Nikmati 6 Festival Musim Dingin di Berbagai Negara di Asia

2 komentar

festival musim dinginsumber: pexels.com/photo/illuminated-christmas-tree-and-decoration-in-night-city-3811053/

Tinggal dua bulan lagi kita akan memasuki perayaan Natal dan libur akhir tahun yang ditunggu-tunggu hampir semua masyarakat. Di akhir tahun nanti apa kamu sudah menyiapkan rencana liburan?

Menikmati dinginnya salju sembari menyaksikan festival unik di luar negeri bisa menjadi rencana yang tepat. Terutama bagi kalian yang tidak tahan dengan cuaca panas yang melanda berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini. Kamu bisa mengajukan pinjaman kilat untuk mengikuti berbagai winter festival di beberapa negara Asia. 

Daftar Winter Festival di Berbagai Negara Asia

Festival musim dingin biasanya diselenggarakan mulai akhir bulan Desember hingga Februari. Negara-negara di Asia memiliki festival unik yang beragam termasuk saat memasuki musim dingin. Dikutip dari tripsavvy.com, berikut beberapa daftar winter festival yang ada di Asia:

● Garden of Morning Calm

Festival yang pertama rutin diselenggarakan di Korea Selatan, tepatnya di wilayah Gapyeong. Untuk pergi ke wilayah tersebut dibutuhkan satu hari perjalanan dari kota Seoul menggunakan transportasi umum.

Kota Gapyeong menjadi destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan saat datang di musim dingin. Kamu akan menyaksikan indahnya warna-warni lampu di Garden of Morning Calm. Tempat festival ini terbentang luas 330.000 meter persegi.

Dengan hiasan lampu LED sebanyak 30.000 yang digantung di atas ranting pepohonan. Festival Garden of Morning Calm biasanya diselenggarakan mulai dari bulan Desember hingga pertengahan Maret.

● Shogatsu

Setelah menikmati indahnya Garden of Morning Calm di Korea Selatan, kamu bisa mengisi libur akhir tahun dengan terbang ke Jepang untuk merayakan tahun baru. Saat tahun baru masyarakat Jepang mengadakan festival Shogatsu, yaitu salah satu perayaan/acara terbesar di Jepang.

Festival ini diselenggarakan mulai tanggal 31 Desember sampai 2 Januari. Pada tanggal tersebut banyak tempat-tempat usaha yang tutup karena merayakan acara tersebut. Mereka akan melakukan sebuah ritual yang disebut hatsumoude, yaitu mengunjungi kuil dan berdoa agar diberi kesehatan, keselamatan, dan nasib baik.

digibank KTAsumber: https://pixabay.com/photos/china-harbin-ice-tourism-festival-1980930/

● Festival Es Harbin

Festival musim dingin berikutnya berada di negara China/Tiongkok yang selalu diadakan setiap tanggal 5 Januari sampai 5 Februari. Setiap tahun ada jutaan wisatawan yang datang ke festival es terbesar di Tiongkok bagian Utara tepatnya di sebelah Sungai Songhua di wilayah Harbin.

Ketika berada di sana kamu akan menyaksikan indahnya istana dan patung es yang dihiasi lampu warna-warni. Selain menikmati keindahan panoramanya kalian juga bisa merasakan serunya berseluncur di salju. Festival ini menggunakan 260.000 meter kubik balok es yang diambil dari sungai untuk membuat patung dan istana.

Kamu pasti tidak akan bosan karena ada banyak pertunjukan unik yang wajib ditonton, salah satunya menyaksikan atraksi renang di Sungai Songhua dengan suhu air di bawah nol derajat Celcius.

● Perayaan Onde

Selain Festival es di Harbin, jangan lupa mengikuti Perayaan Onde saat berkunjung ke China saat akhir tahun nanti. Festival musim dingin ini biasanya diselenggarakan setiap tanggal 21 – 22 Desember.

Onde adalah sebuah jenis makanan tradisional khas China dan biasanya disebut ‘Tan Cik’ yang artinya ‘dingin’ dan ‘puncak’. Acara ini sebenarnya sudah ada sejak era dinasti Han pada 206 SM – 220 SM dan pada era Dinasti Song pada 1127 – 1152 M.

Perayaan Onde diselenggarakan dengan melakukan sembahyang kepada arwah leluhur dan lima unsur bumi, yakni tanah, air, api, kayu, dan logam. Belum punya tabungan untuk liburan akhir tahun nanti? Jangan khawatir kamu bisa pakai pinjaman kilat untuk mengikuti beberapa festival tadi.

● Festival Salju Sapporo

Jangan khawatir kalau kamu tidak sempat pergi liburan di akhir tahun karena kamu bisa menyaksikan festival musim dingin di Sapporo, Hokkaido, Jepang. Festival salju ini rutin diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 4 sampai 11 Februari. Acara tahunan tersebut pertama kali diselenggarakan pada tahun 1950 hingga sekarang.

Lokasinya mencakup 2 wilayah di Sapporo, yaitu di Taman Odori dan wilayah Susukino. Di Taman Odori kamu bisa menyaksikan indahnya ratusan patung es yang bersinar di tengah gelapnya malam. Sementara di wilayah Susukino terdapat patung es berukuran lebih kecil untuk menghiasi bagian lampu merah kota.

Di sana juga ada labirin salju, pertunjukan musik, ice skating, aneka street food yang memanjakan lidah. Dengan aplikasi pinjaman dana dengan limit besar kamu bisa mengunjungi berbagai festival unik di Jepang dan di negara-negara lainnya.

● Setsubun

Festival musim dingin ini juga berada di Jepang jadi jangan lupa mengikuti festival ini saat berada di sana. Saat festival Setsubun berlangsung masyarakat Jepang akan melempar kacang untuk mengusir roh-roh jahat.

Mereka akan berkumpul di kuil dan mengambil kacang kedelai yang sudah dipanggang. Kacang kedelai tersebut disebut ‘fuku mame’ yang bermakna kacang keberuntungan. Mereka akan melempar fuku mame sembari berteriak ‘Oni-wa-soto’ (keluar bersama setan jahat) dan ‘fuku-wa-uchi’ (Masuk dengan keberuntungan).

Orang yang mengambil dan memakan fuku mame sesuai jumlah umurnya dipercaya akan mendapat kebahagiaan dan kesehatan. Festival Setsubun biasanya diselenggarakan setiap tanggal 2 atau 3 Februari.

Dari beberapa festival musim dingin di atas, festival mana yang paling seru menurutmu? Apapun itu, bagi kamu yang membutuhkan dana liburan coba ajukan pinjaman digibank KTA. Limitnya pinjamannya besar hingga Rp200 juta dan proses approval hanya memerlukan waktu 60 detik saja!

Selain itu, prosesnya cepat dan mudah karena dilakukan secara online dimana saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Jadi, ayo ajukan pinjaman kilat di digibank KTA dan nikmati serunya winter festival di berbagai negara Asia! Bingung cara memulai pengajuannya? Klik di sini untuk mengetahui detailnya!

Related Posts

2 komentar

  1. Aku sukaaa bgt winter, dan selama ini kalo liburan juga selalu pas musim dingin. Tapi jarang bertepatan dengan festival. Dan agak menghindari juga Krn biasanya peak season mas, JD Hrg tiket dan hotel mostly mahal 😄. Beberapa kali ke jepang, China, Korsel, itu selalunya pas festival udh lewat 🤭. Tapi yg penting buatku dinginnya masih ada, salju juga masih ada 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget ya sepertinya jalan-jalan sambil menikmati festival musim dinginnya, tapi ya itu masalahnya, tiket dan hotel tetiba menjadi berlipat-lipat harganya.. hahaha

      Hapus

Posting Komentar