a journey

Melangitkan Batik Dengan Kearifan Bumi

Posting Komentar

 

melangitkan batik

2 Oktober yang dijadikan Hari Batik Nasional adalah hasil perjalanan panjang Indonesia agar batik diakui sebagai Intangibel Cultural Heritage (ICH), atau warisan budaya tak benda oleh badan PBB, UNESCO. Usaha ini juga sebagai penanda keabsahan batik sebagai warisan leluhur Indonesia, pasalnya batik beberapa kali pernah diklaim sebagai warisan budaya negara tetangga kita, Malaysia.


Proud With Batik

Batik yang banyak diproduksi oleh berbagai wilayah di Indonesia, nyatanya juga menyimpan kearifan yang sangat menarik. Biasanya setiap wilayah mempunyai corak khas, disertai filosofis yang menyertainya. Seperti motif tambal dari Yogyakarta. Tambal, dalam bahasa Jawa memiliki arti menambal, maksudnya, dalam hidupnya manusia arus selalu berbenah dan memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik secara lahir maupun batin.

Dengan kesederhanaannya, kini batik dikenal luas oleh seluruh dunia, bahkan beberapa public figure kenamaan dunia tak ragu untuk tampil menawan dalam balutan batik sebagai outfit-nya. Pada zaman era Soeharto, batik pernah sangat baik direpresentasikan ketika dipakai oleh Nelson Mandela.

Sumber Foto: Portal Jember-Pikiran Rakyat

Batik Go Internasional

Barack Obama juga beberapa kali menggunakan batik dalam lawatannya ke Indonesia, apalagi ia yang pernah menetap di Jakarta sewaktu masa kecilnya, menganggap batik adalah salah satu bagian dalam sejarah hidupnya. Tak kalah, bos Microsoft Bill Gates terlihat tetap menawan mengenakan baju batik warna keemasan di acara Presidential Lecture, Jakarta pada tahun 2008. ketika itu ia memberi kuliah umum di hall Jakarta Convention Center (JCC) dengan membawakan presentasi mengenai 'Second Digital Decade'.

Lain lagi di dunia entertainment, Jesica Alba –pemain Fantastic Four- pernah menggunakan Batik parang yang sangat familier di Indonesia, ia tertangkap kamera menggunakan batik di acara Fourth Annual Fashion Forward Luncheon 2004. Artis Korea Siwon Choi pun tak ketinggalan memperlihatkan kecintaannya dengan batik ketika berlibur di Bali, ia tak canggung menggunakan batik ketika mengunjungi pantai.

Jika para pesohor dunia saja dengan bangga menggunakan batik, maka pantaslah kita pun sebagai warga negara Indonesia, harus bangga dan ikut serta dalam melestarikan batik sebagai warisan leluhur.


Mari Pakai Batik

Mari gunakan batik sebagai identitas budaya kita, karena dalam setiap kain mempunyai cerita, setiap motif terdapat makna dan setiap warna terkandung sebuah lambang.

Bangga menjadi Indonesia, Bangga Melestarikan Budaya Indonesia, Bangga Menggunakan Batik Indonesia.


Referensi:
winnetnews.com
phinemo.com
inibaru.id
batikcity.com

 


Related Posts

Posting Komentar