a journey

Belajar Sabar Sampai ke Akar

6 komentar

Belajar sabar samai ke akar dalam menghadapi cobaan hidup

Dampak pandemi corona terhadap kehidupan ekonomi bangsa Indonesia belum juga berakhir, sekarang masyarakat dihadiahi resesi di penghujung tahun 2020 ini. Cobaan bertubi-tubi dalam kehidupan seperti corona dan resesi adalah dinamika yang tak akan bisa dielakkan dan pasti ada hikmah besar yang dapat kita petik ketika kita sabar melaluinya. Ya, salah satu kunci untuk bisa melalui segala masalah kehidupan adalah dengan sabar. Kata sabar sangat mudah kita lafalkan, tetapi praktiknya memang tidak segampang membalikkan telapak tangan, namun bukan berarti belajar sabar tidak bisa kita amalkan. 

Belajar Sabar

Kata sabar mempunyai makna menerima segala sesuatu yang terjadi dengan hati yang legawa. Belajar menjadi sosok yang sabar berarti dengan sepenuh hati menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan pastilah dengan izin Allah SWT.

Dalam hal manajemen emosi, Imam Ghazali membedakan manusia dalam hal kesanggupan mengendalikan diri dan nafsu dengan kesabarannya dalam tiga kategori

  • Orang yang sanggup mengalahkan hawa nafsunya dengan kesabaran yang mumpuni
  • Orang yang kalah melawan hawa nafsu, tetapi telah mencobanya, namun kesabarannya masih belum kuat 
  • Orang yang mempunyai daya tahan yang baik terhadap hawa nafsunya. ketika suatu waktu ia kalah oleh nafsunya, ia akan bangkit kembali, terus belajar tentang makna sabar, dan belajar pula mengamalkannya secara berkesinambungan.

Mengamalkan sabar biasanya terfokus pada sabar dalam menghadapi musibah, padahal ada beberapa kondisi di mana kita harus mempunyai tameng kesabaran yang kuat.

Sabar Dalam Ibadah

Kenapa ibadah harus dilaksanakan dengan sabar?. Sebenarnya bagi orang-orang yang sudah memiliki kedekatan dengan Allah , ibadah bukanlah hanya melaksanakan kewajiban, tetapi lebih dari itu, ibadah merupakan kebutuhan untuk selalu merasa berkomunikasi dengan Allah. Tetapi bagi beberapa kalangan, melaksanakan kewajiban beribadah butuh effort yang luar biasa dalam melaksanakannya karena berbanding lurus dengan godaan untuk meninggalkannya. Maka, kata kunci untuk tetap bertahan dalam melaksanakan ibadah tersebut adalah dengan senantiasa bersabar dalam menjalankannya.

Sabar Dalam Meninggalkan Maksiat

Bagi orang-orang yang baru hijrah ke dalam agama Islam, pastilah butuh usaha yang luar biasa untuk meninggalkan kehidupan negatif yang sebelumnya pernah dilakukan sebelum mengenal Islam. Godaan setan untuk kembali ke dunia kelam akan selalu merongrong kehidupannya. Setan akan menggoda dengan segala gambaran kenikmatan dan keasyikan maksiat pada benak dan pikiran.

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam menghindari perbuatan maksiat tersebut, disertai perjuangan yang memang tidak gampang.

Sabar Dalam Menghadapi Musibah

Dampak corona pada dunia perekonomian semakin terasa seiring belum tampaknya ketiadaan pandemi ini. Pemutusan hubungan kerja besar-besaran pada segala bidang usaha sektor barang maupun jasa banyak dialami oleh sebagian masyarakat.

Andai musibah seperti itu tidak dihadapi dengan kesabaran maka niscaya akan semakin banyak masyarakat yang stres menghadapi keadaan ekonomi yang tidak stabil seperti itu. Tetapi dengan belajar sabar, kita akan bangkit dan mencari alternatif solusi untuk memecahkan masalah.

Allah menjanjikan kebahagiaan bagi siapa saja yang dengan sepenuh hati belajar sekuat tenaga untuk mengamalkan kesabaran dalam hidup. Janji Allah termaktub dalam Quran surat al-Baqarah ayat 154

Dan berikan kabar gembira kepada orang yang sabar. yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah kepada mereka, mereka akan mengatakan: sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada Allah kami akan kembali.

 

Buah Kesabaran

Orang yang sabar Allah janjikan akan disertai-Nya dalam kehidupan. Maka apa yang lebih nikmat dari pada kehidupan yang diridai dan disertai oleh Sang Pencipta alam semesta raya ini. Dengan keyakinan tersebut, maka orang sabar akan memiliki jiwa yang kuat dan tahan uji dalam menghadapi ujian dan dinamika hidup.

Kesabaran akan membawa manusia pada kehidupan yang dicintai oleh Allah SWT, karena telah menjalankan misi hidup sesuai apa yang diarahkan al-Quran sebagai petunjuk hidup dari Allah. terakhir, sabar akan membawa pada kehidupan yang tenang, tidak akan terguncang oleh apapun cobaan hidup, karena sudah merasa rida dengan ketentuan dari Tuhannya.

Allah rida terhadap mereka, dan mereka pun rida kepada-Nya. Yang demikian itu adalah balasan bagi orang yang takut kepada Tuhannya . (Q.S. Albayyinah: 8)

Semoga kita termasuk orang-orang yang terus belajar sabar hingga Allah karuniakan kesabaran yang tiada batas dalam hidup yang akhirnya akan berbuah rida-Nya. Amin.



Related Posts

6 komentar

  1. Sabar, mudah di ucapkan, sulit di lakukan hihi

    BalasHapus
  2. Setuju, Kak..
    tp kayaknya bukan cuma sabar aja sih yg mudah diucapkan dan sulit dilakukan..
    semua hal sama aja..
    ngomong doang gampang..

    BalasHapus
  3. Setuju ... sabarlah dalam.hal apapun ...

    BalasHapus
  4. Innallaaha ma'asshabiriin, betul adanya. Bersabar dalam hal apapun, salah satu kunci keberhasilan. Meskipun ya itu, lima kata yang tidak mudah untuk dilakukan.

    BalasHapus
  5. Masyaallah, masyaallah sabar itu memang suatu yang butuh effort besar. Apalagi emak2 sepertiku, semoga Allah mudahkan dan memberikan kesabaran seluas samudra untukku, aamin...

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah Baarokallah....
    Tulisan yang bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email