bulan dengan lebih fleksibel melalui Aplikasi digibank by DBS.

Segera sisihkan sebagian gajimu untuk diinvestasikan di reksadana saham melalui Aplikasi digibank by DBS. 

Kamu bisa mulai berinvestasi tanpa perlu mengumpulkan banyak uang cukup sediakan dana senilai Rp100 ribu saja.

Related Posts

20 komentar

  1. Zaman aku masih kerja di HSBC , lebih suka invest di Reksadana juga, tapi belinya dari kantor sendiri 🤣. Soalnya buat staff fee nya jauh lebih murah . Tapi dulu aku masih campur sih, ada beli yg syariah tapi ada juga yg konven. Cuma memang risk profileku sebagai investor itu lebih speculative alias high risk mas. Aku lebih suka beli sahamnya langsung yg memang return lebih tinggi tapi ofcourse risk nya juga tinggi 😁. Jadi bisa dibilang portofolio ku lebih banyak mengarah ke saham drpd Reksadana.

    Tapi reksdana cocok lah kalo utk orang2 yg ga punya waktu buat melakukan analisa, Krn semuanya dilakukan oleh fund manager.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh asli jadi ikutan tertarik buat belajar lebih banyak soal reksadana nih kak Fanny. Tadi mau komen, reksadana syariah skrg lebih banyak dan juga lebih mudah, tapi denger adakata2 lebih murah karena jadi staff wkkww jadi ikutan ngiler dan pengen komen di sini juga hihi

      Hapus
  2. kalau versi syariah ini lebih jauh dari riba ya mas
    aku gabegitu paham soal produk reksadana
    tapi bener si katanya reksadana cocok buat yang ga mau ambil ribet dibandingkan produk investasi lainnya

    BalasHapus
  3. Pilihan sekarang ini lebih banyak ya kak, apalagi syariah. Benar-benar tertarik untuk mencoba Reksadana ini

    BalasHapus
  4. saat ini aku juga lagi berinvestasi di reksadana. hitung-hitung nabung karena investasi reksadana ini lumayan kecil resikonya. gak sebesar saham.

    BalasHapus
  5. Aku baru mau belajar berinvestasi di Reksadana nih mbak
    Adavyg syariah juga ya, wah mantap nih
    Bisa dijadikan pilihan

    BalasHapus
  6. Senangnya Reksadana juga ada yang syariah, sehingga yang mau berinvestasi ini dengan sistem syariah bisa jadi pilihannya 🤩

    BalasHapus
  7. 50 produk reksadana? Wow, lumayan banyak juga ya. Kalau begini calon nasabah jadi lebih leluasa memilih produk yg paling sesuai dengan tujuan dan kondisi finansial mereka.

    BalasHapus
  8. Info gini memang harus disebarkan sih, Pak. Biar nggak jatuh terlalu lama ke sistem konven :D

    BalasHapus
  9. Aku pun tim yang masih berani main di reksadana aja nih. Pernah nyari juga beberapa reksadana syariah, pilihannya sekrang udah banyak juga ya sekrang

    BalasHapus
  10. Jadi sebelum pembagian akan ada penyaringan terlebih dahulu ya kak.
    Walau aku belum terlalu paham mengenai reksadana, tapi menarik juga nih kalau ada reksadana syariah.

    BalasHapus
  11. iya aku juga masih main mainnya di reksadana saham syariah nih, yg relatif aman-aman aja dan cenderung ijo grafiknya, hihi :))

    BalasHapus
  12. Sebagai muslim, prinsip syariah ini penting banget. Bikin hati lebih tenang, InsyaAllah. Alhamdulillah nih bisa beli reksadana saham Syariah lewat digibank. Lebih memudahkan tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya baru tahu kalau ada reksadana syariah. Lebih bagus lagi nih karena prinsipnya syariah

      Hapus
  13. 5 jenis produk reksadana syariah yang disebutkan di atas itu yang terbaik di kelasnya. Apalagi Schroders dan BNP Paribas. Produk2nya emang memiliki bagi hasil yang lbh tggi dibandingkan lainnya apalagi yang reksadana konvensional. Tapi sayang, hingga kini aku juga belum punya reksadana syariah euyyy. Mulai bsk mau beli aahhh. Jangan ditaruh di tabungan doank. Ga ada cuan ntar. Haha..

    BalasHapus
  14. kebetulan saya sedang mencari dan mempelajari tentang investasi dan salah satunya dalah reksadana, sekarang nemu ref reksadana saham syariah, nambah lagi referensinya untuk belajar soal keuangan

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu banget kalau di digibank by DBS ada produk reksadana syariah.
    Tentu lebih banyak pilihan produk yang bisa digunakan sebagai investasi masa depan untuk mengelola keuangan.

    BalasHapus
  16. banyak yang bilang kalau reksadana enak juga buat jangka pendek. aku tuh pen cobain tapi waktu itu masih bingung dan belum sempet banyak baca lagi. jadi paham sih lumayan ini, okelah kita coba

    BalasHapus
  17. Kaget saat mengetahui sekarang ada reksadana saham syariah. Ini bisa dicoba nih. Saya memang cari investasi syariah untuk mengelola finansial keluargga kami

    BalasHapus

Posting Komentar