Membumikan Olah Raga Sunah

2 komentar

Ramadhan di rumah saja bukan tak berarti tak berbuat apa-apa, mari tetap berdaya untuk kita dan keluarga. Penuhi hak tubuh kita untuk tetap sehat selama Ramadhan, salah satunya dengan olah raga.
Olah raga yang kita pilih sebaiknya menyesuaikan dengan kemampuan tubuh kita. Ada yang tetap nyaman dengan olah raga yang memerlukan energi banyak, ada pula yang memilih olah raga ringan, menghindari efek dehidrasi, menyesuaikan dengan kurangnya cairan di tubuh selama Ramadhan.
Salah satu rekomendasi olah raga di bulan Ramadhan adalah memanah, tidak terlalu menguras tenaga, walau tak bisa di sebut olah raga ringan pula. Memanah mempunyai banyak manfaat, diantaranya dapat melatih fokus, tingkat konsentrasi, ketajaman bidikan dan kekuatan otot-otot.
Masalah pertama untuk memanah adalah set perangkat memanah termasuk mahal, maka menabunglah!. Toh  kita tak akan merugi untuk berinvestasi dalam memasyarakatkan olah raga yang disunahkan nabi ini.
Selanjutnya adalah yang kadang dilupakan, pemanasan. Sehingga bukan badan yang bugar, tapi cedera otot dimungkinkan jika kita tidak melakukan pemanasan yang baik. Pemanasan terutama diperlukan supaya otot beradaptasi dengan tarikan string busur ketika akan melesatkan anak panah.
Namun manfaat dari memanah akan sangat terasa jika kita mengikuti semua prosedur dengan baik, dan Ramadhan tak akan dilalui tanpa sia-sia.
So, mari lesatkan anak panah dari busurnya, membumikan olah raga yang disunahkan nabi ini. semoga ramadhan ini menjadi wasilah agar tubuh kita selalu fit dan sehat.



Yonal Regen
Ayah dari qurrota a'yun; mufid, fariha, syafiq. Pengajar di Raudlotul Ulum serta volunter di filantrofi Rumah Ziswah

Related Posts

2 komentar

  1. Duh, pengen coba ih memanah. Ada rekomendasi kah kang?? Heh

    BalasHapus
  2. di selamet ada teh tempat latihan manah, di alvo archery

    BalasHapus

Posting Komentar